Game Edukasi untuk Anak Usia Dini di Plays.org

46 comments

Game edukasi untuk anak usia dini di plays.org. Moms, assalamu'alaikum! Apa kabar Moms dan si kecil hari ini? Tentu sangat menyenangkan bisa mendampingi tumbuh kembang si kecil, ya, Moms. Karena masa kecil itu tidak akan datang dua kali, lho. Pernah pada suatu hari, saya menghadiri webinar dari doktor Hasbi, direktur Pendidikan Anak Usia Dini. Kata dr. Hasbi, pendidikan yang tidak akan bisa diulang kembali itu Taman Kanak-kanak. Jika di SD, SMP, SMA bahkan di perguruan tinggi kita masih bisa mengulang kembali. Di TK tidak akan terulang lagi. Maka menjadi tugas Moms dan Daddy nih untuk benar-benar menuntaskan pendidikan anak usia dini. Agar tidak menyesal di kemudian hari.

Game Edukatif untuk Anak Usia Dini

Oke. Hari ini saya ingin membahas tentang permainan atau game edukasi untuk anak usia dini di plays org. Seperti yang kita ketahui bersama, anak usia dini atau balita ini sibuk banget ya moms kalau lagi main. Karena memang demikianlah pekerjaan mereka. Sehari-harinya adalah bermain dan bermain. 

Game Edukatif untuk Anak Usia Dini di Plays.org

Bermain bagi anak usia dini adalah pekerjaannya. Sama dengan pekerjaan ayah atau pekerjaan ibu. Mereka akan merasa senang jika bisa bermain. Sama dengan ayah, jika bekerja ayah akan senang. Demikian juga dengan ibu, jika ibu bekerja atau melakukan berbagai aktivitas, ibu akan senang.

Jadi ini yang harus disadari terlebih dahulu oleh Moms dan Dads. Jangan marah jika rumah tidak pernah rapi. Rumah berantakan terus, Mainan di mana-mana. Buku berserakan. Mainan dan buku kan yang belikan orang tua. Maka orang tua yang harus memberikan teladan kepada anak, jika sudah dipergunakan disimpan kembali ke tempatnya. Anak itu peniru yang ulung. Dan tidak mengerti bahasa yang diucapkan ketika marah. Jadi daripada marah-marah, sebaiknya temani anak-anak untuk merapikan mainannya atau buku yang sudah dibacanya. Memang susah sih Moms. Tergantung kebiasaan kita juga orang dewasa. Tapi, sebenarnya ketika kita memberikan teladan kepada anak-anak sebenarnya kitalah yang sedang belajar kembali keteraturan.

Game atau permainan untuk anak usia dini, selain dapat menjadi teman bermain anak yang aman dan menghibur, tentu saja harus bisa menstimulasi atau merangsang 5 aspek perkembangan, yaitu nilai agama dan moral, psikis-motorik, kognitif, bahasa dan sosial-emosional. Permainan atau game edukatif bisa diciptakan oleh orang tua. Idealnya sih seperti itu ya. 

Tapi terkadang kita sebagai ibu, memiliki keterbatasan waktu dan kesulitan dalam memanjemen waktu antara mendampingi anak bermain dan tugas domestik di rumah. Tentu sebagai ibu kita dituntut untuk kreatif, yaa. Di bawah ini saya akan sharing beberapa game edukatif yang biasa saya lakukan kepada Saki.

Game Edukatif dengan Media di Sekitar Rumah

Moms, game yang bermuatan edukatif itu tidak perlu mahal. Jika kita kreatif, banyak sekali yang bisa diekplorasi di sekitar kita. Di bawah ini saya sharing beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah. Kegiatan ini bagi anak usia dini merupakan permainan juga. Challenge. Jika bisa menuntaskan permainannya mereka sangat senang sekali. Tak perlu menyuruh sampai bibir dower dan tegangan tinggi. Karena memang demikianlah anak usia dini. Mereka curious atau rasa ingin tahunya besar sekali. Jadi pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya ya. Jangan terlewat, Moms!

1. Mengajak anak menyiapkan bahan makanan.

Jadi, ketika saya masak, saya ikut sertakan Saki dalam menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak menjadi makanan. Misalnya ketika membuat sayur sop. Ada wortel, kubis/kol, buncis, jagung, daun bawang dan daun seledri. Jangan mencegah anak bertanya ini dan itu ketika kita masak. Ketika mereka bertanya, saat itulah waktu yang tepat kita menjelaskan sesuatu. Tentu saja dengan bahasa yang sederhana ya. 

2. Mengajak anak memainkan alat musik dari peralatan masak.

Waktu anak saya baru 2 orang, lumayan repot juga ketika menyediakan makan untuk mereka. Jadi saya ajak kakak (3 tahun) memainkan alat musik dari panci dan adik mendengarkan di dekatnya. Ini mencegah kakak jahil (usil) kepada adik. Maklum kan, meleng sedikit kakak masih suka gemas sama adik. Waktu itu anak saya yang kedua baru berusia 9 bulan. Sedang asyik-asyiknya merangkak. Jadi saya dudukan di baby walker tapi baby walkernya saya kunci agar tidak bisa berlari ke sana kemarin. Kakak anteng, adik juga senang. Meksipun rumah jadi hingar bingar tapi alhamdulillah aman terkendali. Makan siang pun tersedia.

3. Mengajak anak menyiram tanaman.

Aktivitas ini salah satu kesukaan anak saya. Karena selain menyiram tanaman dia juga jadi bisa main air. Ini juga bisa menambah kosa kata anak, misalnya tutup, buka, kecilkan, besarkan, siram, cabut, dan sebagainya. Anak juga terbiasa merawat tanaman. Di kebun atau di halaman anak bisa bermain sepuasnya. Berlari-lari mengejar kupu-kupu atau belalang. Banyak yang bisa dieksplore oleh anak di kebun atau halaman.

Nah, Moms, saya hanya mencontohkan 3 saja ya. Saya yakin pasti Moms juga punya banyak kreativitas yang tak terbatas selama mendampingi si kecil yaa.

Game Edukatif Berbasis Teknologi Digital

Selain game edukatif dari bahan di sekitar rumah, kita juga bisa memanfaatkan game edukatif online di plays.org. Ilmu pengetahuan sudah melesat bagaikan roket  menuju ke planet Mars. Demikian juga dengan teknologi. Zaman now sudah serba digital. Tentu hal ini tidak bisa disembunyikan dari anak-anak. Hanya saja perlu dikelola penggunaanya. Termasuk jam atau waktu yang harus dikelola. Bukan menjauhkan anak dari teknologi digital. Nanti ketika anak dewasa, tentu mereka akan mempergunakan teknologi digital yang lebih canggih lagi. Niatkan mengenalkan perangkat game edukasi berbasis digital, agar anak mendapatkan ilmu yang bermanfaat, terstimulasi motoriknya dan terbiasa mempergunakannya. 

Aplikasi game edukasi online yang selama ini saya pergunakan adalah plays.org di sini game edukasi untuk anak usia dini banyak banget. Tampilan websitenya seperti ini ya Moms.

plays.org

Beberapa permainan yang saya rekomendasikan adalah sebagai berikut:

 1. Intruments for Kids

Salah satu game edukatif untuk anak usia dini di plays.org ini akan memberi pengalaman bagi si kecil dalam mendengar berbagai jenis musik. Seperti piano, xylophone, harpa dan drum. 

Instrument for kids plays.org
Saki sedang main game instrument for kids

Game virtual ini sangat disukai Saki. Dia asyik banget mencoba berbagai macam permainan musik dan mengetahui nama-nama alatnya. Jadi enggak perlu membeli piano, xylophone, drum atau harpa untuk mengenalkan jenis-jenis permainan musik. Cukup dengan bermain saja di instrumens for kids ini.

2. Play Cute Shapes Game Online

Permainan Plays cute shapes game online di plays.org ini juga disukai oleh Saki. Cara bermainnya juga mudah. Tinggal bentuk yang diinginkan, lalu di beri warna dan diberi stiker wajah. 

Play cute shapes game online

Saki selain mengetahui berbagai macam bentuk juga mengenal berbagai macam warna dan berbagai mimik wajah. Kita selagi mendampinginya bisa memperjelas berbagai mimik wajah dengan memeragakannya. Ini sangat menyenangkan. Dan membuat refreshing.

3. Conect The Dots Ocean Animal for Kids

Connect the dots ocean animal plays.org
Saki sedang bermain game
Permainan connect the dots ocean animal di plays.org ini mengenalkan hewan laut pada anak, seperti ikan, gurita, bintang laut dan lain-lain. Cara menggunakannya malah lebih pinteran Saki daripada saya. Maklumlah, saya generasi X yaa, tahunya main engklek. Sementara Saki generasi alpha. Jadi beneran mahir banget dia sama yang namanya perangkat digital, meskipun baru saja dikenalkan. Jadi cara memainkannya, menyambungkan dari angka 1 sampai angka yang dituju, seperti gambar di bawah ini. 

game edukasi untuk anak usia dini

Untuk menemukan permainan di atas,  Moms klik https://plays.org/kids-games atau klik search saja jika tidak sabar. Cari dengan kata kunci origami, shape atau instrumen for kids. Selain permainan game edukasi untuk anak usia dini, di plays.org juga moms dan dads bisa bernostalgia dengan game zaman waktu moms atau dads kecil. Moms bisa mengeksplore game catalog di bagian bawah website. Katalog game memuat hampir 200 kategori yang mungkin salah satunya menjadi favorit moms atau menjadi favorit di masa kecil dulu. 

Plays.org merupakan situs game yang sangat produktif, karena setiap hari mereka meng-update game terbarunya. Dan seiring waktu, game-game itu diarsipkan ke dalam beberapa kategori di katalog yang tersimpan di bagian bawah situs.

Semoga setelah membaca artikel ini sudah tidak bingung lagi mencarikan game edukasi untuk anak usia dini di plays.org, ya Moms. Jadi, selamat bersenang-senang!

Salam manis,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

46 comments

  1. Aku belum pernah buka-buka aplikasi Plays.org, ternyata banyak juga game edukatif untuk anak ya mbak. Cocok buat para bunda yang masih punya anak kecil yang ingin mencari game yang sesuai untuk anaknya.

    ReplyDelete
  2. Mbaaa, aku udah ceki-ceki websitenyaaa keren bukan maiiin
    pilihan gamesnya banyaaakk banget
    ini ponakan2 aku pasti demen

    ReplyDelete
  3. Ini sih permainan game edukasi beneran buat anak2 jaman now yaa, apalagi berbasis digital yang makin canggih dan praktis, bisa bermain sambil belajar.
    Btw, aku jadi teringat adekku yang punya anak usia dini, pasti tuuh kalo dah bertengkar sama anakkya suka menyuruh sampai bibir dower dan tegangan tinggi, ampuun lucu banget.
    Tak rekomenin game ini ke adekku ya.

    ReplyDelete
  4. Wah makasih bun infonya. Aku langsung meluncur ke webnya dong gara gara ga sabar pengen kasih tahu Erysha mainan mainan yang ada di situ. Jadi anak bisa main sambil belajar ya

    ReplyDelete
  5. Mbaa, aku kira kalo ada game edukasi, game nya ya itu itu saja. Teryata nggak ya. Banyak games yang di update dan jadikan anak jadi punya banyak pilihan bermain pastinya. Kece

    ReplyDelete
  6. Pilihan gamenya variatif banget ya.. Aku pengen cobain nih.. secara kadang gabut di rumah pas semua kerjaan beres.. Bisa ajak anak2 juga nih buat main game

    ReplyDelete
  7. Wuih, seru-seru nih games edukasi di plays.org... Lengkap ya... Saya kira pilihan gamesnya cuma untuk anak-anak dan dewasa, ternyata untuk anak usia dini pun ada juga ya...

    ReplyDelete
  8. Game edukasi di play org ini bagus2 banget dan pilihannya buanyaaaak. Anak bungsuku demen main game online tuh. Mau aku kasih tau ah soal ini. Kelar PJJ dan saat santai tentu boleh main kayak gini. Berkualitas permainan2nya. Mantap.

    ReplyDelete
  9. Beberapa hari lalu, saya cobain main game di plays.org. Saya suka games kayak begini. Pilihannya banyak banget. Jadi bisa gonta-ganti game. Banyak game yang menyenangkan dan edukatof buat anak di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau ketemu keponakan juga mau saya ajakin main game di sini. Kayaknya dia bakal kesenengan

      Delete
  10. Ponakanku usia 1,5 tahun sukanya main susun batu di halaman, ketemu daun dimasukin ke pot tanaman lucuu banget. Ada aja yang bisa dijadiin permainan dan syukurnya belum ngeh sama gadget.

    ReplyDelete
  11. Bahagianya anak jaman now. Gimana gak senang dong ya kalau bermain game aja sekarang difasilitasi. Asyiknya itu buat saya ga harus ngambil memori. Soalnya hp saya nih memori nya udah mepet. Bermain bisa tetap lancar kalau dari website nya.

    ReplyDelete
  12. yang namanya screentime ini memang sulit ya buat diminimalisirkan banget, secara era digital sudah lekat di setiap kehidupan insan manusia, termasuk anak-anak, bersyukurnya banyak yang men ciptakan game edukasi buat dimainkan oleh anak usia dini namun tetap mendapatkan manfaatnya

    ReplyDelete
  13. Anak peniru ulung, maka kasih teladan daripada marah enggak karuan ye Mak..setuju, makasih sudah diingatkan.
    Aku mau ah main game edukasi di plays org pengin nostalgia sama games jaman dulu kala....ntar kukepoin bareng anak

    ReplyDelete
  14. Pas banget aku lagi nyari game yg bagus buat anakku mbak. Pilihan edugame nya kece2 ya mbak. Anak2 pasti bwtah tuh mainnya udah gitu bisa sambil belajar juga

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran nih buka plays org mau coba ah nanti gamesnya juga menyenangkan ya mba ada sisi edukasinya juga buat anank2

    ReplyDelete
  16. Ternyata di Plays.org juga meenyediakan game edukasi untuk anak, ya, Mbak. Saya baru tau, dikirain game-nya untuk orang-orang dewasa saja. Dan ternyata pilihan game-nya beraga, ya ...

    ReplyDelete
  17. Banyak yang mereview game di plays.org, saya jadi pengen coba ngegame di situ. Saya lihat game yang untuk anak-anak ini juga cukup ringan, jadi tidak terlalu membuat lelah mata juga.

    ReplyDelete
  18. Anakku sejak beberapa tahun lalu sering main game di Plays.org lho, banyak jenis gamenya dan bisa dipilih sesuai usia, jadi anak-anak bisa menyalurkan keinginan bermain game dan gamenya bisa dipilih yang ada nilai edukasinya. Apalagi berbagai jenis gamenya tergolong tidak berat, jadi cocok sebagai hiburan anak setelah menyelesaikan pekerjaan rumah dan belajar.

    ReplyDelete
  19. Anak-anak gak masalah main game asal gamesnya aman & mengandung unsur edukasi ya. Di Play.org kita gak khawatir lagi game-game buat anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Jadi orang tua tetap bijak dan selalu mengawasi anak. Game dan gadget bukan tidak boleh, cuma harus ada waktu dan batasannya ya

      Delete
  20. anak anak generasi Z nggak bisa dilepaskan dari teknologi ya mbak
    makanya, main game juga g bs dilarang apalagi klo game edukatif di plays.org ini

    ReplyDelete
  21. Di Plays.org emang game nya lengkap dan banyak banget ya jumlahnya. BIsa dimainkan untuk segala usia juga. Yang lebih asik tuh nggak perlu download game nya jadi nggak menuh-menuhin folder buat nyimpan

    ReplyDelete
  22. Kalau gamesnya melatih kecerdasan dan keterampilan ini bikin anak-anak makin pintar dan cerdas.

    ReplyDelete
  23. Eh kok seru-seru bener ini gamenya. Pas nih anak saya yang usia balita lagi suka-sukanya depan laptop. Biasanya dia tuh utak atik aplikasi Paint doang, sesekali ya nonton. Mau ah nanti saya kenalkan games yang cocok untuk usianya ini

    ReplyDelete
  24. Merasa terhibur sekali dengan game yang sederhana khas anak jaman dulu.
    Pilihan gamenya banyak dan membuat anak-anak tetap kreatif di plays.org

    ReplyDelete
  25. Bahkan ketika masih dalam perutpun anak-anak suka peka dengan musik ya Mbak. Maka mengajarkan mereka mendengarkan suara-suara harmonis dari peralatan rumah tangga, misalnya, saya percaya sesuatu dalam otak mereka akan berkembang ke arah yang lebih baik. Mungkin otak kanannya atau empati nya tumbuh dari dalam. Kata orang musik adalah cara terbaik diberikan kepada anak-anak untuk bermain

    ReplyDelete
  26. Anak bungsuku juga seneng main game di plays.org mbak, tampilannya simpel, menu-menunya sederhana. Jadi walau belum di kasih petunjuk, dengan mencoba klak klik, dia sudah bisa memainkan gamenya.

    ReplyDelete
  27. Setuju, kita kelola saja penggunaan gadget juga didampingi, bukan malah dilarang keras sampai mereka malah sembunyi-sembunyi memakainya.
    Dan benar jika diniatkan mengenalkan perangkat game edukasi berbasis digital, itu tujuannya anak akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, juga terstimulasi motoriknya dan terbiasa mempergunakannya. Dalash satunya game edukasi di plays org ini

    ReplyDelete
  28. Menarik banget ini main game di komputer yang edukatif. Lebih cocok untuk anak ya, Mbak. Apalagi kalau gamenya aman seperti yang di plays.org ini.

    ReplyDelete
  29. Aaa gemesnya.. aku juga sudah coba mainin game di plays org ini. Game edukasinya banyak. Aku suka yang ada belajar bahasa Inggrisnya.

    ReplyDelete
  30. Anak main game perlu juga ya teh, apalagi pandemi di rumah aja. Kasian juga kalau bengong atau bosan meski ada mainan lain, kayak ibunya aja gitu butuh online wkwkwk. Asal gamenya edukatif kayak begini aman lah ya

    ReplyDelete
  31. waktu anak balita itu kepo banget dengan games, tapi masih bingung pilih games online yang aman dan edukatif, nah ada ini bisa dicoba deh

    ReplyDelete
  32. Wah bisa nih ntar ceki2. Mungkin anak bontot masih tertarik. Atau ada yg cocok juga buat anak pra remaja? Karena anak pertama saya uda kadung kenal game online nih bund. Jadi game2 yg "anak2" terasa kurang menantang buat dia. :D

    ReplyDelete
  33. Seneng banget baca postinganmu mbak pas aku lagi nyari2 games yg cocok buat anakku yg usia 4th nih. Main games tapi tetep belajar ya, seru nih

    ReplyDelete
  34. Wah, menarik sekali ini mbk. Aku sama anakku termasuk yang suka banget main di Plays.org game ya banyak pilihan

    ReplyDelete
  35. Mbak aku sudah mainan juga nih di plays.org dan main game jadul jaman kecil. Seneng main Tetris online berasa nostalgia. Sukanya main online gini tanpa butuh download aplikasi jadi memori hp aman

    ReplyDelete
  36. Wab banyak juga ya 200 game. Aku pengen cari game gimbot masih ada gak ya versi kekinian

    ReplyDelete
  37. Gàk khawatir sekarang klo anak2 pegang hp ya mba Ada Game Edukasi untuk Anak Usia Dini di Plays.org, bnyk pilihan lagi

    Biarpun begitu tetap mesti dibatasi waktunya

    ReplyDelete
  38. Senang sekali ya...dengan bermain, anak-anak menjadi lebih tangkas.
    Semoga dengan pembatasan, semua senang dan Ibu juga gembira karena bisa ikutan bermain bersama ananda.

    ReplyDelete
  39. Nggak hanya Saki sih yang suka main game. Di rumah cuma suami yang nggak suka, aku aja sejak kenal Plays, jadi senang main lagi. Karena game nya ringan, nggak perlu download gitu ya mbak

    ReplyDelete
  40. Banyak banget pilihan game nya ya. Bisa nih biar anakku betah kalau aku lg sibuk di rumah haha. Ini berarti game nya ga perlu download ya, online gitu

    ReplyDelete
  41. Aku n anak2 jg sdh sering main di play org ini. Gamenya banyak pilihan n gampang dipraktikkan anak. Anak jd gak bosen di rumah

    ReplyDelete
  42. Seru banget situs plays dot org ini ya Mbak, salah satu platform yang menyediakan game gratis ini bisa menjadi pilihan favorit yang bisa diakses gratis, tidak perlu membayar apapun bahkan naik level.
    Tersedia ratusan games yang bisa dimainkan tanpa harus mendownload game-nya, jadi gak worry memenuhi memory PC atau HP ya

    ReplyDelete
  43. Saya juga ngegame sama bocil di plays .org mbak. Main game bikin pizza pizza an. Dia seneng banget


    ReplyDelete
  44. Awalnya saat ponakan mau main game yang sedang hits di sekitarnya tuh, aku ragu mau kasih aplikasinya.
    Nah begitu buka website Plays.org, aku jadi bisa rekomendasikan beberapa permainan yang sesuai usianya, dengan tetap dipantau.
    Meski begitu, akan dicoba permainan menggunakan media sekitar yang ada terlebih dahulu, kalau dirasa bosan, bisa coba dengan buka Plays.org tentunya

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar