September 09, 2019


Hai, Moms, maafkan saya karena baru bisa share Resep Vegetable Lasagna. Semoga masih semangat buat masakin keluarga dengan menu tinggi serat ya.

Saya ceritain dulu ya, kesan saya memasak Vegetable Lasagna ini.

Jadi, waktu Chef Yuda menunjukkan cara masak lasagna isi sayuran ini, saya kira, rasanya akan sama saja dengan masakan yang lain rasa sayur kerasa banget.

Serius masak sama mbak Siwi 

Agak sangsi juga, apakah anak anak nantinya suka? Apalagi jenis sayurannya juga unik deh. Ada kemangi, daun bayam, daun pokcoy, dan daun kayl. Malah Chef merekomendasikan daun pohpohan, sejenis lalapan urang Sunda. Optional aja sih, jika suka. Karena daun daun jenis lalapan yang bisa dimakan mentah ini enak buat dimasak lasagna.

Untuk daun pokcoy, gunakan daun saja, batang sisihkan untuk membuat mie rebus hehe Brokoli tidak disarankan, karena baunya agak langu.

Daann .. setelah jadi, Vegetable Lasagna ini, enak banget, Moms. Gak kecium bau bauan sayuran, apalagi bau daun kemangi, gak sama sekali, Moms. Anakku juga suka makan Vegetable Lasagna ini, masih icip icip sih, sebab kan makanan baru. Tapi, emang begitu, kan proses pengenalan makanan anak anak. Endus endus, cium cium, icip icip, makan, kalau suka diteruskan, kalau gak suka biasanya ekpresinya aneh hehe

Gak apa apa Moms, namanya juga usaha. Memberikan asupan serat sejak dini kepada si kecil memang effortnya lumayan besar juga sekarang. Capek dan lelah kita, insyaAllah akan terbayar dengan melihat anak anak tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Oke, yaa.

Ini dia bahan-bahan yang harus disiapkan untuk memasak Vegetable Lasagna.

Pasta Lasagna, ini bisa direbus atau direndam air saja. Jadi selama kita menyiapkan bahan lainnya. Rendam deh pasta Lasagna. Kemarin kita pakai pasta Lasagna Samreno ukuran 500 gram.

 ulekan, lasagna, pine nuts, permesan, mozarella dan keju Parmigiano Reggiano


Pesto:

3 ons Parmigiano Reggiano, potong potong
1,5 gelas daun kemangi segar
1 genggam daun bayam
1 siung bawang putih
Seperempat cangkir kacang pine nuts (bisa diganti kemiri kalau gak ada)
Setengah cangkir minyak zaitun

Tambahan:
1 cangkir keju parmesan parut (untuk toping)
Tiga perempat keju parut Mozarella
1 sendok teh oregano kering atau Italiano spice herba

Bachamel Saus:

Seperempat cangkir mentega
Seperempat cangkir tepung terigu
Segelas susu (full Cream atau rendah lemak)
Setengah sendok teh kaldu ayam bubuk
Sejumput pala
Garam merica secukupnya

Cara Membuat

Membuat Pesto:
Campur semua bahan pesto bisa diblender bisa juga diulek. Sisihkan.

Membuat Bechamel Saus:
Panaskan mentega lalu masukan terigu, aduk dengan api kecil.  Masak sebentar hingga harum, lalu masukan susu, kaldu ayam, sejumput pala, garam, dan merica.
Sisihkan.

Saus yang bagus itu warnanya jadi putih, agak kental tapi cair (aduh gimana ya ngejelasinnya hihi).

Sementara itu, siapkan pemanggang, ya. Suhu sekitar 250 decel.

Cara menyusun Lasagna:

Step by step menyusun Vegetable Lasagna

1. Olesi piring pirex (mangkuk kaca tahan panas) dengan sedikit pesto.
2. Susun Lasagna, lalu olesi pesto dan olesi dengan saus Bechamel. Lalu beri keju mozzarella dan keju permesan. Ulangi hingga penuh. Taburi spice herbs atau oregano kering.
3. Tutup piring dengan aluminium foil.
4. Panggang selama 45 menit atau tergantung pada ukuran dan porsi.

Nah, demikian resep Vegetable Lasagna, Moms. Mudah kan membuatnya.

Sajikan hangat, anak anak pasti suka.

45 comments

lasagna tu maskanya perlu kesabaran dan hati yang lapang ya mbak, aku pernah coba dan gagal soalnya :( wkwkwk maklum saya kurang telaten orangnya

REPLY

Wah, boleh dicoba nih resepnya. Saya sekarang mencoba bikin resep dengan bahan sayuran demi tubuh yang mulai kasih alarm kalau makanan yang saya makan kurang sehat mbak

REPLY

Thankyou nih resepnya sepertinya enak dan mudah dibuat juga

REPLY

Lasagna ini cocok nih buat anak2 yang masih nggak suka sayur. Btw, kok bisa ya rasa sayur nya jadi samar kaya gitu?

REPLY

ikutan contek resepnya ah. lumayan kan camilan buat yg tersayang di rumah. apalagi kalau pas Zril GTM lg, solusi nih biar mau makan

REPLY

Aku Jadi kepengen juga nih recooked Lasagna ala resepnya Mbak Sri ini, apalagi membuatnya juga sangat mudah ya dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan

REPLY

Pengen coba bikin buat suamiku yang vegetarian. Tapi apa daya, daku ga punya panggangan di rumah 😅

REPLY

Udah lama nih nggak masak lasagna. Makasih lho resepnya aku mau coba langsung eksekusi ah buat anak-anak, kebetulan ini bahan2nya lagi ada komplit di rumah. Kalau menunya kaya gini anak-anak pasti lahap makannya yaa.

REPLY

Mbaaa boleh kucontek ya resep vegetable lasagnanya. Kadang kalau kebanyakan daging malah mblenger kok. Bisa jadi alternatif nih bikinnya pake yang seperti resep ini.

REPLY

Kuncinya di saus yaa...
Kalau sausnya endess...rasa si sayur bakal ketutup.
Enyaakk~
Aku suka banget sama lasagna.

REPLY

wah untuk masak makanan ini butuh ketelatenan luar biasa dan waktu yang luang kayaknya ya mbak kalo keburu buru malah takut gak jadi

REPLY

Boleh dicoba nih resepnya karena aku sukanya masak yg simpel dan cepet tapi sehat hehe

REPLY

Waah seru bgt belajar masak bareng Mba. lasagna ini satu favorit food saya juga Mba. belom pernah buat sendiri, liatin mbak kosan buat lumayan sering, tp gak pede buat sendiri

REPLY

Gleeeekkkkk... Jam ingin tidur tapi belum ngantuk tapi lihat tulisan tentang resep lasagna jadi pengen ku praktekan besok deh. Sekalian buat cemilan anakku pulang sekolah.

REPLY

Belum pernah nyoba nih buat menu lasgna ini. Sepertinya enak dan bagus ya dijadikan cemilan buat anak-anak. Jadi pengen nyobain resepnya deh.

REPLY

Aku ingin coba masak lasagna sendiri, tapi belum berani hihihi

REPLY

Wah bisa jadi opsi buat sajian d kluarga juga yg kurang suka sayuran nih mbaa. Dan ternyata ga d sarankan pake brokoli yaa

REPLY

Pengen coba, tapi baca resepnya udah langsung menyerah hahaha.
Ya udah deh, mungkin kalau rasa malas lama di dapur saya kelar, baru cobain resep ini hahaha

REPLY

Lasagna ini salah satu makanan favorit anakku yang pertama.. kalo makan di resto, seringnya cari lasagna.. kalo aku bisa bikin lasagna ini sendiri dirumah apa ya reaksi anakku? hehe mau coba ah untuk weekend besok masak lasagna dirumah

REPLY

Selalu ingin bikin lasagna tetapi tidak punya perlengkapan perangnya. Semoga di lain waktu ada rezeki untuk itu. Soalnya saya juga sesekali pengen bikin masakan yang enak buat anak dan suami biar mereka betah di rumah dan sayang mamah, ha ha.
Saran agar tidak pakai brokoli itu berfaedah karena saya tidak tahu efek sayuran tertentu yang dipanggang akan gimana.

REPLY

jadi pengen coba bikin juga nih dari resep nya, semoga gak gagal dan rasa nya enak

REPLY

Lasagna aku syukaaaakk banget!
Kalo di acara resepsi kawinan, aku biasanya ambil lasagna :D
Endeus markindesss ini ya Mbaa
--bukanbocahbiasa(dot)com--

REPLY

hihi diendus, dicium2 dulu ya baru diicip :)
Aku belum pernah bikin lasagna sendiri, kapan-kapan mau buat ah untuk anak-anak.
Btw daun kyl itu apa ya? baru tau

REPLY

Hmm..yummy, malem2 gini liat postingan lasagna aduhaai..
bikin ngileeer, Baper (bawaan lapeer..)
Boleh nyomot n sekalian kirim gaa, eeaah

REPLY

Aduh jangankan anak anak, saya saja buibu suka banget. Kapan kapan setelah bahan komplit mau coba buat juga ya. Izin saved resepnya. Ga sabar pengen nyicip hihihi...

REPLY

MBaa, kapan bikinin buat aku. Hehhee. Aku pernah nyoba lasagna tapi pas rebus lasagna tuh nempel gitu. Kayaknya cukup rendam di air ya mba biar nggak nempel gitu ya

REPLY

Pas eksekusi resep dan berhasil, rasanya tak terkatakan ya, mba
... berasa terbang!
Tiang, mana tiang?

REPLY

Waah...langsung ngiler deh.. Hm,awam dapur sepertiku bisa gak ya memasaknya? Hihi..langsung minder aku..

REPLY

Resep sehat ya mbak karena kaya akan serat. Kalau aroma sayuran tidak tercium pasti anak-anak bakal suka.copas resepnya ya mbak pengen nyobain di rumah. TFS mbak.

REPLY

Seru banget mbak. Auto di bookmard dan di praktekin buat nati kalau mau praktekin wkwkkwk. Makasih mbak resepnya

REPLY

Aduuhh aduuhh kayaknya enak banget ya lasagna nya, sehat pula lagi ya. Btw pantas saja ya harga lasagna itu lumayan mehong wong bikinnya aja rumit dan banyak bahan ya, tapi wort it lah rasanya juga enak.

REPLY

jadi pengen bikin, itu sayurannya boleh diganti daun lain gak sih mbk? terus bahan untuk pesto yang namanya sulit dieja bisa dibeli dimana ya?

REPLY

Jadi penasaran juga nih pengen reecooking resep Vetegable lasagna dari mba Tuti.
Ternyata kemangi juga hilang aromanya ya, kok malah penasaran nih, soalnya aroma kemangi itu kuat sih

REPLY

kalo dilihat-lihat kok kayanya gampang banget bikinnya ya tapi aku suka failed kalo bikin ummi, kadang rasanya suka gak pas padahal suka banget sama lasagna ini.

REPLY

Ini yang sudah banget ak praktek bikin... Ah rasanya pengen kerumah mu kangsung mba sri untuk dibuaykan sambil main m saki

REPLY

Pengen coba masak lasagna tapi bahan-bahannya agak susah diperoleh ya seperti sausnya itu. Di minimarket ada gak yah?

REPLY

Langsung kepingin nyontek, buat bekal sekolah kayaknya enak banget yaa mba, thank you resepnya mba :)

REPLY

Makanan favorite ini bund, kalo ke pizza *** ini yang dicari, bukan pizzanya..
Kayaknya emang harus bisa bikin sendiri deh biar hemat 😂 makasih bund sharingnya. Must trying!

REPLY

Wah mantap nih .jadi pengen nyoba juga..beneran ga kerasa sayurnya ya..

REPLY

Wuih, enak banget nih kayaknya. Bikin ngiler. Jadi kepengen bikin juga. Bisa buat nyiasatin anak-anak di rumah yang kurang suka sayur ya. Izin nyomot resepnya. :D

REPLY

ini kayaknya cocok banget buat anak yang gak suka sayuran tapi pengen memenuhi kebutuhan sayurannya yaa, Mba. Wahh cocok buat anakku nih :)

REPLY

Baru tahu kalau lasagna bisa diisi sayuran dan tetap enak yaa.
Cara membuatnya mudah, tp sayang belum punya oven. Pdhl pengen cobain

REPLY

Biasanya suka pesan online mau lasagna, sekarang lihat resep ini mau langsung dieksekusi mbak. Asik banget.

REPLY

Enak niiih kalau bisa langsung praktik dan masaaak yaaa. Enak mbaa

REPLY

Lasagna ini, masaknya penuh kesabaran, tapi begitu dimakan abisnya cepat banget. Suami dan anakku suka banget makan lasagna, kalau aku tak terlalu suka sih

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates