Resep Pempek Tanpa Ikan Farah Quinn

26 comments
Pempek ala rumahan

Hai, Moms, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya membuat resep pempek tanpa ikan. Ini adalah pengalaman pertama saya membuat pempek sampai saya norak banget waktu saya menghidangkannya kepada anak-anak, pakai acara nari segala, saking gembiranya. 

Pempek ini saya re-cook  resep Chef cantik Farah Quinn. Iya, Dulu, suka banget melihat Chef Farah memandu program televisi Kuliner ala Chef. Beneran deh, beliau ini selain cantik, memandu acaranya menarik dan pandai masak. Belakangan saya tahu, kesukaannya di bidang kuliner ini terinspirasi dari mamanya yang jago masak. Dan resep Pempek dos tanpa ikan ini juga hasil ajaran mamanya. Wih, inspiratif sekali yaa.

Nah, kenapa kok saya ngere-cook Pempek ini?

Jadi, ceritanya, waktu hari Ahad lalu, saya dan anak-anak lagi pada mengalami boring. Saya juga lagi kepingin banget makan yang seger-seger gitu, semacam Asinan buah atau Tahu Gejrot. Tapi, tahu pas habis, terus enggak ada buah-buahan juga.

Lalu, iseng baca whatsapp dari pak suami, dia mengirimi saya lin YouTube cara menggoreng kerupuk tanpa minyak, sampai 2 link. Suami saya ini doyan banget kerupuk. Makan tanpa kerupuk kayaknya bagaikan sayur tanpa garam. Sebelum pandemi, suami bolak balik beli kerupuk Palembang sekarung gede itu. Tapi, sejak pandemi kita enggak berani beli kerupuk yang enggak bisa digoreng lagi atau dipanasin, jadi  dia menyediakan kerupuk mentah lalu kita goreng sendiri. 

Nah, mungkin dia sadar kalau kerupuk itu kan menyerap minyak banyak banget, akhirnya dicarilah cara menggoreng kerupuk tanpa minyak. Saya belum mencobanya sih, karena, ketika menonton cara menggoreng kerupuk, eh malah menemukan resep Pempek tanpa ikan di channel YouTubenya Chef Farah Quinn. 

Ya, ampun, seneng banget dong, bisa melihat wajah chef Farah yang cantik eksotik ini. Lalu saya pun mulai menonton cara membuat Pempek tanpa ikan yang katanya resep dari ibunya. Berkali-kali Chef Farah menyebutkannya, dan saya jadi terkenang ibu saya. Ternyata memang, masakan ibu itu paling ngangenin yaa. Salah satu masakan ibu saya yang paling saya kangenin adalah tumis ikan teri dicukain. Belum pernah nyoba, kan? Nanti kalau saya buat, saya share ya resepnya. Beneran deh, ketika makan makanan masa kecil, suka berlinang air mata, saking kangennya sama Mama.

Oke, lanjut!

Setelah menonton sampai habis.

Eh, kok mudah sekali, ya. Ternyata ada Pempek  tanpa ikan juga dan cara membuatnya mudah! Dulu banget, saya males membuat pempek karena harus mengolah ikannya itu loh. Harus menyisir jangan sampai durinya masih nempel, karena ini kan makanan untuk anak-anak, ya. Kuatir kesedak duri. Kita saja kalau tersedak duri ikan, sakit banget, ya, apalagi anak-anak.

Tapi, beberapa waktu lalu saya juga pernah membuat olahan dari ikan juga sih, tapi bukan ikan tenggiri, tapi menggunakan ikan Tilapia yang sudah difillet. Jadi ini ikan sudah bersih dari duri dan tinggal dimasak. Praktis! Moms juga bisa membuatnya dengan resep ikan Tilapia yang dibuat mashed potatoes. 

Nah, pas banget, semua bahannya ada semua di rumah. Memang sejak masa pandemi, saya menyetok berbagai macam tepung karena kebutuhan cemilan anak-anak perlu sekali disediakan setiap hari. Namanya juga banyak anak, ya. Kudu mau capek dan membuat cemilan itu menyenangkan, lho kalau sudah terbiasa. Apalagi jika membuatnya juga barengan, seru!

Akhirnya sore itu juga, saya dan anak saya yang nomor 5, mengeksekusi resep Pempek tanpa ikan. Fyi, anak saya yang nomor 5 ini memang bercita-cita ingin menjadi chef. Jadi dia memang suka sekali kalau diajakin masak di dapur. Kalau tidak ada kegiatan di dapur, dia mencari-cari apa yang kira-kira dia akan buat. Suka mencari resep kue sendiri lewat internet atau nonton Youtube gitu. Lalu mencatat dan mengeksekusi kue-kue. Kakak-kakaknya sih senang banget. Karena setiap hari tersedia pancake, martabak mini, donat, kue cokelat bahkan macaron yang susahnya minta ampun aja dia jabanin buah. Meski gagal, tapi dia tetap semangat!

Oke balik lagi ke Pempek tanpa ikan. Apa saja sih bahan-bahannya? 

Resep Pempek Tanpa Ikan Farah Quinn

Resep pempek tanpa ikan


Bahan empek empek tanpa ikan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 5 sdm tepung beras
  • 475 gram tepung sagu cap Tani
  • 1 sdm minyak goreng
  • 2 sdm peres garam
  • 800 ml air mendidih
  • 1 butir telur dikocok lepas

Cara Membuat Pempek Dos:

  1. Didihkan 800 ml
  2. Siapkan tepung terigu, tepung beras, garam di dalam wadah, aduk hingga rata. Lalu tambahkan air yang sudah direbus tadi. Aduh hingga rata. Sisihkan dulu, karena adonan masih panas. Sebaiknya Moms membuat cukonya dulu saja.
  3. Lalu, jika sudah agak dingin, tambahkan telur dan minyak. Lalu aduk rata. Kemudian terakhir tambahkan tepung sagu. Uleni hingga kalis. Kalau belum kalis, kalau saya ditambahkan lagi tepung tapioka hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk. Bentuk Pempek sesuai keinginan. 
  4. Sebelum membentuk Pempek, jangan lupa masak air untuk merebus Pempek, ya. Beri air dengan sedikit minyak agar Pempek tidak saling nempel.
  5. Kalau saya membuat Pempek Lenjer atau Pempek Telo(r)  yang diisi telur. Enggak begitu bagus sih, tapi not bad, lah, yaa untuk pemula. Untuk yang diisi telur, harus ketika sudah siap dibentuk, langsung dimasukan ke dalam air rebusan yang mendidih, ya. 
  6. Rebus Pempek hingga mengapung. Itu tandanya sudah matang. Pempek bisa segera dihidangkan, bisa juga digoreng dulu, ya.
  7. Sajikan dengan cukonya. Hmm .. Syedaapp!
Pempek lenjer dan pempek telo


Resep Kuah Pempek Rumahan

Bahan kuah pempek rumahan:

  1. 50 gram bawang putih
  2. 50 gram cabe rawit (saya kurangi jumlah cabe karena yang makan anak-anak)
  3. 500 gram gula merah
  4. 500 ml air (bisa ditambah air lagi 100ml jika terlalu manis atau sesuaikan dengan selera mau manis, manis aja atau kurang manis)
  5. 1 ruas jempol asam jawa 
  6. 1/2 sdt garam

Cara membuat kuah:

  1. Rebus air, gula merah, garam lalu kalau sudah mendidih. Cicipi jika sudah mendidih, jika kurang garam bisa ditambah garam. Lalu saring rebusan gula. Sisihkan.
  2. Blender bawang putih dan cabe rawit dengan sedikit gula jawa yang sudah disaring.
  3. Lalu campurkan dengan gula jawa yang lainnya. Jadilah Cuko Pempek.

Sajikan Pempek dengan cuko ini, hmm .. segar!

Cuko pempek rasanya manis asem


Bagaimana, Moms? Cukup mudah, ya!

Nah, inilah resep Pempek tanpa ikan re-cook resep Farah Quinn. Jika ingin melihat bagaimana cara mmebuatnya langsung, bisa melihat di channel Youtubenya Farah Quinn, ya. Kalau mau dibalas sama chef Farah Quinn juga bisa lho tag di laman IG sorynya. Seneng banget dapat apresiasi dari chef Farah, langsung direpost! Look, very kind of her, Love it!

Oke, Moms, semoga resepnya menginspirasi untuk teman cemilan nanti sore.

Salam manis,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com
Newest Older

Related Posts

26 comments

  1. Wah ternyata bisa tanpa ikan.
    Aku suka banget banget sama pempek. Pernah coba bikin tapi pas ngadon ikannya bingung banget.
    Bisa di coba nih
    Thank u sharingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak, aku juga ngebayangin buat pempek kudu blender ikan, terus meriksa durinya, ribeut banget. Jadi pas dapat resep pempek tanpa ikan, seneng banget! Tetep enak kok rasanya. Nanti isiannya bisa divariasikan kak, pakai telur, ayam atau keju moza.

      Delete
  2. Ini tuh aku pernah lihat postingan salah satu blogger waktu awal pandemi dan dia bikin pempek tanpa ikan. Dari kemarin itu pengen banget nyoba bikin tapi belum sempat, semoga ku bisa bikin juga pempek tanpa ikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah baru tahu mbak, belum pernah BW ke tempatnya. Pas kebetulan ini juga lagi lihat youtubenya chef farah, eh ada pempek tanpa ikan. Interesting!

      Delete
  3. kalau kita bilangnya pempek dos mba... yang ngga pakai ikan. tapi rasanya enak juga kook

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Indah, saya juga baru tahu istilahnya dos yaa, iya bener, enak mbak, saya baru tahu kalau ada pempek yang tanpa ikan.

      Delete
  4. wah saya baru tahu ada mpek2 yang bisa ga pake ikan, saya pikir semua harus pake ikan tenggiri, taunya nggak ya

    ReplyDelete
  5. Sepertinya enak banget nih, mau coba bikin juga ah mumpung ada resepnya

    ReplyDelete
  6. Berarti buat yang gak suka sama amisnya ikan ini bisa dicoba ya Bun, bahannya gampang ternyata

    ReplyDelete
  7. Saya jadi pengen punya anak yang bercita-cita jadi chef jadinya. Secara saya termasuk gak gitu rajin masuk dapur apa lagi setelah anak-anak besar. Most of the time tinggal berdua aja dengan suami. Nah kalau punya anak yang rajin masuk dapur kan asyikkk...

    Mbak aku belum pernah nih coba pempek tanpa ikan. Kelihatannya enak nih...Apa lagi bikinnya mudah 😀

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tau ternyata pempek bisa juga dibuat tanpa ikan ya. Aku penasaran banget nih sama rasanya ntr buat deh.

    ReplyDelete
  9. Wah resepnya bisa dicoba buat vegetarian dan vegan juga ya. Kalo nanti lowong mau coba bikin juga ah.

    ReplyDelete
  10. Waah baru tau ternyata bisa yaa tanpa ikan, wajib dicoba nih resepnya soalnya pempek ini cemilan favorit keluargaku

    ReplyDelete
  11. Save mba resepnya. Praktis tanpa ikan. Kalo pake ikan walau memang endes sih, tetap ribet ngolah ikannya.

    ReplyDelete
  12. Suamiku juga suka krupuk...apakah karena orang Jawa?
    Hehhee...
    Pempek yang lezatoosss...harus banget cobain, karena gak nunggu ada ikan.
    Euummm~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pempek-pempek ini ang ribet juga ada bumbunya, hehehe..
      Jadi...salut banget sama kaka yang telaten bikin pempek plus bumbunya yang enduullss untuk camilan sehat keluarga keshayangan.

      Delete
  13. MasyaAllah mba Tuti telaten banget sih buat masak pempek. Jadi pengen coba juga akunya hehehe. Makasih reseonya mbaaa

    ReplyDelete
  14. Pempek makanan favorit akuuuuuh. Pas banget nih weekend bisa coba recook resep ini. Kayanya bakalan bikin kuah cuko-nya dua versi nih yang extra pedas dan yang biasa soalnya aku doyan banget pedes

    ReplyDelete
  15. Aku prnh coba pempek tanpa ikan gini, diksh Tante. Dan sukaaaa. Ternyata enak juga yaaaa. Blm kepikiran bikin sendiri waktu itu mba, secara skill masak ku LBH sering minus hasilnya hahahahah. Apalagi ini ada bagian ngulenin sampe Kalis :D. Trakhir bikin donat, ga kalis2 itu adonan wkwkwkwk. Failed

    Duuuh tapi pengen juga pempek dos ini. Aku penggemar pempek banget. Kdg sampe pengen pindah ke palembang aja, supaya bisa makan pempek tiap hari :D

    ReplyDelete
  16. pengen coba bikin juga nih mba resepnya, semoga soon bisa terlaksana..Sampai skrg pempek masih jd makanan fav kalau dirumah saya:)

    ReplyDelete
  17. mba saya suka banget dengan mpek-mpek karena saya suka banget sama ikan. duh lihat ini jadi pengen belajar bikin sendiri, saya bisa nyobain ah tar di rumah

    ReplyDelete
  18. Wah pempeknya enak juga ya tanpa ikan, Teh..menggiurkan pisan penampakannya...ramah ya Farah Queen..suka...

    ReplyDelete
  19. Gimana mba rasanya? Beneran ada rasa-rasa mirip dengan yang pakai ikan tenggiri itu. Next time mau coba deh. Pinjem resepnya ya mba

    ReplyDelete
  20. penasaran sama rasanya.. pasti enak ya kalo rekomendasinya dari Chef Farah Queen yang cantik dan jago masak.. mamaku pun senang nonton demo masaknya Miss Farah, rapi banget penyajiannya, jadi bikin selera makan makin nambah..

    ReplyDelete
  21. aku belum pernah menantang diri sendiri buat challenge nih, bikin pempek. Senangnnya ya mba direspon Farah Queen pasti hapi banget ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email