Skip to main content

Seberapa Pentingkah Tes IQ Untuk Anak?


Hai, Moms, pernah mendengar tentang tes IQ, kan? Itu lho, tes Intelegencia Quetiont atau tes untuk mengetahui taraf kecerdasan seorang anak. Menurut Moms, tes IQ ini penting enggak sih? 

Saya pernah mengalami dilema, ketika itu anak saya sudah masuk kelas satu di sebuah SMP Negeri favorit di dekat rumah saya. Sebenarnya anak saya tidak ingin mengikuti tes itu, apalagi dilakukan pada hari libur. Saya hanya membatin, kenapa tes itu tidak dilakukan ketika pembelajaran belum mulai, misalnya ketika masa orientasi sekolah. Karena saya kira, tes ini akan berguna sekali untuk penempatan kelas anak-anak, jika memang tujuan ingin mengetahui sejauh mana taraf kecerdasan anak dan gaya belajarnya.

saya menemani si abang belajar

Dari tes-tes IQ yang sudah pernah anak-anak saya lalui, kebanyakan sih tidak terlalu berpengaruh pada prestasi anak-anak, hanya sekadar tau, oh IQ kamu sekian dan sekian. Ada angka-angka yang mencerminkan hasil dari tes IQ anak.

Pertanyaannya, jika anak tidak siap dites, lalu tes itu untuk apa? 

Saya jadi berprasangka, jangan-jangan sekolah hanya memfasilitasi lembaga-lembaga tes IQ itu saja, tidak benar-benar untuk mengetahui gaya belajar atau potensi atau minat anak dalam proses belajarnya, atau lebih buruk lagi, tes IQ hanya sekadar gaya-gayaan atau sekadar ikutan trend gitu deh. 

Galau memang untuk hal yang satu ini. 

Nah, ketika sedang galau-galaunya, ada teman saya yang merekomendasikan sebuah lembaga tes IQ. 
Nama lembaga itu PT MCI atau PT Melintas Cakrawala Indonesia. Hm, nama yang unik. Gak biasanya, kan, sebuah lembaga namanya unik begini. 

Jadi MCI ini adalah lembaga penyedia AJT CogTest, tes kognitif pertama di Indonesia yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia usia 5 sampai dengan 18 tahun, berbasis bukti untuk memberi wawasan jelas tentang bagaimana siswa memproses dan memperoleh pengetahuan. 

Apakah AJTCogTest?

Saya kutip dari websitenya, AJT CogTest adalah alat ukur kecerdasan yang pertama di Indonesia, divalidasi, dan paling komprehensif untuk mengukur kemampuan serta kelemahan belajar siswa usia 5-18 tahun. 

AJTCogTest menggunakan teori kecerdasan modern Cattel-Horn-Carroll (CHC), ini berdasarkan pengembangan dan penelitian selama empat tahun dengan melakukan penelitian di seluruh pulau Jawa.

Sementara itu, CHC adalah model kecerdasan kognitif manusia yang paling komprehensif dan didukung secara empiris, serta melalui beberapa dekade penelitian (McGrew, 2009; Schneider & McGrew, 2012). Di Indonesia, sebelum adanya AJT CogTest, penilaian kognitif yang diberikan secara individual adalah hasil terjemahan modul penilaian yang tidak dinormalisasi dengan bahasa dan budaya Indonesia, dan tidak mencerminkan kemajuan terkini dalam teori kecerdasan CHC.

credit PT MCI AJTCogTest
Beberapa fakta tentang  PT MCI dan produk jasanya, yaitu AJTCogTest ini juga detil banget dijelaskan.

1. PT Melintas Cakrawala Indonesia adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menawarkan AJT CogTest, tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia.

2. AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun. 

3. AJT CogTest merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

4. AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory).

5. AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.

6. Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.

7. Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.

8. Jenis paket Tes Kognitif AJT ada 2:

AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Dengan biaya test Rp760.000.

AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes. Dengan biaya test Rp1.200.000.

10. AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang  sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI.

11. Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan. 

Dari pemaparan fakta di atas, saya juga mencari testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa PT MCI ini dong. Ada kisahnya ibu Faizati Robiah, seorang perancang interior yang berbagi pengalamannya di akun Instagram @fayagung. 

Ibu Faizati mengatakan kekhawatiran apakah Krisna anaknya dapat memahami pelajaran secara baik atau tidak di sekolah, karena Ia merasa anaknya cenderung memiliki suasana hati tidak stabil atau moody dalam belajar, dan nilai di sekolahnya ada beberapa yang tidak seperti diharapkan. Namun setelah Krisna menjalani tes AJT CogTest, Faizati mengetahui bahwa sebenarnya anaknya memiliki tingkat kecerdasan rata-rata dan dapat mengikuti pelajaran di sekolah dengan memadai, 

“Dari hasil tes AJTCogTest dapat diketahui kelebihan serta kelemahan anak dalam hal belajar oleh psikolog yang ramah dan profesional. MCI juga memberikan solusi bagaimana mengatasi kesulitan belajar anak saya, setelah diterapkan, Krisna jadi lebih nyaman dalam belajar.” ucap Ibu Faizati.

Pengalaman Ibu Faizati dengan putranya sedikit banyak mirip dengan pengalaman saya dengan putra saya. Saya juga kuatir banget dengan gaya belajar anak saya yang kadang moody juga. Saya jadi tertarik mengikutkan putra saya dalam tes AJTCogTest, siapa tahu, kan, dengan mengikuti tes AJTCogTest ini, saya dan anak saya bisa bersama-sama mengenali bakat dan potensi anak saya sehingga dia bisa mengembangkan kecerdasannya dengan lebih efektif dan optimal.

Buat Moms yang juga tertarik seperti saya mengetahui lebih jauh tentang tes AJTCogTest yang diadakan oleh PT MCI, bisa browsing info di websitenya AJTCogTest di http://www.melintascakrawala.id/ atau menghubungi nomor Whatsapp 087883258354.

Jadi, seberapa penting sih mengikutkan anak dalam tes IQ? Menurut saya tergantung pada kebutuhan dan tujuan kita juga, sih, Moms. Keputusan ada di tangan orang tua, tentu saja dengan berbagai macam pertimbangan yang sudah dipikirkan dengan matang demi membantu cara belajar anak dengan cara yang efektif.

Comments

  1. Kadang kita juga gak ngerti buat apa ikut psikotes, tapi AJT CogTest bikin penasaran buat di coba ya

    ReplyDelete
  2. Keren banget ya AJT ini karena disesuaikan dengan test kecerdasan anak Indonesia jadi pastinya cocok banget. Semoga makin banyak ya cabang test AJT ini

    ReplyDelete
  3. Menurut saya test ini penting juga ya..karena dg diketahuinya kondisi anak secara detil diharapkan lebih jelas diarahkan pengembangan bakatnya..

    ReplyDelete
  4. Kalau saya pribadi sebetulnya gak kepikiran melakukan tes IQ untuk anak. Tetapi, waktu itu sekolahnya yang memfasilitasi. Jadi, ya anak-anak tinggal ikut aja

    ReplyDelete
  5. Bunda jadi teringat ke beberapa puluh tahun yang lalu ketika nganter anak2 bunda utk test IQ. Alhamdulillah mereka berhasil mendapat nilai diatas 90an. Lumayanlah.

    ReplyDelete
  6. Sekarang semakin beragam ya mba, berbagai metode untuk mengetahui bakat, minat dan kecerdasan anak. tes AJTCogTest jadi makin spesifik ya pengetahuan kita tentang kecenderunagn anak

    ReplyDelete
  7. AJT Cogtest ini sangat baik untuk menilai bagaimana cara mengembangkan kecerdasan anak. Sayang test nya cuma di kuningan mbak, coba di Medan saya sudah ikutan huhu.

    ReplyDelete
  8. Wah sama banget nih mbak, anak aku yang bungsu juga moody banget, kadang kurang ada motivasi belajar. Sepertinya pengen nyoba AJTCogTest deh, supaya bisa tahu cara menanganinya.

    ReplyDelete
  9. Kepengen deh 3 anakku yang cowok ikut tes kognitif semacam ini. Biar aku gak baper lagi kayak waktu anak pertama masuk ke jurusan yang gak aku sangka2. Bia tahu sejak dini dominannya di mana. Dan dioptimalkan sejak dari sekarang.

    ReplyDelete
  10. Biayanya lumayan, ya. Tapi cukup sekali seumur hidup kan, ya? Biar proses belajar makin mudah.

    ReplyDelete
  11. KAlau si sulung pernah ikutan tes tapi itu juga karena sudah termasuk dari bimbel. Nah aku penasaran dengan AJTCogTest ini skr pingin tahu aja hasulnya gimana supaya bisa mengambil keputusan yang terbaik buat anak-anak

    ReplyDelete
  12. Anakku ikut test kognitif. Tergantung kebutuhan sih kalo menurutku butuh ato enggaknya. Kadang ada ank yg minat dan bakatnya keliatan banget sejak kecil

    ReplyDelete
  13. Penting banget ya mbak tes IQ ini bagi anak-anak terutama untuk mengetahui minat dan bakat yang sesuai dengan kemampuan nya. AJTCogTest ini recommended banget cocok untuk mengetahui dimanakah tingkat kemampuan anak kita? TFS mbak.

    ReplyDelete
  14. Dengan ikut AJTCogtest jadi tahu gaya belajar anak ya dan mengarahkan cara belajarnya, jadi pengen ikut, soalnya masih bingung nih mengarahkan anak belajar yang sering moody

    ReplyDelete
  15. Bagus ya Mak, skrg utk tau minat bakat pake test aja, gak kyk zaman dulu, hantam belajar aja semua

    ReplyDelete
  16. Anak2ku semua melalui test IQ dan bakat, alhamdulillah dari hasil itu anak-anak terarah dalam mengambil kegiatan dan jurusan di sekolah. Mereka enjoy banget dengan pilihan yang sesuai. Sekarang ada AJT Cogtest, bagus tuh untuk anak-anak kita

    ReplyDelete
  17. Kalau hasilnya tidak hanya sekedar angka, ada solusi yang diperoleh, sepertinya datang ke lembaga psikolog dan tes, rasanya penting banget yaa...kak

    ReplyDelete
  18. Iya IQ memang ga terlalu pengaruh utk masa dpn anak ya Mba..yg penting sih minat n bakatnya anak bs digali optimal...kalau bs tergali plus IQ tinggi wah itu mantaps ya..hehe

    ReplyDelete
  19. Penting aja sih menurutku supaya kita bisa ngukur kecerdasan akademis anak2 kita dna bisa bantu di mana kalau ada yang kurang

    ReplyDelete
  20. Thanks informasinya bunda. Saya jadi berminat mengikutkan anak saya kalau besar nanti untuk mengikuti AJT Cogtest ini. Tentunya dengan tes ini bisa lebih memudahkan ortu untuk mengenali potensi anaknya ya.

    ReplyDelete
  21. Aku barusan nonton drakor sjy castle. Digambarkan org tua tuh bener bener nyiapin mada depan anak anaknya lho mulai dr makanan, lingkungan, guru. Jadi kalo test IQ menurutku penting ya mba krn iti bs jadi acuan atas bakat minat anak juga

    ReplyDelete
  22. jadi tertarik pengen tes anakku dengan AJT Cogtest ini, sayangnya belum ada di luar jawa yaa, Mba

    ReplyDelete
  23. Memang banyak aneka tes yang bisa dilakukan sekarang untuk tau potensi anak ya mba, termasuk yang satu ini

    ReplyDelete
  24. Untuk panduan bunda-bunda penting banget ini ya Bund
    Melihat bakat anak dengan haasil tes iqnya memang penting
    apalagi kalo hasilnya memang tidak sesuai harapan, bisa dialihkan dnegna bakatnya yang lain

    ReplyDelete
  25. There are so many tests that can help us find the potential of our kids and I have done a few as well for my son and my daughter

    ReplyDelete
  26. Buat saya penting nggak penting si Mbak, yang lebih penting sebenarnya adalah, tindak lanjut setelah dapat hasil tesnya ya. Bukan berhenti di nilai IQ semata.

    ReplyDelete
  27. Tes kognitif penting sih menurutku, karena bisa membantu kita memahami potensi si kecil, kita pun bisa mengarahkan dia ke minat dan arah edukasi yang tepat dengan potensinya :)

    ReplyDelete
  28. MCI ini ada di Semarang gak ya? Klo gak adapun, semoga lembaga2 lain jg ada AJTCogTest untuk test IQ

    ReplyDelete
  29. iya bener tergantung kebutuhan kita juga tp kalau memang ga ada ruginya test iq ya kenapa nggak yaa.
    aku juga mau coba deh nanti ke duozam hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Popular posts from this blog

Haa...Hamil lagi?!!

Hamil dan melahirkan, merupakan anugerah terbesar dan terindah dari Allah bagi seorang wanita menikah. Semasa masih gadis dan menjelang menikah, aku merasa takut tidak bisa hamil dan memiliki anak. Rasanya aku tidak akan pernah merasakan kebahagiaan berumah tangga. Apalagi usiaku disaat menikah usia yang sudah hampir lewat masa subur, 27 tahun. Ketakutan yang sangat beralasan sekali menurutku.

Alhamdulillah ketakutan itu tidak menjadi kenyataan. Lepas pernikahan kami di bulan Januari 2001, bulan Februari aku dinyatakan positif hamil. “Alhamdulillah”. Itu kata pertama yang keluar dari mulutku saat itu ketika mengetahui test packmenunjukan 2 strip biru. Senang? Tentu saja!! Kalau tidak malu, mungkin saat itu aku akan meloncat-loncat seperti anak kecil mendapatkan balon. Begitu juga dengan suami, dia langsung mengabari kedua orangtuanya. Diusia pernikahan kami yang baru berumur sebulan, aku hamil. Dari mulai saat itu suamiku menjagaku bak seorang putri, bagaikan gelas yang mudah pecah. Rap…

Benarkah Ibu Rumah Tangga Rentan Stress?

Hai Moms, apa kabar? Apa benar Mom, ibu rumah tangga lebih rentan stress? Kalau menurut Moms bagaimana?

Pertanyaan ini menggelayut terus di dalam benak saya. Pasalnya, beberapa minggu yang lalu, ada seorang kawan curhat. Begini curhatnya.
"Temenku itu sudah sering banget aku bantuin, Umm. Dari mulai ngasih nasehat, ngasih pinjem uang, ngasih motivasi biar dia ada kegiatan, biar dia punya penghasilan tapi ya gitu, deh. Mana utang dia dimana-mana. Jadi pernah pinjam uang dari aku, untuk membayar utang di tempat lain. Bener-bener gali lobang tutup loban Gimana enggak nyesek, coba!" katanya dengan wajah hampir menangis.
Saya mencoba memahami perasaaannya, meskipun saya jadi gundah juga mendengar curhatannya.
"Temenku itu stress. Pernah juga dia mencoba bunuh diri. Alhamdulillah bisa digagalkan. Makanya, aku takut, kalau enggak bantuin dia, dia berbuat nekat lagi kayak waktu itu."
Oh, My God! sampai mau bunuh diri?!
"Terus gimana? kamu akhirnya bantu apa?"  &…

Cara Manis Menghidupkan Kembali Tradisi Makan Bersama Keluarga

Hai, Moms, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat yaa ...
Moms, beberapa waktu lalu, saya membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa, sekarang, makan bersama keluarga di meja makan itu sudah semakin ditinggalkan. Paling banter, kalau makan bersama pas buka puasa bersama, itu pun awal-awal aja. Habis itu, makan se-enjoynya aja gitu. Dimana-mana. Di depan tivi, di ruang tamu. atau di tempat yang anak-anak suka.

Lah, kok bener juga ya itu artikel. Sebab saya juga meraasakannya akhir-akhir ini, anak -anak abis makan, udahlah gak disimpen lagi di tempat cuci piring, eh dimana-mana ada piring, pula! grrr ...

Menurut artikel itu, dewasa ini, makan di meja makan menjadi pemandangan langka di dalam rumah. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita bisa makan bersama di meja makan, salah satunya adalah mengeratkan hubungan antar anggota keluarga. Bagi anak, dia belajar memahami isyarat-isyarat sosial. Anak belajar melalui pengalaman makan bersama keluarga dan hal…