Menyiapkan Bekal Anak dengan Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe Masak tanpa Ribeut dan Tanpa Ribut

16 comments

 "Menyiapkan bekal anak dengan Tiarapot Pro dan rice cooker Donabe, masak tanpa ribeut dan tanpa ribut". Itu dia quote paling menarik dari Chef Steby yang nempel banget kayak perangko di dalam benak saya selama mengikuti cooking class yang diadakan oleh Polytron di Farmers Market, Botani Square Bogor.

Menyiapkan bekal anak dengan Tiarapot Pro
Sampai rumah pun itu kata-kata terngiang-ngiang selalu. Yah, maklum deh, sebagai emak-emak yang tiap pagi gedubragan menyiapkan bekal anak. Gak pernah sekalipun bisa masak diam-diam, tanpa ribeut dan tanpa ribut gitu. Pastilah di dapur tiap pagi udah "hidup" banget dengan suara kompor yang dinyalakan,  suara penggorengan beradu dengan sutil, belum lagi pisau, sendok, yang gak sengaja jatuh. Ribut banget, yakk hihihi tapi momen gitu tuh ngangenin, bener, gak?

Cooking Class Bersama Chef Steby

Sabtu sore, tanggal 29 Oktober 2022 lalu saya bersama dengan Kumpulan Emak-emak Blogger mendapatkan kesempatan mengikuti cooking class bersama Chef Steby. Wah senangnya gak ketulungan. Emak-emak apalagi, kayaknya udah ngefans duluan sama chef, selain good looking, pinter masak, chef juga ramah banget. "Wajah chef kok lebih glowing dari kita, yaa" hahaha itu salah satu celetukan seorang emak yang mampir di telinga saya. Aduh duuh, langsung reflek ngusap wajah sendiri hihihi emang bener sih chef Steby wajahnya glowing banget, bersih dan sehat terawat. 

Cooking Class Bersama Chef Steby
Foto sehabis demo masak bersama Chef Steby dan Kumpulan Emak Blogger

Okey emak, enggak boleh insecure, yuk, bersyukur! Wajah chef glowing sehat terawat, tentu selain melakukan rutin perawatan, juga menerapkan pola makan yang sehat. Chef juga pernah bilang, kan, kalau dia itu selektif banget pakai alat masak. Alat masak yang dia pakai harus dipastikan aman untuk kesehatan dan juga praktis. 

Oke noted. Mari kita lanjutkan kepada cooking class experience bersama chef Steby.

Cooking Class Experience, Masak Tanpa Ribeut dan Tanpa Ribut

Sore itu chef mengajari kami memasak masakan siap saji yang pas untuk bekal anak, menjadi cemilan sehat keluarga atau pun jadi ide usaha rumahan.

Wah, masak sekali bisa banyak ide yang didapatkan, yaa. 

Iya, Mam. Sore itu kita masak 2 menu praktis, yaitu Pulled Chicken Burger dan Steam Cabbage Roll yang semua bahannya tersedia di Farmers Market Botani Square Bogor. 

For your information. Farmers Market ini letaknya ada di lantai 1 Botani square, dulu bagian ini tuh, ada Giant. Tapi karena Giant tutup, maka digantikan Farmers Market. Di sini cukup lengkap berbelanja kebutuhan dapur, dari mulai sembako, sayuran, daging, bumbu masak, sampai alat masaknya juga ada, seperti Tiarapot Pro  dan Rice Cooker Donabe dari Polytron. 

Demo Masak Pulled Chicken Burger dan Steam Cabbage Roll

Pertama Chef Steby melakukan demo masak untuk membuat Pulled Chicken Burger. Beberapa bahan yang untuk membuat Pulled Chicken Burger juga sudah disiapkan. Ada burger bun, dada ayam, kol ungu, wortel yang sudah dirajang halus, yogurt, mayonaise dan beberapa bumbu untuk membumbui dada ayam karena akan dipresto dan dijadikan ayam suwir.

Sungguh takjub saya karena cara masak burger Chef Steby ini beda banget. Biasanya banyak alat yang dipergunakan dalam membuat burger. Pemanggang roti dan panci presto untuk mempresto daging ayam. 

Dalam demo masak kali ini Chef Steby memasak burger dan bahan isinya dengan menggunakan Tiarapot Pro dari Polytron. 

Tiarapot Pro Polytron
Tiarapot Pro kapasitas 6 Liter dan konsumsi daya 900 watt
Tiarapot Pro ini praktis banget dan bener kata chef, masak tanpa ribeut dan tanpa ribut. Masak pagi bisa dilakukan dengan diam-diam, tahu-tahu jadi, aja, mantap banget nih.

Spesifikasi Tiarapot Pro

12-in- 1 Function Cook

Ada 12 fungsi memasak menggunakan Tiarapot Pro ini, mulai dari pressure cooker hingga slow cooker. Hanya dengan menekan satu tombol, kita bisa memasak berbagai jenis masakan dengan satu pot saja, mulai dari pilihan mode membuat sup, daging rebus, presto, bean/chili, slow cook, nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt dan manual/sous vide.

Smart Steam Release

Tiarapot Pro merupakan panci yang memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak.

Nah, kadang kan kita kalau masak dengan panci presto yang konvensional itu harus menunggu sampai panci presto dingin ya, dan bunyi klik, tandanya kunci sudah dibuka. Pakai Tiarapot Pro tidak harus menunggu lama berjam-jam. Namun bisa langsung membuka tutup Tiarapot Pro segera setelah selesai memasak dengan mode presto.

Faster Family Meal

Panci multi fungsi dari Tiarapot Pro membuat proses memasak 70% lebih cepat dibanding metode memasak tradisional, sehingga menghemat waktu dan lebih praktis.

Clear and Simple Control

Smart Multi Cooker dari Tiarapot Pro dilengkapi dengan fitur Smart Program, sehingga proses memasak menjadi lebih mudah, cukup dengan menekan satu tombol saja, kita sudah bisa memasak dan tahu kapan masakan kita akan siap dengan mudah dan praktis.

Design yang Cantik dan Kokoh

Penampilan  Tiarapot Pro ini perpaduan antara kecantikan dan kekuatan, seperti halnya seorang ibu yang berjibaku di dapur menyiapkan masakan lezat untuk keluarga. 

Penampilan Tiarapot Pro sangat kokoh, terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Dilengkapi dengan layar display dan lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapat kita ketahui sesuai dengan tampilan di layar. Cukup pilih salah satu mode memasak yang kita inginkan dan siapa pun bisa memasak seperti chef Steby dengan Tiarapot Pro.

Resep Pulled Chicken Burger 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 potong burger bun
  • 2 potong dada ayam
  • 1 sdt bubuk jinten
  • 2 sdt bubuk paprika
  • 5 sdm puree tomat
  • 1 sdt cuka apel
  • 1 sdt gula merah bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • garam, gula dan lada hitam secukupnya
  • 1/2 potong kol ungu
  • 1 batang wortel diiris halus memanjang
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm cuka apel
  • 1 sdm yogurt
  • 1 sdm mayonaise
  • 1 siung bawang putih cincang

Pulled Chicken Burger
Chef Steby sedang menyiapkan Pulled Chicken Burger
 Cara Membuat Pulled Chicken Burger:

  1. Belah burger bun menjadi 2 bagian, beri olesan mentega, sisihkan
  2. Nyalakan Tiarapot Pro, lalu panggang burger bun sebentar, sisihkan.
  3. Tekan tombol presto, masukkan dada ayam beserta bumbu. Tambahkan air secukupnya. Presto selama 15 menit.
  4. Setelah 15 menit, matikan Tiarapot Pro dan keluarkan udara yang ada di dalam tiarapot dengan memutar katup udara.
  5. Atur rasa dan suwir dada air dengan menggunakan garpu. Sisihkan.
  6. Untuk coleslaw, iris halus kol ungu beserta dengan wortel, masukkan dalam wadah, tambahkan gula, garam, dan cuka apel. diamkan sebentar lalu tiriskan.
  7. Campurkan mayonaise, yogurt dan bawang putih cincang lalu tambahkan coleslaw yang sudah ditiriskan.
  8. Susun suwiran dada ayam di atas burger bun yang sudah dibelah menjadi 2, lalu beri topping dengan coleslaw.

Dada ayam presto
Dada Ayam yang siap dipresto dalam Tiarapot Pro Polytron
Ini dia hasil jadinya. Hmm.. yummy banget! Saya sudah mencicipinya di tempat acara. Rasanya itu kaya banget, ada gurih dan sour yang segar dari cuka apel. Chef tidak menyarankan menggunakan cuka dapur biasa, karena biasanya aromanya lebih menyengat dan gak segeer. Jadi sebaiknya sedia cuka apel di rumah. 

Pulled Chicken Burger
Hasil jadi Pulled Chicken Burger

Pulled Chicken Burger homemade dengan ukuran jumbo dan kemewahan sajian bintang 5 ini, hasil rekenan Chef Steby, 1 burger harganya IDR 8000 saja. Wah, murah banget yaa. Selain jadi bekal yang sehat dan bernutrisi tinggi, menurut chef bisa lho dijadikan ide usaha rumahan.  

Hmm ... sungguh menguntungkan, yaa!

Okey sekarang mari kita beralih ke resep demo masak kedua, yaitu Steamed Rolled Cabbage atau kubis gulung kukus. Isi Kubis gulung ini adalah daging ayam dan udang cincang yang enak banget. Saus cocolannya juga mantap banget. Bikin ketagihan.

Nah, chef Steby mengajari kita memasak steam rolled cabbage menggunakan rice cooker Donabe.

Rice Cooker Donabe
Rice Cooker Donabe kapasitas 2 Liter dengan konsumsi daya 400 watt/220 VAC

Spesifikasi Rice Cooker Donabe

Dengan tagline Donabe memasak nasi sepulen nasi Jepang ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Donaheat 3D

Rice cooker Donabe dengan teknologi terbaik Donaheat 3D, yaitu pemanasan yang lebih merata dari 3 arah, atas bawah kiri dan kanan. Memasak nasi menjadi sepulen nasi  Jepang dengan penanak nasi Donabe. Teknologi Donaheat 3D ini juga memaksimalkan kualitas makanan. Nasi tetap hangat, tidak berkerak dan enak dikonsumsi hingga 48 jam.

Magic Com Kapasitas Besar

Rice Cooker Donabe memiliki kapasitas 2 liter untuk memasak nasi, sehingga dapat memasak nasi lebih banyak untuk keluarga besar.

Ceramic Coating

Material yang dipergunakan adalah ceramic coating yang memiliki lapisan lebih tebal dari panci biasa. Panci ini juga sudah pasti food grade sehingga aman untuk keluarga dan awet dalam penggunaan sehari-hari. Pada alumunium cover yang terdapat di permukaan panci donabe, elemen ini dapat dilepas dan dipasang kembali dengan mudah, sehingga mudah dibersihkan.

3-in-1 Cooking

Rice cooker Donabe lebih praktis karena dapat memasak, memanaskan dan mengukus yang bisa dilakukan dengan 1 alat. Dengan Donabe, semua bisa dilakukan dalam satu waktu dan satu wadah, lebih praktis dan hemat alat masak.

Defrost System

Rice cooker Donabe memiliki pengaturan suhu yang modern. Dengan fitur defrost system, yaitu thermostat yag mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Pada saat memasak nasi, nasi yang dihasilkan rice cooker Donabe matang lebih merata, lembut dan pulen.

Okey, tentu Moms sudah gak sabar ya, ingin tahu resep membuat Steam Rolled Cabbage, ceck it out!

Resep Steamed Rolled Cabbage

Steamed Rolled Cabbage
chef Steby sedang menggulung bahan isian di dalam sawi

Bahan untuk Menggulung :

1 buah sawi putih besar (menurut chef, sawi putih ini nama Inggrisnya chinese cabbage, makanya chef menggunakan sawi putih bukan kol or kubis)

Bahan Isi:

  • 200 gr daging ayam giling
  • 100 gr daging udang kupas yang dicincang
  • 1/4 buah bawang bombay (cincang)
  • 3 siung bawang putih (cincang)
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/2 batang daun bawang (iris)
  • garam dan lada hitam secukupnya.

Bahan saus:

  • 6 sdm gochujang
  • 3 sdm madu
  • 3 sdt minyak wijen
  • 1 sdt biji wijen
  • 350 ml air
  • garam dan lada secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • 1 batang daun bawang kecil (iris)
  • 1/2 sdt biji wijen

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan saus dalam donabe lalu panaskan. Tambahkan air secukupnya.
  2. Lepaskan lembaran sawi putih dari bonggolnya lalu buang bagian kol yang tebal. Kukus bersama dengan saus dengan menggunakan rice cooker Donabe.
  3. Selagi mengukus sawi putih dan memasak saus, campurkan semua bahan isi pada satu wadah, atur rasa.
  4. Keluarkan sawi putih yang sudah dikukus, ambil 1 lembar daun sawi, letakkan bahan isi pada bagian tengah lalu gulung.
  5. Masukkan gulungan sawi putih dalam Donabe lalu kukus bersama dengan saus selama 15 menit. 
  6. Sajikan steam rolled cabbage dengan saus yang sudah dimasak beserta dengan bahan pelengkap.

Ini dia hasil jadinya. Yummy banget! Rasanya mewah banget karena sausnya ini membuat rasa menjadi lebih kuat dan enak. Jadi ingin mencoba nih di rumah.

Chef Steby terima kasih karena sudah mengajari saya dan emak-emak memasak smart, praktis dan hemat waktu dengan Tiarapot Pro dan Rice cooker Donabe dari Polytron yang fiturnya modern dan canggih ini.

Memasak menjadi lebih menyenangkan dan lebih mengesankan. Dapur juga jadi lebih bersih dan tidak berantakan serta meminimalkan alat masak yang perlu dicuci selepas memasak (ini yang paling melelahkan, ya!).

So, menyajikan bekal anak dengan tiarapot pro dan rice cooker donabe, masak tanpa ribeut dan tanpa ribut. Alhamdulillah.

Kalau moms, pilih alat masak yang mana di antara kedua alat dari Polytron ini moms? Tiarapot Pro atau Donabe? Kalau saya mupeng dua-duanya!

Yuk ah, miliki produk tiarapot pro dan donabe rice cooker melalui website resmi polytron.co.id. Mam bisa klik link ini multi coooker | pressure cooker dan Rice cooker | Magic com  atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan  Moms untuk memiliki kedua alat memasak yang ajaib ini.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. wah keren sekali yaa mba kedua produk dari Polytron ini, bisa masak tanpa ribet....pengen juga punya keduanya, hehe

    ReplyDelete
  2. Anak nggak bakal rewel kalo gini yah, Mbak. Asyiik, ada resepnya juga. Makasiiih

    ReplyDelete
  3. wah asik nih kalau siapin bekal anak bisa ga ribet begini, makasih kak resepnya dan rekomendasi tiara pot nya

    ReplyDelete
  4. pengen banget aku punya ini, masak anti ribet sama ribut karena praktis banget tinggal cemplang cemplung

    ReplyDelete
  5. Bener jadi enggak banyak peralatan masak yang dikeluarkan ya, Maak. Rekomen, nih, Tiarapot Pro.

    ReplyDelete
  6. wah sangat diimpikan para emak pasti nih :) bisa bantu banget ya kerempongan emak-emak nyiapin bekal anak

    ReplyDelete
  7. alat masak yang aman emang bikin sehat juga tubuh ya, sama kayak wajah perlu juga perawatan, alat masak juga pilih yang sesuai.

    ReplyDelete
  8. Kita memang butuh yang praktis apalagi pagi hari yang super sibuk

    ReplyDelete
  9. Serunya bisa ikut demo masak sama Chef Steby!

    Aku belum ada anak dan bayangin keribetan saat harus nyiapin bekal pagi-pagi. Kalau ada Tiarapot Pro dan Rice cooker Donabe dari Polytron, kayanya gak bakal ada drama deh

    ReplyDelete
  10. Suka dengan desain rice cookernya cantik banget putih cocok banget dengan desain dapur rumah baru saya ini mba, barang-barangnya pengen warna cerah semua biar estetik pas banget nemu ini bagus juga desainnya, suka

    ReplyDelete
  11. Uwaaa auto mupeng mbak lihat kedua produk dari Polytron ini, pingin punya semua ya ahahaha. Masak jadi gampang... Itu burgernya yummi sekali

    ReplyDelete
  12. aku pengen punya deh teh, apalagi pas lagi promo itu, eh pas promo ga bawa duit sama ATM. Kan kalau harga noemla mayan banget ya

    ReplyDelete
  13. Wah mantap banget isian burgernya. Udah kayak menu cafe. Ini bisa untuk sarapan maupun bekal. Kalo roti bun gak ada, pake roti tawar juga enak nih 😀

    ReplyDelete
  14. ibu-ibu yang punya tiarapot ini pasti bahagia banget yaa hidupnya karena masak jadi lebih mudah dan menyenangkan

    ReplyDelete
  15. asyik dan seru banget ya Mbak bisa ikutan cooking class kayak gini.
    dikenalin dengan alat masak yang emak-emak emang butuh banget ya ini, duuuhh pasti jadi kebayang-bayang terus nih ama Tiara Pot dan Donabe Rice Cookernya, cusss Mbak langsung dicekout :D

    ReplyDelete
  16. Andai pas di Bogor waktu itu aku bawa ATM pasti kubeli tuh, diskonnya gede bener

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar