Mainkan Solitaire Gratis di Solitaire.org

28 comments

Dulu waktu kecil, saya sering kalah main kartu remi. Zaman now saya kalah terus mainkan solitaire gratis di solitaire.org. Yah, bagaimana tidak kalah terus, main sama anak-anak saya yang semuanya Gen Z. Generasi yang disebut-sebut digital native. Hanya dengan melihat permainannya saja mereka sudah bisa memainkannya dengan sempurna.

mainkan solitaire gratis di solitaire.org

Suatu ketika, saya  penasaran sama permainan Solitaire yang sedang dimainkan anak-anak di PC. Terus saya perhatikan, yah, ini sih gampang, amat, yah! Sama kayaknya dengan permainan kartu remi yang sering saya mainkan waktu kecil dulu.

"Umi mau main juga, dong!" saya ikutan nimbrung di permainan anak-anak.

"Emangnya Umi bisa?" tanya anak saya yang nomor 4.

"Eh, gini-gini Umi mantan juara main karet, gala asin, cing benteng, lho!" sahut saya enggak terima. Saya pun duduk manis di kursi di depan PC. Anak-anak saya pun mundur. Berdiri di belakang punggung saya.

Tak lama kemudian, saya pun asyik main game Solitaire online itu. Eh, ini gimana cara mainnya? Kok, kartunya acak banget. Saya berkali-kali memperbarui permainan saya. Padahal game klasik super mudah. Saya scroll ke bawah, ada how to-nya juga sih. Tapi gengsi mau membaca konstruksinya dulu. Saya mulai agak cemas. Anak-anak terus memperhatikan saya dari belakang punggung saya.

"Klik-klik aja, Mi. Dicocokkan masing-masing kartunya!" anak kelima mulai bersuara. Dia mengambil mouse dan mengajari saya memainkan permainan game online Solitaire itu. Dan akhirnya saya pun bisa dong sekarang. Semudah itu ternyata. Dalam hati, untung main sama anak-anak sendiri. Enggak kebayang kalau main sama orang lain, bisa mati gaya, hahaha!

Mungkin beberapa orang tua jadul semacam saya, pernah akrab dengan game online solitaire. Namun meski tahu, kalau tidak memiliki akses ke permainan itu, gimana bisa mainnya? Salah satunya karena gak punya komputer!

Jadi, tidak perlu sedih dan sungkan, wahai diriku. Tidak bisa memainkan permainan Solitaire online bukan akhir dari segalanya. Namanya permainan bisa dipelajari kok. Dengan belajar, siapa tahu dari juara main karet, naik kelas menjadi juara solitaire! Ala bisa karena biasa. Tul!

Apa sih Game Solitaire itu?

Game Solitaire adalah permainan kartu sederhana menyusun kartu-kartu dari nomor yang paling besar sampai ke nomor paling kecil, atau sebaliknya. Dari nomor terkecil (kartu as) disusun sampai nomor paling besar (kartu King/K). 

Dulu saya menyebut kartu ini Kartu Remi. Kartu remi berjumlah 52 lembar kartu. Terdiri dari empat jenis kartu yaitu keriting, hati, wajik dan skop. Masing-masing jenis kartu berjumlah 13 kartu dari kartu As sampai kartu King. Ada dua kartu yang disebut kartu joker berwarna merah dan hitam. 

kartu remi
source: istockphoto- kartu remi

Sebenarnya jauh sebelum ada game solitaire online, kita juga pernah main permainan kartu secara offline. Nama permainannya, permainan cabutan kartu pakai kartu remi. Yang paling cepat habis itu pemenangnya. Pokoknya peraturannya suka-suka yang ngajak main. Terserah dia gimana mau memperlakukan peraturan. Apalagi jika kita yang punya kartu. Yang lain harus menyerah kalah! Gak asyik banget, sebab saya bukan pemilik kartu!

Dulu, waktu saya kecil, saya bermain cabutan/cangkulan dengan kartu remi. Kegiatan ini saya lakukan saat menunggu waktunya berbuka puasa. Hampir semua anak di zaman saya ngabuburit sambil main kartu remi. Ketika itu, saya ngabuburit bersama saudara-saudara sepupu yang jumlahnya 9 orang. Sementara saya dan saudara kandung saya 7 orang. Ada yang main kartu, ada yang main menyusun balok, lari-larian, main congklak, main rumah-rumahan. Ramai di rumah nenek. Persis rumah penitipan anak.

Sejarah Solitaire

Konon, menurut sejarah per-solitaire-an yang saya kutip dari situs penyedia permainan Solitaire online gratis solitaire.org disebutkan bahwa permainan solitaire ini muncul pada abad 17 di Eropa utara. Tercatat dalam sejarah, bahwa Prancis, Swedia, Jerman dan Rusia menyebut permainan ini sebagai permainan "Patience",  yang artinya kesabaran. 

Memang dalam permainan ini diperlukan kesabaran dalam memainkannya. Suka lihat dong, di film-film klasik, orang main kartu sambil pada diem-dieman gitu. Terus pada saling lirik. Paling menegangkan itu pas kartu udah paling akhir. Karena akan diketahui siapa pemenang dalam permainan kartu ini. 

Nah, pada abas ke-19, Solitaire pun semakin dikenal oleh kalangan atas Prancis. Sementara di Inggris, Pangeran Albert adalah salah satu penggemar permainan Solitaire ini. Permainan Solitaire menyebar secara luas hingga ke Amerika Serikat pada tahun 1870.

Selanjutnya, di era di mana teknologi semakin berkembang. Hadir teknologi komputer. Tahun 1990 Microsoft Windows merilis permainan solitaire yang bisa dimainkan gratis di desktop. 

Dan tahukah kamu, ternyata permainan ini tercipta dari seorang pegawai magang yang merasa bosan. Akhirnya dia ciptakan permainan solitaire yang bisa dimainkan di komputer. Luar biasa!

Sampai detik ini permainan Solitaire masih sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu penggemarnya adalah suami saya. Di tengah penatnya bekerja, dia bermain solitaire untuk refresing.

Mainkan Solitaire Gratis di Solitaire.org

Nah, zaman now, permainan kartu bisa dimainkan secara online. Salah satu penyedia permainan solitaire gratis ini adalah solitaire.org. Saya juga mengetahui situs ini baru-baru ini. 

 

solitaire gratis di solitaire.org

Di situs permainan kartu online solitaire.org ini banyak permainan yang bisa dimainkan. Misalnya seperti Classic solitaire, Spider solitaire, Klondike, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, Golf dan Mahjong.

Beberapa permainan solitaire yang sudah saya mainkan di solitaire.org adalah sebagai berikut:

1. Classic Solitaire

Permainan ini saya mainkan di dua perangkat, komputer dan HP. Keduanya sama nyaman. Anak saya yang nomor 5 sangat menikmati keseruan dari permainan game classic solitaire ini. 

Classic solitaire
source: solitaire.org
Cara bermain classic solitaire cukup mudah. Klik di situs solitaire.org nanti akan otomatis menuju halaman classic solitaire ini.

Lalu, sistem akan mengocok dan membagikan kartu pada 7 kolom yang tersedia. Sementara di kolom paling atas bagian kanan adalah kartu yang masih tertutup. Kita bisa membukanya dengan mengklik pada kartu yang tertutup. Maka akan terbuka 3 kartu baru.

Jika bertemu dengan kartu as, maka kita bisa mengklik dua kali di kartu as maka secara otomatis kartu as akan naik ke atas sejajar dengan kartu yang belum dibuka.

Selanjutnya kita pasangkan misalnya ada 7 hitam dan 6 merah. Nah 6 merah taruh dengan cara mengklik dua kali atau mendrag (tahan) dan drop (simpan) di atas 7. Begitu seterusnya. Permainan ini melengkapi kartu dengan warna yang selang-seling. Dari mulai kartu Raja (king/K) hingga kartu As. Begitu. Jika kartu di kanan atas itu sudah habis dibuka tapi permainan masih berlanjut, kita bisa mengklik pada bagian koson. Maka kartu akan kembali lagi tersusun. Kita bisa melanjutkan permainan dengan mengklik kembali dari awal. Begitu seterusnya.

Kalau belum terbayang bagaimana cara mengoperasikannya, mari kita latihan dengan mencoba gamenya langsung. Ini akan sangat menyenangkan. Memainkan game classic solitaire ini mudah sekali. Bahkan saya yang gaptek ini bisa menang terus!

2. Klondike Solitaire 

Klondike solitaire ini prmainan yang menantang tetapi bisa dipahami oleh saya. Sebab itulah, saya masih bisa bertahan dan menang dalam permainan ini meskipun awalnya, lebih banyak kalahnya. Tapi as far as, permainan ini lebih mudah daripada FreeCell solitaire. 

Klondike Solitaire
source: solitaire.org
 Cara memainkannya, kamu masuk ke solitaire.org lalu klik di Klondike. Akan terbuka space game. Setelah itu kita akan ditanya apakah akan memainkan dengan membuka 1 kartu atau 3 kartu. Membuka satu kartu ini mudah. Kalau membuka 3 kartu agak susah menurut saya meskipun disebut normal. Bagi saya tidak normal hihihi

Setelah memilih mode permainan. Kartu akan dikocok oleh sistem dan dibagikan kepada kita dilayar komputer atau HP. Nah, nanti ada kartu yang terbuka di bagian atas layar permainan dan juga kartu yang belum terbuka. Di bawahnya persis ada 4 kotak yang masih kosong. Kotak-kotak itu untuk menyimpan kartu as. Jadi tujuan permainan ini adalah menumpuk kartu dari mulai as sampai dengan King. Begitu. Tidak acak-acakan ya. Harus rapi. Misalnya kartu as hati, ya semua temannya harus hati, begitu juga wajik, skup atau kering. 

Oke, siap main yaa!

3. FreeCell Solitaire

Jika kamu sudah pernah memainkan classic solitaire, permainan FreeCell solitaire ini level atasnya. FreeCell solitaire adalah permainan yang lebih menantang daripada classic solitaire. Dua hal yang paling saya rasakan yaitu lebih menantang dan lebih susah. Di permainan ini saya gagal terus. Gak pernah bisa menang. 

Cara memainkan FreeCell solitaire ini adalah sebagai berikut:

Setelah kamu memilih FreeCell, kamu klik kotak biru bertanda segitu kuning. Sistem akan mengocok dan membagikan kartu dengan random. Nah di dalam kotak permainan ada tiga bagian. Sebelah kiri adalah 4 kotak kosong untuk menyimpan kartu sementara. Bagian tengah kartu-kartu yang sudah terbuka. 4 kotak kosong di sebelah kanan adalah tempat kartu as.

Jadi ketika kamu memainkan FreeCell solitaire ini, ketika kamu mulai mentok, bisa menyimpan kartu-kartu yang menghalangi di kotak sementara di bagian kiri. Jika bertemu dengan kartu as, simpan kartu as di bagian kanan. Lalu mulailah kamu menyusun dari mulai kartu as, 2,3,4,5,6,7,8,9,10,Jack, Queen dan King. Begitu.

4. Pyramid Solitaire 

pyramid solitaire
source: solitaire.org
Saya memainkan permainan pyramid solitaire ini di HP. Cuma angkanya jadi kecil-kecil. Bagi saya yang sudah ada gangguan pada mata, plus dan minus, lebih nyaman bermain di desktop komputer. Lebih nyaman dan rileks di mata.

Cara memainkan permainan pyramid solitaire ini lumayan mudah. Goal dari permainan ini adalah menghabiskan kartu yang berbentuk piramida. Caranya adalah dengan mencocokan dua kartu sehingga menjadi angka 13. 

Saya kasih bocoran yaa. King bisa langsung klik satu kali. Kartu as pasangannya dengan Q. Kartu angka 2 pasangannya dengan J. Angka lainnya? Cari sendiri caranya yaa. Jangan lupa, goal angka 13 yaaa.

pyramid solitaire online di desktop
Sarah sedang main game pyramid solitaire online gratis di desktop komputer
 Okeeeyyy!

Dari semua permainan solitaire yang sudah saya mainkan, yang paling mudah itu classic solitaire dan Klodike solitaire. Soalnya saya sering juara! Dan yang paling menantang dari permainan solitaire ini adalah FreeCell solitaire dan Pyramid solitaire. Susah!

Selain menyediakan game solitaire gratis, solitaire.org juga menyediakan permainan lainnya yang tak kalah seru. Mereka menawarkan koleksi permainan lainnya dalam kategori sebagai berikut:

  • solitaire.org/logic-puzzle-games/
  • solitaire.org/permainan kata/
  • solitaire.org/mahjong-games/
  • solitaire.org/hidden-object-games/
  • solitaire.org/card-games/
  • solitaire.org/match-3-games/
  • solitaire.org/free-online-games/

Nah memainkan permainan kartu online gratisan ini bisa dilakukan di PC komputer atau di HP. Tapi menurut saya sih lebih nyaman bermain lewat PC yaa. Lebih luas pandangan kita dan lebih seru karena bisa bermain bersama sama anak-anak. Selain have fun juga meningkatkan bonding dengan anak-anak.

Jadi, bagaimana? Apakah sudah siap mainkan solitaire gratis di solitaire.org?

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

28 comments

  1. Aku udah cobaaaa Solitaire ini
    seruuu banget!
    karena memang aku tipikal yg demen games santai kayak gini.
    mengingatkan jaman dulu bangeettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kalau suamiku main ini tuh buat refresing. Aku sama anak-anak juga gitu. Menepis bosan di rumah aja, seru main solitaire.

      Delete
  2. Sudah lama gak main ginian, bisa dicoba nih buat refreshing heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, cobain permainan yang lebih menantang dari solitaire game ini mbak. Jangan cuma classic aja kayak saya hihihi

      Delete
  3. Solitaire ini pertama kali aku mainkan di PC saat masih sekolah SMP hahhaha trus jadi teman ketika gak tau mau ngapain, yaudah main solitaire aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau saya tahun 90an dah SMA belum kenal sama komputer. Pas kuliah aja harus belajar ngetik itu pun pegang komputer karena les komputer. bukan buat main hehehe

      Delete
  4. Solitaire ini klasik banget, sih. Ternyata ada macam2 jenisnya, ya. Beberapa dulu aku suka banget mainnya

    ReplyDelete
  5. Eh, aku dulu suka main remi juga. Biasa kalau tahun baruan ikutan orang2 tua begadang main remi. main 41, cangkulan, blackjack, kanasta gitu2. Kalau solitaire sih kenalnya pas udah sering main komputer. Permainan klasik banget ini. aku suka mainin dulu kalau suntuk pas ngerjain skripsi. Ibuku juga suka mainin katanya buat ngelatih otak biar nggak pikun.

    ReplyDelete
  6. Iyayaaa aku jadi ingeeet games jaman dulu ini di pc windows aku. Main kartu liatin si kakak2 aku mbaa hihi terus nyobain deh.
    Sekarang ada free online gamesnya yaa, asyik buat yg me time ngegames ini bisa jadi pilihan ya mba

    ReplyDelete
  7. Wah, permainan zaman dulu nih Solitaire hihihihi :) enaiknya main di layar laptop ya lebih lebar enak lihatnya. Ternyata ada sejarahnya juga permainan ini. Main kartu gampang2 susah. Kalau menang seneng, ga menang ya sebel hahahah :D

    ReplyDelete
  8. Jadi permainan kartu remi Solitaire ini penemuan di Eropa utara ya mbak. Di Indonesia juga populer permainan ini walaupun tidak dilakukan secara online dulunya. Nah kalau main secara online mungkin jauh lebih menantang dan menarik ya karena tersedia bermacam jenis permainan. Dan kita juga bisa belajar di sana

    ReplyDelete
  9. Yg piramid Solitaire aku belum mudeng nih mbaaa 😄. Ntr aku mau coba cari tahu step2nya deh. penasaran. Soalnya Solitaire juga games favoritkuuuu. Tp yg paling sering dimainin yg ckassic dan Klondike. Trus mahjong juga games yg aku suka tuh. Seneng deh karena games yg dulu2 bisa dimainin lagiii 😄. Kayaknya sejak pandemi aku jadi sering nge games sih, ngilangin jenuh di rumah :D

    ReplyDelete
  10. Solitaire ini permainan legend banget ya mbak Sri :D
    Jadi keinget masa lalu deh pas masih punay komputer robot yang gede banget mainnya pasti Solitaire sambil dengerin musik Winamp wkwk
    Ternyata jenis permainan ini banyak banget dan masih eksis bisa dimainkan di websitenya hingga sekarang yaa

    ReplyDelete
  11. Ponakan ku sewaktu usia 5 tahun jadi ikut-ikutan main solitaire gegara suamiku doyan banget main solitaire :)

    ReplyDelete
  12. Solitaire ini permainan pertama yang saya kenal saat mulai belajar menggunakan komputer. Terus jadi permainan favorit kala lagi santai

    ReplyDelete
  13. Ahh Solitaire ini emang game klasik yang nggak ada matinya
    aku dulu suka main solitaire ini mbak
    asik ya sekarang bisa main solitaire gratis di Solitaire.org ini

    ReplyDelete
  14. Game solitaire itu game favorit saya setelah Zuma, wkwkwk... Jadul banget yak.. Tapi asik ini, ngga bikin stres. Selain itu kita jadi latihan untuk lebih teliti juga sih saat menyusun angkanya.

    ReplyDelete
  15. Wah, saya jadi tahu nih sejarah dari Solitaire ini. Bener ya kalau offline permainan solitaire ini namanya kartu remi. Memang seru bisa ngusir kebosanan. Permainan yang sering saya mainkan adalah Spider solitaire.

    ReplyDelete
  16. Aku juga udah cobain mainan Solitaire ini..asik banget..pilihannya juga buanyaak ya..dan yang bikin asik lagi bisa diakses secara gratis..sukak banget

    ReplyDelete
  17. Aku main game di Solitaire ini dulu gg bisa2 Mak, tapi kucoba yang online ya dikit2 bisalah. Main game ini salah satu me time buat aku, heheh

    ReplyDelete
  18. Aku main game di Solitaire ini dulu gg bisa2 Mak, tapi kucoba yang online ya dikit2 bisalah. Main game ini salah satu me time buat aku, heheh

    ReplyDelete
  19. Wah ini sih salah satu game kesukaanku sejak kuliah dulu. Aku kalo capek, stres, bosen, pasti main solitaire deh. Seru, menghibur. Tapi aku belom pernah nyoba nih di solitaire.org. Nanti nyoba ah.

    ReplyDelete
  20. Maiananku dulu nih solitare. Ternyata skrg solitare sudah nyimpan bantak games lainnya ya

    ReplyDelete
  21. Zaman awal punya komputer, aku suka main solitaire. Game klasik bikin mikir, nih! Sekarang udah beragam game solitaire ya, gratis pula

    ReplyDelete
  22. Mainan aku banget ini tu..
    Tapi selalu kalah., hhuhuu... apa aku coba main di Solitaire.org yaa...hihi, siapa tahu menangan di sini.

    ReplyDelete
  23. Ada banyak banget permainan kartu tersedia di situs bermain online Solitaire.org yaa. Baru coba 1-2 permainan aja nih saya, permainan lainnya sambil pelan-pelan dipelajari. Namanya juga permainan kartu, mesti paham betul gimana cara bermainnya.

    ReplyDelete

Post a Comment