Crazy Rich VS Old Money Apa Bedanya?

Crazy Rich VS Old Money Apa Bedanya?

Akhir-akhir ini, saya seringkali dibuat geleng-geleng dengan kelakuan para crazy rich artinya yang banyak tingkahnya di media sosial. Berita terbarunya yang membuat miris adalah ketika crazy rich menikahkan anjingnya dengan adat Jawa dan budget 200 juta.

Crazy Rich vs old money apa bedanya?

Kebayang dong mewahnya seperti apa kehidupan mereka. Sampai bingung mau menghabiskan kekayaannya itu, jadi aja bikin acara yang berujung dihujat netizen.

Memang sih, itu duit-duit mereka, ya, kan. Tapi dalam kondisi bangsa yang sedang tidak baik-baik saja, mbok ya, prihatin. Makanya mengapa di dalam Islam dikatakan bahwa harta dan tahta itu ujian bagi pemiliknya. Karena itu tadi, apakah dengan memiliki harta dan kekuasaan itu mereka menjadi lebih bersyukur atau malah kufur nikmat.

Alhamdulillah, meski banyak crazy rich yang bertingkah aneh-aneh, namun ada juga crazy rich yang baik lho dan gemar sedekah. Seperti Bang Fitno Fabulous. Beliau doyan sedekah sehingga kekayaannya itu masyaAllah luar biasa. Rumahnya udah kayak istana di dunia, ala turki dan dubai gitu deh. Gede banget. 

Apa Sih yang Dimaksud Crazy Rich?

Moms, mungkin ada yang kepo juga pengen tahu apa sih artinya crazy rich.

Dikutip dari portal berita terkini Beranda, crazy rich artinya orang yang baru saja mendapatkan kekayaan dalam periode yang relatif singkat. Crazy rich juga biasa disebut OKB atau orang kaya baru.

Nah, sifat dari OKB ini biasanya sih senang sekali flexing kekayaan dan gaya hidup mewah kepada umum agar mendapatkan pengakuan bahwa mereka itu dari golongan kaya or 'high class'.

Seperti yang terjadi pada ayahnya Mario Dandy, gara-gara anaknya gemar flexing gaya hidup mewah akhirnya berurusan dengan aparat karena terindikasi korupsi di lingkungan DJP.

Selain itu ada banyak istri-istri pejabat yang flexing barang mewah seperti tas, baju, apartemen, sehingga suami-suaminya ketar-ketir kuatir seperti ayah Mario Dandy diperiksa kekayaannya. 

Memang kelakuan crazy rich itu bikin melongo karena terkadang di luar nalar menghabiskan uangnya. Coba tengok saja akun mereka di Instagram dan Tik Tok. hadeuhh.

Crazy Rich VS Old Money

Nah, selain istilah crazy rich, ternyata ada juga istilah old money. 

Old money adalah orang yang sudah kaya sejak orok. Jadi, orang-orang kaya yang sudah kaya dari orok ini memiliki gaya hidup mewah dan memiliki kekayaan melimpah karena mewarisinya dari generasi sebelum mereka.

Crazy Rich artinya

Meskipun pada ujungnya dua-duanya sama-sama orang kaya dengan kekayaan yang melimpah. Ternyata banyak juga sih perbedaan pada keduanya.

Bedanya Crazy Rich dan Old Money

Moms, pernah nonton drakor yang judulnya Celebrity? Kalau sudah pernah, pasti tahu deh, bedanya old money dan crazy rich alias OKB orang kaya baru.

Jadi drakor celebrity ini mengungkap sisi gelap kehidupan artis gitu. Awalnya saya enggak begitu semangat nontonnya. Tapi begitu nonton, jadi enggak bisa berhenti. Yah, meskipun itu cuma drama ya, namun ternyata drakor ini tuh bener-bener terjadi di dunia nyata, loh. Pembuatan drama ini tuh berdasarkan hasil riset mendalam sutradarnya juga. Keren, yaa. 

Apalagi zaman media sosial seperti ini,saya juga kadang penasaran dengan gaya hidup dan gaya pertemannya artis yang jadi selebgram gitu. Apakah seperti dalam drakor celebrity, kah? hihii 

Diceritakan dalam drama ini, seorang Ah Ri yang dulunya anak orang kaya karena ayahnya adalah pemilik pabrik tekstil, namun pabrik itu bangkrut sehingga Ah Ri akhirnya jadi anak yatim sebab ayah meninggal karena shock. Ah Ri tinggal berdua dengan ibunya yang bekerja sebagai tukang permak baju.

Permak bajunya juga bukan permak baju kayak potong jeans doang, ya. Tapi permak baju yang harganya juga puluhan juta gitu haha langganannya horang kayah juga.

Lalu selain Ah Ri, ada sekumpulan selebgram yang segrup gitu, biasanya mereka bikin konten barengan lalu postingan barengan juga. Bikin acara live di instagram terus pada pamer deh barang-barang yang baru mereka beli atau makanan mahal, minuman mahal atau apalah yang menurut mereka bisa menarik perhatian pengikutnya.

Nah, di antara satu seleb itu, ada beberapa ternyata yang OKB alias orang kaya baru. Salah satunya adalah teman SMAnya Seo Ah Ri. Lupa namanya, nyari di google juga ga ketemu haha, gagal deh jadi lambe memblewer hahha coba yang tahu kasih tahu aku dikolom komentar yaa. Thanks!

Jadi crazy rich vs old money apa bedanya?

Biar Moms tidak penasaran, saya coba uraikan apa bedanya orang yang kaya dari sononya alias old money dan crazy rich yang OKB or orang kaya baru.

1. Meskipun penampilan sederhana tapi pakai baju apa saja cocok

Nah, kalau sudah punya jiwa kayak sejak lahir tuh, orang jadi sederhana banget. Meski pakai baju seadanya karena dulu kaya sekarang bangkrut, tapi orang itu tuh berkelas banget.

Ah ri ini pakai apa aja jadi pusat perhatian. Meski barangnya murah, tapi orang tuh gampang tertarik dengan penampilannya karena dia bisa memadupadankan pakaian yang dia pakai gitu, deh.

Makanya si teman SMAnya tuh sirik banget sama dia. Dan merasa lebih tinggi dari Ah Ri gara-gara dia sudah jadi selebgram, ounya pengikut banyak dan punya usaha kosmetik gitu.

Padahal dulu tuh, dia pernah dikasih tas sama Ah ri, dia enggak lupa tapi berusaha melupakan bahwa dia dulu gak punya apa apa. Jadi begitu punya kekayaan, pamernya luar biasa dan sombong banget.

2. Yang satu suka pamer, yang satu menjaga personal branding

Faktanya banyak orang kaya beneran yang tidak suka orang mengetahui dia orang kaya.Malah malu gitu kalau ketahuan orang kaya hihihi. Jadi mereka lebih low profil dan menjaga image pada diri mereka dan pasti juga kalau mereka macem-macem akan berimbas pada keluarga besarnya.

Beda sama orang yang OKB senangnya pamer dan flexing kekayaan atau barang baru, agar dia diakui kekayaannya dan gaya hidupnya yang mewah. Bangga gitu deh, padahal kalau itu bukan harta bener kan bisa kena kasus orang tuanya ya, kayak bapaknya Mario Dandy.

3. OKB mengejar pengaruh, old money menggunakan pengaruh

Yap, Ah Ri ini karismatik banget. Sehingga orang yang ketemu sama dia tuh tahu deh kalau dia dulunya anak orang kaya. Orang-orang mudah tertarik sama dia, tidak hanya karena wajahnya yang cantik tapi interpersonalnya itu juga bagus banget.

Bisa dibilang bahwa orang kaya baru itu mengejar pengaruh, sampai mereka melakukan berbagai cara untuk bisa diakui keberadaannya. Moms bisa melihat betapa mereka itu kadang, melakukan perbuatan keji dan munkar saat ingin mematahkan orang yang menurut mereka adalah ancaman bagi polularitas mereka.

4. Hedonis VS Konservatif

Nah, dikutip dari laman portal Beranda, orang kaya baru cenderung hedonis. Mereka mudah sekali menghamburkan uang untuk hal yang konsumtif. Membeli makanan dan minuman mahal, tas mahal, mobil mahal, rumah mahal dan semuanya itu nantinya dipamerin gitu deh.

Sementara yang kaya beneran or Old Money ini mereka memamerkan kekayaannya secukupnya saja, karena mereka lebih memikirkan menambah aset dari pada menghamburkan uang untuk barang konsumtif.

Memang keliatannya kok kayak menikmati kekayaan begitu, yaa. Namun kita kan enggak tahu juga yaa, mungkin saja old money juga melakukan hal yang sama namun tidak diekspose di sosial media begitu.

Who knows?

Moms, itu dia beberapa perbedaan antara crazy rich VS old money. Jadi ternyata perbedaan mereka itu terpampang jelas yaa. Pernah memang saya mendengar seorang motivator bisnis mengatakan bahwa, orang yang kaya sesungguhnya itu orang yang banyak asetnya.

Tapi, saya juga jadi berpikir juga, kalau hartanya itu tidak dipergunakan, konsep rejeki itu di mana yaa? Makanya saya sepakat banget dengan para crazy rich atau old money yang suka bersedekah, artinya apa yang ada di genggaman tangannya dan dikeluarkan untuk kebutuhan hidupnya (sedekah) adalah rejeki/kekayaannya.

Sederhananya, kalau kita punya uang 100ribu terus dipergunakan untuk menyajikan makanan untuk keluarga, itu yang disebut rejeki milik kita karena sudah dipergunakan. Sementara uang yang ada di rekening meski ada jutaan, bisa jadi itu bukan atau belum jadi rejeki kita karena belum dipergunakan.

Siapa tahu kan ada kejadian buruk (amit-amit) seperti bank yang dibobol maling, uang kita juga kebawa kabur sama maling. So, pada umumnya orang-orang bilang, ya udah deh, qodarullah mungkin bukan rejeki kita.

Nah!

Wallahu'alam.

Portal Berita Online BERANDA

Mau ngabarin aja, kalau Moms mau update informasi seputar dunia bisnis dan wirausaha, sekarang ada portal berita online Beranda.

Beranda adalah portal berita online yang menyajikan berita terkini tentang dunia bisnis dan wirausaha untuk generasi Milenial dan Gen Z.

Tak hanya bisnis dan kewirausahaan saja, namun juga buat Moms yang suka membaca berita terkini selebritas dan hiburan juga ada lho beritanya di Beranda. Tips-tips tentang gaya hidup dan inspirasi.

Nah, di laman Inspirasi ini banyak banget inspirasi pengusaha muda dari kalangan generasi milenial dan Gen Z yang diangkat keberhasilannya. Saya paling suka membaca kisah inspiratif yang berkaitan dengan perempuan muda, seperti seleb Tik Tok Vina Muliana yang ahlinya spill jurus dunia kerja sampai akhirnya dia menjadi salah satu yang masuk ke Forbes.

Keren, yaa.

So, Moms juga kalau sedang mencari inspirasi, silakan ke Beranda.co.id yaa. Supaya Moms jadi lebih semangat berkarya dan mendapatkan manfaat dari bersosial media.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. Aku tahunya di film Crazy Rich Asians (2018) , mereka orang kaya turun-temurun tapi ya ada aja yang suka menghamburkan uang. Ternyata sekarang dikomparasikan dengan istilah old money yang juga ada filmnya, ya

    ReplyDelete
  2. Wah, terima kasih mak atas rekomendasi portal beritanya, mantap juga kalo buat obat stress atau nyari hiburan yah. Btw aku gak tahu soal ajing nikah itu, gak ngikutin juga

    ReplyDelete
  3. Wah kukira crazy rich sama old money itu sama aja, ternyata ada penjelasannya masing - masing yaa. Terimakasih juga sudah di rekomendasikan portal untuk baca cerita yang kece.

    ReplyDelete
  4. Bunda qra CRAZY RICH itu Pengusaha2 muda yg ulet dan berhasil. Sedangkan Old Money itu adalah pure Warisan. CMIIW

    ReplyDelete
  5. Aku juga salah satu yang suka mlong-mlongo kalau nonton ulah para grazy rich di sosmed Mbak. Duh, enak benar kehidupan mereka yang serba mewah itu. Cuma kalau dipamer-pamer, itu untuk apa sih? Suka gitu deh pertanyaan dalam hatiku. Kalau kekayaannya dipakai buat nyumbang orang yang membutuhkan, boleh lah pamer-pamer. Tapi hanya sekadar melepas ego, menadapat kesenangan dari kekaguman orang lain, rasanya kekayaan mereka gak ada guna untuk orang lain deh :)

    ReplyDelete
  6. Aku baca2 old money memang lbh gak hobi flexing. Krn mrk tau, satu pulau kebeli kok, ngapain flexing? Btw, aku lg ntn serial iniii... Dan emang bener ya, old money sm okb itu beda jauh bgt, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  7. Wah, aku pikir Crazy Rich itu beda lho sama OKB. OKB ya OKB yang suka flexing. Kalau crazy rich bukannya yang punya kekayaannya sampai yang waw banget ya?

    Jadi old money ya bisa aja crazy rich, tapi yang crazy rich ya belum tentu old money. Gitu gak sih?

    Cuma inget pernah nonton Crazy Rich Asian aja gitu. Mereka kan keluarga kaya yang kaya banget dan turun temurun. Tapi anaknya yang kuliah di luar negeri sama sekali gak nunjukin kalau dia kaya banget gitu. Tapi ya gitu, crazy rich yang emang kekayaannya luar biasa.

    ReplyDelete
  8. Betul lo mbk, kalo old money itu kadang nggak kelihatan kalo orang berduit ya ahaha.. Biasanya mereka itu lebih sederhana gitu salah satunya dalam berpakaian. Tapi naiknya mobil mahal xixixi

    ReplyDelete
  9. Baru tau istilah.old money mak. Tapi bener sih kalo OKB tuh biasanya mengejar pengaruh pengen dilihat pengen pamer sedangkan yg old money udh kebiasa punya duit x ya jd ya woles aja gtu

    ReplyDelete
  10. Crazy rich nggak kenal orang yg susah, iya walau itu uang2nya dia nggak salah ya mba tapi tetap adabnya itu lho 🥺
    Wah ada rekomendasi portal baca ttg dunia usaha mba. Mau ah cek2.. makasih yaa mba

    ReplyDelete
  11. Kalau crazy rich jaman dulu tuh gak ke sorot, bahkan gak mau terlihat. Pokoknya beda sama crazy rich sekarang ya yang butuh banget pengakuan dari public kalau ini versi mudahnya ya. Untung sekarang ada penjelasan detailnya.

    ReplyDelete
  12. Saya baru ngeh pembedaan crazy rich sama OKB. IMHO, orang yang kuayaaaaa banget, entah itu kaya-nya barusan atau sejak orok sama-sama bisa disebut crazy rich, karena "segila" itu kayanya. Kontras yang saya pikir lebih pas adalah OKB dan old money.

    ReplyDelete
  13. Bhuaaa iya nih aku baca beritanya yang pesta nikahnya anjing dengan adat jawa yang viral, ampe geleng2, bisa segitunyaaa. Trus makin banyak juga yang crazy rich di medsos di up. Waah, ini ada Beranda Portal untuk dapetin info2 dunia bisnis terpercaya yaaa. Kepoin ahh..

    ReplyDelete
  14. Aku ada nih Mak, kenalan orang yang tipe old money. Masih muda banget, gayanya sederhana dan sikapnya baiiiik banget. Dari pakaian sampai kendaraannya, nggak ada yang mencolok. Kalau ketemu sama aku, sering cuma pakai sandal jepit aja. Tapi, begitu dia menikah kan aku diundang, ya. Whaaaa, acaranya mewah, tamunya orang-orang selevel sama dia semua, rasanya udah kayak datang ke pesta kerajaan gitu. Souvenirnya aja baguuuus sekali. Sekarang kami sudah jarang kontak, tapi aku lihat di media sosialnya, dia masih sesederhana dulu.

    ReplyDelete
  15. Kalau aku lebih milih Old Money karena biasanya mereka yang beneran kaya tuh gak pamer ini itu. Ya beneran low profile gitu. Sekarang mah apa-apa Crazy Rich, entah duit dari mana

    ReplyDelete
  16. Ulah crazy rich yang suka pamer harta tuh bikin happy dinas pajak sebenernya hahahahha.. maybe buat para si crazy rich bentuk pamer itu sebagai reward kesuksesan cuman better kayak orang kaya lama yang tetep down to earth

    ReplyDelete
  17. Menurutku Old Money udah pasti crazy rich, tapi crazy rich belum tentu old money deh kyknya ya mbak hehe, ada juga yang OKB. Duh sebenarnya kalau OKB pun tak apa, tapi kadang yaaa gtu deh, punya apa dikit langsung pamer. Tapi emang ada sih org yang sengaja branding dirinya jd OKB norak gini wkwk. Jd emang biar dikenal gtu demi dapat cuan. yaaa kalau sebatas kenal di sosmed mungkin kita taunya luarannya aja kali yaa, dalemnya gak tau deh beneran gtu atau aslinya ya gtu demi cuan/ konten aja :D

    ReplyDelete
  18. Aku juga setuju sih sama kepribadian Ah ri.
    Kalau yang penting pakai barang ori biarpun itu merk lokal.

    Tapi kadang yah.. kalau mikirin crazy rich ini mereka bukan bingung menghabiskan uang, tapi yang dipikirin uda bukan spending money, but social lifestyle. Kayanya kajiannya bisa beda lagi siih.. IMHO.

    ReplyDelete
  19. Wahh banyak info menarik ya di Beranda ini, mbak?
    Aku pun pernah baca utas di twitter soal old money ini. Luar biasa sih memang. Saking tajirnya kadang berangkat sekolah atau keluar kota pakai helikopter.
    Tapi memang mereka tuh beneran malah nggak mau show up sih. Kaya temenku di Solo ada yang sekolah di sekolah international punya Singapore. Isinya orang2 tajir pengusaha2. Itu malah pada low profile. Nganter sekolah cuma pakai jeans, kaos/kemeja, sepatu flat. Kalau makan ya seadanya even di warung soto. Foto juga tasnya nalah pada diumpetin. Seru sih lihat pergaulannya malah.

    ReplyDelete
  20. biasanya sih para old money ini juga circe-nya tertutup gitu, mbak. jadi jarang banget kita tahu sosial media mereka karena memang menjaga privasi. trus penampilan mereka juga elegan tanpa perlu pamer-pamer

    ReplyDelete
  21. wah makin jelas nih setelah baca artikel ini. Kalau di Jogja ini ada beberapa old money yang menurutku memang karena eyang utinya memang kaya dari zaman baheula hahaha

    ReplyDelete
  22. Fenomena crazy rich ini memang sangat menarik akhir-akhir ini, sejak menjamurnya media sosia. Entah siapa yang memulai, tapi istilah fleksing juga relevan dengan 'tingkah' mereka. Meskipun tidak semua yang negatif, tapi memang branding 'pamer'nya sangat banyak. Ya, namanya juga orang kaya baru. Jadi apa saja harus diposting, dan seisi dunia harus tahu kalau dia punya something. Hahahaha.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar