Resep Nasi Tim Ikan Tilapia

24 comments
Moms, ada resep baru nih yang baru saya cobain. Resep nasi tim ikan Tilapia. Cara membuatnya mudah sekali dan hemat waktu. Sehingga saya tidak perlu berlama-lama di dapur. 

Resep nasi tim ikan tilapia

Ini resep bisa menjadi menu andalan nih, Moms. Terutama jika sedang sibuk mengerjakan berbagai kegiatan dalam sehari. Jadi ceritanya, akhir Oktober lalu saya akhirnya daftar wisuda dan meninggalkan anak-anak lumayan lama. Pas pulang semua makanan di rumah sudah habis. Karena saya merasa bersalah, akhirnya cari cara gimana supaya cepet matang masakan, agar anak-anak bisa secepatnya makan. Alhamdulillah keingetan masak nasi tim aja. Dan memang benar masak nasi tim cepet banget. Jadi masak nasi sekalian masak lauknya juga. Praktis!

Nah, karena saya itu suka segala sesuatu yang praktis dan hemat waktu. Saya buat nasi tim ikan Tilapia. Waktu menyiapkannya cepat dan hemat waktu. No ngulek-ngulek dan no banyak bahan. Sederhana tapi kandungan gizinya tinggi. Kata anak-anakku, nasi tim ini enakkk. Kayak makan di restoran. Wah senangnya! Maklum deh anak-anak sudah lama enggak saya ajak makan di luar. Jadi ada menu makanan yang berbeda dikit, sudah pada ingetnya makan di restoran hihihi

Resep Nasi Tim Ikan Tilapia

Begini cara membuat nasi tim ikan Tilapia, Moms.

Bahan resep nasi tim ikan Tilapia:

  • 300 gr beras cuci bersih
  • 200 gr (1 bungkus) ikan Tilapia Regal Springs
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm minyak wijen
  • 500 ml air
  • 1 sdm penyedap rasa/gulgar
  • 1 bawang bombay cincang
  • Jahe secukupnya iris halus
  • Daun bawang secukupnya
  • Jamur kancing (optional)
  • Minyak untuk menumis
  • 1 sdm Kecap manis,
  • 1 sdm kecap asin
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuat nasi tim ikan Tilapia:

  1. Tumis bawang putih sampai harum. Masukan beras, minyak wijen dan penyedap rasa. Aduk rata. Beri air. Aduk rata, tunggu hingga 3/4 matang. Sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay, jahe sampai harum. Masukan ikan Tilapia yang sudah dipotong dadu. Masukan jamur, kecap manis dan kecap asin, dan merica bubuk aduk rata. Masak hingga matang. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk tahan panas. Olesi dengan minyak. Atur tumis ikan tilapia regal springs didasar mangkuk secukupnya. Lalu beri nasi. Padatkan. Kukus hingga matang.

Kuah sup ikan Tilapia 

Bahan sup ikan Tilapia:

  • 1 sdm bombay, 
  • 1 sdm bawang putih, 
  • 2 sdm ikan tilapia potong dadu. 
  • Air secukupnya. Daun bawang. 
  • Kaldu/gulgar. 
  • Merica bubuk secukupnya.

Cara membuatnya: 

  1. tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. 
  2. Masukan ikan, masak hingga matang, masukan air. 
  3. Tunggu hingga menggolak. Beri merica bubuk dan penyedap rasa. 
  4. Angkat dan taburi dengan daun bawang.
Resep ini untuk 3 mangkuk nasi tim, ya Moms. Jadi kalau saya, karena rakyat di rumah saya banyak, saya buat 2 resep. Alhamdulillah, jadinya bisa 8 mangkuk malahan. Kalau mau lebih banyak lagi ikannya, bisa ditambah lagi porsi ikannya. 

Nah, mudah sekali kan Moms. Happy cooking!
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

24 comments

  1. Looks so yummie Mbaaa, bikinnya simple sepertinya (harus coba sendiri dulu nih, haha) dan yang pasti kandungan gizinya tinggi ya. Harus bikin nih, apalagi anak-anakku doyan ikan semua.

    ReplyDelete
  2. Kalo pas ke Superindo, aku seriiiing lihat ikan tilapia ini mba

    bertanya2, enaknya dimasak cem gimana?
    Wah Alhamdulillah, kok pas bgt aku buka blogpost ini.
    makasiii idenya mba :D

    ReplyDelete
  3. Wah bikinnya simpel dan looknya menarik bangeet. Anakku bakal doyan nih dibikinin menu semacam ini.
    Eniwe, ikan tilapia itu bisa dibeli di mana? Trus ini bahan utamanya bisa diganti sama ikan lain nggak ya?
    Aku lagi cari resep ikan yang minim goreng-goreng nih.

    ReplyDelete
  4. Ikan tilapia itu ikan nila bukan ya? kebetulan saya belum pernah masak nasi tim ikan tilapia di rumah soalnya.

    ReplyDelete
  5. Ikan tilapianya dibikin jadi enak banget inii, aku suka makan nasi tim tapi belum pernah bikin sendiri. jd pengen nyobain resep ini deh mba Sri :)

    ReplyDelete
  6. aduh enaakkk, bayanginnya kaya nasi tim legendaris itu.. ikan tilapia nih benernya ikan apa ya? mupeng lah kalau gampang begini mah...

    ReplyDelete
  7. Menggiurkan! Ikan tilapia? baru denger maaf, rada kudet aku hahahaa

    biasanya aku pake ikan tuna mom, jadi mau cobain ah ikan tilapia

    ReplyDelete
  8. waaah kayaknya enak banget nih mba..selama ini kalau nasi tim kan dengan ayam atau ati ayaam ya.. looks yuum

    ReplyDelete
  9. kalo di rumah, diganti nih ayam, hehehe. kalo ikan tertentu aja maunya, maulah dicobain bikinnya sebab mudah kayaknya

    ReplyDelete
  10. Molly baru denger ada nama ikan tilapia. Nasi tim ikannya enak banget kayaknya. jadi pengen masak sendiri

    ReplyDelete
  11. Teh untuk ikan tilapianya beli dimana? Saya baru tau ada nama ikan kok cantik begini kayak nama perempuan haha.

    ReplyDelete
  12. Ikan tilapia tu yg kek gimana ya mbak? Klo bacanya resepnya si cukup gampang buatnya. Anakku suka banget ikan ntar aku coba praktek ah

    ReplyDelete
  13. Menu nasi tim ikan Tilapia ini jadi penyemangat hari yaa, kak..
    Masaknya dengan penuh cinta dan makannya pun nyaman banget karena uda komplit dan cantik dari segi plattingnya.

    ReplyDelete
  14. aku baru tahu dan baru dengar ikan tilapia. btw, nasi tim ikan tilapianya bikin pengen dan bikinnya kayaknya enggak ribet juga.

    ReplyDelete
  15. Keliatan enak.. Patut direkomendasikan untuk istri saya

    ReplyDelete
  16. Waaaah iya gak kelamaan di dapur. Bisa nih dicontek, tumis2 bentar lalu kukus nasi dan lauknya. Mantaaap. Mungkin kalo dimasukin daun pisang dan dikukus lalu dibakar, enak jg kali ya. Jd nasi bakar gitu

    ReplyDelete
  17. Cepat dan praktis ya mba bikin nasi tim gini. SEkali masak udah lengkap ada karbo dan juga lauknya sekalian.

    ReplyDelete
  18. Aku jadi googling bentuk Ikan Tilapia haha
    Duh, nasi tim seperti ini bakalan jadi kesukaan mama mertua
    Coba ah save resep dan buat kalau ke mertua

    ReplyDelete
  19. Saya sama nih dengan anak mbak, suka makan nasi tim, tetapi biasanya pakai lauk ayam atau daging sapi. kalau pakai ikan belum pernah, apalagi pakai ikan tilapia. Mau coba ah, mumpung ada resepnya dari mbak Sri.

    ReplyDelete
  20. Ini sih cocok banget buat dipraktikkan, nasi sekalian lauknya jadi satu. Nggak repot masaknya. Terus porsinya juga bisa diatur pas satu mangkuk untuk satu orang

    ReplyDelete
  21. Kalau sama ikan kemasan gini, masak sup ikan jadi super praktis ya. Dan enak pastinya.
    Btw, saya cari-cari ikan tilapia itu ikan apa dan belum ketemu.

    ReplyDelete
  22. jadi keinget resep nasi tim ayamnya Kimbab Family hehehe, ikan patin biasanya cuma digoreng tapi ini dibuat nasi tim kayaknya enak juga ya mba,,, boleh dicoba deh resepnya ini

    ReplyDelete
  23. Boleh dicoba nih resepnya, biasanya kalau tim pake ayam, belum pernah nyoba pake ikan.

    ReplyDelete
  24. btw nasi tim ini recommended untuk anak yang malas makan ga sih mba tuti? heheheh aku lagi ngumpulin resep untuk anakku nih

    ReplyDelete

Post a Comment