Resep: Tofu Guratan (とふ グラタン)

by - May 18, 2020

Hai, assalamualaikum. Apa kabar hari ini, Moms? Alhamdulillah pasti masih terus bersemangat yaa. Hari ini, saya ingin berbagi inspirasi menu andalan saya di rumah. Siapa tahu ada yang bingung, mau masak untuk berbuka puasa sore nanti.


Nah, menu andalan saya ini kesukaan kami semua di rumah. Rasanya enak banget, apalagi jika ditambah toping keju mozarella atau keju chedar, tambah gurih. Menu ini juga menu yang komplit menurut saya, ada prohe, prona, vitamin dan mineral, ada karbohidratnya juga dari jagung.

Menu andalan kami namanya  Tofu Guratan (とふ グラタン) 

Namanya unik, yaa? Hihi, itulah, sebelumnya saya ngasih namanya Tofu Geratan sebab lupa lupa ingat gitu deh, masakan yang pernah saya buat waktu tinggal di Jepang.  Geratan atau Guratan, yaa? haha

Akhirnya saya browsing tentang segala macam tentang geratan. Google search selalu mengarahkan ke getaran. Hmm .. akhirnya saya cari dengan kata kunci geratan dan guratan. Nah, akhirnya, dapat juga. Ternyata "guratan" bukan "geratan".

Geratan atau guratan (グラタン) diserap dari kata "Au gratin" bahasa Perancis. Orang Memang tidak mudah bagi orang Jepang untuk membunyikan "gratin" sehingga menjadi (グラタン) atau dibaca gu ra ta n (guratang).

Au Gratin adalah metode memasak yang dipakai untuk mendapat efek burn atau kecokelatan pada permukaan hidangan. Bisa dihasilkan dari oven menggunakan api atas atau menggunakan salamander, yaitu pemanggang yang menghasilkan api atas. Contoh hidangan populer potato au gratin,  cauliflower au gratin, au gratin casserole, dan thermidor. (Kamus Kuliner Femina).

"Pptato Gratin" Gambar Gerd Olsen dari Pixabay
Tofu Guratan  aslinya memang dipanggang. Tapi karena saya ga punya pemanggang, jadi saya kukus aja. Tetep maknyus kok rasanya. Lebih lembut malahan.

Oke, ya, jadi sudah clear nih masalah penamaan hihihi. Orang Sunda sok-sokan jadi orang Jepang, atuh jadi gini deh. Atulah, bikin nama makanan teh, Pais Tahu we, nya hihihi ah eta mah udah biasa, Tofu Guratan kan, keren. Naik derajat deh Tahu, harganya juga bisa naik. Sekarang lagi zamannya naikin value, makanan kalau dikemas biasa aja, kayaknya biasa aja ya, kalau dikemas dan dikasih nama agak ke Jepang-jepangan, Korea-koreaan atau kebarat-baratan, jadi naik lebih mahal harganya. Padahal kuliner kita teh banyak yang tak kalah enaknya dengan makanan orang luar yaa. Imho.

Nah, ini dia resepnya. Gampang banget!

Resep Tofu Guratan (とふ グラタン) 


Resep Tofu Guratan
Keliatan ya, foto by amatir, beda banget sama yang atas (minder)

Bahan:

15 buah tahu Bandung, cacah
1 kaleng tuna
1 buah jagung manis, pipil
3 butir bawang merah, iris
2 batang daun bawang, iris halus
1 buah tomat, iris kecil
5 helai daun salam
3 butir telur kocok lepas
Sedikit gula dan garam
Sedikit penyedap rasa
Sedikit merica

Cara membuatnya:


  1. Panaskan dandang
  2. Campur semua bahan di dalam wadah tahan panas, aduk semua bahan hingga tercampur dan ratakan agar cantik. Beri daun salam di atasnya.
  3. Kukus selama 30 hingga 45 menit
  4. Angkat dan sajikan selagi hangat.


Nah, Moms, mudah sekali membuatnya, ya. Bisa dilakukan bersama anak anak lho.

Mungkin Moms mau mencoba resep lainnya. Silakan, yaa!
Resep Ayam Masak Merah
Resep Nasi Kebuli
Resep Steak Ikan Telapia

Selamat memasak!

You May Also Like

21 comments

  1. Oh, ini maksudnya mau bikin au gratin to? Kalau guratan aku bayanginnya bagian atasnya disayat-sayat katak kalau mau goreng ikan hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bukannya guratan kenangan yaa wkwkwk

      Goreng ikan paling enak emang dikasih guratan yaa, biar kering sampai dalam

      Delete
  2. Hihihi pantesan tadi sekilas aku sempet mikir ini mah kayak pepes tahu. Belum pernah nyoba sih bikin tofu guratan. Kalo pepes tahu mah sering :)) dari bahan2nya, udah kebayanglah, rasanya enak pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa kalau dibungkus daaun pisang jad pepes tahu.

      Delete
  3. Tahu bandung itu yang kaya gimana ya? Tahu tahu putih itu yang biasakah kah? Maklum belum pernah denger sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, tahu aoa saja bisa kok

      Tahu Bandung itu tahu yang warna kuning, enak banget

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Asyik ada resep tofu, pas ada di kulkas. Jadi perlu bikin nih. Mau coba resepnya ini.

    ReplyDelete
  6. aih enak pastinya yaa mama shaki. aku pernah bikin pepes tahu tanpa daun yaa penampakannya kayak si tahu guratan ini hihihi. krna keluargaku kurang suka tuna, nanti aku pengen cobain juga tapi diganti ayam kali yaa :D

    ReplyDelete
  7. Wah, ini bisa dicoba resepnya nih. Kebetulan di rumah pada suka tahu. Muraj dan mudah memasaknya soalnya

    ReplyDelete
  8. Enak banget ini resep tofu nya bisa di praktekkan dan di coba dirumah ya jadinya

    ReplyDelete
  9. haha..asik baca asalusul namanya. memang ya mbak...satu nama makanan kalo dijual dg nama luar biasanya lebih mahal hahaha. tau kan becandaan es jeruk rp 5000, sementara orange juice rp 15.000? hihihi

    ReplyDelete
  10. Sehat banget ini Tofu Guratan....dikukus pula masaknya. Aku selalu beli tahu bandung karena yang lewat depan rumah jenis ini. Coba ah resepnya

    ReplyDelete
  11. Anak bungsuku doyan banget all about tofu. Jadi pengen nyoba resepnya

    ReplyDelete
  12. Baru tau soal menu tofu Guratan ini, keliatannya enak yah , auto mau praktekin juga ah ��

    ReplyDelete
  13. Mirip2 pepes tahu ya bumbunya tp klo pepes bungkus daun. Mau nyoba akh tahu di panggang selama ini klo ga goreng ya d kukus

    ReplyDelete
  14. aku ga terlalu pinter ngolah tofu suka hancur duluan
    tapi kalau ini kayaknya gpp resepnya ya
    cobain ahhhh makasih ya mak biar variasi tofunya ga gitu2 aja

    ReplyDelete
  15. Bikin ngiler ini mba Sri.
    Kepengen bikin juga jadinya
    kalau versiku bakalan seenak punyamu apa nggak eheheh

    ReplyDelete
  16. Dududuh enak banget. Aku suka olahan tahu seperti ini. Dulu mama sering bikin. Nyoba bikin ah, aku belom pernah. Anak-anak pasti suka.

    ReplyDelete
  17. Tofu aku suka cuma masak bareng sayur lainnya, selebihnya ga terlalu doyan

    ReplyDelete
  18. Ya Allah saking seringnya bikin pepes tahu sampai mengira kalau rasanya mirip-mirip itu. Kayaknya harus nyoba bikin nih pakai resepnya Mbak Sri Widiyastuti

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien