Tips Ganti Oli Motor Matic

Tips Ganti Oli Motor Matic

Hallo, Moms, assalamu'alaikum! Saya mau share tentang tips ganti oli motor matic, nih. Sebabbb, liburan sekolah telah usai. Waktunya jadi 'macan ternak' lagi, kan, Moms. Mama cantik anter anak hehe  Makanya menurutku penting banget nih, Moms mengetahui tips-tips yang begini.

Tips ganti oli motor matic

Sebelum ke tips, saya mau kabar-kabari dulu ah situasi and kondisiku saat ini. Alhamdulillah Si bungsu Saki sekarang sudah naik ke jenjang pendidikan SD. Masa MPLS sudah dilewati selama 4 hari. Alhamdulillah anaknya enjoy banget. Survey mengatakan bahwa anak yang enjoy sekolah, artinya dia sudah siap untuk bersekolah.

Alhamdulillah lagi sekolah Saki di dekat rumah, jadi antar jemput lebih fleksible. Pagi diantar abinya dengan motor matic, lalu pulangnya saya jemput berjalan kaki.

Namun, sekarang saya juga ada aktivitas baru, menengok si Abang yang mondok di Ciawi setiap Sabtu pagi. Perjalanan ke pondok si Abang ini tergolong unik dan awalnya menegangkan, karena pernah disesatkan oleh Google Maps ke pedalaman sampai ke ujung sungai, mojok banget. Untung naik motor matic jadi bisa keluar secepatnya dari kesesatan. Hadeuhh. Gak kebayang kalau bawa mobil wkwkwk.

Punya motor matic tentu saja harus bisa merawat mesin motor. Apalagi sudah hampir sebulan diajak off road terus ke puncak gunung Ciawi. Salah satu yang rutin dilakukan setelah jarak kilometer tertentu adalah melakukan service motor agar mesin awet dan tidak cepat rusak.

Service Motor Matic

Dulu, saya kira service motor itu karena motor kita rusak, Moms. Sempet misuh-misuh juga ke suami, ngapain punya motor rusak melulu, service melulu, hahaha, haduh dasar dodol banget sih. Itulah pentingnya edukasi, yaa. Jadi enggak sotoy.

Ternyata Moms, service motor itu harus dilakukan rutin untuk melakukan pengecekan terhadap motor yang sudah melakukan perjalanan pada jarak tertentu. Hal ini untuk mengetahui kesehatan si motor. Layaknya manusia juga, kan kalau enggak dirawat bakalan cepet tua, keriput terpampang jelas, yang terparah adalah terdeteksi penyakit yang berbahaya. Kan, gak mau, ya, ih, amit-amit naudzubillah.

Nah, si motor juga begitu. Kalau dicek rutin, dia mungkin akan meng-glowing bersih, tarikan gas enak, gak mengeluarkan suara bising, rem pakem, saluran bahan bakar oke dan sebagainya.

Makanya, moms, ada 8 bagian vital motor yang harus dicek rutin, yaitu oli mesin, oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, aki atau accu, ban, dan service tune up motor rutin.

Service Motor Tune Up Rutin

Service tune up motor adalah proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standarnya. Biasanya dilakukan pemeriksaan pada semua komponen yang berkaitan dengan performa motor, seperti tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator atau saringan udara, kepakeman rem dan klakson.

Namun, adakalanya, pemeriksaan juga disertai dengan penggantian oli mesin dan oli gardan serta bahkan sampai penggantian sparepart. 

Nah, pas bagian penggantian sparepart ini jika memang diperlukan mekanik akan menginformasikan kepada kita terlebih dahulu, tidak serta merta mencopot semua kompnen motor kita seperti yang pernah viral itu, eh ujung-ujungnya kan motor rusak tidak berbentuk. Kalau di mekanik yang amanah mah, enggak bakalan terjadi hal mengerikan ini.

Tips Ganti Oli Motor Matic

Moms, oli bagi motor matic ini salah satu komponen yang penting banget, lho. Makanya suamiku ngewanti-wanti banget anak-anakku yang sudah membawa motor sendiri untuk rutin mengecek oli dan menggantinya rutin dengan oli motor matic terbaik.

Di bawah ini, saya akan memberikan tips untuk Moms yang akan mengganti oli motor matic.

Pertama, ketahui apa fungsi oli motor matic.

Moms, oli motor matic itu ada 2 Moms. Oli mesin dan oli transmisi atau sering disebut juga oli gardan. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai pelumas dan pelindung komponen metal dari gesekan namun pemakaiannya ditempat yang berbeda. Makanya keduanya harus rutin dicek dan diganti jika sudah waktunya diganti.

Supaya Moms tidak bingung, saya uraikan fungsi dan perbedaan antara oli mesin dan oli gardan ini, yaa.

1. Oli Mesin

Oli mesin fungsinya sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Itulah mengapa, motor matic harus rutin dicek kondisi oli mesinnya karena fungsinya yang vital ini. Moms perlu mengganti oli mesin sesuai jarak tempuh yang telah dicapai rata-rata jarak tempuh yang direkomendasikan adalah setelah mencapai 2500 KM. 

Namun beberapa tahun belakangan ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian oli mesin sampai 5000 KM atau 2X lebih lama dari oli biasa. 

Kok bisa? ya, bisalah, Moms. Sebab oli mesin yang direkomendasikan oli yang sudah menggunakan teknologi ester. So, wajarlah kalau retailer mengklaim 2X lebih lama dari oli biasa untuk penggantian oli mesin karena oli mesin yang direkomendasikan adalah base oil tertinggi di kelas oli.

oli motor matic
Oli Motor Matic dengan Teknologi Tinggi (Ester)

Gimana biaya penggantian oli mesin? Murah atau mahal?

Biasanya sih tergantung harga pembelian oli mesinnya, Moms. Tiap merk kan beda harga, yaa. Terus juga selain biaya pembelian oli mesin jika diganti oleh mekanik, maka tambah upah biaya ganti jasa oli. 

2. Oli Gardan

Jadi apa fungsi oli gardan? Oli gardan atau oli transmisi berfungsi untuk melumasi gear yang ada di continuoustly variable transmission (CVT). Penggantian oli gardan ini mengikuti rumus 2X ganti oli mesin,  kemudian diikuti dengan 1X ganti oli gardan. 

Penggantian oli mesin dan oli gardan ini untuk motor matic sangatlah penting dilakukan rutin agar mesin motor menjadi awet dan tahan lama. Selain untuk menghidari kecelakaan yang terjadi karena kelalaian kita juga, kan, Moms.

Bayangkan jika oli mesin dan oli gardan tidak rutin diganti? yang terjadi adalah oli menjadi kental dan mesin menjadi kering. Akibatnya mesin akan bekerja dengan keras, mesin menjadi panas, menimbulkan suara bising, dan motor juga menjadi bergetar menimbulkan perasaan tidak nyaman.

So, hayuklah rutin mengganti oli mesin dan gardan. Di mana? Ya, di bengkel service motor terbaik di dekat rumahmu, lah.

Kedua, Service di Bengkel Service Motor Terbaik

Bengkel service motor terbaik ala saya adalah Bengkel Motor Planet Ban. Bengkel Motor Planet Ban ini jaraknya hanya 500 meter saja dari rumah saya. Makanya saya senang sekali ada bengkel motor terbaik di lingkungan dekat rumahku.

Planet Ban
Bengkel Service Motor Terbaik Planet Ban di Jl. Tentara Pelajar Cimanggu Bogor

Mana pelayanannya juga ramah dan cepat. Selain itu, kita juga akan mendapatkan service motor rasa mesin baru. 

Wah, apa tuh?

Ini adalah istilah baru di dunia service motor. Hanya di Planet Ban yang punya motto, service motor rasa mesin baru ini adalah istilah untuk sistem service terpadu. Tujuannya adalah untuk meng-up grade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor yang cepat dengan biaya lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan motornya adalah pada bagian vital motor yang tersembunyi dan jarang diservice, termasuk yang jarang dicek dan jarang disetel secara rutin.

Ketiga, ganti oli ditempat yang menggunakan oli dan cairan berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa motor dan proteksi pada mesin

Ini salah satu manfaat dari service motor di Planet Ban. Planet Ban hanya menggunakan oli dan cairan berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin sehingga mesin menjadi lebih awet dan jarang rusak.

Selain itu juga, Planet Ban memberikan service oli teknologi tinggi dan sparepart yang asli atau genuine sehingga pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan enteng. Karbon yang dihasilkan motor juga berkurang sehingga kita bisa menjadi salah satu pahlawan lingkungan.

Manfaat lainnya dari service di Planet ban adalah ganti oli setiap 5000 km atau sekitar 4-6 bulan pemakaian motor sehingga hemat uang dan hemat waktu. 

Keempat, service ditempat yang amanah dan profesional

Selain mengganti oli mesin dan oli gardan, biasanya kita juga cek rutin kondisi motor matic, kan. Nah, Moms, sebaiknya mom service di tempat yang amanah dan profesional seperti Planet Ban.

Service di Planet Ban motor kamu bisa jadi baru lagi karena gak cuma mesin yang dibikin baru tapi juga kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semua bersih dari debu-debu, kotoran dari sisa pembakaran akan dhilangkan dengan sempurna. 

Hasilnya mesin motor menjadi lebih enteng dan wus-wuss, emisi turun 70%, lebih hemat BBM dan mesin menjadi bersih total. 

Happy Riding

Nah, itu dia, Moms, tips ganti oli motor matic di Planet Ban. Semoga bermanfaat, yaa. Secara kita, kan kaum paling gahar di jalan tapi kadang luput perawatan motor hiihihi 

Don't forget untuk selalu menjaga keselamatan dalam mengemudi motor di jalanan. 

Btw, sebelum lupa, saya mau kasih info yang bikin Moms tertawa bahagia. Yap, perawatan tentu saja berkaitan dengan pulus, iya dong heuheu

Tenang, Moms, ganti oli motor matic and perawatan service motor lainnya, di Planet Ban masih terjangkau, kok. Cuma IDR20.000,- untuk service motor injeksi. Kalau service CVT sekaligus rantainya IDR19.500,- bahkan service throttle body juga cuma IDR20.000,- Moms.

Terjangkau banget, ya, Moms. Puasa cilok, bakso, karedok, pecel, sehari mah bisa, ya, Moms buat service motor, hihihi

Okey, Moms. 

Salam Macan Ternak! 

Titi Dije. 

Hati-hati di jalan.

Be carefull on the way!

Ki o tsukete ne!

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. aku seneng dengan adanya Planet Ban ini. Memudahkan banget untuk para emak kalau mau service kendaraan sendiri

    ReplyDelete
  2. Oalah baru tahu mba ternyata beragam juga ya oli tuh. karna aku buka rider jadi kurang tahu, hehe. Makasih loh mak buat ilmunya jadi sekarang mulai tau per olian

    ReplyDelete
  3. Ngomongin soal servis motor matic, memang udah jadi urusan macan ternak juga nih, ga cuma bapack2 ya hahaha :D Di Planet Ban ini kualitas spare partnya bagus, mekaniknya juga oke. Ganti oli, cek ban, rem dan sebagainya kudu dilakukan secara berkala jangan sampai terlupakan nanti bisa lebih makan biaya. Untung di sini terjangkau banget ya mantap!

    ReplyDelete
  4. Sama kayak Umi Saki, aku juga service motor di Planet Ban. Kebantu karena jaranya deket dari rumah dan terpercaya. Hasil service motorku juga buat motorku jadi kayak mesin baruu

    ReplyDelete
  5. Kalau mau motor terawat dengan baik, tentu harus rutin di servis ya mbak
    Servis di bengkel motor terbaik seperti Palnet Ban ini

    ReplyDelete
  6. Aku termsuk yang rajin mba ke bengkel rutin buat perawatan motor soalnya, motor metic nih rewel kalo udah error, jadi sebainya dilakukan upaya preventif

    ReplyDelete
  7. Ya, salaaam masih dengan biaya 20K saja servicenta sangat memuaskan. Yo-ayo-yoòo kita ke Bengkel Planet Ban.

    ReplyDelete
  8. Nah, rumah saya juga cuma 300 meter dari Planet Ban. makanya kalau servis motor biasa ke sini. Teknisinya juga profesional dan pengerjaan lumayan detil.

    ReplyDelete
  9. Motor juga seperti manusia, perlu perawatan secara teratur ya Mak. Nah motor Matric agar tetap enak dipakai dan gak bermasalah saat dibawa jalan, harus diganti olinya secara berkala. Ayo deh bawa motornya ke tempat ganti oli ini agar alat transportasinya tetap ngejreng untuk membantu aktivitas sehari-hari :)

    ReplyDelete
  10. bener nih mba IDR20.000,- untuk service motor injeksi, service CVT sekaligus rantainya IDR19.500,- service throttle body cuma IDR20.000? Kok seharga semangkok bakso aja ya untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. waah wajib dicoba nih di Bengkel Motor Planet Ban

    ReplyDelete
  11. Mending puasa cemilan sehari bahkan dua tiga hari pun tidak apa-apa asalkan motornya sehat walafiat, hihihihi. Coba kalau motornya jarang diservis, alamat gampang sakit dan rewel pastinya. kan kasihan pengendaranya, bisa ikutan sakit mendorong motor mogok.

    ReplyDelete
  12. Ternyata banyak komponen motor matic yang harus dicek secara berkala ya mak. Aku sebagai pemakai motor yang masih baru kadang ga terlalu paham soal servis motor. jadi biasanya langsung aja ke bengkel minta dicek.
    Oya planet ban ini ada dimana aja ya?

    ReplyDelete
  13. Aku yang buta sama motor terbantu banget sama artikelnya. Dulu selalu takut kalau mau service. Takut abal abal lah, takut harganya nggak masuk akal lah. eh ternyata di Planet Ban bisa dapat service bagus dan harga yang tetep terjangkau ya

    ReplyDelete
  14. Memang keren banget ya planet ban ini... Harganya terjangkau, terus apa-apa konfirnasi dulu sama pelanggannya...

    ReplyDelete
  15. Dulu aku sempat khawatir kalau punya motor matic dan gak tahu kalau olinya habis. Bisa bahaya kan kalau dipakai. Sekarang sih udah gak lagi. Rajin juga ganti jika sudah waktunya

    ReplyDelete
  16. Motor matic-ku umurnya udah lamaaa banget, nih. Pernah CVT jebol gara-gara kelewat nggak ganti oli gardan kelamaan. Akhirnya biaya service CVT-nya mahal banget. Begitulah akibatnya kalau nggak merawat kendaraan dengan baik, batinku menyesal. Huhu.

    ReplyDelete
  17. Wah Saki sudah SD, si Abang juga dah mondok..semoga sehat dan sukses semuanya...
    Kalau soal motor saya juga banyak enggak ngehnya nih, mending percayakan pada Planet Ban yang punya motto, service motor rasa mesin baru dengan sistem service terpadu.

    ReplyDelete
  18. Kalau di keluarga saya, Pak suami yang selalu ngingetin rajin service motor secara rutin untuk melakukan pengecekan terhadap motor yang sudah melakukan perjalanan pada jarak tertentu. Supaya motornya nyaman dan aman dikendarai

    ReplyDelete
  19. Jadi inget motorku kayanya udah harus ganti oli deh. Udah paling bener kalau service misalnya ganti oli di Planet Ban. Soalnya bagus pelayanannya dan servisnya

    ReplyDelete
  20. Akupun cocok mba dengan planet ban ini. Sudah 2x ganti ban disana dan service ganti oli juga sudah beberapa kali. Alhamdulillah motorku awet teramat juga karena rutin service

    ReplyDelete
  21. Sebagai motoris, wajib banget perhatiin komponen-komponen itu ya, soalnya motor itu modal kerja. Wah kalo gak servis bisa berabe ke depannya.

    ReplyDelete
  22. Dulu sebelum menikah, aku cukup repot kalau berurusan dengan motor. Hidup jadi anak kos, semua harus dilakukan sendiri bahkan urusan servis motor. Accu kering, rantai lepas, kehabisan bensin, semua pernah kualami xixixi. Sekarang setelah nikah, urusan motor kuserahkan pada suami.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar