Pedagogical Intelligence Architecture

Moms pernah mendengar tentang Pedagogical Intelligence Architecture? Sama dong, saya juga baru tahu mengenai istilah ini ketika saya mengikuti webinar pendidikan yang diselenggarakan oleh SMA Pintar Lazuardi. Webinar ini diselenggarakan dalam rangka virtual open house sekaligus launching pembukaan pendaftaran SMA Pintar Lazuardi.

Pedagogical Intelligence Architecture

Di era  revolusi industri 4.0 kita belum juga khatam dengan istilah artificial intellengence (AI), sekarang sudah ada istilah baru lagi ya di dunia pendidikan. Sungguh ini menunjukkan betapa dunia ini terus berputar dan ilmu pengetahuan di dalamnya terus berkembang.

Pedagogical Intellegence Architecture ini adalah strategi pembelajaran yang lahir dari berbagai hasil penelitian yang kemudian dituangkan ke dalam berbagai jurnal internasional yang berkaitan dengan teknologi pendidikan. Nah, sekolah pertama di Indonesia yang menggunakan strategi pedagogical intellegence architecture ini SMA Pintar Lazuardi. Pintar ini singkatan dari Pedagogical Intellegence Architecture. Saya suka dengan konsep sekolah SMA Pintar Lazuardi ini karena menggunakan metode blended learning. Jadi saya teringat betapa sulitnya menyekolahkan anak yang baru pulang dari Malaysia, masuk negeri gak diterima, swasta penuh, dan akhirnya si kakak sekolah di rumah deh. 

Alhamdulillah setelah kesulitan, ada kemudahan, dengan sekolah di rumah, justru si kakak berkembang lebih baik lagi dan menjadi seorang hafidzah dengan mengikuti akademi Huffaz GEMA selama setahun. Jadi keputusan sekolah di rumah ini memang memerlukan perencanaan yang kuat dan mendalam sehingga anak tetap mendapatkan pendidikan sesuai dengan usianya dan sesuai kebutuhannya. Alhamdulillah setelah itu si kakak juga bisa kuliah di perguruan tinggi negeri di Bandung.

Pedagogical Intellegence Architecture ini berkaitan erat dengan Artificial Intellegence (AI). AI ini adalah sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia dan kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. AI memerlukan data sebelum melakukan berbagai aktifitas, sama dengan manusia. Pada masa pandemi ini peran AI sangat besar sekali yaitu membantu tetap terselenggaranya pembelajaran meskipun dilakukan secara jarak jauh. Pandemi mendorong percepatan transformasi pendidikan. Pembelajaran pun dilakukan melalui beragam aplikasi pendidikan sehingga guru, siswa dan orang tua dituntut dapat menggunakan dan memanfaatkan aplikasi yang digunakan oleh anak-anak dalam pembelajaran jarak jauh.

SMA Pintar Lazuardi

Menurut Ibu Sonya Sinyanyuri, Kepala Sekolah SMA Pintar Lazuardi, SMA Pintar Lazuardi adalah layanan terbaru sekolah dengan metode pembelajaran blended learning, dengan memperhatikan karakteristik anak, personalisasi, fleksibilitas dan kemahiran pada tekonologi, agar anak tumbuh sesuai kebutuhannya. Sekolah SMA Pintar Lazuardi bertujuan untuk menjadi support sistem dalam pembelajaran anak-anak generasi Z (Genzy).

Sonya Sinyanyuri

Prinsip-prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan Karakter, melalui program Gen Z action dan penanaman nilai-nilai kepedulian (Compassionate Program).
  2. Growth Mindset Approach (Pola Pikir Bertumbuh), proses belajar senantiasa mendorong anak-anak untuk aktif bertanya, praktik langsung, dan berani mencoba dengan dukungan terus menerus dari para Guru agar proses berpikir dapat terus bertumbuh.
  3. Siswa memiliki fleksibilitas dalam menentukan waktu belajar, materi yang ingin dipelajari terlebih dahulu, sehingga setiap Siswa memiliki perjalanan proses belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  4. Mengutamakan interaksi yang kuat antar Siswa dan Guru dengan community feedback system dan ruang diskusi yang terintegrasi dalam LMS.
  5. Berorientasi masa depan dengan memberikan layanan program pendampingan bimbingan karir dan personalized program.
  6. Membekali pengembangan keterampilan Abad 21, yang mencakup 7C, yaitu: creativity, critical thinking, collaboration, communication, confidence, dan computational thinking.

Sementara itu Dr. Haidar Bagir, pendiri Sekolah Lazuardi di dalam kata sambutannya, beliau melemparkan pertanyaan, sekolah terbaik untuk anak-anak kita itu seperti apa? Kemudian beliau mengatakan bahwa Lazuardi menjanjikan akan terus belajar untuk mendekati persekolahan untuk anak-anak yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan berpegang pada tujuan pendidikan. Sebagai konsekuensi Lazuardi tidak berhenti belajar, tentang gagasan-gagasan pendidikan, best practice di dunia untuk upaya pendidikan ita sendiri. Jangan pernah berharap Lazuardi berhenti berinovasi, berkreasi karena Lazuardi berprinsip di antara pemecahan masalah yang baik, pasti ada yang terbaik. Maka Lazuardi tidak akan berhenti dengan sesuatu yang sudah dilakukan. Pemikiran kita tidak boleh berhenti karena zaman terus berubah. Maka Lazuardi berupaya melakukan terbaik, mengikuti pemikiran pendidikan dan kebutuhan anak.

Dalam sebuah artikel di Kompas, Haidar Bagir menulis: Sekolah Anti Gadget, yang ditulis setelah penunjukkan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan. Dulu hingga sekarang Lazuardi menolak sekolah dengan tablet/gadget. Namun demikian Lazuardi melakukan ekpserimen/percobaan di Hello Motion School, sebelum menunjuk sekolah itu menjadi  home base learning, kepada anak kelas 1-6  SD. Jika hasilnya bagus, maka kami terapkan ke seluruh sekolah. Percobaan ini dilakukan untuk menemukan hasil yang baik kepada hasil yang terbaik.

Penggunaan gadget di sekolah, jika anak tidak sadar ekses/dampak gadget maka akan berdampak buruk. Dalam kegiatan itu Lazuardi juga mengenalkan coding. Hasil dari penelitian itu, ternyata anak usia 14 tahun baru bisa/siap menggunakan gadget. Jadi melakukan eksperimen di anak usia SMA.

Dari hasil percobaan inilah, akhirnya lahir SMA Pintar Lazuardi. SMA Pintar Lazuardi hadir dengan konsep Blended Learning. Konsep ini mengabungkan metode pembelajaran online dan tatap muka. Pada saat pembelajaran online, Siswa akan dibantu dengan LMS (Learning Management System) yang diberi nama Pintar (Pedagogycal Intelligence Architecture).

Upaya memanfaatkan TIK untuk pembelajaran dilakukan dengan hati-hati.

Manfaat TIK atau LMS berbasis aplikasi biasa, saat PJJ ini hanya sekadar alat untuk memudahkan administrasi. Namun dengan menggunakan Pedagogic Intellegence Architecture (PIA) pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan anak, seperti informasi proses belajar anak, kesulitan belajar anak, costumize, PIA (program pendidikan untuk individu) tergantung gaya belajar anak, personal dan kebutuhan anak. Dilakukan anak per anak. Dulu dilakukan untuk anak dengan kebutuhan khusus, namun sekarang dilakukan juga kepada seluruh anak. Misalnya dilakukan dengan cara berkelompok, setiap anak diajar dengan kurikulum costumize (bisa diatur sendiri). Peer feedback, creater pembelajaran anak, kecepatan belajar anak, sesuai dengan kebutuhan anak. Sehingga anak tidak terintimidasi sekolah atau terintimidasi belajar. Dengan belajar sesuai passion, anak akan bahagia belajar sehingga anak akan jauh dari stress selama belajar.

Sekolah Masa Depan yang Membahagiakan

Bapak Setiyo Iswoyo selaku Direktur SMA Pintar Lazuardi menyampaikan bahwa proses belajar di SMA Pintar Lazuardi menggunakan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan sekolah masa depan untuk mendampingi anak-anak dalam menggapai cita-cita mereka.Tentunya, tidak hanya sistem digitalisasi yang disiapkan, namun diperkuat juga dengan modelpembelajaran berbasis proyek. Model ini akan memfasilitasi anak-anak untuk peduli dengan masalah yang terjadi di sekitarnya, dianalisis dan ditemukan solusinya. Bahwa pada masa pandemi ini terjadi perubahan paradigma yang luar biasa, yakni mengembalikan esensi pendidikan dari sekolah ke rumah. Sekolah berperan memberikan support system.

Setiyo Siswoyo

Jadi SMA Pintar Lazuardi ini pembelajarannya dilakukan online sepanjang waktu, tidak hanya ketika masa pandemi saja tapi seterusnya. Sehingga anak-anak tidak perlu berangkat ke sekolah untuk belajar, namun anak bisa belajar di rumah atau di mana saja ketika pandemi telah usai. LSM juga bisa diakses di mana saja dan kapan saja, sehingga ini yang disebut merdeka belajar.

Ijazah SMA Pintar Lazuardi

SMA Pintar Lazuardi termasuk ke dalam kategori sekolah non formal, oleh karena itu ijazahnya adalah ijazah pendidikan kesetaraan Paket C. 

Berapa mata pelajaran wajib di SMA Pintar Lazuardi?

Ada 5 mata pelajar wajib yang harus diikuti oleh siswa dan selebihnya anak disuruh memilih. Dengan menggunakan aplikasi/LSM ini anak bisa melakukan ratusan aktifitas. 

Sekolah SMA pintar lazuardi ini dilakukan 80 persen online (4 hari) dan 20 persen offline (1 kali ke sekolah), SMA sawangan dan SMA hellomotion. SMA Pintar Lazuardi tidak memiliki bangunan fisik tapi menginduk kepada beberapa sekolah yang merupakan saudara kandung dari sekolah SMA Pintar Lazuardi yang dipergunakan sebagai Home Base Learning (pembelajaran tatap muka).

Program Beasiswa SMA Pintar Lazuardi

Beasiswa diberikan kepada anak-anak SMA Pintar Lazuardi dengan melampirkan surat dari kepala sekolah. Sementara itu selain program beasiswa, SMA Pintar Lazuardi bekerjasama dengan Lembaga Amal Yasmin memberikan bantuan pendidikan kepada anak yang tidak mampu, dengan nama program “Semua Bisa Pintar”. Dengan digulirkannya program ini diharapkan dapat memerata pendidikan kepada anak tidak mampu

SEJARAH SMA PINTAR LAZUARDI

SMA PINTAR LAZUARDI BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL mulai beroperasi pada tahun 2021 sebagai pengembangan layanan baru dari Sekolah Lazuardi Group.Sekolah online, khususnya untuk universitas dan SMA, tampaknya akan menjadi trend sekolah alternatif yang tak terhindarkan. Lazuardi konsisten akan ikut serta memberikan kontribusi pada sistem pendidikan di negeri kita, dengan menyelenggarakan SMA Blended Learningtanpa meninggalkan kreativitas secara optimum. Caranya, dengan menambahkan aktivitas hands on mandiri siswa melalui pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Jugadukungan Learning Management System (LMS) yang diberi nama Pintar.

Blended Learning

SMA PINTAR LAZUARDI-BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL menggabungkan antara kegiatan tatap muka dan pembelajaran online dengan prosentase pembelajaran online lebih besar. Kegiatan tatap muka akan dilakukan seminggu sekali di sekolah home based. Kegiatan tatap muka difokuskan untuk:

  1. Pengembangan karakter
  2. Pengembangan keterampilan sosial
  3. Perwalian (coaching, mentoring, dan bimbingan karir)Untuk bimbingan karir juga disediakan program-program pilihan yang mencakup: Motion Graphics, Graphic Design, Digital Comic, Photography, Music Techno, Public Speaking dan Digital Marketing.
  4. Kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online. Untuk Siswa yang berasal dari wilayah yang belum tersedia sekolah home based, kegiatan tatap muka akan digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.

KURIKULUM

Kurikulum SMA Lazuardi mengacu pada Kurikulum Nasional yang sedang berlaku diperkaya dengan konten kurikulum dari berbagai negara dan kurikulum keahlian.

VISI: Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebaikan welas asih, dan kebahagiaan spiritual.

MISI: Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dibangun sebuah Learning Management System (LMS), yang diberi nama PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture). LMS ini tidak sekadar platform belajar online, namun merupakan aplikasi belajar online yang tetap memperhatikan esensi pembelajaran, yaitu keterikatan antara Siswa dengan proses pembelajaran, interaksi antar Siswa dan Guru. Dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang memungkinkan Siswa belajar mandiri dan terpantau aktivitasnya. Aplikasi canggih ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Bahkan orang tua juga dilibatkan untuk bersama-sama Guru, memantau dan memberikan dukungan kepada putra-putri tercinta.

Nah, Moms itu dia tentang Pedagogical Intellegence Architecture, saya suka dengan konsep belajar begini, sehingga anak-anak bisa bebas menentukan prioritas belajar yang paling dia sukai selain dari 5 mata pelajaran wajib itu. Anak jadi happy belajarnya dan tentu saja mereka juga semoga menjadi pembelajar mandiri yang pandai menggunakan gadget sebagai aset belajar, bukan sekadar untuk refresing (baca: main game melulu hihihi).

Baik, Moms, selamat mendampingi putra putrinya belajar. Jika Moms tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai SMA Pintar Lazuaardi Moms bisa menghubungi CS di nomor: 0817-1122-34.

Salam hangat,

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

42 comments

  1. Wah, manajemen SMA Pintar Lazuardi ini keren banget ya mba

    pembelajarannya dilakukan online sepanjang waktu, tidak hanya ketika masa pandemi saja tapi seterusnya. Sehingga anak-anak tidak perlu berangkat ke sekolah untuk belajar, namun anak bisa belajar di rumah atau di mana saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, bikin anak semangat sekolah hehe

      Delete
  2. SMA Pintar Lazuardi termasuk ke dalam kategori sekolah non formal, oleh karena itu ijazahnya adalah ijazah pendidikan kesetaraan Paket C.

    Waah baru paham setelah baca di artikel ini mbak. Jadi memang ramah banget buat anak homeskuling ya...
    Sepertinya saya harus membaca2 artikel lain di blog ini terkait HS karena saya sedang memikirkan opsi ini utk anak2 saya.
    TFS mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mbak, belum banyak sih sharing tentang HSnya tapi insyaAllah akan saya perbanyak sehingga bisa membantu orang tua yang memutuskan untuk HS

      Delete
  3. baru dengar aku mbak, keren ya sistem pembelajaran yang diterapkan oleh SMA LAZUARDI ini
    sesuai dengan generasi Z,karena pembelajarannya juga menggunakan gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekolah itu harus sesuai kebutuhan anak ya, agar hasilnya terasa oleh anak

      Delete
  4. aku pun baru mendengarnya ini, ternyata pas lihat reviewnya, bagus-bagus juga ya ini program belajarnya Lazuardi. Selain membangun kreativitas si anak juga bisa jadi pilihan untuk para orang tua memilih sekolah yang tepat.

    ReplyDelete
  5. Wah kok menarik ya. Kalau pembelajaran full online berarti kami yg didaerah juga bisa mendaftar di SMA Pintar Lazuardi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena slogannya sekolah di mana saja dan kapan saja :-)

      Delete
  6. Aku gak mengikuti teknik pengajaran dari sekolah, kak.. Tapi keluargaku mayoritas berprofesi sebagai guru. Dari mulai masku yang pertama sampai suamiku sendiri ((dosen)).
    Jadi, sedikit banyak kalau kumpul keluarga, kita bahas mengenai pendidikan ideal untuk anak apalagi di masa pandemi yang menggunakan gadget, ini jadi seru banget.

    Memang sudah gak zamannya lagi tuuh...menyuapi anak dengan materi seperti sekolah zamanku kecil. Anak sekarang lebih cepat berpikir dan berkembang. Jadi kudu terus belajar menjadi guru dan sekolahnya juga mencari sistem belajar yang paling ideal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pembelajaran harus mengikuti perubahan zaman, agar tidak monoton

      Delete
  7. menarik sekali sekolah Lazuardi ini gak hanya kurikulum pendidikan aja tapi juga memasukkkan kurikulum keahlian di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget dan ini disesuaikan dengan kebutuhan anak

      Delete
  8. Waah baru tau juga aku mbak kalau Pintar ini singkatan dari Pedagogical Intellegence Architecture, asli keren banget loh SMA dengan sistem secanggih ini

    ReplyDelete
  9. Oke juga nih SMA Pintar Lazuardi. Selain itu juga publik pun bisa tau kalo sekolah dg status paket C pun nggak kalah kualitasnya dg sekolah² yg ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes banget mbak, tergantung persepsi ortu sih ya, kebanyakan ortu sekarang sih udah open mind

      Delete
  10. Masya Allah ... dengan metode pembelajaran blended learning, dengan memperhatikan karakteristik anak, personalisasi, fleksibilitas dan kemahiran pada tekonologi, agar anak tumbuh sesuai kebutuhannya ... saya menangkap besar sekali perhatian SMA Pintar ini pada potensi anak .... setiap anak memiliki keunikan dan kebutuhannya beda2. Ini diakomodir oleh SMA Pintar Lazuardi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena setiap anak itu unik dan memiliki spesialisasinya masing masing, gak bisa seragam. jadi kebutuhannya juga setiap anak berbeda

      Delete
  11. Jadi blended learning dan pendekatannya bagus ke tiap anak ya. Oh aku baru tau awalnya utk ABK tapi sekarang smua siswa bisa. Cakeeep deh. Untuk murid2 belajar sesuai gayanya masing2 itu penting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. gaya belajar anak berbeda beda, jadi harus sesuai kebutuhan anak agar mereka gak mati gaya saat belajar hihihi

      Delete
  12. Saya kok malah kepoh soal akademi Huffaz GEMA hehe
    Dah pernah diulas belum yaa? Ada buat anak kecil SD gtu?

    Lazuardi ini kyknya konsepnya bakalan banyak banget di masa mendatang kali ya? Krn relate banget dengan merdea belajar yang dicanangkan sama mas menteri jg :D

    Anakku jg SD-nya akan sekolah di sekolah dgn model kyk SMA Lazuardi gini mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini aku lupa terus mau bahas tnetang akademi Hufaz Gema, insyaAllah soon yaa

      Delete
  13. Metode atau strategi pembelajaran terus dikembangkan untuk menghasilkan yang paling baik ya mbak apalagi di era teknologi ini, Aku baru tau istilah Pedagogical Intellegence Architecture

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak memang harus dipikirkan pembelajaran yang menarik agar bisa mengakomodir kebutuhan anak di era teknologi ini

      Delete
  14. Saya juga ngalamin susah cari sekolah untuk anak yang baru pindah dari LN, Mbak. Apalagi awal tahun ajarannya beda. Meski akhirnya dapat sekolah juga, menurutku metode sekolah hybrid learning gini lebih cocok untuk anak-anak pindahan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos mbak, awalnya aku merasa hopeless banget tapi ternyata kalau sudha dijalankan, tidak seperti yang dipikirkan hehe enjoy aja, insyaAllah anak anak mudah kok beradaptasinya. kita ortu mendukung doa dan kekuatan saja, tidak menyalahkan anak atau keadaan

      Delete
  15. Program belajarnya rasanya sebanding juga dengan biaya yang dikeluarkan ya Mb, hehehe. Mantap dan matang konsep sekolah Lazuardi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, lihat biayanya uhuy tapi kalau lihta calon lulusannya mungkin worth it yaa

      Delete
  16. Anaknya bosku sekolah di sini mbak, jadi aku tau sekolah Lazuardi ini bagus, sampe aku bilang sama suami, kalau si sulung sekolah di sini aja hihihi

    ReplyDelete
  17. Ini jadi keren dong ya mbasiap menghadapi tantangan belajar selanjutnya kalau pakai metode Pedagogical Intellegence Architecture .. jadi kepiran mau masukin ankku yg cewe kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus sekolah ini mama utie, insyaAllah adalah ya rejekinya

      Delete
  18. Dan sangat bersyukur jika SMA Pintar Lazuardi mengontak saya untuk sharing soal blog dan fotografi untuk siswa siswi di sana
    Bakalan dengan senang hati berbagi pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mbak amma, semoga ada kerjasama setelah ini yaa

      Delete
  19. Jadi SMA Pintar Lazuardi ini semacam homeschooling ya mbak. Makin canggih sih sekarang sekolah tuh udah ngikutin perkembangan jaman. Berarti mau tinggal di mana pun, sekali pun di LN bisa ya sekolah di sini mbak?

    ReplyDelete
  20. Saya pernah ikut seminar bareng SMA Lazuardi dengan topik tentang generasi Z. Memang metode yang mereka pakai itu bagus, cocok untuk anak-anak sekarang

    ReplyDelete
  21. Gebrakan baru nih dari SMA Pintar Lazuardi ya Mba Sri
    bisa jadi rekomendasi anak-anak untuk meneruskan jenjang yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  22. Aku baru dengar dan tahu tentang sistem sekolah seperti ini. Keren sekali!!! Anak-anak pasti sangat menikmati proses belajar, ya 😃.

    ReplyDelete
  23. Aku tertarik nih sama SMA Pintar Lazuardi.. Lagi cari-cari info lebih detail..secara kan di Jawa Timur belum ada homebase nya ya? Paling deket di Jawa Tengah...

    ReplyDelete
  24. Naahhhhhh harusnya semua sekolah gini ya mba. Gak cuma
    Fokus ke mata pelajaran wajib aja. Justru minat dan keahlian wajib banget untuk dikembangkan juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email