Ada Loh Negara Eropa Yang Menyediakan Kuliah Murah Bahkan Gratis!

Ada Loh Negara Eropa Yang Menyediakan Kuliah Murah Bahkan Gratis!

Sumber gambar: pixabay

Hai, Moms, apa kabar? Ada loh negara Eropa yang menyediakan kuliah murah bahkan gratis.

Alhamdulillah, baru saja anak anak dibagi raport, alhamdulillah hasilnya bagus, naik kelas semuanya. Sebelumnya, tanggal 17 Juni lalu saya menemani teteh nomor 2 PPDB SMA dan sebelumnya menemani kakak UTBK untuk bisa mengikuti SBMPTN. Alhamdulillah semua lancar, sudah daftar SBMPTN, tinggal menunggu hasilnya.

Sebagai orangtua, saya berusaha mensupport anak anak. Terutama dalam proses meraih cita cita mereka. Saya juga menyampaikan kepada mereka  beberapa opsi jika ternyata tidak bisa masuk ke universitas pilihan mereka. Salah satunya beberapa opsi kuliah di swasta atau kuliah di luar negeri dengan berburu beasiswa dari universitas di luar negeri atau negara yang memberi beasiswa kepada mahasiswa luar negara.

Saat ini memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi membutuhkan biaya yang lebih besar lagi dibandingkan dengan biaya pendidikan sebelumnya, terutama jika berniat melanjutkan pendidikan di luar negeri. Untuk mendapatkan biaya kuliah murah di berbagai negara, memang cukup sulit karena selain harus memiliki kemampuan akademik yang bagus namun juga harus memiliki kemampuan bahasa asing.

Meski terbilang sulit, namun ada banyak negara yang menyediakan biaya kuliah cukup murah dan bahkan gratis untuk mahasiswa internasional dengan syarat dan ketentuan tertentu. 

Daftar Negara yang Menyediakan Kuliah dengn Biaya Murah


Berikut ini ada sedikit daftar negara yang menyediakan kuliah dengan biaya yang murah atau bahkan gratis, seperti negara negara yang saya sebutkan di bawah ini.

Slovenia


Slovenia menjadi salah satu negara yang menawarkan pendidikan gratis, negara ini menawarkan pendidikan gratis untuk tingkat sarjana di universitas. Selain itu negara ini juga menyediakan subsidi makanan yang tersedia di berbagai restoran, mahasiswa juga bisa mendapatkan potongan untuk transportasi umum  bahkan diskon tiket masuk untuk berbagai acara dan juga ada  potongan biaya kursus dan juga partisipasi aktivitas yang ingin dilakukan oleh mahasiswanya.

Negara ini menggunakan dua bahasa pengantar dalam pendidikannya, yakni bahasa Slovenia sendiri dan juga bahasa Inggris. Jadi sebelum resmi berstatus mahasiswa Slovenia, calon mahasiswa akan diminta untuk menunjukkan bukti kelancaran berbahasa Inggris atau bahasa Slovenia.

Swedia


Negara yang satu ini menjadi salah satu negara terindah dan terkaya yang ada di dunia, menawarkan berbagai universitas dengan jurusan yang sangat menarik untuk dimasuki termasuk salah satunya ketika akan melanjutkan kuliah jurusan Manajemen. 

Negara Swedia menyediakan lebih dari 900 program kuliah yang berada di 35 Universitas disampaikan dalam bahasa Inggris, hingga tahun 2010 negara ini menyediakan pendidikan kuliah secara gratis bahkan untuk mahasiswa internasional sekalipun (tahun 2010 parlemen Swedia memutuskan untuk memungut biaya kuliah dari warga non-EU/EEA, namun ada program beasiswa yang bisa dipilih). 

Meski saat ini tidak ada universitas gratis lagi di negara ini, namun pemerintah Swedia menawarkan program beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional yang terdapat di berbagai Universitas seperti Halmstad University, Stockholm University, Lund University, Jonkoping University, Stockholm School of Economics, Uppsala University, dan lainnya.

Jerman


Bagi yang sedang mencari tempat kuliah murah di luar negeri, Jerman menjadi salah satu negara yang menawarkan pemotongan biaya kuliah. Sejak bulan Oktober tahun 2014, semua universitas yang ada di Jerman membebaskan biaya kuliah untuk semua mahasiswa hanya pada tingkatan sarjana termasuk mahasiswa internasional. 

Negara ini menawarkan 900 program sarjana serta pascasarjana yang disampaikan dalam bahasa Inggris, bidang ilmu yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari teknik sampai ilmu sosial.

Menariknya untuk beberapa program gelar yang ada di Jerman Ini calon mahasiswa tidak diharuskan mendaftar secara khusus, karena negara ini sangat senang jika ada mahasiswa internasional yang ingin menimba ilmu di negaranya. 


Finlandia


Negara Finlandia yang terkenal dengan sistem pendidikannya ini menawarkan biaya kuliah gratis untuk mahasiswa lokal maupun internasional, ada banyak program pendidikan yang bisa dipilih salah satunya ketika akan melanjutkan kuliah jurusan manajemen.

Beberapa program pendidikan yang ditawarkan menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajarannya, sehingga mahasiswa internasional akan lebih mudah dalam menyerap ilmu yang disampaikan. 

Meski pemerintah Finlandia membebaskan biaya kuliah, namun tidak dengan biaya hidup sehingga mahasiswa diharapkan bisa membiayai hidupnya sendiri dengan baik (biaya hidup di Finlandia berkisar 500 sampai 800 Euro per bulannya)

Norwegia


Norwegia menjadi salah satu negara yang membebaskan biaya kuliah untuk semua tingkatan pendidikan baik sarjana, master, maupun PhD, khusus untuk universitas-universitas Negeri Norwegia dan juga universitas college (namun di beberapa universitas masih memungut biaya untuk program khusus). 

Bagi yang ingin mencoba kuliah di universitas swasta Swedia, biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan negara lainnya karena negara ini tidak membebankan biaya kuliah yang lebih tinggi untuk mahasiswa internasional seperti yang dilakukan oleh banyak negara lainnya.

Meski biaya kuliah di negara ini lebih murah dibandingkan negara lain, namun calon mahasiswa tentunya harus siap dengan biaya hidup di negara ini. Kabarnya negara Norwegia menjadi salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia, jadi persiapkanlah dengan baik.

Bukan hanya daftar negara di atas aja yang menyediakan biaya kuliah murah, namun masih ada nama-nama negara lainnya yang tidak boleh terlewatkan seperti Inggris, Islandia, Prancis, Swiss, Spanyol, Italia, dan masih banyak lagi. 

Selain mencari negara dengan biaya yang lebih murah dibandingkan negara lainnya, sebenarnya dengan menggunakan beasiswa mahasiswa bisa berkuliah di negara manapun yang diinginkannya dengan jumlah biaya yang lebih sedikit atau bahkan gratis (beberapa beasiswa bahkan menanggung biaya kuliah penuh serta biaya hidup). Namun tentunya untuk mendapatkan beasiswa, syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terbilang cukup rumit.
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

36 comments

  1. dari semua negara itu, entah kenapa selalu tertarik denga Jerman. Apa mungkin karena eyang Habibie pernah bersekolah disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerman emang idaman, karena banyak beasiswa yang bisa dipilih. Yah selain eyang Habibie juga pernah di sana. Tentu saja hehee

      Delete
  2. Infonya bermanfaat banget nih, aku share ke mana2 ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Duh ya ampun Teh, aku mupeng bacanya. Ini adalah salah satu keinginanku yang tidak atau belum tercapai. Kuliah di salah satu negara yang disebutkan di atas. Jadi sedih. Dulu aku minim info banget jadi nggak semudah sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak, mumpung masih muda, yuk kita hunting beasiswa lagi

      Delete
  4. Dulu pas masih S1 pengen banget kuliah ke luar negeri. Cari beasiswa, tapi akhirnya malah lulus beasiswa dalam negeri. Tapi kata orang, kalau merantau jauh itu bisa bikin kita semakin dewasa :D

    ReplyDelete
  5. ini bermanfaat sekali buat yang mau nyari kuliah gratisan dan murah, semoga pas giliran kakak nawra, akan semakin banyak lagi peluang kuliah kayak gini, fokus sekarang belajar bahasa dulu

    ReplyDelete
  6. Langsung catet nama2 negaranya. Meskipun tdk familiar tp usaha dapat beasiswa ke negara2 tsb jg patutbdicoba. Apalagi ke Finlandia itu duh bikin mupeng krna kualitas pendidikannya terkenal paling bagus sedunia.

    ReplyDelete
  7. Temenku dapat beasiswa full utk S2 di Belanda. Sedihnya cuma dia ga biasa makan daging dan roti heheheh

    ReplyDelete
  8. Pengen banget suatu saat anak-anak dapat beasiswa dan sekolah di luar, mamak juga ikut ah sama bapake hihihi..aamiin

    ReplyDelete
  9. aku lagi nyari2 info beasiswa juga, tersyukur BW blog dari mba, jadi tau.. hehe
    tertarik sama Norwegia, tapi bahasa inggrisnya masih pas-pasan, hiks

    ReplyDelete
  10. Meski sudah berumah tangga dan memiliki anak, di lubuk hati terdalam ini masih ada lho keinginan untuk melanjutkan sekolah. Merasa kalau otak saya ini mampu kalau dilatih terus menerus. Dulu kendala mandeg sekolah memang karena biaya. Setelah bekerja eh malah keenakan
    Kini malah kepikiran mau sekolah lagi setelah merasa apa lagi sih yang saya cari?
    Selain terus menambah ilmu buat bekal di akhirat nanti. Apalagi itu di luar negeri ada beasiswa juga ya

    ReplyDelete
  11. Mbaaaa, makasiii artikelnyaaa
    Anakku ini baruuu masuk SMP, tapi dia udah sibuk cari2 info mau kuliah di negara mana.
    Ini insight menarik banget buat kami!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  12. Wah mb Sri 😍 kuliah luar negeri gratis impianku banget, 👍

    ReplyDelete
  13. Siip..bisa kuinfokan kepada keponakan-keponakan nih.. Beberapa waktu lalu ada yg rasan2 pengen kuliah di LN hehe..

    ReplyDelete
  14. Mashaallah mba.. aku langsung ngebayaning anak anakku yang masih kecil ini.. bagaimana nanti mereka besa, lulus SMA lalu kuliah.. harapan semua orangtua tentu anak anak bisa kuliah dikampus favorit mereka, seperti kuliah di luar negeri sana.. huhu tapi bagaimana ya rasanya ditinggal anak kuliah di luar negeri.. pasti berat ya mba (duh kok jadi curhat begini saya)

    ReplyDelete
  15. Wah makasih kak sharingnya kebetulan adekku nanti setelah melahirkan niatnya mau ngejar S2 di LN yang biayanya murah.

    ReplyDelete
  16. Makasih banyak sharing pengetahuannya Mbak. Jadi menambah wawasanku untuk lebih mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mendekati anak kuliah. Kepingin lah anak kuliah di tempat yang terbaik dan tentu dengan biaya yang lebih murah. Apalagi dengan beasiswa, jadi mulai sekarang waktunya untuk mempersiapkan bekal anak anak, contohnya mendalami bahasa asing sedini mungkin ya

    ReplyDelete
  17. Ternyata banyak ya mbak negara2 barat yang menawarkan biaya kuliah lebih murah. Jadi kebayang para ortu di Indonesia yang semakin pusing memikirkan masa depan anaknya, mengingat biaya pendidikan di Indonesia yang makin mahal dr tahun ke tahun. Ini bisa jadi referensi kalau tidak diterima di universitas di Indonesia.....tak ada salahnya mencoba kuliah di luar negeri....TFS mbak.

    ReplyDelete
  18. Semoga besok anak-anakku bisa dapat beasiswa juga. Pengennya sih biar di Jerman, Malaysia atau Singapore yang deket.

    Terimakasih ulasan2 ttg biaya kuliahnya mba!

    ReplyDelete
  19. Duh, Mbak, lagi-lagi aku kepentok sama bahasa. Kudubelajar,dan mau kerja keras laginih kalau mau dapat beasiswa ke luar negeri. Pengennya emaknya bisake luar negeri, biar ntar anaknya tinggal dapat cerita terus pergi juga sekolah dengan beasiswa ke luar negeri.

    ReplyDelete
  20. Jadi kepengen melanjutkan kuliah lagi deh, makasih infonya ya mbak..dicoba dulu

    ReplyDelete
  21. Untuk itu saya kepincut sekolahin anakku di Jerman kelak
    Karena dulu aku nggak bisa terkendala alm. Bapak dan mama sendirian

    ReplyDelete
  22. Iya sih, banyak negara eropa yg menyediakan beasiswa buat negara lain, bahkan hingga gratis biaya kuliahnya

    ReplyDelete
  23. Jadi pengin juga nih ya berburu beasiswa untuk anakku ntar. Masih 3 tahun lagi nih, tapi kan kudu mulai siap2 dengan nilai bagus di mata pelajaran sekolah kan yaaa

    Ke Jerman oke juga nih, negara yang udah maju banget dan relatif aman untuk dijadikan tempat tinggal.

    ReplyDelete
  24. Baru beberapa waktu lalu ngobrol sama anak semata wayang tentang keinginan dia sekolah di salah satu negara di Eropa. Katanya mau berburu beasiswa gitu. Lah terus baca artikel ini. Langsung deh aku kirim ke dia untuk dia baca juga. Makasi infonya ya, Mbak

    ReplyDelete
  25. aaahh, aq suka bgt klo udah ngomongin pendidikan gini Mak. Cita2 dulu mo kuliah di Eropa, tp belum kesampean. Hehe. Harus lurusin niat kyknya. Niat yg paling besarnya buat jalan2 hehe

    ReplyDelete
  26. Semoga suatu hari kelak di negara kita pendidikan tinggi bukan masalah lagi, ya... Si kecil baru masuk SD. Nggak kebayang mahalnya biaya dia kuliah nanti kalau kondisi kita terus kayak gini...

    ReplyDelete
  27. Jerman termasuk salah satu negara yang paling diincar oleh calon mahasiswa Indonesia, karena memang murah dan bahkan bisa gratis, plus bagus-bagus universitasnya hehe. Swedia dan Finlandia juga oke karena edukasinya termasuk urutan teratas. Semoga anak-anak mba bisa dapat beasiswa di sana yaaa :D

    ReplyDelete
  28. Nice info. Kebetulan anakku memang lavi cari scholarship dan pilihan dia ke jerman. Tp baca ini rupanya banyak juga ya negara eropa lainnya

    ReplyDelete
  29. Waah... ternyata kuliah berkualitas gak usah mahal, ya. Bermanfaat banget nih untuk yang mau kuliah di Eropa

    ReplyDelete
  30. Ini nih yang bikin makin mupeng kukiah lagi di luar. Kuliah murah. Bahkan ada yng gratis.

    Cuma agak mikir sama biaya hidupnya sih. Apa juga semurah biaya kuliahnya? Hmmmm...

    ReplyDelete
  31. Terimakasih infonya, semoga bermanfaat & sukses terus...

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar