5 Ide Mempercantik Dinding Rumah dengan Imural

Ide mempercantik dinding rumah dengan imural, memang sudah ada sejak lama di dalam benak saya. Punya rumah yang rapi dengan dinding yang cantik, tentu saja menjadi idaman setiap wanita, tak terkecuali saya. Sejak memiliki balita di rumah, dinding rumah tak pernah bersih dari coretan anak-anak. Dari mulai mereka baru bisa membuat benang kusut, lalu gambar manusia lidi, gambar seluruh keluarga, hurup-hurup alphabet, angka-angka dan gambar koleksi hewan yang mereka sayangi.
Saya sebenernya tak kesah atau tak begitu peduli dengan keruwetan di rumah, dinding yang penuh coretan dan lain sebagainya. Selama anak-anak bisa bebas berimajinasi dan menuangkannya di semua sudut rumah, saya tak keberatan.

Tapi ... ada tapinya nih, ketika datang tamu. Berubahlah semua idealis saya. Mau tidak mau, tetap saya akan merasa gak enak jika suatu kali, datang tamu dan melihat dinding rumah yang semrawut. Malah ada tulisan yang isi pesannya dari anak saya yang ke-4 kepada anak ke-3. Waktu mereka marahan, nulis suratnya di dinding hahaha bener-bener deh anakku. kreatif banget!

Ada sebuah keinginan yang sudah lama terpendam sebenernya. Sebagai content writer, tentu saja saya juga dituntut untuk menyajikan gambar ilustrasi yang bagus. Kadang kalau lagi dikejar deadline, saya gak bisa kemana-mana lagi sekadar mencari spot cantik untuk memotret produk yang harus ada ibu dan anak. Akhirnya saya kebingungan dong. Mau difoto dimana coba. Dinding gak ada yang cantik. Ada yang dekat dinding kosong tapi penuh barang, hedeuh.

Sampai akhirnya saya bertekad, suatu hari kelak, saya akan membuat sebuah pojokan, namanya pojok cantik khusus untuk photo sesion. Saya sudah melihat-lihat dimana saya bisa memesan mural untuk pojok cantik saya sekaligus mulai berpikir untuk menabung untuk membayar jasa mural yang sesuai dengan keinginan saya.

Ketika saya browsing sana-sini, bertemulah saya dengan IMURAL, Brand jasa mural terpercaya dan bergengsi. Saya cek satu per satu gambar ilustrasi mural buatan mereka. Wow banget deh, saya langsung jatuh cinta heuheu cakep-cakeppp!

Oke deh, saya bagikan saja 5 ide mempercantik dinding rumah kita dengan imural. Jangan banyak-banyak, 5 aja pasti udah cukup bikin ngiler hihihi

1. Ruang Tidur Anak

Disain kamar anak yang simple dan menenangkan (credit: Imural)
Disain mural di dinding kamar anak-anak ini, cakep dan simple. Kamar anak anak biasanya mencerminkan jiwa anak-anak. Disain bisa disesuaikan dengan minat anak. Misalnya untuk mengembangkan minat anak kepada sains, bisa juga dinding digambari dengan tema gambar luar angkasa atau karakter kesukaan anak.

2. Ruang Tamu

Ruang tamu yang hangat dan ramah (credit: imural)

Ruang tamu adalah tempat dimana kita bisa menerima tamu dengan santai dan menyenangkan tapi elegan. Maka, desain ruang tamu pun mestilah hal-hal yang mencerminkan karakter dari keluarga kita. Gambar di atas adalah salah satu contoh mural yang bisa digambar untuk mempercantik dinding ruang tamu di rumah kita. Dengan perpaduan warna yang berani, membuat ruangan menjadi terkesan ceria, hangat dan menyenangkan. Tentu saja hal ini akan memengaruhi mood kita setiap hari.

Selain dengan digambari dengan gambar yang cantik, dinding ruang tamu juga bisa ditulisi quote kata-kata bijak dari seorang tokoh terkenal atau kalimat thoyyibah bagi yang beragama Islam, seperti subhanallah, alhamdulillah, allahu akbar juga bagus. Sebagai pengingat diri untuk senantiasa berzikir kepada Allah.

3. Ruang Makan

credit: imural
Ruang makan bagi saya fungsinya mirip dengan ruang keluarga. Karena di sinilah komunikasi antar anggota keluarga terjalin. Saat makan bersama menjadi moment kebersamaaan yang harus selalu dirayakan. Saya memilih untuk membuat gambar dinding yang membuat seluruh keluarga nyaman dan enjoy saat menikmati hidangan.

4. Kamar Mandi

asyik banget kalau punya kamar mandi luas dengan gambar yang cakep begini (credit imural)
Nah ini tempat me time yang asyik banget. Salah satu hal yang paling menyenangkan adalah ketika saya bisa berlama-lama di kamar mandi. Kamar mandi yang bersih dan terawat tentu saja menjadi dambaan saya. Apalagi dengan ditambahi gambar yang menenangkan jiwa dan raga. Rasanya kelelahan setelah seharian mendampingi anak anak dan beraktifitas lainnya, bisa terhibur dengan kamar mandi dengan model seperti, ya gak, moms hehhe

5. Teras Rumah

Teras cantik dengan nuansa hitam putih nampak elegan (credit: imural)

Teras rumah salah satu yang kadang luput dari perhatian kita. Padahal teras jika diperhatikan dan diberi gambar yang cantik, justru akan menjadi tempat yang asyik untuk duduk bersantai bersama keluarga atau menerima tamu. Kadang ada juga kan, tamu yang enggak mau buka sendal atau buka sepatu, ya kita bisa dong menerima mereka di depan teras kita yang sudah cantik ini. Bisa buat spot foto produk juga, lho.

Nah, itulah moms 5 ide mempercantim dinding rumah dengan imural. Semoga bermanfaat ya. 

Oiya, Moms, foto-foto di atas semua hasil karya dari IMURAL. 

Apa sih IMURAL? 

Oke deh, mari kita berkenalan dulu dengan Imural. Semua penjelasan di bawah ini saya kutip dari webnya Imural, moms bisa mengeceknya di sini.

IMURAL merupakan perusahaan seni komersial yang ”prestigious and charismatic”, terfokus pada proses sebuah kreasi mulai dari ide sampai bagian eksekusi kreasi tersebut. Dalam perjalanan karier mereka telah menghasilkan karya seperti ilustrasi, mural, sampai 3D Trick Art. Imural memiliki kontrol yang ketat untuk memastikan memberi hasil karya dengan kualitas tinggi sekaligus memberi kesan tersendiri dalam tiap karya.

Siapa saja yang sudah bekerjasama dengan IMURAL?

Perusahaan global sudah bekerjasama dengan IMURAL seperti Facebook, Walt Disney, Banyan Tree serta brand nasional seperti Holycown, Evhive, Telkomsel, BCA, dan banyak lagi perusahaan yang sudah menggunakan karya IMURAL.
Bersama mereka Imural menghasilkan karya seni yang mengangkat nilai brand.

Bagaimana Mekanisme Pengerjaan Mural yang dipesan lewat IMURAL?

Semua karya seni IMURAL memiliki siklus proses sebelum menghasilkan karya yang indah. Dengan mendapatkan brief, imural akan bertukar pikiran bersama tim IMURAL untuk menentukan ide-ide unik dan bermanfaat.
Tidak hanya bertukar pikiran, imural juga akan memberikan sketsa, gambaran, dan coretan ide-ide kami sampai mendapatkan ide yang sempurna untuk dibagikan kepada klien.
Setelah ilustrasi sudah disetujui, produksi akan dilakukan oleh tim IMURAL. Seperti karya seni yang memiliki kualitas tinggi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memberikan karya yang prestise untuk disampaikan.

Siapa saja Tim IMURAL :

Anggota tim Imural terdiri dari pembuat sketsa, pelukis, pembuat ide, sampai anggota yang melakukan proses mural. Semua bekerjasama dengan solid dengan satu tujuan, menghasilkan dampak yang baik melalui memperkuat dan memperindah sebuah ruangan milik klien dan memberikan karismatik tersendiri.
Oiya, IMURAL juga menggunakan metode Red System, yaitu sebuah metode pembuatan illustrasi & mural yang digunakan IMURAL yang menjadi dasar setiap karya karya yang dihasilkan serta untuk memproduksi mural dan tahapan serta prosesnya. Penggunaan RED system multi dari sketsa black & white, colouring basic, colouring final, finishing touch. Mural outputnya bisa dilukis langsung atau dibuat di atas canvas vinyl.
Saya sudah bertekad untuk membuat space cantik dipojokan teras rumah. Seperti gambar di atas itu. Kayaknya cantik deh kalau diterapkan di teras rumah saya. Kalau moms, kira-kira tertarik mempercantik dinding rumah bagian yang mana dahulu? 

70 comments:

  1. Aku tuh pengen banget bikin kamar anakku dengan gambar-gambar yang dia suka jadi biar dia bisa merasakan kenyamanan saat berada didalam kamarnya. Boleh juga nih ngintip Imural ya.

    ReplyDelete
  2. wah baru tahu ada bisnis bikin mural bisa kece begini ya, emang kalau punya jiwa seni tinggi, gambar2 di dinding juga jd bagus ya

    ReplyDelete
  3. di rumahku juga banyak mural, muralnya anak2, hahahah, sampe udah di cat ulang. Mungkin kalau ada mural beneran, mereka jadi lebih suka, dan malah niru muralnya di buku gambar mwahaha

    ReplyDelete
  4. selama ini aku cuma suka dengan rumah yang minimalist termasuk soal hiasan dinding dan cat nya ummi, tapi pas lihat gambar diatas kok menarik juga ya, so colorful gitu.

    ReplyDelete
  5. Aduh, aku naksir itu kamar mandinya. Kalau kamar mandi di rumah seperti itu bisa berjam-jam nongkrong di kamar mandi, betah hahaha

    ReplyDelete
  6. wah... ternyata yang ngerjain desain kantor telkomsel itu imural ya..
    pantesan nampak kekinian dan keren sekali.
    aku pun jadi pingin mendesain rumah, tapi keinget KPR belum lunas. heuheuheu

    ReplyDelete
  7. Lucu lucu banget, pengennya juga yg d teras itu bisa tempat ngopi rasa cafe. Tapi sayange blm pnya rumah sendiri hehe

    ReplyDelete
  8. Ini karya seniman sih ya, pantesan cakep-cakep banget mba, artistik, pasti indah dimanapun ya,asal sesuai dengan peruntukan ruangan

    ReplyDelete
  9. Wah, aku baru tahu tentang Imural ini. Menggunakan Red System ya keren sekali :) Ruangan di rumah bakalan makin cantik dan berwarna. Ruang tamu, ruang keluarga, kamar bobo anak2 termasuk dapur dan kamar mandi bakalan jadi spot menarik. Gawatnya, mandinya kelamaan ntar kudu digedor2 ga kelar2 hahaha : Mantap!

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu kalau kamar mandi juga bisa dibikin cantik dindingnya pake mural. Wah langsung meluncur lihat koleksi imural mba :)

    ReplyDelete
  11. Mural memang punya pengaruh ya kesuasana, karena goresan, bentuk dan warna yang tertuang menjadi semacam frae dalam ruangan

    ReplyDelete
  12. kaalu itu sepertinya harus dindingnya luas ya

    ReplyDelete
  13. Ooo dia macam desain interior gitu ya, Mba. Mau juga deh dihias 1 sudut rumah yg bikin kita betah berlama2 disana.

    ReplyDelete
  14. Zaman now permasalahan selera cat dinding buat ruangan per ruangan aja dalam sekejap bisa diwujudkan ya. Mau ini mah diaplikasikan di rumah nih.

    ReplyDelete
  15. bagus ya muralnya :) aku tu pengen bikin mural begini buat kamar anak tapi kayaknya harus yang luas ya mbak kamarnya

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk yang masih ragu lho pakai hiasan dinding seperti ini, karena selain belum menemukan desain dan gambar yang pas dan juga masih khawatir cat tembok jadi rusak nantinya huhu.. liat ini kok jadi ingin mulai mempercantik dinding ya..

    ReplyDelete
  17. Dijamin bakal BETAH BANGET di rumah kalo muralnya cantik nian macem gini ya Maaak
    Super LOVE!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  18. Saya kepikiran untuk mempercantik ruang tamu. Pengen bikin imural begini. Tetapi, belum ada ide bikinnya

    ReplyDelete
  19. Setuju banget mbak, kalo mural bikin sebuah ruangan memiliki suasana yang lebih berwarna, hidup, atau ceria. Aku juga sedang merencanakan hiasan mural di teras mbak. Pengen ada kesan ceria dan menyenangkan di depan rumah

    ReplyDelete
  20. Wow pengen banget ih one day punya rumah yg di dekor kaya gitu bener deh bisa dipake buat spot foto juga klo bikin konten..

    ReplyDelete
  21. Aq pengen ganti suasana kamar yang lebih adem gitu mbak, cocok nih kalau pake imural cuma pasti besar yah biayanya

    ReplyDelete
  22. Desain dengan imural, biayanya mahal gak ya? Trus perawatan gimana? Selama ini taunya hanya di tempat-tempat umum saja kalau di rumah belum

    ReplyDelete
  23. Pengen banget bisa pasang kreasi mural gini juga di rumah, tapi kudu diskusi dulu nih sama pak suami

    ReplyDelete
  24. kira-kira ruangan seperti apa yang ummi yang cocok dengan desain seperti ini? aku sampe nyari referensi gambar dan desain lainnya nih.

    ReplyDelete
  25. Langsung beda ya suasana ruangan yg dimural. Pernah pengin pake stiker dinding aja karena mural harus sama ahlinya juga. Tapi hasilnya jauh dari mural.

    ReplyDelete
  26. Ya ampun kenapa itu malah berantem dan surat2an di tembok sih! Kocak banget hahaha

    Menarik juga yah mbak Imural ini, aku juga ada satu dinding yang banyak coretan dan tempelan stikernya, bikin gak pede kalo ada tamu. Pengen coba lihat2 ttg imural ah

    ReplyDelete
  27. Duli aku tuh jg pngn hias dinding kamar dengan mural gini tp kayaknya bgusnya klo buat kamar remaja. Klo kamarku skrg pngn nya yg simple aja hehe.

    ReplyDelete
  28. waah pengen banget mbaaa... tapi mahal ga yah kalau pake jasa profesional?

    ReplyDelete
  29. cantik-cantik banget yah gambarnyaa.. Nanti kalau udah punya rumah sendiri kayaknya aku mau ah dikasih aksen gambar tapi yang simple aja, buat di kamar mandi atau di deket tangga gitu yaah..

    ReplyDelete
  30. Ya ampun lucuuu banget mba! AKu juga jadi pengen punyaaa deh pojok cantik berhias mural keren

    ReplyDelete
  31. Ahhhh bagus banget. Jadi cakep karena Imural yaaa

    ReplyDelete
  32. Bagus-bagus banget muralnya. Berapa ya kira-kira bikin mural begini di rumah? Satu dinding aja deh yang dihias mural buat latar foto nantinya hehe

    ReplyDelete
  33. Bisa memperi dah banget yah apalagi di ko.plek sekarang temboknya banyak desain imural makin betah main kelapangan

    ReplyDelete
  34. Masyaallah cantiknya, kakakku tuh yang pelukis suka buat mural di kamarnya, dulu kamarnya temanya langit..atap kamar dilukis bintang, bulan, burung malam, indah banget

    ReplyDelete
  35. Jadi cantik ya kalau digambar mural begitu dan kita bisa bikin suasana rumah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kupikir cukup pake wallpaper sticker aja kalau mau hias tembok rumah ternyata ada teknik menggambar yang lebih kekinian dan canggih

    ReplyDelete
  36. Kalau pakai imural di rumah, jadi tambah cantik dan nggak perlu berulang kali cat rumah. Biaya imural berapa nih mak Sri?

    ReplyDelete
  37. Aku juga suka dengan mural, Mbak. Tapi kalau untuk di rumah pengennya yang model klasik gitu, seperti yang di foto kamar mandi serta teras. Cantik yaa

    ReplyDelete
  38. bener dong bagus ternyata pakai imural iu yah asal pemilihan warnanya pas sih bakal bagus ya mbak

    ReplyDelete
  39. Aku senang banget kalau lihat dinding didekor kayak pakai wallpaper gitu, suasana rumah jadi berbeda dan suasana hatipun jadi terpengaruh bikin nyaman penghuninya ya..

    ReplyDelete
  40. Karya seni tinggi imural bisa kita buat di rumah walaupun Kita tidak bisa mengambar ataupun ngecat . Desain unik seperti desain cafe

    ReplyDelete
  41. Jadi salah satu hasil karyanya imural ini di Holycow steak hotel ya ? Di Holycow muralnya berwarna putih dilukis di tembok warna abuabu tua, jadi kesannya seperti di papan tulis kapur gitu. Lucu deh, kalo ditaruh di rumah.

    ReplyDelete
  42. Kalo pakai jasa Imural ini bisa pesan secara detail sampai ke bagian terkecil ga sih kak...? Misalnya cuma pengen dekor ulang laundry room aja gitu...

    ReplyDelete
  43. Mupeng itu ama poto2nya kerenn kak
    Pengen juga digituin rumahnya heheheh seruuu ya kayak berada di mana gitu kalo ada mural dan hiasan dinding lainnya

    ReplyDelete
  44. Kamar anak kalo didesain seperti itu bagus banget ya. Sekarang di hotel dan tempat makan juga banyak yang pakai imural, itu jadi daya tarik tersendiri untuk mengundang pengunjung datang karena cocok untuk foto2 juga :D

    ReplyDelete
  45. Kamar anaknya jadi lucu banget yaa.. Aku juga naksir mural kamar mandinya, cantik bikin betah berendam hahaa. Jadi kepikiran bikin pojok cantik pakai imural juga nih :)

    ReplyDelete
  46. Wah... mupeng, terutama ruang tamunya. Kalau ada yang punya ruang tamu kayak gitu, saya bisa betah lama-lama bertamu hehehe....

    ReplyDelete
  47. Aku berniat mengganti cat dinding nih mbak, lihat imural jadi kayanya pingin nyobain juga. KAlau gambarnya cocok dengan yang kita inginkan bikin betah ya berada di ruangan tersebut

    ReplyDelete
  48. Untuk saat ini aku hanya bisa ngimpi doang nih, Mbak. Hahaha. Mana bisa rumahku tak ginian, selain karena masih numpang sama orangtua, ya, karena anakku lagi seneng-senengnya buat mural ala dia. Hahaha.

    Oiya, aku tuh kalau foto produk andalan pakai tembok tetangga. Wkwkwkwk. Lha mau gimana lagi, nggak ada spot cantik di rumah.

    ReplyDelete
  49. Cantik banget ya mural nya, jadi pengen mempercantik kamar juga dengan mural begini ya

    ReplyDelete
  50. Hwaduuh...bikin surat di tembok?
    Ini epic banget...pasti mamak langsung auto pusyiiaang, hahaha...

    Tapi..
    Kalau jadi cantik dibantu IMURAL, mau juga doonk...

    ReplyDelete
  51. Aku juga suka malu mba kalau dinding penuh coretan anak, imural ini emang bagus sih ya kalo ditetapin di rumah tapi mahal gak ya ini mba hehehehehe

    ReplyDelete
  52. Aku pengen banget mempercantik bagian tembok kamar dan ruang keluarga, soalnya itu yg paling sering ditempatin jadi pasti bakal nyaman bgt kalau dindingnya makin cantik

    ReplyDelete
  53. Aku dong ruang tidur anak dilukis rame2 hahaha. Asyik nih ada jasa kayak gini... Mau jg punya spot cantik buat kerja..😀.

    ReplyDelete
  54. aku ada rencana buat kayak gini di pagar kami, sudah ngubungin teman juga, tapi karena dia juga sibuk, sampai sekarang belum jadi2, moga tercapai deh, sebab ini nyeni banget

    ReplyDelete
  55. ya ampuuuun aku sukaaa semuaaa! Jadi pengeen deh. Btw ada bocoran berapa harganyaaa mba..siapa tau pas dengan budget hehe

    ReplyDelete
  56. Kalau dihias pakai ini jadi cantik ya dindingnya. Btw temenku suka bikin imural gini dan dia hias kafe gt.

    ReplyDelete
  57. Ku udah kepoin website nya imural, jadi tertarik juga bikin mural di beberapa bagian rumah, sayang pricelistnha ga tercantum hehehe

    ReplyDelete
  58. aaah mau ... mau ...! Ku pikir stiker tembok ternyata dilukis yaa. Lucu deh kalau kamar dibuat personalized dengan imural.

    ReplyDelete
  59. Wah cantik banget, rumah juga bisa dihias ala kafe dan resto gitu ya, dengan Imural, kreatif banget dan inovatif perusahaan ini..

    ReplyDelete
  60. aku juga kepo sama kaya mommy LIm pingin tau harganya nih berapa ya kira-kira sambil ngumpulin dananya buat bikin sesuai keinginan

    ReplyDelete
  61. Sama mbak ya ampun, padahal pas pindah rumah Bogor dah bertekad akan menjaga dinding baik2 nyatanya kena coretan jg hahaha. hampir gak ada sudut buat poto :(
    Keren juga nih idenya pakai imural ini, kira2 biaya lukisnya affordable gak ya? liat webnya ah TFS

    ReplyDelete
  62. Eh aku sekarang jadi kepikiran mau bikin murah di pojok rumah instagramable deh, Teh

    ReplyDelete
  63. Padahal ya, adekku tuh kerjaannya bikin mural di dinding cafe ataupun gedung mana by rekues

    ReplyDelete
  64. Mau dong tembok nya dihiasi imural, kalau udah punya rumah sendiri pengen bikin 1 pojokan khusus buat foto2, buat ngevlog, buat foto produk, hehehe. Konsep nya bisa dari kita kan ya

    ReplyDelete
  65. kalau pake imural gitu kan beda banget ya sama pake wallpaper, andai kita bosen sama designnya, itu gimana mbk? Imural yg lama dihapus dulu, atau gimana?

    ReplyDelete
  66. Entah kenapa mural selalu bikin cantik dnding ya mba
    bikin lihatnya pengen motret aja, dan senang gitu bisa menghibur hati melihatnya

    ReplyDelete
  67. Ni budgetnya berapa yah mba? Cakep banget dinding imural begini yah mba

    ReplyDelete
  68. Kalau dikasih gambar-gambar seperti itu suasana rumah jadi meriah dan ga mboseni ya... Bisa ditiru juga nih... Hihi..

    ReplyDelete
  69. Bagus banget idenya Mbk, ikutan betah ya kalau rumah kayak gini. Sayangnya budget belum memungkinkan. Ikut menikmati deh, suatu hari bisa bikin ruangan khusus deh buat kerja.

    ReplyDelete
  70. Aku juga mau salah satu sisi dinding rumahku di mural. Kayanya untuk pojokan kopi lucu ha.Tolong bisikin harganya dong mba.

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Powered by Blogger.