October 28, 2019


Hai, Moms, apa kabar, nih? Weekend lancar, dong! Jalan-jalan kemana nih, Moms? 

Habis jalan-jalan, biasanya ada saja buah tangan yang dibawa pulang. Kalau gak bawa oleh-oleh, kayak ada yang kurang gitu, hampa deh kalau enggak bawa oleh-oleh. Apalagi yang banyak anaknya kayak saya.

Pernah saya jalan-jalan sendiri tahun 2016 ke Jogja. Waktu itu saya masih tinggal di Johor, Malaysia. Saya menghadiri milad FLP ke-19 kalau tidak salah. Pas waktu itu, suami saya mengijinkan saya untuk pergi sendiri. Itu bulan Februari 2016. Padahal, bulan Mei 2016 kami juga back for good ke Indonesia karena tugas suami sudah selesai di Malaysia.

Saya senang, sekaligus gak enak juga menitipkan 5 anak kepada pak suami selama 3 hari. Mungkin setelah beberes rumah yang tidak ada hentinya, pak suami ingin melihat saya refresing sebentar sebelum kemudian bergelut lagi dengan packingan untuk siap-siap pulang ke tanah air.

By the way, selama di Jogja, anak-anak setiap hari menelpon saya, menanyakan sedang apa, dimana dan makan apa. Saya sebutkan saja, makanan khas jogja ada gudeg, bakpia, sate klathak, dan yangko. 

"Umi nak Bakpia!" 
"Umi tak aci! Umi tak ajak kita pun!"
"Gudek macam mana, Umi? Nak makan!"
(dulu anak anak saya masih berlogat upin ipin hihii)

Lalu mereka pun minta oleh-oleh khas Jogja, pengen makan kayak Umi katanya. Meski mereka tidak memintanya, tentu saya dengan senang hati akan membawakan mereka buah tangan khas Jogjakarta, seperti Bakpia yang menjadi favorit saya. Dan benar saja, ketika sampai di rumah, anak-anak langsung bongkar muatan hihihi


Ya, kelakuan anak-anak sama aja sih dengan saya. Kalau suami tugas ke luar kota atau balik lagi ke Malaysia untuk sebuah urusan kampus, ketika dia pulang, saya dan anak-anak langsung bongkar tasnya pak suami, mencari oleh-oleh yang dibawanya. Seperti waktu suami pulang dari Sumbawa, saya langsung bongkar tas yang dibawanya. Dan saya mendapati sebuah kalung mutiara. Senengnya gak ketulungan. Habisnya mutiara asli dari laut Sumbawa sih hehehe dasar perempuan!

Buah tangan buat saya tak sekadar tanda mata, tapi jadi seperti pembuktian, bahwa berburu oleh-oleh merupakan kegiatan wisata yang menyenangkan. Apalagi negeri kita ini kaya sekali dengan keragaman budayanya. Dari mulai benda-benda souvenir yang menjadi ciri khas budaya setempat juga wisata kulinernya. Nah, untuk itu, saya memasukkan oleh-oleh dalam rencana budget jalan-jalan dan alokasi waktu untuk mencari oleh-oleh. Biasanya, oleh-oleh yang saya bawa pulang berupa makanan  dan atau ganci khas daerah setempat.

Siliwangi Bolu Kukus
Bolu Lembut Oleh-oleh Khas Bumi Pasundan

Store pertama Siliwangi Bolu Kukus di Stasiun Bogor
Berbicara tentang  oleh-oleh, Siliwangi Bolu Kukus (SBK) baru saja membuka kedai pertamanya pada hari Jumat, 25 Oktober 2019 di Stasiun Bogor, Jalan Mayor Oking, Cibogor, Kota Bogor (dekat tangga penyebrangan).

Ada 8 varian rasa Siliwangi Bolu Kukus yang turut diperkenalkan kepada warga Bogor dan sekitarnya. 8 varian rasa tersebut adalah rasa Susu Lembang, Stroberi Ciwidey, Kopi Bogor, Ubi Cilembu, Ketan Kelapa, Alpukat Mentega, Brownies Coklat, dan Talas Bogor.

Berkenaan dengan pembukaan store/kedai resmi pertamanya, SBK memberikan promo yang hanya bisa dilakukan di Stasiun Bogor saja pada hari Jumat, yaitu BUY 1 GET 1 dengan harga spesial Rp25,000,00 saja untuk 500 pembeli pertama dan tidak berlaku kelipatan.

Promo buy 1 get 1 Silwangi Bolu Kukus (dok.pri)
Menurut laporan Bapak Ojek yang mangkal di dekat Store Siliwangi Bolu Kukus, pengunjung sudah mengantri untuk membeli Siliwangi Bolu Kukus sebelum kedai dibuka. Menurutnya ini sangat luar biasa sekali. Baru kali ini Pak Ojek melihat store/kedai oleh-oleh yang belum buka sudah diserbu pengunjung. Alhamdulillah saya yang datang pukul 8 pagi, masih keburu dan masih dapat harga promonya hehe maklumin ye, emak-emak, begitulah, pada dasarnya suka banget yang namanya diskonan dan harga promo hihihi Alhamdulillah saya beli Brownies Cokelat, dapat ras Stroberi Ciwidey. 

Dalam pembukaan tersebut, hadir General Manager CV. Boga Karya Siliwangi, Bapak Tegar Pranata. Beliau menyampaikan beberapa hal tentang filosofi nama dari bolu kukus lembut, yang murah  tapi gak murahan ini.
Bapak Tegar Pranata, GM SBK
“Hari ini kami memperkenalkan kepada masyakat suatu bentuk karya yang mengangkat nilai sejarah dan nilai kearifan lokal, dimana hasil karya tersebut kami beri nama Siliwangi Bolu Kukus (SBK).” demikian yang disampaikan Bapak Tegar Pranata, General Manager CV. Boga Karya Siliwangi.

Siliwangi Bolu Kukus diproduksi dengan tujuan melestarikan budaya Bumi Pasundan melalui wisata kuliner yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Visinya adalah kearifan lokal yang menyehatkan, menyejahterakan, dan menjadi produk terbaik. 

Sejarah Siliwangi Bolu Kukus

Moms, tahukah, bahwa wisata kuliner berhubungan erat dengan sejarah. Sejarah inilah yang kemudian ingin diangkat oleh Siliwangi Bolu Kukus (SBK), oleh-oleh Bumi Pasundan yang rasanya enak dan lezat ini.

Istilah ‘bolu’ itu berasal dari bahasa Portugis ‘bolo’ yang artinya ‘cake’ dalam bahasa Inggris. Bolu adalah kue berbahan dasar tepung (terigu), gula, dan telur. Kue bolu umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven. Tetapi seiring dengan perjalanan waktu, saat ini bolu yang paling diminati dan dicari adalah bolu yang proses pematangannya dengan cara dikukus. Selain lebih sehat, juga tekstur bolu menjadi lebih lembut. Bolu yang dikukus biasanya tidak memakai tambahan bahan pengawet, oleh karena itulah, masa kadaluarsanya cepat. Bolu dengan cara dikukus masa kadaluarsanya berkisar 4 hari dalam suhu ruangan dihitung dari tanggal produksi.

Saki belanja SBK rasa Brownies Cokelat (dokumen pribadi)
Menurut bapak Tegar Pratama Siliwangi Bolu Kukus adalah kue bolu yang diproduksi dengan cara dikukus melalui proses higienis, ditunjang oleh bahan baku pilihan berkualitas, menggunakan mesin dan peralatan yang tepat guna, serta didukung oleh tenaga kerja lokal andal dan kompeten sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

Siliwangi Bolu Kukus diproduksi dengan tujuan melestarikan budaya Bumi Pasundan melalui wisata kuliner yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Visinya adalah kearifan lokal yang menyehatkan, menyejahterakan, dan terbaik.

Itulah mengapa nama ‘Siliwangi’ lebih ditonjolkan pada kemasannya karena inilah nama yang begitu melekat dengan Bumi Pasundan. Konon, nama Siliwangi berasal dari kata ‘Silih’ dan ‘Wawangi’. Menilik dari sejarahnya, Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja yang memerintah Kerajaan Sunda Galuh dianggap sebagai pengganti kakeknya, Niskala Wastu Kancana, yang bergelar Prabu Wangi. 

Sri Baduga dianggap mempunyai kekuasaan yang sama besarnya dengan kakeknya, sehingga beliau pun dikenal sebagai Prabu Siliwangi. ‘Silih Wawangi’ juga menjadi kesatuan dari semboyan Prabu Siliwangi, ‘Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wawangi’. Maknanya, setiap manusia itu harus saling mengasihi seperti seorang ibu yang memberikan air asi pada bayi yang baru lahir. Saling mengasah agar lebih berdaya guna dalam kehidupan, dan tentu saja saling mengasuh. Kemudian ditutup bahwa manusia itu harus saling memberikan hal yang positif.

Ada 4 Misi Perusahaan Siliwangi Bolu Kukus,
  1. Dari Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia; 
  2. Menciptakan produk yang berdaya saing dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia; 
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan proses berdasarkan filosofi-filosofi Ketuhanan dan keilmuan serta teknologi;
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang sehat. Semua itu kemudian mengerucut pada budaya sehat, sejahtera, bahagia, kearifan lokal, dan humanis.

Sebagai kata penutup, bapak Tegar berharap, semoga Siliwangi Bolu Kukus diterima dengan baik oleh masyarakat dan memberikan kebaikan kepada seluruh pihak yang terlibat secara langsung atau tidak langsung. Aamiinn ...

Mantap ya, Moms visi misi dari Siliwangi Bolu Kukus ini. Kekayaan Indonesia yang melimpah ini tentu saja harus dikelola dengan baik agar apa yang dikaruniakan oleh Allah kepada bangsa Indonesia akan berkah dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi seluruh warga Indonesia. Duh, jadi terharu banget deh. Moga berkah ya SBK ^_^


8 Varian Rasa Siliwangi Bolu Kukus

Oke deh, Moms, saatnya kita berkenalan dengan 8 varian rasa dari Siliwangi Bolu Kukus. Kebetulan saya sudah mencicipi semua variannya, dan membawa pulang 4 box Siliwangi Bolu Kukus, yaitu rasa Kopi Bogor,  Stroberi Ciwidey,  Talas Bogor dan Brownies Cokelat.

Kelebihannya:

  • SBK telah bersertifikasi PIRT dan sertifikat Halal dari BPOM MUI.
  • Bolunya enak pake banget, lembut, legit, kejunya melimpah dan kerasa ciri khasnya masing-masing. Seperti misalnya Stroberi Ciwidey, dan Kopi Bogor, begitu dibuka kotaknya, langsung tercium aroma stroberi maupun kopinya. Cocok untuk menemani kita minum teh atau minum kopi untuk segala suasana, misalnya untuk sarapan atau kudapan pagi dan petang. 
  • Harga murah dan terjangkau
  • Teteh dan Akang penjaga kedainya juga ramah.
  • Kedainya instagramable, lucu banget kecil imut dan ada spot foto di depan pintu masuk.

Kekurangannya:

  • Kedai/storenya kurang besar, jadinya paduk-dek, apa ya, pasedek sedek gitu di dalam kedai kalau pas lagi banyak pembeli. Moga abis ini kedainya dibesarkan lagi dengan tambahan varian rasa yang lain lagi ^_^
spot foto yang instagramable (dokumen pribadi)

Siliwangi Bolu Kukus menjadi oleh-oleh atau buah tangan silaturahim juga oke banget deh Moms. Hari Minggu lalu, saya bawa satu kotak yang tersisa di rumah ke pengajian mingguan di Masjid Ummul Quro, Bogor. Sayangnya hanya bawa sedikit, jadi cuma kebagian sebagian aja. Tadinya hanya untuk bekal saya aja dan Saki, ternyata teman-teman yang lain juga suka. SBK emang enak sih. Berkah insyaAllah ^_^

Baiklah, Moms, inilah ke-8 varian rasa Siliwangi Bolu Kukus.

1. Siliwangi Bolu Kukus Stroberi Ciwidey.


Saya pernah memetik Stroberi Ciwidey ketika pulang dari Kawah Putih. Storberi Ciwidey ditanam di dataran tinggi yang berhawa dingin. Ketika itu, saya dan anak-anak bisa dengan leluasa memetik dan memakan langsung hasil panen kami di kebun Stroberi. 

Senang sekali ketika pertama kali saya membeli Siliwangi Bolu Kukus ada varian rasa Stroberi Ciwidey. Tadinya anak saya Saki memilih rasa Cokelat, tapi begitu bolu kukus Stroberi Ciwidey, dibuka dan dipotong-potong, eh dia juga suka. Manisnya pas, bolunya juga lembut dan gak basah dan gak kering, pas pokoknya mah. Saya sukaaa, apalagi dengan kejunya yang melimpah, oishikatta ^_^

Kalau Saki, gak suka bintik-bintik hitam di bolunya, jadi saya harus ambilin satu-satu, but over all dia suka juga.   Padahal biji hitam itu biji selasih, lho hihi

2. Siliwangi Bolu Kukus Brownies Cokelat.


Brownies Cokelat memang sudah banyak dijual. Makanya ketika di kedai Siliwangi Bolu Kukus, Saki langsung mengambilnya sendiri. Sepertinya sudah merasa familiar dengan rasa cokelat.

Meski Brownies banyak diluaran tapi SBK emang beda sih, bolunya lebih lembut dan manisnya pas. Kejunya juga berlimpah.

3. Siliwangi Bolu Kukus Kopi Bogor


Aroma kopinya kuat sekali. Begitu dibuka kotaknya langsung menguar aroma kopi. 

4. Siliwangi Bolu Kukus Talas Bogor


Talas Bogor adalah sejenis umbi yang menjadi icon oleh-oleh khas Bogor. Dulu, talas disajikan dengan dikukus atau dibuat keripik. Belakangan ini, tepung dari umbi talas menjadi salah satu tepung yang digunakan untuk membuat bolu. Anak-anak saya suka varian rasa yang ini. 

5. Siliwangi Bolu Kukus Susu Lembang

Susu Lembang terkenal banget di tanah Pasundan. Kalau kita jajan susu uht, tentu ingatnya susu Lembang ini. Ketika dijadikan salah satu bahan untuk membuat bolu kukus, bolunya tambah lembut dan empuk banget. Temen saya yang membeli varian rasa yang ini bilang, nyesel banget beli cuma 1 biji, tahu gitu dia pengen ngeborong ^_^

Penyesalan emang selalunya di belakang, ya. Kalau di depan namanya pendaftaran hihihi

Gambar dari IG @siliwangibolukukus

6. Siliwangi Bolu Kukus Ubi Cilembu

Ubi Cilembu memang sudah ngetop banget ya. Enak dibakar di atas batu bakar. Rasanya manis, legit. Pas dijadikan bolu rasa ubinya kerasa banget. Sukaa ^_^
Gambar dari IG @siliwangibolukukus

7. Siliwangi Bolu Kukus Ketan Kelapa

Ketan kelapa ini enak banget. Salah satu pengananan dan cemilan yang selalu tersaji di rumah orang sunda adalah Ketan Kelapan. Ih namanya ketan diapain aja enak, dibubur ketan item, dijadikan nasi lalu ditaburi urap kelapa, dan dibuat tape hitam.

Bolu kekinian pun sekarang memakai tepung beras ketan hitam. Rasanya memang beda, lebih lembut dan rasa ketan kelapanya masih terasa.

Gambar: IG @siliwangibolukukus

8. Siliwangi Bolu Kukus Alpukat Mentega

Bolu kukus rasa alpukat mentega ini enak banget. Kerasa alpuketnya dan pulen. Buat Moms, jangan sampai penasaran lho, cuss aja deh cicipin, enak banget dan gak nyangka lho, alpukat bisa jadi salah satu varian bolu kukus. Sesuatu banget, pokoknya mah ^_^

Gambar IG @siliwangibolukukus

Nah, itulah 8 varian rasa Siliwangi Bolu Kukus. Moms kalau mau tahu informasi lebih detil lagi bisa langsung datang saja ke kedai Siliwangi Bolu Kukus. Minsil (panggilan admin SBK) suka bikin quiz dengan hadiah all varian SBK, lho, Moms. 

Store Siliwangi Bolu Kukus
  • Stasiun Bogor Jalan Mayor Oking Bogor Tengah (depan tangga penyebrangan)
  • Instagram: @siliwangibolukukus
  • Twitter: @sbk_siliwangi
  • Facebook: @siliwangibolukukus.id

59 comments

Penasaran sama yg rasa alpukat mentega. Lihat tampilannya sepertinya lembut dan nyeponge ya

REPLY

Mbak Sri, saya penasaran dengan bolu kukus yang rasa ubi Cilembu, lho. Kayak apa ya rasanya? Oleh-olehin dong. Eh 😁

REPLY

waaa asik banget nih, bikin penasaran deh bolu siliwangi ini, terutama yang rasa alpuket mentega soalnya jarang jarang ada bolu rasa alpuket mentega ini ya

REPLY

Saya penasaran sama bolu kukus Siliwangi rasa alpukat mentega nih. Dari tampilan nya sangat ngejreng menggoda begitu. Rasanya pasti tidak kalah lezat nih

REPLY

Mba Sriiiii, lihat poto2nya udah kabita buangeett diriku iiih
ini oleh2 yang super recommeded yaaa
karena kuenya kelihatan moist bangeeett
--bukanbocahbiasa(dot)com--

REPLY

Wah ada oleh-ileh baru dari Bogor. Aku suka bolu kukus, pasti empuk nih. Varian rasanya banyak juga ya, semuanya keliatan menarik, duh jadi pengin nyobain satu-satu semua varian rasanya.

REPLY

Langsung laper aku liat postingan beginian apalagi liat siliwangi bolu kukus brownies yang rasa cokelat.

REPLY

fix lah mba kalo main ke Bogor kudu mampir ke sini ah nanti sekalian staycation di daerah sana juga :)

REPLY

Aduh mba jd laper saya ngeliatin foto2 kue bolunya. Pengen cobain juga. 🤭

REPLY

Pengen coba bolu kukus alpukat mentega 😋 yummy nunggu buka cabang di Bandung

REPLY

Semua varian bolu kukus Siliwangi ini membuat saya penasaran, soalnya saya menyukai semua bahan baku utamanya, kalau sudah dalm bentuk bolu kukus pastinya memberikan cita rasa tersendiri.
Kapan ke Bogor kota mampir ke BKS ahh. Makasih infonya, mba Sri.

REPLY

Jadi kemarin visit ke toko Siliwangi bolu kukus lagi ada promo buy one get one ya, wah lumayan tuh, bisa beliin buat keluarga di rumah juga

REPLY

Aku penasaran sama rasa strawberry ciwidey nya bolu kukus siliwangi ini, yummy keliatannya ya mba rasanya

REPLY

Ya ampun yang chocolate keju ampun menggodanyaa..
cocok banget nih nemenin sore2 smbil ngopi atau ngeteh

REPLY

pengen banget nyoba yang alpuket menteganya

REPLY

aduh mbakkk lagi diet malah liat beginiannnnn....... :DDD langsung galau pgn grab makanan

REPLY

Nggak nyangka kalau bolu kukus ini punya nilai sejarah dan membawa misi mempertahankan kearifan lokal. Dan Bogor ini selalu punya inovasi lho, beneran. Bahan-bahan lokal yang bisa ditemukan di mana-mana spt ubi merah, ubi ungu,kelapa dan lain-lain bisa jadi sesuatu yang enak bgt. Bolu ubi ungu tuh favoritku banget deh.

REPLY

Varian rasanya banyak ya.. anak anak dirumah suka banget mbak makan bolu seperti ini.. sering banget aku ke bogor cuma untuk beli bolu kukus yang udah lahir duluan hehe.. nah bolu siliwangi nih yang belum aku coba.. pernah ke tokonya tapi antreenya panjang banget jadi ngga beli deh.. next semoga udah ngga antree.. harganya itu lho.. lebih murce hehe

REPLY

Rasa alpukatnya kok bikin penasaran ya :D

kebayang lembutnya sih ni bolu kukus :D

pengen aaaah ya ampon :D

REPLY

Aku baru tau loh ada produk bolu kukus ini, duh aku ngiler banget liat Siliwangi Bolu Kukus Brownies Cokelat-nya auto laper dan pengen cobain ini mah

REPLY

Ya ampun aku beneran ngiler banget ama makanannya. Enak enak semuanya mbaa. Apalagi serpihan kejunya juga buanyaak dan bikin ngilerr.DUh mau dong mbaa

REPLY

Penasaran banget pengen cobain semua variant rasanya :)
Aku penasaran banget pengen cobain yang alpukat dan strawberry :)

REPLY

nyam nyam nyaaam, mau bangeett main ke Bogor, demi ngincipin bolu kukus yg moist banget eniiih

REPLY

Rasanya enak - enak bangeet ya mba.. aku juga sukaaa dan pengen cobain langsung deh

REPLY

Bolu kukus Siliwangi ini lembut banget ya mbak, dulu pernah dapat oleh2 dari Bogor dan rasanya pas tidak terlalu manis. Semoga bisa main ke Bogor dan beli ini langsung.

REPLY

Wah enang bogor paling khas mya brownies dan bolu kukus ya kayaknya, jadi penasaran pengen cobain yang ini

REPLY

Yg coklat dan talas enaaakk. Aku dibeliin sama sodara pas buy 1 get 1 itu. Mayan banget. Hehehe..

Btw ini logonya keren loh, ga ngeh aja kalo itu jualan kuee

REPLY

Banyak ya varian rasa bolu kukusnya tapi kalau saya paling suka yang varian rasa coklat. Jadi pengen icip bolu kukus varian brownies coklatnya ini.

REPLY

Banyak varian rasanya ya mba dan itu ya ampun penasaran jadinya sampe ngantri sebelum buka hahaha..kasian juga abang Gofood yang ngantri yah :p

REPLY

Ngeliatnya aja asli udah ngiler banget lho. Apalagi yg stroberinya, warnanya menggugah selera. Langsung ngiler ngeliatnya hihi..

REPLY

Bolunya ini enak banget kayaknya aku kalau ke Bogor pengen cobain mampir ke bolu ini ah....mupeng

REPLY

Terakhir lewat stasiun bogor keknya 2 bulan yg lalu. Memang ada spot buat kulineran tapi waktu itu masih kosong seingatku. Klo aku ke Bogor bakal melipir lahh ke SBK, karena akuuuh penyuka brownies.

Btw itu harganya berapaan yak? Aku naksir yg ada rasa alpukatnya Mbak.

REPLY

banyak banget ya ummi varian rasanya jadi gak monoton, biasanya cuma coklat, keju dong, ini ada yang kelapa juga dong.

REPLY

Beruntung banget yang menjadi 500 pembeli pertama, bisa dapet kesempatan buy 1 get 1.
Aku jadi penasaran pengen nyobain yang varian alpukat mentega, deh. Jarang-jarang ada nihhhh.

REPLY

Bener-bener ini mah kearifan lokal banget. Varian rasanya unik-unik mba. Aku suka banget bolu. Hahaha! Semoga buka juga kedai SBK di Bandung yaah biar icipnya nggak jauh-jauh hehe..

REPLY

yg rasa kopi kok menggoda banget yah kak XD Ada rasa susu lembang jugaa lucu deeh XD Aku aja belum pernah coba loh kaak wkwkkw

REPLY

Ngiler yang rasa talas Bogor mba duh kebayang itu pasti lembut ya bolunya enak nih jadi punya banyak pilihan buat oleh-oleh

REPLY

Aku bukan pecinta Bolu-Boluan aslinya. Kalau mau nyoba, paling beli di tempat karena kalau kelamaan di jalan buat di bawa pulang, sayang banget. Btw, variannya cukup banyak ya

REPLY

Penasaran ih, sama yang rasa alpukat mentega. Kebayang gurihnya.

REPLY

Langsung laper. Pengen rasanya terbang ke Bogor malam ini juga. Pengen nyobain bolu kukus Siliwangi. Paling penasaran pengen ngerasain yang rasa kopi, talas bogor dan alpukat. Enak banget kayaknya ya.

REPLY

Duuuh pengen. Liat foto2nya itu jadi ngiler. Ada pesan onlinenya nggak sih? eh tapi daya tahannya cuma 4 hari ya? Nggak bisa dikirim ke Solo dong

REPLY

Aduh tampilan bolunya menggoda sekali, pengen nyobain deh... Penasaran sama yang rasa kopi dan alpukat... Jarang soalnya...

REPLY

Saya pernah dibawain teman yang tinggal di Bogor, bolu kukus dengan rasa talas bogor. Rasanya enak dan teksturnya lembuut. Jadi penasaran dengan rasa lainnya.

REPLY

Duh si teteh ngabibita deh. Kujadi ngileeeer dengan Boku kukus Siliwangi ini. Kapan atuh ya bisa ke Bogor. Kalo nitip beli, trus dikirim kurir, takut penyoklah. Variannya yg banyak bikin kudu nyicip semuanya 😁

REPLY

Lihat foto-fotonya langsung mupeng. Saya tu penggemar berat aneka bolu-boluan kaya gini. Penasaran yang stroberry nih.

REPLY

Suka ini mba akuh bolunya lbih lembut ketimbang yg lain.. kemarin mamah mertua dibawain kurang Katany 😜

REPLY

Wah ada yang baru lagi di Bogor Teh, jadi pengen beli buat oleh-oleh, ngiler baca bolunya lembut hihi..Senin insya Allah mudik..

REPLY

Favorite saya yang alpukat mentega, enak dan gurihnya pas banget

REPLY

Penasaran sama yang rasa ubi cilembu loo...
Mungkin manis-manis gitu yaa...
((sambil bayangin kelembutan bolu kukus Siliwangi))

REPLY

Itu kejunya me ggoda banget, Mba. Jadi Mupeng deh. Lokasinya ga pake keluar stasiun pula ya. Jadi kalau mau beli oleh2 bogor cukup naik kereta, udah ada deh bolu siliwangi.. Haha

REPLY

Wah asik nih Saki ngemilnya bolu Siliwangi. Saya tertarik sama varian rasa alpukat Mbak. Belum pernah nyoba di kue atau bolu rasa ini.

REPLY

wah ada yang rasa ubi, aku suka sekali bolu kukus rasa ubi mba

REPLY

Pengen beli yg strawberry bangeeet haha, enak ya kayanya, kapan2 kalo ke bogor naik kereta mau mampir beli kue bolunya ahhh

REPLY

Wah gampang nyarinya ya, dekat stasiun bogor. Aku pengen yang rasanya coklat, apalagi beli 1 gratis 1 masih bisa nggak ya? Semoga belum sampai 500 penjualan. Yang rasa kopi juga menggoda untuk dinikmati, huhu.. Bikin laper bacanya.

REPLY

Samaaa.. aku pun... penasaran juga tuh sama varian rasanya.. jadi. plus pengen cobain semuaaa haha

REPLY

Wah. Ada bolu kukus alpukat juga. Gimana rasanya ya. Mana promo beli 1 gratis 1 lagi ya. Sayangnya jauh banget dr lokasi aku. Heu

REPLY

Duh, ngiler bacanya. Penasaran dengan varian alpukat menteganya.. Belum pernah nyoba bolu dengan rasa alpokat soalnya... Gurih manis gitu ya rasanya...

REPLY

Aku suka semuanya..ibu mertuaku aja sampe minta dibawain lagi. Bolu kukusnya emang lembut banget dan wangii.

REPLY

Ini bolu kayaknya enak banget ya mbak sri. Aku penasaran dengan varian rasa strawbery dan talas bogor. Tapi kalau pesan n dikirim ke aceh pasti bakal ga bagus lagi. Kecuali ada kenalan dari aceh ke sana trs titip beli

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates