Pentingnya Makanan dan Minuman dengan Kandungan Nutrisi Alami Bagi Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Makanan dan Minuman dengan Kandungan Nutrisi Alami Bagi Tumbuh Kembang Anak

21 comments

Mom, nutrisi yang alami merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak seorang anak. Pola makan yang sehat di masa kanak-kanak, tentu saja akan mempengaruhi kesehatannya di masa mendatang. Apalagi di zaman sekarang, banyak sekali muncul penyakit-penyakit degeneratif. Salah dua penyebabnya adalah karena gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang tidak sehat.

Selain berpengaruh pada kesehatan si kecil, nutrisi alami juga memberikan pengaruh besar kepada kemampuan akademis, prestasi kerja serta keberhasilan sosio-ekonomi dan psikososial si kecil kelak ketika dia dewasa.

Nah, karena nutrisi alami ini merupakan kebutuhan dasar anak. Pertanyaannya, dimanakah nutrisi alami itu? Jawabannya, Mom, nutrisi alami itu ada di dalam makanan dan minuman yang diolah oleh kita (orangtuanya) dan dikonsumsi oleh anak-anak kita.

Makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami berperan penting untuk meningkatkan daya tubuh si kecil karena seluruh nutrisi yang diberikan dapat terserap dengan sempurna di dalam sistem pencernaannya, menjadikan anak kuat dari dalam. Anak-anak yang kuat dari dalam secara kasat mata bisa terlihat anak itu jarang sakit. Jika jarang sakit, tentu saja ia akan mampu tumbuh dan berkembang secara optial sesuai dengan potensi genetiknya. 

Kandungan gizi dalam keadaan alami ini akan mendukung kesehatan tubuh dan dapat dengan mudah diserap dengan baik oleh sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik merupakan pondasi bagi sistem imun yang kuat dan memiliki peranan penting dalam menjaga agar anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

contoh bahan makanan sehari-hari 

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami?

Nah, Mom beneran deh, kita sebagai ibu, harus memiliki ilmu yang benar untuk mengolah makanan untuk anak-anak kita. Sekadar masak mah semua orang bisa. Betul? Tapi ... mendapatkan makanan yang lezat dan bergizi tanpa mengurangi nilai nutrisi alami di dalamnya ini perlu ilmu dan keahlian tersendiri.

Horeee, saya dapat undangan ^_^
Alhamdulillah, Mom, pada hari Sabtu tanggal 2 Desember 2017 yang lalu, saya diundang oleh Blogger Perempuan dan Friso dalam acara Mom Bloggers Gathering di Kembang Kencur, Jakarta. Dengan tema: "Friso, Nutrisi Dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam". Saya bersyukur banget mendapat undangan ini, secara saya minim sekali ilmu mengolah makanan dan minuman tanpa mengurangi nilai gizi dan nutrisi alami. Di sana, alhamdulillah saya bisa belajar banyak pada dokter pakar dalam usaha memberikan gizi yang memiliki kandungan nutrisi dalam keadaan tetap alami bagi anak-anak saya.

panggung utama
Hadir dalam acara ini, tiga dokter keren yang siap membagikan ilmunya kepada mommy blogger se-jabodetabek, yaitu dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK, dokter spesialis anak dr. Aulia Swity, SpA, Mkes dan Medical Marketing Manager Friso dr. Rulli P.A Situmorang.

Ini dia ketiga dokter kece, dr. Diana, dr, Rulli dan dr Aulia, dipandu oleh MC kocak mbak Tyas Putri
Tahukah Mom, dari pemaparan dokter, selama ini  banyak hal yang  saya lakukan salah dalam cara mengolah dan menyajikan untuk anak-anak saya dan mengakibatkan rusak nilai gizi makanan dan minuman tersebut. Tak hanya itu saja, tetapi saya uga sering melakukan hal mubazir  saat pengolahan makanan. Misalnya nih ya Mom, masak sayur  sampai layu dan mateng banget. Goreng ikan, ayam atau tempe pakai minyak canola. Emang sih minyak canola sehat, tapi buat ngegoreng? Lah canola oil kan gak bisa dipakai buat ngegoreng deep fry, cocoknya untuk tumis sebentar aja. Begitu juga dengan minyak zaitun. Minyak zaitun tidak bisa dibuat ngegoreng ikan. Minyak zaitun hanya cocok untuk tumis sebentar atau sebagai dressing salad aja.

Sudahlah mahal harga minyaknya, khasiatnya pun hilang. ckckck Inilah pentingnya ilmu ya Mom. *toyor diri sendiri*

Mom, yang dimaksud dengan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami adalah makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya utuh terjaga. Hal ini dapat dilihat dari proses pengolahannya. Sayur yang dimasak terlalu lama tentu nutrisinya banyak yang hilang. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang harus dimasak lebih lama, misalnya daging. Sebab memasak daging harus benar-benar matang agar bakteri-bakteri di dalamnya seluruhnya mati.

Makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami berperan penting bagi tumbuh kembangnya si kecil.

Menurut dokter Diana, di masa tumbuh kembang, anak-anak butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Apa saja yang termasuk dalam makronutrien dan mikronutrien?

dokter Diana sedang menerangkan cara mengolah makanan dan minuman sehingga nutrisinya tetap alami
Bahan makanan yang termasuk makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak. Sementara yang termasuk dalam mikronutrien seperti vitamin dan mineral dari berbagai jenis pangan. Nutrisi tersebut harus dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh organ tubuh yang membutuhkan. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saluran pencernaan adalah pondasi bagi sistem imun yang kuat, oleh karena itu penting untuk menjaganya agar tubuh si kecil dapat tumbuh berkembang dengan optimal.

Panduan Umum Gizi Seimbang
Bahan makanan yang bagaimana yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan anak, yaitu bahan makanan yang diolah dengan cara yang baik sehingga makanan dan minuman yang dihasilkan kandungan nutrisinya tetap terjaga alami dan dapat diserap dengan baik oleh saluran pencernaan si kecil.

"Karena mudah dicerna maka proses penyerapannya juga berjalan dengan baik, seluruhnya dapat diserap. Untuk itu para orangtua sebaiknya mulai mencermati hidangan makanan dan minuman untuk si kecil dan pilihlah yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami." jelas dr. Diana.

Sumber bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan sekaligus menjadi pelindung sistem tubuh adalah protein. Kebutuhan protein anak berkisar antara 25-30 gram/hari. Protein ada dua macam, protein hewani dan protein nabati. Protein ini penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang baru sakit. Berikan protein hewani 2 (misalnya ayam dan daging sapi) + 1 protein nabati (tempe/tahu).

Lemak juga ada lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik terdiri dari ikan, alpukat dan kacang-kacangan. Alpukat selain tinggi lemak baik juga tinggi omega. Selain itu minyak zaitun dan minyak canola bagus sebagai asupan lemak sehari-hari.

Jangan berikan anak-anak bad fat/ lemak jahat. Lemak jahat ini berada di dalam junk food atau makanan siap saji, makanan olahan dan segala macam kripik/snack yang diproses dengan digoreng.

Serat ada dua macam. Serat yang larut dan serat tidak larut. Banyak orang tua mengeluh anaknya tetap sembelit meskipun rutin mengkonsumsi buah. Menurut dokter Diana, kesalahan orang tua adalah mengupas buah. Buah yang tidak boleh dikupas sewaktu dimakan adalah buah apel, buah pir, karena dikulitnyalah ada serat yang tak larut. Nah, serat tak larutnya ini yang membuat pencernaan menjadi baik dan terhindar dari sembelit. 

Tips dari dokter Diana untuk menjaga agar kandungan nutrisi dalam bahan makanan tetap terjaga, adalah sebagai berikut:
1. Hindari mengolah bahan makanan sumber protein dengan cara menggoreng dengan banyak minyak (deep fry), tetapi olah makanan dengan cara dikukus, pepes, panggang dan rebus.
2. Hindari mengolah sayuran dengan pemasakan yang lama. Masak sayuran dengan cara menumis sayur dengan minyak sedikit atau dikukus.
3. Pilih susu dengan protein yang terjaga nutrisi alaminya.

Penjelasan dr. Diana ini diperkuat oleh dr. Aulia, pentingnya asupan nutrisi yang tepat bagi tumbuh kembang anak. Menurut dokter Aulia, bila asupan makanan dan minuman dengan nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan si kecil pun dapat menyerap dengan mudah, sehingga resiko terjadinya masalah pencernaan akan lebih kecil.

dr. Aulia sedang menerangkan pentingnya menjaga kesehatan saluran pencernaan

Mom, sistem pencernaan manusia itu adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja. Jadi, pastikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh si kecil aman dan melalui proses yang baik sehingga nilai gizi dan nutrisinya tetap terjaga dalam keadaan alami.

Banyak hal yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang si kecil, salah satunya adalah sistem pencernaan yang tidak sehat. Sistem pencernaan yang sakit akan mengakibatkan proses tumbuh kembang si kecil menjadi terhambat dan kurang optimal. Ya, bagaimana tidak, Mom, anak yang mengalami sakit saluran pencernaan tentu waktu untuk mereka bermain, mengeksplorasi berbagai hal dan belajar hal-hal menyenangkan yang laun dalam tahap kehidupannya akan terbatas. Sedih ya, Mom. Jadi, waspada ya Mom, agar si kecil tetap sehat dan ceria. Mom juga perlu tahu, apa saja yang termasuk ke dalam penyakit gangguan pencernaan yang sering mengenai si kecil, yaitu sembelit dan diare.

Ada 3 hal penting yang harus kita lakukan dalam menjaga saluran pencernaan anak tetap sehat:

1. Berikan nutrisi sehat, lengkap, seimbang dan berkualitas untuk anak
2. Terapkan gaya hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari
3. Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi

Pesan dari dokter Aulia kepada semua mom yang hadir, agar orang tua bijak memilih asupan makanan dan minuman yang terjaga alaminya sehingga akan tumbuh anak-anak yang kuat dari dalam.

Untuk membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembangnya, selain orangtua menyediakan makanan dengan gizi seimbang dan nutrisi yang terjaga kealamiannya, orangtua juga harus bijak dalam memberikan minuman yang berkhasiat bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Saya juga termasuk orang tua yang memberikan susu untuk melengkapi kebutuhan gizi anak-anak sehari-hari. Biasanya saya sih memilih susu yang sedang promo, dan disukai oleh anak-anak. Tetapi, sekarang mungkin saya akan lebih selektif dan mencari tahu terlebih dahulu proses pembuatan susunya hingga masuk ke dalam perut anak-anak saya. 

Saya baru tahu ada Friso, produk susu premium dari FrieslandCampina yang diproduksi dengan konsep "Grass to Glass". Konsep yang menarik sekali, sebab rantai produksinya dimulai dari pakan rumput berkualitas hingga menjadi produk akhir dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina (Nature Science). Semua ini dilakukan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan yang berlebihan, sehingga nutrisi alami yang terkandung tetap terjaga kualitasnya.


mums and babies.com
Dalam sesi sharing produk, dokter Rulli menjelaskan proses pengolahan susu Friso dengan segala keunggulannya. Friso diolah dengan diolah dengan konsep Nature Science dan menerapkan metode one single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan. Hal ini dilakukan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan yang berlebihan sehingga nutrisi alami yang terkandung di dalam susu tetap terjaga.

Friso juga diolah dengan menggunakan teknologi Locknutri yang menjafa kualitas protein susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak. Protein adalah zat gizi penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Friso juga difortifikasi dengan vitamin dan mineral sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. 

proses pengolahan susu Friso, one single process and Locknutri

"Friso yang diproduksi dengan teknologi Locknutri dan sistem one single process ini menjamin nutrisi dalam susu Friso dalam keadaan alami. Friso juga sudah direkomendasikan oleh HCP di 6 negara di Asia sebagai solusi untuk anak dengan masalah pencernaan," pungkas dokter Rulli diakhir penjelasannya.

dr Rulli sedang menjelaskan produk susu Friso
Kesimpulannya Mom, memberikan asupan makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami ini penting sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Sebab dengan nutrisi yang alami seluruh nutrisi yang diberikan dapat terserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan si kecil, menjadikan anak kuat dari dalam. Anak-anak yang kuat dari dalam tentu anak yang jarang sakit. Anak yang sehat akan mampu tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya. 

Nah, Mom, Senang kan kalau anak sehat dan kuat dari dalam. Oleh karena itu jangan ragu untuk memberikan yang terbaik ya untuk anak-anak.

Oiya, Mom juga bisa lho berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter, GRATIS!

tinggal scan QR code dari FB Messenger App!


Mom bisa berkonsultasi gratis dengan Ahli Nutrisi Alami, Ana, S.Gz. Mom dapat menghubungi laman Facebook Friso Indonesia, FB Messenger Friso Indonesia dan Instagram Friso Pop Up Play. Untuk informasi lebih lengkap lagi, klik saja Friso Indonesia di www.friso.co.id.

Selamat bergembira bersama si kecil Mom!
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

21 comments

  1. Info bagus nih, mba. Baru tau kalau proses pembuatan susu tuh dlm 2x proses sehingga menghilangkan sebagian nutrisi. Kalau model friso dengan locknutrisi kandungannya tetap terjaga ya. Bahkan menjaga sampai ke rumput2 makanan sapinya ya. Mantab iih.

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya acaranya, banyak tips-tips yg bermanfaat, jadi faham menjaga nutrisi alami pada makanan

    ReplyDelete
  3. wah kagum saya sama yang goreng ikan pakai minyak zaitun. hihi. makasih sharingnya, mbak. bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  4. Aku setuju bgt nih bhw anak memerlukan nutrisi alami yg berasal dari bhn mknan segar dan susu adalah pelengkap nutrisi untuk anak.

    ReplyDelete
  5. Kirain menggoreng dengan minyak zaitun itu sehat ternyata salah sodara-sodara. Tetap aja goreng dengan minyak sawit.

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget ilmunya buat orangtua baru seperti saya 👍

    ReplyDelete
  7. Gizi dari makanana alami memang penting banget ya mbak agar pencernaan anak sehat.

    ReplyDelete
  8. Wah Friso ini lengkap banget ya. Bisa jadi salah satu susu Rayyan nih nanti kalo sudah lepas asi. ...

    ReplyDelete
  9. bener banget bunda tumbuh kembang anak kita harus diperhatikan unsur makan dan minuman yang masuk ketubuhnya.

    boleh ini pelajari susu frisco

    ReplyDelete
  10. ehmm berguna banget ini satu satu hal yang membuat anak kita tumbuh kembangnya baik ya harus diikutsertakan dengan konsumsi yang baik

    ReplyDelete
  11. ehm.. imunisasi bisa memperlancar pencernaan ya Mbak? imunisasi apa?

    ReplyDelete
  12. Aih, baru tau kalau kulit buah pir sebaiknya tak dikupas karena ada serat tak larut. Biasnaya aku kupas mbaa

    ReplyDelete
  13. Mba, makasih infonya ya. Bermanfaat sekali buat saya yg masih harus belajar banyak :)

    ReplyDelete
  14. Anak yg sehat dan kuat berawal dari sistem pencernaannya ya mba berarti. Beruntung deh aku bisa ikut acara ini juga

    ReplyDelete
  15. Hehehe minyak zaitun emang enaknya buat dressing salad sama maskeran #eh
    Btw Friso ini susunya enak yaaaaa :D

    ReplyDelete
  16. Keren acaranya... banyak ilmu yang didapat..

    ReplyDelete
  17. Tanpa disadari cara masak yang salah justru menghilangkan nutrisi ya mbak.

    ReplyDelete
  18. seneng ya, bisa berkesempatan ikut acara gathering kayak gini, aku belum pernah... hiks

    TFS ya mbak udah bagi ilmu...

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar