aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Resep Cheese Potato Balls Homemade

Hai Moms, mau resep cheese potato balls homemade? Saya yakin, selama masa pandemi belum usai, pasti Moms gak berenti bolak balik ke dapur terus, kan? Selain anak-anak pingin cemilan terus. Moms juga kan jadi laper terus, yaa. Hehe.

Resep cheese potato balls homemade
 Nah, kali ini saya akan share resep cheese potato balls homemade atau bahasa Indonesia mah, bola-bola kentang keju buatan sendiri. 

Membuat cheese potato balls ini sebenarnya tugasnya Sarah. Jadi di sekolahnya Sarah itu ada tugas membuat bola-bola kentang keju. Tugas ini seharusnya dilakukan di sekolah. Tapi karena Sarah belum diperbolehkan PTM, jadi dia buatlah dengan Umi di rumah. Dibantu Saki juga sih, menumbuk kentangnya. Seru!

Alhamdulillah, saya tahu tugas ini sebelum hari H. Jadi enggak begitu riweuh menyiapkan bahannya. Kebetulan juga stock kentang masih banyak. Jadi kita buat agak banyak. Maklum deh keluarga besar, ya. Harus bikin banyak, karena rakyatnya banyak.

Sebelum membuat bola-bola kentang keju di rumah, bu gurunya Sarah menyiapkan video cara membuat bola-bola kentang keju ini di Youtube. Tapi, Umi seperti biasa, suka browsing cara yang lebih mudah. Siapa tahu ada yang lebih ringkas dan cepat, hemat waktu. Tapi ternyata semuanya sama. Preparationnya sama semua. Yah, namanya juga bikin resep yang sama yaa. Hehe.

Eh ketika browsing, malah nemu cheese potato balls ala McD. Terus ada juga Lambweston Noisette Potato alias bola-bola kentang beku, harganya 35ribuan setengah kilo.Cuman enggak tahu, nih, ada kejunya atau enggak. Sebab gak disebutkan pake keju atau enggak. Yah, lumayan lah ya.  Kalau males capek dan ribeut bisa pesen aja nih, yaa, hehe.

Okey ... mari kita eksekusi nih cheese potato balls homemadenya.

Resep Cheese Potato Balls Homemade dan Cara Membuatnya

Pertama-tama, siapkan semua bahannya.

Jadi apa saja sih bahan-bahan untuk membuat cheese potato balls homemade ini? bahan-bahan membuat bola-bola kentang keju ini cukup sederhana dan bisa didapatkan di rumah semua, yaa.

Bahan-bahan membuat Chesse Potato Balls Homemade

  • 2 buah kentang
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt penyedap rasa (kaldu instan)
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur
  • Keju secukupnya, potong dadu
  • Tepung panir secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Nah, kalau bahannya sudah tersedia semua. Kita semakin mudah membuatnya. Bagaimanakah cara membuat cheese potato balls alias bola-bola kentang keju ini?

Cara membuat Chesse Potato Balls Homemade

Cara membuat cheese potato balls homemade ini cukup mudah banget. Anak-anak pasti suka membuatnya karena ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Cara membuat cheese potato balls homemade
cara membuat cheese potato balls homemade
 

  1. Pertama Sarah mencuci kentang, lalu kentang dikukus. 
  2. Setelah kentang matang, kupas kulitnya menggunakan tangan.  Ini challenge banget buat anak-anak dan menarik! Mengupas kentang menggunakan kentang bisa melatih motorik halus anak.
  3. Selanjutnya adalah menumbuk atau menghaluskan kentang. Gunakan garpu untuk menghaluskan kentang.
  4. Setelah kentang halus, beri merica, garam, penyedap rasa, tepung terigu dan tepung maizena. Aduk adonan bola-bola kentang keju ini sampai tercampur rata.
  5. Lalu bulat-bulatkan adonan. Beri keju di dalamnya.
  6. Telur dikocok lepas, masukan bola-bola kentang keju ke dalam telur, dan gulingkan ke tepung panir. Lakukan sampai bola-bola keju kentang berbalut panir semuanya.
  7. Lalu goreng sampai kekuningan.
  8. Siap disajikan. Makan bersama dengan mayonaise dan sambal pedas.

Nah, Moms, mudah banget, kan membuat bola-bola kentang keju ini. Resep cheese potato balls homemade memang mudah Moms. Waktu penyiapannya juga tidak terlalu lama dan bisa dilakukan bersama anak-anak. Selain bisa menstimulasi motorik anak, juga dengan membuat cemilan bersama-sama akan menambah pengetahuan anak-anak di bidang memasak juga menambah bonding antara ibu dan anak.

Asyik, ya. 

Ternyata banyak yang bisa kita lakukan aktivitas yang menyenangkan bersama anak selama di rumah saja. Salah satunya mengeksekusi resep cheese potato balls homemade ini. 

 

Happy Cooking!

Sri Widiyastuti

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

19 comments

  1. enaakkkk...jadi laper malam2 gini. makasih resepnya... ada waktu di coba deh..

    ReplyDelete
  2. Wah! Selama makanan itu ada kejunya pasti ancuman pd doyan Jd kl bunda mau bikin kentangnya 10 buah kentang, resepnya disesuaikan ya Mak Widyastuti? Bahan2 dlm resep tinggal dikalikan 5 semua ya, kecuali keju. Semoga bunda gam mager nih. Mksh resepnya.

    ReplyDelete
  3. aku juga pernah bikin mba, anakku suka hahaa tapi di dalamnya aku selipin potongan ham sedikit hahaha

    ReplyDelete
  4. huaaaa anak aku pasti suka banget nih, mba aku bagi yaa resepnya buat dipraktekkin nih bikin cemilan buat anak

    ReplyDelete
  5. gurih banget keknya! resepnya boleh dicontekkan, mau dibuat pas nanti tahun baruan...soalnya anak-anak lagi libur sekolah

    ReplyDelete
  6. Wah kayaknya enak nih cheese potato balls, mau coba bikin ah biar jadi temen anak-anak belajar di rumah, makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  7. Duuuh aku liatnya auto mo eksekusi ke dapur juga, untung udh malem ahaha. Mumpung ada kentang di kulkas, tapi tepung panirnya abis. 😅

    ReplyDelete
  8. Gampang banget ya buatnya anak-anak pasti suka ini mah, btw anakku juga suka bikin ini tapi ga pakai chesee hehe jadi cuma kentang,maizena dan bumbu penyedap aja.

    ReplyDelete
  9. Wah anak-anak pasti suka nih jadi pengen praktik resep ini di rumah nih...kelihatannya juga gampang anak-anakku pasti bikinnya nih....

    ReplyDelete
  10. Uwah..cantiknya..
    Aku juga mau bikin Chesse Potato Balls Homemade. Hangat-hangat sambil nyemil camilan sehat dan mengenyangkan.

    ReplyDelete
  11. Camilan yang disukai anak-anak, nih, Bun. Nikmat banget apalagi kalau disantap pas musim hujan kaya sekarang.

    ReplyDelete
  12. gampang ya buatnya, mirip bikin perkedel tapi ditambah tepung dan dilapisi panir... aku mau ah buat buat variasi anak2 nyemil

    ReplyDelete
  13. kok keliatannya enak. ini mah anakku juga pasti suka banget. aku izin contek resepnya ya mak.. :D

    ReplyDelete
  14. Gampang banget ya ternyata bikinnya. Kayak perkedel tapi luarnya dikasih tepung panir. Kapan-kapan coba ah, lumayan mengenyangkan buat sarapan

    ReplyDelete
  15. Aku dah pernah nyobain nih mba, bikinnya sama anak lelakiku hehehee... soalnya yang di rumah cuma dia waktu itu, kakak ceweknya masih di pondok. Dia seneng banget karena berasa gurih keju gitu.

    ReplyDelete
  16. Ngiler jadinya mba Tuti diriku heheheh, enak banget itu pastinya apalagi ada kejunya
    jadi pengen coba resepnya

    ReplyDelete
  17. Cara membuatnya mudah banget mbak, dan akan dieksekusi untuk anak-anak. Apalagi jadi cemilan di sore hari pasti semakin menyenangkan ya mbak

    ReplyDelete
  18. Mau nyontek ah, pas kebetulan anak-anakku suka ngemil tapi ibunya suka kehilangan ide buat bikin camilan. Ini gampang dan enak ya, Teh

    ReplyDelete
  19. gampang bgt mbak. Mumpung liburan aku mo coba masak ini ah.

    ReplyDelete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien