October 25, 2019

Pengalaman Mencoba Jasa GoClean dari Gojek Indonesia


Hai, Moms, baru-baru ini saya mencoba jasa layanan cleaning service dari Gojek Indonesia, yaitu GoClean. Sebenarnya, saya sudah lama mendengar tentang jasa GoClean ini, cuma masih ragu. Banyak pertimbangan yang saya pikirkan, dari mulai dana, waktu dan keamanan. Iya, saya ini orangnya parnoan. Ini gara gara pemberitaan negatif tentang beberapa kasus yang terjadi di rumah, seperti pencurian, perampokan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab mengatasnamakan sebuah layanan jasa.

Tapi setelah saya membaca beberapa review GoClean dari teman-teman blogger tentang jasa layanan GoClean yang sepertinya aman, saya menjadi tertarik menggunakan jasa pelayanan GoClean.  Sebelumnya saya berdiskusi dengan pak suami sekaligus minta ijin. Iya, sudah lama kami tidak memakai jasa asisten rumah tangga, semua saya yang menghandle sendiri. Tapi, yah gitu deh, jangan diharapkan kinclong setiap hari, karena masih ada trio musketer yang siap sedia memberantakin isi rumah hihihi 

Setelah si dia acc,   saya memesan layanan GoClean dengan durasi 2 jam. Saya pikir, cukuplah 2 jam membersihkan dua kamar mandi dan area dapur. Dua area ini beneran momok banget bagi saya. Habis ngosrek kamar mandi, biasanya pinggangku serasa patah-patah, maklum deh usia cantik. Biasanya saya berbgai tugas dengan anak-anak, tapi biarlah, kali ini, saya dan anak-anak bebas tugas dari ngosrek kamar mandi. 

Kalau bagian dapur ini, area terberat heuehu apalagi dapur saya yang letaknya terpencil dan agak spooky gitu. Jadi merinding disko kalau sendirian beresin dapur heuheu jadi aku delegasikan saja tugasku kepada GoClean. Beres!

Baca juga: Dapur di Ruang Depan Kenapa Tidak?


Hari Rabu lalu, saya tidak ada kegiatan keluar rumah, karena itulah saya memutuskan untuk memesan jasa GoClean. Tadinya saya akan mempergunakan waktu pagi hari ketika anak-anak pergi ke sekolah. Saat itu biasanya saya gulang guling aja berduaan dengan Saki, main masak-masakan atau main sepeda setelah beres urusan domestik.

Nah, ternyata setelah saya cek, ada harga diskon di jam tertentu, yaitu pemesanan di jam 16.00 - 18.00, dengan menggunakan kode voucher SenjaBersih dapat diskon Rp15,000. Jadilah saya tangguhkan pemesanannya dan menunggu sore hari.

Lalu, tepat pukul 16.00 saya memesan GoClean. Awalnya saya agak bingung menggunakan aplikasi Golife, tapi dengan mengikuti instruksi pemesan saya berhasil juga memesan GoClean. Untuk pemesan bisa dilhat skema di atas ya. Alhamdulillah langsung dapat talent.

Cara Memesan GoClean

Sebelum memesan GoClean kita harus punya aplikasi Gojek atau Golife di handphone kita Moms. Kalau tidak punya, harus install dulu. Nah, agar kebayang bagaimana cara memesan GoClean, saya tuliskan saja urutannya, ya, Moms.

Pertama, pastikan Moms sudah menginstal aplikasi Gojek di handphone. Aplikasi Gojek bisa didapatkan di Google Play Store atau App Store.



Kedua, jika sudah instal Gojek, tap di GoClean, seterusnya kita juga perlu menginstal Golife. 



Ketiga,  untuk memesan GoClean tap di GoClean, iconnya yang bentuk sapu itu.



Keempat, lalu pilih cleaning preference yang kita inginkan. Ada dua ya, reguler atau spesial. Kalau saya pilih reguler. Setelah klik reguler, pilih durasi yang diinginkan, setiap jam 60K. Saya memilih 2 jam. Lalu jangan lupa, talent perempuan atau laki-laki yang diinginkan, saya pilih perempuan.

klik reguler, lalu pilih peralatan dari GoClean

Pilih durasi service, bisa dilihat harganya ya. Saya pilih 2 jam

Kelima, konfirmasi pemesanan. Karena ada diskon untuk pemesan senja hari, saya pakai kode voucher SenjaBersih. dapat diskon 15K.

Pas ada diskon, pakai voucher dengan kode "BersihSenja" diskon 15K


Keenam, setelah klik order maka sistem akan mencarikan GoClean talent yang sesuai dengan permintaan kita.

Talent pun ditemukan ^_^

lalu kita dapat receipt sperti ini, sebagai bukti pemesanan

Perlu Moms ketahui, bahwa ada 2 layanan GoClean, yaitu layanan reguler dan layanan spesial.

Layanan Reguler adalah layanan solusi pembersihkan di rumah untuk kebutuhan harian.

Layanan Spesial adalah layanan untuk paket-paket tertentu, seperti pembersihan apartemen, rumah kost dll.

Talent yang saya pesan adalah seorang ibu, dia bernama Dian, seorang ibu 2 orang anak. Tinggal di Cilebut. Lalu, setelah itu, saya mendapatkan pesan dari Bu Dian menanyakan alamat lengkap saya. Sebelumnya saya tanyakan kembali kesediaannya untuk membersihkan rumah saya. Ya, kan ibu-ibu datang sore hari, rumahnya jauh pula, saya jadi inget diri sendiri. Pasti kan pas jamnya bersama anak dan suami gitu.

Bu Dian memastikan saya dia baik-baik saja. "Sudah tugas saya, Bu!" katanya mantap. Menurutnya, biasanya dia bebersih di Jakarta seharian, baru kali ini dapat costumer dari Bogor. Ya sudah, mungkin malah sore hari waktu yang tepat untuk Bu Dian bekerja karena bisa gantian dengan suaminya menjaga anak-anak di rumah.

Jam 5 sore Bu Dian pun sampai di rumah saya. Setelah saya dan Bu Dian saling mengenalkan diri, saya sampaikan tugas Bu Dian di rumah saya selama 2 jam, yaitu membersihkan 2 kamar mandi dan dapur, terutama membersihkan kompor gas dari percikan minyak dan gosongan.

Saya dan Bu Dian dari GoClean

"Baik, Bu! Siap!" katanya sambil tersenyum manis.

Sore itu Bu Dian hanya mengenakan kaos dari GoClean, tidak mengenakan jaket. Tas peralatan dari GoClean pun tidak ada. "Sudah rusak, Bu. Gak bisa dipakai lagi, jadi saya pakai tas yang ada saja," katanya menerangkan.

Ya sudah, yang penting bersih, hahaha

Setelah saya menunjukkan area kamar mandi di depan dan belakang, serta dapur, Bu Dian pun langsung bersih-bersih. Diawali dengan membersihkan dapur. Bu Dian membongkar semua komponen kompor gas dan mencucinya di singki/tempat cuci piring. Semuanya dicuci. Lalu setelah semua selesai, abru badan kompor gas dicuci. Bu Dian tahu betul urutan membersihkan kompor gas dan gak takut menggeser-geser kompor gas yang terhubung dengan tabung gas. Aduh, kalau saya nih, orangnya khawatiran hihi kalau ga malu, saya lebih baik masak di hawu deh daripada masak di kompor gas hihihi


Bu Dian sedang membersihkan kompor gas
Bay the way bus wey, alhamdulillah Bu Dian yang cekatan pun cepat sekali membersihkan kompor gas saya.  Peralatan yang dibawanya mulai dari sabun, ember dan lap-lap untuk membersihkan kotoran cukup ampuh membersihkan kompor gas saya yang kotor, juga mejanya. Kompor gas saya pun kembali kinclong dan area bawah kompor pun bersih .. sihh ...

Kompor gas kembali kinclong ^_^

Setelah beres mencuci kompor gas dan membersihkan dapur, Bu Dian lanjut membersihkan kamar mandi belakang yang di dekat dapur dan terakhir membersihkan kamar mandi depan yang selalu dipergunakan oleh keluarga.

Bu Dian finishing membersihkan kamar mandi

Karena waktu yang dipergunakan untuk bersih-bersih di sore hari, maka pekerjaan dijeda ketika waktu sholat Maghrib tiba.

Hasil kerja bu Dian menurut saya samalah dengan pekerjaan saya. Gak gitu kinclong banget sih, hehe  lagipula kamar mandi saya kamar mandi jaman jadoel, jadi kinclong atau gak, gak begitu keliatan. Tapi toilet duduknya bersih banget, putih seperti baru lagi,

Alhamdulillah cukup membantu menuntaskan pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga yang lagi perlu bantuan membersihkan dua kamar mandi dan dapur. Biasanya saya kalau membersihkan kamar mandi depan dan belakang gak bisa dalam satu hari, jeda seharilah, guna menyayangi pinggang hehehe jadi dengan dibantu Bu Dian dari GoClean ini saya sangat terbantu sekali.

Kedepannya, tentu saya dengan senang hati akan meminta Bu Dian untuk datang lagi membantu saya. Lumayan udah cocok sih, karena bu Dian orangnya supel,  dan kerjanya cepat.

Alhamdulillah sebelum waktunya selesai, Bu Dian bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Saya tadinya mau minta beliau nyapu dan ngepel di belakang sih. Tapi kan, di awal saya hanya minta membersihkan 2 kamar mandi dan membersihkan meja kompor gas saja. Jadi, setelah itu kita pakai waktunya untuk saling mengenal saja. Ngobrol cantik khas emak-emak, ngeteh sore yang terlambat sambil melepas lelah hehe

Pukul 19.30 saya dan Bu Dian duduk di ruang tamu. Bu Dian ini cepat sekali akrab dengan saya. Orangnya enak diajak ngobrol. Ditemani kudapan seadanya berupa buah, tahu tuna dan teh celup sariwangi kami mengobrol tentang profesinya Bu Dian dan juga segala pernak pernik kehidupannya.

Luar biasa sekali pengalaman Bu Dian yang bergabung dengan GoClean selama 2 tahun. Suka duka menjadi talent GoClean membuat saya merenung. Meski kehidupan sedang sulit, tapi kita tak boleh pantang menyerah. Bu Dian bergabung dengan GoClean atas kesadarannya sendiri ingin menambah penghasilan keluarga. Tentu saja atas restu suaminya. Mereka berbagi tugas jika Bu Dian mendapat order dari Jakarta dan sekitarnya, suaminya menjaga kedua anaknya. Tak mudah menjadi ibu bekerja seperti Bu Dian, tapi dia tetap bersyukur dengan keadaannya.

GoClean menjadi solusi ibu rumah tangga mendapatkan tambahan penghasilan dari GoClean. Di masa kepemimpinan Pak Nadiem Makarim, Boss Gojek yang baru-baru ini diangkat menjadi Mendikbud untuk kabinet terbaru Indonesia, katanya dia merasa sejahtera bergabung dengan GoClean. Kerjanya pun bisa diatur. Meskipun demikian kata Bu Dian, segala kesejahteraan itu juga ditunjang oleh semangat Bu Dian untuk bekerja dengan baik dan alhamdulillah dukungan sistem GoClean yang bagus.

Satu hal yang saya ingat dari Bu Dian, katanya, jangan mengecilkan usaha orang lain. Jangan menyangka kerja freelance seperti ini enak-enakan, bisa dapat gaji banyak dengan mudah. Tidak. Pekerjaan ini sama saja dengan pekerjaan yang lain. Membutuhkan skill dan tidak main-main. Dia berusaha mengerjakan pekerjaan dengan profesional dengan upah perjam.

Ada suka tentu saja ada dula. Dukanya saya keep aja ya. Alhamdulillah bertemu dengan Bu Dian dari GoClean hati saya menjadi hangat. Dan tentu saja saya menjadi   lebih  bersyukur.

teman ngobrol asyik
Sungguh, kalau tidak ingat waktu, saya dan Bu Dian akan terus saja mengobrol. Apalagi suami saya masih di perjalanan kembali dari dinasnya di Bandung. Jadi ada teman ngobrol gitu. Tapi, Bu Dian juga ada keluarga. Kedua anaknya tentu saja menunggunya di rumah.

Saya sangat berterima kasih atas bantuan Bu Dian, karena pekerjaan saya yang cukup berat bisa dikerjakan olehnya dalam waktu 2 jam.

GoClean menjadi pilihan yang tepat untuk membantu pekerjaan ibu rumah tangga. Dengan jasa asisten yang bisa diset beberapa jam, saya sangat terbantu banget jadi bisa mengalokasikan waktu 1-2 jam untuk keperluan pribadi saya.

Kalau, Moms, sudah pernah memakai jasa GoClean? Apa pendapat, Moms? Sharing yuk!

43 comments:

  1. Ini pas aku liat foto di Ig mba pas mba duudk ngobrol gitu aku awalnya ya ngira itu teman lama mba saking kliatan akrab banget mba. Hehhe. Aku belum pernah pakai jasa Go Clean sih mba. tapi penasaran mau nyob a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, aku pun ngiranya begitu. Baru sekali ketemu pun udah akrab gitu. Jadinya bisa nyaman ya pake jasanya.

      Delete
  2. Benar kata bu dian jangan mengecilkan usaha orang lain inilah yang membuat kita selalu bangga . dibalik pekerjaan go clean ada upah untuk memperjuangkan untuk keluarga.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyobain jasa go clean ini Perlu banget ni di coba sekali-sekali untuk ibu rumah tangga yang gak punya ART kaya aku.

    ReplyDelete
  4. Kalau mau pesen orang yang sama, bisa gak ya...?
    Aku mikirnya...kalau uda cocok dan merasa deket sama satu tenant, bisa diulang lagi order atas nama beliau.

    ReplyDelete
  5. Aplikasi yang sangat membantu y mba,apalagi seperti kita yang belum sempat berberes rumah.
    Memang ada beberapa kasus yang ngalamin seperti yang mba bilang
    Intinya tetap waspada aj ya mba

    ReplyDelete
  6. Memudahkan banget ya layanan ini. Di tempatku belum tercover sih. Untungnya punya Go-Mbak. Wkwkwk

    ReplyDelete
  7. AKu belum pernah nih coba Go clean. Jadi pengin cobain juga pakai jasa Go Clean. Samaa, paling susah tuh bersihin kamar mandi terutama bak mandinya hahaha, dapur juga berantakan :D

    ReplyDelete
  8. saya juga merasa sangat terbantu nih mba dengan kehadiran go clean ini , apalagi kalo art lagi cuti wah ini sangat2 menolong banget :)

    ReplyDelete
  9. Aku pernah nyoba jasa goclean pas bibi dirumahku pulkam, dan nyaman banget pakai jasa goclean ini memang

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernqh sih pakai jasa go-clean karena selama ini pakai ART dengan sistem PP hehehe

    ReplyDelete
  11. Jaman Now makin praktis aja ya, mba.. aku belum pernah pake jasa go clean, kapan kapan mau coba ahh biar ga cape beres-beres.. hihi

    ReplyDelete
  12. wahh aku juga dapurnya spooky krna di pojok tanpa ventilasi wkwkwk. kudu dibasmi nih sama go clean biar kinclong :D
    kalo kamar mandiku jadul apa adanya. udah keringetan ngosrek, hasilnya ga keliatan beda ahahah

    ReplyDelete
  13. Waah jadi pengen coba GoClean juga nih, sangat membantu sekali yaa Ka dan bikin praktis hihi

    ReplyDelete
  14. senang banget yaaa bebersih ada yg bantu. saya jg udah pakai jasa goclean. menurut saya harganya terjangkau

    ReplyDelete
  15. wah jadi semuanya dikerjain gitu ya, ci kira cuma kaya nyapu, ngepel, bershin yang nempel di dinding gitu loh, ternyata sampe ke kompor2nya juga ya

    ReplyDelete
  16. Pengen deh sesekali pesen go clean tapi aku suka malu sendiri soalnya rumahnya berantakan parah. Haha. Ntar aku coba deh..

    ReplyDelete
  17. bener2 jempolan deh. tenaganya profesional sekali. padahal kan kerja cm beberapa jam tapi rampung semua ya kak

    ReplyDelete
  18. aku udah nyoba GoClean dan ketagihan kalau sewaktu-waktu ART mudik hahaha beneran bersih dan kerjanya telaten ya mba sungguh membantu deh

    ReplyDelete
  19. Aduh si teteh ngabibita. Saya jadi kabita nih pengen beberesih juga bareng GoClean. Biar gak terlalu capek. Mau nyoba order aaaah...

    ReplyDelete
  20. Sebenernya dengan gaji PRT saat ini ynag sudah mencapai angka 1 - 1,5 juta per bulan, solusi mengundang Go Clean adalah terbaik.

    Untuk harian, pake londri kiloan, yang udah dilipat itu, pake Go Coin Laundry. Nah bebersih rumah sediain 2-3 jam seminggu untuk Go Clean! keren ya layanan layanan ini, memudahkan IRT

    Sst... Dulu kepikiran punya usaha begini loh aku, tapi ternyata udah keduluan Go Clean.

    ReplyDelete
  21. Pernah pakai jasa Go-Clean waktu promo, alias gratis.
    Biasa saja. Tidak ada yang istimewa, mungkin karena promo ya, bahahaha.
    Ini mau coba pakai Go-Massage lagi.

    ReplyDelete
  22. jasa Go Clean mempermudah pekerjaan semua buibu jaman now ya, tinggal buka aplikasi Go Life trus pesan jasa, dan datang deh ke rumah. hasilnya pun bersih banget

    ReplyDelete
  23. duh sepwerinya sekarang ini aku butuh nuh pesen bantuan go clean, soalnya rumah lagi sedikit berantakan hehehe

    ReplyDelete
  24. Amat sangat ngebantu banget ya mba setelah menggunakan jasa go clean ya. Aku belum pernah nyoba mba tapi penasaran juga ya buat mecoba langsung

    ReplyDelete
  25. Go clean emang jagoan bgt y. Jadi alternatif utk bantu IRT biar gak kerepotan di rumah

    ReplyDelete
  26. Belum pernah nyobain jasa Go Clean nih, eh pas nyobain bakalan ketagihan deh yakin hehhe.

    ReplyDelete
  27. wah, seru banget mbak. Aku juga gak ada asisten di rumah, jadi PR banget kalau bersihkan rumah pas mau lebaran. Pengen banget ada GoClean di Pontianak. Semoga segera ada deh. Soalnya pulang kantor udah capek banget, manalah ada tenaga mau bersih-besih lagi

    ReplyDelete
  28. mba, Go Clean ini bisa membersihkan seluruh rumah ya? atau ada sesuai luas rumah misalnya gitu? aku tertarik nyoba buat bersih-bersih rumah hehehe

    ReplyDelete
  29. Go clean tuh super hero banget buat saya yg punya balita dan ART pulkam. Secara kalau kita bersih2 sendiri, si balita suka ngitilin. Jadi ya ada aja khawatirnya. Khawatir terpeleset pas kita ngepel, khawatis main air pas kita nyuci, dll.

    ReplyDelete
  30. Nahhh salah satu yang bikin aku maju mundur pesan go clean atau layanan apapun itu yang manggil orang ke rumah, adalah faktor keamanannya. Agak takut klo mempersilahkan orang asing masuk ke rumah. Tapi sejujurnya aku juga butuh bantuan untuk bersih-bersih rumah.

    ReplyDelete
  31. Aku juga baru tahu beberapa bulan lalu tentang Go-Clean ini sudah eksis di Balikpapan.
    Tambah lagi nih referensi layanan Go-Life

    ReplyDelete
  32. Aku juga pernah cobain jasa goclean ini loh kak.. Dan lumayan membantu banget kita ga capek urus rumah gitu..

    ReplyDelete
  33. Udah lama banget penasaram sama goclean, pingin coba tapi ya itu banyak ragunya... Padahal sama, butuh banget buat bersihin dapur juga, hihihi...

    ReplyDelete
  34. Wah, nama Bu Go Cleannya sama kayak saya"D
    Aku dah pernah juga Mbak pakai jasa Go Clean dan memang bikin kinclong rumah. Puas dan ingin pesen lagi jadinya:)

    ReplyDelete
  35. Pengen nyoba juga sih saya nih go massage atau go clean Mbak tapi kadang mikir rumahnya berantakan nggak enak sama mereka haha. Kan nanti dibereain sama mbaknya yang dari go clean? Aaaah tetap saja nggak pede. 😅

    ReplyDelete
  36. Wah abis bersihin dapur malah asik diajakin ngobrol ya mba. Pasti jadi langganan kalo mau bersih-bersih lagi

    ReplyDelete
  37. Alhmdulillah ikut seneng kalo ada yang kerjaannya terbantu oleh aplikasi kayak gini.. jaman now.. serba mudah ya..

    ReplyDelete
  38. Ternyata terjangkau juga ya mba harganya. Sepertinya next aku mau coba Go Clean ini ah

    ReplyDelete
  39. Bener-bner GoJek ini inovasinya bisa jadi mata pencaharian banyak orang yaa..
    Aku seneng banget kalau kerjanya dari hati begini...
    Barakallahu fiik~

    ReplyDelete
  40. Pengin nyoba juga buat bersihin kamar mandi. Aku tuh kalau urusan kamar mandi agak malas, palingan cuma tak sikat seminggu sekali. Itupun kadang cuma sisa tenaga setelah beberes dan masak. Udah payah semua badan. Tarif juga lumayan terjangkau ya. Memang aplikasi satu ini tuh penuh solusi.

    ReplyDelete
  41. pengin sih nyoba..tp rumah mungil gini msh sempat ngerjainnya hahaa. mungkin nanti kalau habis mudik lama gitu kali ya...pas bgt momentnya buat cobain goclean

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien