Resep Oatmeal Cookies

17 comments

 Resep Oatmeal CookiesAkhir akhir ini, Saki mengalami gatal-gatal yang hebat dari kepala hingga ke area di atas pusat dan punggung. Dugaan saya adalah dia alergi susu sapi atau telur. Jadi setiap setelah makan kedua sumber makanan itu, Saki langsung gata-gatal.

Resep Oatmeal Cookies


Sebelum menyatakan Saki alergi susu sapi dan telur, saya sudah mengobservasi Saki. Jadi saya mencoba tidak memberikan susu sapi dan telur kepada Saki dalam dua minggu. Alhamdulillah gata-gatalnya mereda. Kulit pun kembali menjadi mulus dan tidak beruntus. Jadi, kalau makan kue apapun yang produk pabrik, pasti saja Saki mulai gatal-gatal meskipun saya tidak pernah memberi susu sapi segelas atau telur sebutir. Jadi apapun produk yang ada bahan olahan susu sapi dan telur, langsung alerginya muncul.

Dulu, waktu Saki baru MPASI, saya pernah ceroboh memberi telur padahal sedikit padanya disuatu event parenting di Jakarta. Kulit Saki langsung merah dan bengkak, karena reaksi alergi dari telur itu. Akhirnya daripada kenapa-napa, saya bawa Saki ke Rumah Sakit di dekat tempat acara, yaitu ke MMC Rasuna Sahid. Ini cerita Saki Alergi.

Gejala Alergi pada Anak 


Ada beberapa gejala yang bisa dilihat dengan mata ketika anak mengalami alergi.
  1. Timbul ruam merah yang terasa gatal di kulit
  2. Sesak nafas atau kesulitan bernafas
  3. Batuk atau bersin terus menerus, hidung berair dan gatal.

Nah yang terjadi pada Saki adalah gata-gatal pada kulit sehingga menimbulkan ruam merah pada kulit dan bersin-bersin.

Apa Saja Pemicu terjadinya Alergi pada Anak?

1. Makanan

Makanan bisa menjadi pemicu sumber terjadinya alergi. Alergi makanan akan muncul ketika sistem imunitas kita bertemu dengan sumber protein yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Beberapa makanan yang menimbulkan alergi adalah telur, susu sapi, kacang-kacangan, gandum, terigu, daging, udang, ikan, lobster, buah dan sayuran juga bisa menimbulkan alergi lho pada beberapa anak.

2. Susu

Susu sapi bisa menimbulkna alergi pada beberapa anak tertentu. Karena susu sapi  mengandung protein seperti whey dan kasein yang terkandung dalam susu yang menyebabkan anak alergi.

3. Debu dan udara dingin

Pada anak tertentu, debu dan udara dingin juga menjadi salah satu penyebab alergi padanya. Seperti anak saya yang tengah, setiap pagi pasti saja dia langganan bersin-bersin meskipun tidak ada debu di rumah. Jadi setiap pagi setelah subuh, pasti saja dia bersin-bersin.

4. Obat-obatan

Reaksi alegi pada obat adalah respon dari imun tubuh pada obat tertentu yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Sehingga ketika kita menelan obat timbul ruam kemerahan atau gatal-gatal, artinya sistem imunitas kita sedang bekerja. Makanya dokter suka bertanya ya, apakah ada alergi pada obat-obatan tertentu agar dokter bisa memberikan obat yang sesuai dengan kondisi riwayat alergi kita.

Nah, Saki kan juga perlu ngemil dong. Yah, namanya anak-anak ya, pasti ada makanan selingan di antara makan berat.  Jadi saya buatkan cemilan berbahan dasar oatmeal tanpa telur dan susu. Alhamdulillah dia suka.

Resep Oatmeal Cookies 


Bahan-bahan membuat Oatmeal Cookies tanpa telur dan tanpa susu

  • 3 sdm oatmeal, 
  • 3 sdm tepung terigu, 
  • 1 sdt tepung maizena, 
  • sedikit vanili, 
  • 3 sdm margarine, 
  • 4 sdm gula (bisa dikurangi sesuai selera).
  • Bisa ditambah cokelat bubuk atau cochochips

Cara membuatnya 

  • Campur semua bahan kering, aduk hingga rata.
  • Masukan margarine aduk lagi hingga adonan bisa dibentuk.
  • Bulat-bulatkan adonan bulatan kecil saja, nanti juga akan mengembang. Lalu penyet dengan garpu.
  • Oven kira-kira 20 menit.

Nah, moms, cukup mudah ya membuat Oatmeal Cookies ini. Jika Moms memiliki  resep lain untuk cemilan anak alergi? Yuk sharing dikolom komentar.

Salam sehat untuk si Kecil,
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

17 comments

  1. Nafeesa ngga ada alergi ummi tapi suka juga sama cemilan sehat kaya gini, bisa dicoba juga resepnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini Saki akhir akhir ini aja kacau banget, imunitas tubuhnya kayak ngelawan beberapa sumber makanan dari susu dan telur, ini masih berlangsung, tiap makan kue hasil beli selalu aja gatal-gatal. jadi harus bikin sendiri biar aman

      Delete
  2. Ini dibikin gurih juga bisa, ya, mbak? Campurin keju gitu? Asal ga alergi bisa kali ya. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bisa mbak, tapi saya belum pernah buat sih hehe. tapi bisa dicoba buat, lho. enak kayaknya jadi kayak kastengel

      Delete
  3. Mauuukk, asyik nih kayaknya bikin oatmeal cookies ama anak2
    seseruan di dapur, sekalian ningkatin bonding keluarga ya Mak.

    ReplyDelete
  4. Wah ide bagus teh kalau ditambahin keju seperti usulan di komen Mba Diah jadi serasa kastengel mungkin ya...btw penampakan sepintas tadi seperti cireng isi oncom di sini mba hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya kayak cireng nya wkwkwk saya juga suka cireng isi oncom, nungguan resepnya dari teh Ida hihihi

      Delete
  5. Asik dapat resep cookies oatmeal nih, makasih yaa bun, mau coba bikin ah buat anakku nih

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah dapet resep jitu olah oatmeal. Aku rekomendasi kan ke temen-temen yang mengalami alergi serupa denganmu ya mba.

    ReplyDelete
  7. Pas banget kemarin ke mini market beli oatmeal. Mau coba bikin deh buat camilan buat anak anak. Aku biasa makan oatmel pakai campuran susu atau kurma teh

    ReplyDelete
  8. Kasihan juga ya kalau anak alergi susu sapi & telur, banyak makanan yang terbuat dari dua jenis makanan ini. Harus cari pengganti kaya oatmeal cookies ini. Hebat jadi kreatf bikihn sendiri ya

    ReplyDelete
  9. Anakku juga gitu, kak...mendadak gatel-gatel padahal rasanya gak punya riwayat alergi.
    Kayanya bisa juga karena stres. HUhuu~
    Soalnya pas trial and error, ketauan banget endingnya jadi gatel-gatel.

    Camilan yang aman yaa...bikin sendiri begini yaa..
    Sehat dan sesuai dengan kebutuhan anak.

    ReplyDelete
  10. nah sepertinya anakku masuk alergi debu itu deh mba, suka gatel tiba-tiba soalnya :( oiya makasih ya resep cookies oatmeal nya ^^ praktis dan bahannya mudah didapat

    ReplyDelete
  11. aku juga pernah buat oatmeal cookies ini, mba, pake chochochips, cuma aku sharenya di IG. aku suka banget sih, karena tekstur oatmealnya itu bikin cookies makin kress dan renyah

    ReplyDelete
  12. AKu pernah bikin oatmel cookies sendiri, tapi jadinya keras betul. hahaha.
    Kayaknya harus make resep dari mbak deh. THank you yaa....

    ReplyDelete
  13. The recipe looks nice and I think the kids will enjoy the oatmeal cookies as you bake them for munchies time

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email