IDN Live Platform Video Streaming IDN Media untuk Masa Depan Live Streaming di Indonesia

Post a Comment

IDN Live Platform Video Streaming IDN Media untuk Masa Depan Live Streaming di Indonesia. Berbicara tentang platform video live streaming IDN Live milik IDN Media, saya jadi teringat, pernah pada suatu hari saya menjadi salah satu narasumber di International Conference on Indonesia and Global Affairs (ICIGA) dan launching buku dalam rangka G20 Pulih Bersama Bangkit Perkasa yang digagas oleh Rumah Produktif Indonesia.  

IDN Live Platform Streaming IDN Media

Pada saat itu saya penasaran sekali dengan performance saya. Akhirnya saya membuka kembali video streaming yang direkam oleh panitia saat kegiatan berlangsung. Dengan melihat kembali performance saya saat webinar, di situ saya jadi belajar lagi dan mencatat apa saja kekurangan saya sebagai seorang penyaji agar saya bisa memperbaikinya di masa akan datang.

Selain bisa memutar kembali kegiatan yang dilakukan online dan terintegrasikan dengan youtube, ternyata video streaming juga banyak manfaatnya. Kita bisa memilih berbagai tema yang ditawarkan oleh streamer sesuai dengan passion kita. Intinya mah banyak tempat belajar yang asyik dengan menggunakan live streaming app.

Apa sih Streaming itu?

Mungkin beberapa Moms bertanya-tanya, apa sih dari tadi ngomongin streaming .. streaming? Emang makanan apaan sih itu?

Bukan makanan mam, tapi minuman .. eh hehe becanda kamu!

Dalam kamus digital disebutkan bahwa streaming memiliki pengertia seperti di bawah ini:

streaming is a method of transmitting or receiving data (specially video and audio material) over a compter network as a steady, continous flow, allowing playback to start while teh rest of the data is still being received.

Streaming adalah sebuah metode yang diciptakan untuk mengirimkan data baik berupa audio maupun video melalui jaringan komputer sebagai aliran yang stabil dan berkelanjutan yang memungkinkan pemutaran dimulai saat data lainnya masih diterima.

Nah, kalau moms pernah menonton live streaming kan biasanya ditayangkan secara langsung yaa, di sebuah aplikasi player yang penayangannya realtime. Yang seperti itu namanya streaming video yang ditayangkan secara live.

Salah satu contoh dari penayangan video streaming adalah saat Moms menonton youtube. Kita bisa menonton sebuah video seperti ketika menonton tivi, karena sudah lengkap semuanya, baik gambar, suara semuanya bisa kita nikmati keduanya secara bersamaan.

Sementara itu jika audio streaming jika moms mendengarkan siaran langsung lewat podcast atau aplikasi audio streaming lainnya.

Ini nih live streaming yang seru, karena bisa langsung berinteraksi dengan streamer favorit. Jadi asyik, kan belajarnya atau sekadar nongki-nongki ngobrol live bareng temen-temen.

IDN Live Platform Video Streaming IDN Media

Saat ini konten live streaming di Indonesia semakin bertumbuh pesat. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah IDN Live, sebuah platform streaming milik IDN Media. IDN Live lahir tahun 2021 lalu. Meski usianya baru satu tahun hadir di IDN App namun platform ini sudah memiliki audiens yang loyal. 

IDN App
Ini dia Live video streaming IDN Live di IDN App credit: IDN Media
IDN app memiliki fitur yaitu IDN Live yang memungkinkan seseorang membuat konten live streaming. Platform streaming milik IDN Media ini diproyeksikan untuk masa depan live streaming Indonesia yang lebih cerah dan bermutu.

Hal ini berdasarkan pada fakta bahwa konten streaming saat ini semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu memaksa semua orang untuk tinggal lebih lama di rumah dan beraktivitas dengan media online. Salah satu yang dilakukan saat online adalah melakukan kegiatan live streaming.

4 Fakta Tren Live Streaming di Indonesia

Dalam sebuah wawancara eksklusif yang dilakukan IDN Media bersama dengan COO IDN Media, William Utomo mengenai tren live streaming di Indonesia, terungkap 4 fakta sebagai berikut:

1. Gen Z merupakan Generasi yang Berminat Tinggi pada Konten Live Streaming 

Konten live streaming semakin diminati khususnya dikalangan Gen Z di Indonesia. Menurut riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan oleh IDN Research Institute, Gen Z sebagai gen yang tumbuh di era digital semakin tertarik pada konten dengan format video, seperti tersaji dalam data berikut ini: peringkat pertama adalah video-based content dengan persentase 75% dan live streaming menempati posisi kedua dengan persentase 13%.

IDN Media
credit: IDN App
Kalau dulu kita tahunya konten streaming cuma buat hiburan saja, yaa. Namun saat ini, konten live streaming juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial sebuah brand. 

Makanya sekarang banyak brand yang berlomba-lomba membuat konten live streaming, apalagi, kan pangsa pasarnya adalah Gen Z yang memang mereka menikmati sekali konten-konten berupa live video streaming ke dalam fitur mereka, salah satunya IDN App melalui fitur IDN Live.

2. Penikmat Konten Live Streaming Perilakunya Unik

Menurut Pak William, penikmat konten live streaming ini tergolong unik. Salah satu keunikannya adalah seperti yang dipaparkannya dalam wawancara kepada IDN Media.

“Penikmat konten IDN live Platform streaming IDN Media, mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,” (William Utomo - COO IDN Media)

William menyebutkan bahwa penikmat konten live streaming bagaikan sebuah micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit mereka. Seperti yang tergambar dalam catatan satu tahun IDN App yang baru berusia satu tahun dalam platform IDN Live, bahwa para penikmat konten live streaming di IDN App menunjukkan karakteristik yang unik saat mengonsumsi konten. 

3. Membangun Ekosistem Live Streaming dengan Kolaborasi

Menurut pandangan Pak William, live streaming bisa menjadi sebuah wadah atau tempat berkumpul secara virtual. Oleh karena itu, dengan melihat adanya kecenderungan tempat kumpul or bahasa gaulnya nongki-nongki gitu kenapa enggak beliau mengajak beberapa komunitas untuk berkolaborasi meramaikan ekosistem live streaming di Indonesia, seperti tim esports yaitu gamers yang juga memiliki basis komunitas yang loyal. 

Komunitas esports yang diajak berkolaborasi antara lain PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports. Wah seru banget, ya, jadinya!

Emang sekarang kan zamannya kolaborasi yaa. Dengan kolaborasi, hidup jadi lebih asyik!

4. Menguatkan Micro Community dengan Terus Berinovasi

Pak William memiliki harapan besar pada micro community yang telah terbentuk dari komunitas live streaming ini. Sehingga beliau menyampaikan harapannya sebagai berikut:

“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin  mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer. Ke depannya, kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.”
Melalui fitur IDN Live, IDN Media terus berinovasi menciptakan platform bagi streamer untuk berkarya secara positif, sekaligus menghadirkan hiburan yang menyenangkan dan aman bagi audiens yang nantinya akan menguatkan micro community.

Jadi, Moms sudah punya IDN App atau belum? Yuk cobain, IDN Live platform streaming IDN Media, sebuah platform video streaming untuk masa depan streaming di Indonesia.

Meski bukan Gen Z, penting lho, mama-mama melek aplikasi yang dipergunakan anak-anak kita, biar gak kalah keren!

Betul, gak Moms?!

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

Post a Comment