Ngabuburit 1 dari 10 Hal yang Paling Dikangenin Saat Ramadan

Ngabuburit 1 dari 10 Hal yang Paling Dikangenin Saat Ramadan

Hai, Moms, apa kabar? 

Alhamdulillah kita sudah berada di bulan suci Ramadan 1440 H ya, Moms. Bulan yang dimuliakan Allah dan dilipatkangandakannya pahala. Dulu, waktu saya tinggal di Malaysia, ada beberapa hal di bulan Ramadan yang saya kangenin banget. Kalau saya hitung-hitung ada lebih dari 10 hal yang saya kangenin. Yah, memang saya itu kangennya receh banget hihihi tapi beneran lho, saat membaca timeline temen-temen di facebook atau kiriman foto foto kuliner atau aktifitas keluarga di Indonesia saat Ramadan, bikin saya jadi ngiri hahha

Apa aja sih yang saya kangenin saat itu?

Ini nih, Moms, 10 hal yang paling saya kangenin  saat bulan Ramadan itu adalah eng ing enggg ...

1. Ngabuburit

Receh banget yakkk hihihi.

Dulu waktu kecil, saya suka banget ngabuburit sama temen-temen. Jalan kaki entah tujuannya mau kemana tau, saya ikut aja. Tapi ... jadinya lupa kalau lagi laper gitu. Seneng aja bisa jalan jalan rombongan. Padahal gak beli apa-apa, malah mungutin buah kenari yang berjatuhan di jalan. Dan semua anak melakukan hal yang sama. Setelah plastik penuh, kami pulang. Buah kenarinya diberikan kepada nenek yang suka sekali membuat kue lebaran. Kuenya enak-enak.

Paling suka saya kue kacang yang dikasih buah kenari di atasnya itu. Hmm .. enak bangettt.

Ngabuburit apa sih?

Kalau dari referensi by wikipedia yang saya baca, ngabuburit artinya menunggu sore. Kata ini terkenal dikalangan orang Sunda. Waktu sore menjelang berbuka puasa adalah waktu yang sangat dinantikan. Biasanya pada saat ini semua wajah lebih ceria sebab sebentar lagi berbuka. 

Waktu saya tinggal di Malaysia, saya juga akhirnya mengajak anak-anak ngabuburit, ke bazar Ramadan yang setiap hari digelar di dekat Masjid Jami Taman Universiti dekat rumah saya. Anak-anak seneng banget karena pulang ngabuburit kedua tangan penuh dengan bawaan segala macam kudapan untuk berbuka puasa.

Yah, miriplah dengan ceritanya Upin dan Ipin hihihi

Demikianlah...

2. Kudapan berbuka puasa

Kudapan berbuka puasa biasanya berbeda dengan kudapan sehari-hari. yang paling favorit adalah kolak dan es blewah. Tak lupa segala macam jenis kurma yang manis dan legit. Menambah rindu suasana Ramadan. Kalau di Bogor kudapaan yang paling dikangenin saat Ramadan biasanya Mie Gelosor. Mie dari tepung aci berwarna kuning menggelincir licin ini setiap hari mesti ada di meja makan setiap keluarga. 

Mie golosor ini mie khas Bogor yang hits banget pada bulan Ramadan. Jika belum makan mie golosor saat berbuka puasa, kayaknya ada yang kurang gitu hehhe

mie golosor ala sriwidiyastuti.com

3. Bukber atau Buka Bersama

Jelang puasa Ramadan Moms juga sudah melist buka bersama dengan teman-teman, kan? iya, undangan buka bersama ini ngangenin banget. Alhamdulillah waktu saya di Malaysia, kangen itu terobati dengan undangan-undangan bukber di mana-mana. Di KJRI bersama keluarga Indonesia yang bermukim di Malaysia. Bersama adik-adik yang bekerja di Malaysia, jadi setiap minggu pasti ada aja undangan bukber, di Taman Universiti, dan terjauh di Pekan Nanas. Alhamdulillah ala kulli hal, momen bukber selama tinggal di Malaysia menjadi kenangan yang indah.

4. Nyubuh

Salah satu yang dikangenin saat puasa Ramadan adalah Nyubuh. Aktivitas ini dilakukan setelah shalat subuh. Biasanya setelah shalat subuh berjama'ah di masjid dilanjutkan dengan kuliah subuh. Nah buat teman-teman, Nyubuh boleh saja, tapi jangan lupa shalat subuh ya. Nyubuhnya juga jangan klayaban nongkrong di tepi jalan atau mojok di taman. Lebih baik duduk manis mendengarkan ceramah agama. InsyaAllah lebih berkah.

5. Bazzar Ramadan

Bazzar Ramadan biasanya selalu disasar saat puasa Ramadan. Tak hanya oleh yang tidak sempat memasak, tetapi juga oleh semua keluarga. Di Bazzar Ramadan biasanya makanan khas Ramadan beraneka rupa berjajar siap dibawa ke rumah untuk teman berbuka puasa.

6. Bedug Maghrib

Nah ini yang paling ditunggu-tunggu. Bedug Maghrib! Yang pernah tinggal di luar negeri atau jauh dari masjid pasti kangen sekali dengan bunyi bedug pertanda berbuka puasa. Di era teknologi ini tentu bedug maghrib masih bisa disaksikan lewat televisi. Tapi rasanya tak seindah mendengar langsung bedug yang asli. Anak-anak yang sedang main pun akan segera membubarkan diri berlari pulang ke rumah begitu beduk ditalu. Indahnya bulan Puasa.  Kebahagiaan itu sungguh tercipta nyata.

7. Tarawih

Setiap malam di bulan Ramadan dilakukan shalat Tarawih. Biasanya dari menjelang bulan puasa kita sudah merencanakan akan shalat tarawih di mana. Shalat Tarawih lah bersama keluarga di Masjid terdekat dengan rumah agar terjaga silaturahim bersama tetangga. 

8. Tilawah Al Quran

Bulan Ramadan, bulan diturunkannya Al Qur'an. Mungkin ini yang membuat semangat membaca atau tilawah di bulan ini sungguh luar biasa. Di bulan ini saya dan mampu mengkhatamkan Al Qur'an lebih dari satu kali, ini sungguh luar biasa. Sehingga momen yang paling berkesan di bulan Ramadan dan sering dikangenin itu, tilawah al Qur'an.

Di bulan Ramadan saya selalu ikut program sehari bersama al Qur'an. Program ini memang sehari, tetapi isinya bagus banget. Ssebelum memasuki 10 hari terakhir Ramadan, kita diberi motivasi kembali, urgensi tilawah al Qur'an, urgensi mengapa kita harus senantiasa dekat dengan al Quran, membacanya dan menghafalnya lalu diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.


9. Mudik

Ini salah satu yang dikangenin juga saat puasa Ramadan. Puasa baru setengah jalan tapi sudah sibuk mencari tiket mudik. Mudik artinya pulang ke kampung halaman. Tempat kelahiran dimana kedua orang tua berada. Kumpul bersama keluarga di saat lebaran adalah salah satu tujuan dari mudik. Rencana mudik jauh-jauh hari agak tidak kehabisan tiket dan saat puasa Ramadan bisa beibadah dengan tenang.

10. I'tikaf 10 Malam terakhir Ramadan

I'tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada ALlah di 10 malam terakhir Ramadan.  Tujuannya adalah dalam rangka mencari ridla Allah SWT. Pada saat ini ibadah menjadi lebih khusyu dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Salah satu harinya ada malam lailatul qadr, dimana pada malam itu dihitung seperti 1000 bulan. Sehingga pada 10 malam ini menjadi momen yang sangat dirindukan atau dikangenin. Apalagi 10 hari itu kan gak lama, ya?  Pantas saja, banyak yang merasa bersedih, ketika Ramadan berlalu, karena manisnya Ramadan itu ada di 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Dari ke 10 hal yang paling dikangenin saat Bulan Ramadan, mana yang paling Moms kangenin?

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

Post a Comment