November 21, 2018

# BPN 30 Day Blog Challenge # Day2

5 Tema Blog Paling Favorit


Hai, Moms, setiap momblogger tentu saja memiliki kekhasannya masing-masing dalam menuangkan isi hati dan pikirannya dalam bentuk tulisan ketika ngeblog. Saya yakin, 100% pasti beda! Karena setiap orang itu uniq dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Itulah yang membedakan momblogger yang satu dengan momblogger yang lain.

Tema-tema blog pun demikian.

Setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda, tapi pasti tidak menutup kemungkinan punya kecenderungan yang sama juga.  tapiiii tentu saja, cara menuangkannya dalam bahasa tulisan akan berbeda satu dengan yang lainnya. Dari cara penyampaiannya, diksinya dan segala aksesories di dalamnya, seperti foto pendukung, infografis dan lain lain.

Kalau berbicara tentang tema blog. Saya itu termasuk dalam kategori emak-emak suka tema blog yang gado-gado kali ya. atau palu gada, apa yang lu mau ada hihihi

Jadi gitu deh, akhirnya kebawa sendiri ke blog sendiri. Blog saya niche Lifestyle dan parenting. Tapi suka juga menulis di luar itu hehhee terutama kalau ada tawaran placement job  ^_^

Dari sekian banyak niche atau tema blog yang hilir mudik di dunia blogging. Ada 5 tema yang paling favorit.

KESEHATAN

Sejak dulu, saya suka banget membaca artikel atau buku-buku mengenai kesehatan. Karena sehat itu penting dan mahal harganya. Oleh karena itu, menjaganya dengan baik menjadi kewajiban kita kini dan nanti.

Dulu, ayah saya suka bawa majalah intisari. Gak langganan sih, tapi papa dulu kantornya sebelahan sama gudang Gramed di Jakarta Kota. Jadilah setiap pekan suka bawa majalah intisari, buku cerita Tintin, Nina dll. Saya suka membawa majalah itu. Dan salah satu favorit saya adalah membaca tips kesehatannya.

Sekarang malah lebih mudah lagi kalau mencari info tentang kesehatan gak perlu nyari-nyari di buku lagi. Teman-teman blogger banyak yang mumpuni dalam menginfromasikan kembali tips kesehatan. Kadang saya juga suka sharing sedikit tentang penanganan penyakit yang kebetulan saya pernah mengalaminya. Cuman belum konsisten sih, sekali-sekala aja. Tapi pengen juga sih .. coba ditekuni ya. Jadi kan gak perlu lagi googling gitu kalau pas kena penyakit yang sama, iya gak sihh .. hehe

Berbagi sekaligus berguna bagi diri sendiri.

Oiya, saya pernah merangkum pertanyaan-pertanyaan anak saya seputar penyakit yang sering banget mereka derita. Akhirnya saya tuangkan jadi buku deh. Buku untuk anak-anak sih. Tapi menurutku, pengetahuannya baik diketahui orang dewasa juga, lho.

Baca Referensinya di Syifa dan Stetoskop Ajaib

Syifa dan Stevi, Stetoskop Ajaib, Buku Cerita Anak tentang Kesehatan by Sri Widiyastuti

KULINER

Tema yang kedua, kuliner. Ini tema yang menurut saya, cocok untuk emak-emak kayak saya yang baru bisa masak ketika sudah menikah hihihi. 

Ada pengalaman yang paling memalukan saat saya baru saja menikah. Jadi, saya kan tinggal sama keluarga suami. Terus kan gak mungkin dong saya duduk manis aja bak putri ketika ibu masak di dapur. Saya pun ikut serta nimbrung deh ke dapur. Ibu waktu itu mau bikin sup. Bapak membeli ayam utuh sama isi perut, kepala dan kaki, lengkap. Saya bingung ngolah itu isi perut digimanain. Sok tahunya saya, gak nanya dulu lagi hihi. Kirain disuruh dicuci, cuci aja itu ampela dan hati. Setelah itu saya rebus.

masakan favorit saya ini, lho. Pesmol ikan Siakap. Dulu banyak ikan siakap di Malaysia

Dan jeng .. jeng, suami saya ketawa ngakak mengetahui ampela isinya belum dikeluarkan. Lalu, suami saya matikan kompor dan membantu saya mengeluarkan isi ampela. Dan hueekk .. saya langsung pening ... gak usah disebutin ya isinya.

Terus suami saya cuci bersih, lalu direbus lagi. Terpisah sih dengan yang lain. cuma saya emang ga doyan dalaman. Mau katanya enak, empuk legit dll .. TIDAAKKK ,... terima kasih.


Nah, kembali lagi ke tema kuliner. Saya suka karena saya bisa eksplor resep-resep, tempat makan yang murah meriah. Tempat makan yang enak, resep yang simpel dan kayaknya suka aja lihat masakan yang sudah jadi dan tinggal makan gitu hihihi

Saya menulis tema kuliner juga di blog saya. Tapi gitu deh, belum ada jadwal tertentu. Emang baiknya sih dijadwal ya. Duh, jadi akhirnya dapet ide deh untuk membereskan isi blog yang gado-gado ini hehhe

PARENTING

Setelah memiliki anak, kesadaran saya untuk mengetahui lebih dalam tentang ilmu tumbuh kembang anak semakin meningkat. Ketika berbicara anak-anak, tentu saja saya harus bisa menjadi tak sekadar ibu yang melahirkannya saja, tetapi lebih dari itu, harus memastikan anak-anak tumbuh sehat baik kecerdasan spiritualnya, kesehatan jasmaninya, kecerdasan inteletualnya, kecerdasan emosionalnya dan kecerdasan sosialnya.

Dan semua hal di atas tentu saja membutuhkan ilmu parenting dan itu saya dapatkan dari mengikuti seminar dan konsultasi ke dokter ahlinya. Membaca buku-buku referensi tumbuh kembang anak dan membaca blog dengan tema parenting.

Salah satu melatih motorik anak dengan cara mengajari si kecil mengupas wortel.
Setelah mengikuti kajian parenting, saya berusaha menuliskannya lagi di blog agar bisa dibagikan kembali kepada moms yang tidak berkesempatan mengikuti seminar tersebut. Sharing is caring, bukan? jadi sambil berbagi saya juga bisa mendapatkan manfaatnya kembali, misalnya dengan membaca cerita saya ketika menangani anak-anak saya di rumah.

Sungguh membaca kembali tulisan kita diblog ketika anak anak kecil dan kita ikhlas menemani tumbuh kembang mereka, tentu saja ini menajdi healing atau terapi juga untuk saya agar terus menjaga keikhlasan itu dengan baik sehingga akan berdampak pada kebaikan pada semua, diri saya, anak saya dan keluarga saya.

TRAVELING

Saya adalah keluarga nomaden. Banyak foto-foto ketika saya bermukim di suatu negara di Asia, seperti Jepang dan Malaysia. Ingin sekali menuliskan kembali pengalaman saya A-Z agar bisa berbagi dengan moms yang mungkin suatu saat pergi ke kedua negara tersebut, untuk travelling atau seperti saya mukim sementara.

Cumaaa .. gitu deh. kurang azam yang kuat nih .. Jadi sementara ini menulis pengalaman waktu tinggal di Jepang dan Malaysia itu masih satu dua gitu deh ... dan masih berupa placement job hihihi

waktu main di Shinrin Koen, si kakak baru usia 5 tahun, main pecah semangka. Seru!
InsyaAllah saya akan menjadwalkan menuliskan pengalaman itu diblog ini. Eh ..  bentar moms ... menurut Moms baiknya saya buat aja blog yang nichenya khusus traveling atau bagaimana?


LIFESTYLE

Blog saya nichenya lifestyle atau gaya hidup. Menurut saya gaya hidup ini bisa diterapkan di keempat tema di atas sih, ya. Betul, gak Moms?

Karena gaya hidup kan memengaruhi kesehatan, gaya hidup memengaruhi gaya traveling, gaya hidup memengaruhi pola makan dan gaya hidup juga memengaruhi pola parenting juga.

undokai di TK anak saya di Mine Machi, Ustunomiya. Gurunya pentas seni menghibur anak TK. Seru banget ^_^

Lifestyle bisa mencakup segala aspek kehidupan kita, tergantung dari sudut pandang mana yang akan dibidik ketika menuliskannya dalam sebuah artikel.

Nah, Moms, itulah 5 tema yang paling saya sukai. Kalau moms, sukanya tema yang mana?

2 comments:

  1. Sama mbak...itu tema2 blog yang aku suka. Tanbah film dan musik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum bisa review film dan musik, tapi saya juga baca-baca blog yang temanya film dan musik :-)

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien