Mortgage Calculator Lejitkan Literasi Finansial Anak Usia Dini

Mortgage Calculator Lejitkan Literasi Finansial Anak Usia Dini

17 comments

Mortgage Calculator Lejitkan Literasi Finansial Anak Usia Dini. Wah apa iya? Bagaimana caranya? Mungkin Moms dan Dads bertanya-tanya, apa itu Mortgage calculator? Memangnya aman anak kecil main games ini? dan berbagai pertanyaan yang muncul di benak Moms dan Dads.

Mortgage calculator lejitkan literasi finansial anak usia dini

Tenang, Moms, sama dengan saya kok. Saya juga ketika dikenalkan dengan Mortgage Calculator juga bertanya-tanya? Apaan sih Mortgage calculator? Sejenis permainankah? Money games? Kok ngeri ya? memangnya apa manfaatnya? Mengapa bisa melejitkan literasi finansial anak usia dini? So, nanti saya kupas ya mengenai Mortgage calculator ini, Moms.

Literasi Dasar Anak Usia Dini

Jadi Moms, ada 6 literasi dasar anak usia dini yang penting sekali distimulasi, yaitu literasi membaca dan menulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan.

Literasi Finansial

Nah, pada Kurikulum Merdeka ini keenam literasi dasar ini semakin mendapatkan perhatian, Moms. Pasalnya, anak-anak kelak diharapkan mampu bersaing di dunia kerja baik di ranah nasional maupun global.

Banyak cara melejitkan literasi dasar anak usia dini, salah satunya adalah dengan cara memberikan stimulasi dengan permainan-permainan yang mendukung kemampuan anak usia dini menyerap berbagai pengalaman belajar agar mereka bisa menerapkannya di dunia nyata.

Jadi Moms, kalau anak-anak main games di hape jangan dimarahi Moms, tapi diarahkan dan didampingi. Karena mau tidak mau, seiring dengan perkembangan zaman, maka anak-anak kita harus melek teknologi. Yah, meskipun pada kenyataannya, ternyata lebih jago mereka ya daripada kita orang tuanya menggunakan teknologi. Makanya, yang ada kita lebih sering marahnya daripada mendukungnya. Sebab pengetahuan kita masih terbatas, bahwa teknologi banyak negatifnya daripada positifnya.

Nah, cara berpikir ini harus segera dibenahi, ya, Moms. Sebagai orang tua kita harus melek teknologi digital juga. Kita selidiki apa saja yang kebaikan dari teknologi dan apa saja sih keburukan dari teknologi. Lalu dampingi anak-anak dalam penggunaannya. Jangan keasyikan main sendiri, ya, Moms. Sebab banyak juga orang tua yang melarang anak-anaknya menggunakan hape karena takut main game, eh, emaknya asyik main sosial media, lihat tiktoklah, facebook-lah dan sebagainya sampai lupa belum masak buat anak-anaknya heuheu.

Jadi teknologi digital ini seperti sebilah pisau bermata dua, bisa bermanfaat bisa juga mudhorot. Oleh karena itulah kita sebagai orang dewasa dan juga orang tua harus bisa mengendalikannya agar kita tidak menjadi "hamba" sosial media atau teknologi digital karena kita tidak tahu bagaimana mempergunakannya dengan bijak.

Okey, ini malah jadi curhat, nih, ya, haha, ngaler ngidul.

Intinya pada pembelajaran abad ke-21 ini kita harus pahami bahwa anak-anak itu memerlukan keterampilan yang berhubungan dengan dunia teknologi digital. Oleh karena itu menstimulasinya dari sejak dini adalah menjadi keniscayaan. Lakukan dengan bijak agar hasilnya sesuai dengan harapan kita nantinya.

Mortagage Calculator

Mortagage Calculator adalah sebuah website yang berisi mengenai video game online gratis untuk anak-anak. Banyak game edukatif mengenai finansial dasar gratis yang menyenangkan dan menantang untuk diselesaikan. Terpenting adalah bebas iklan yang tidak sesuai dengan usia anak. Website Mortgage Calculator benar-benar bebas iklan sehingga cocok untuk anak usia dini usia 4 sampai 6 tahun. 

Moms klik saja di sini Mortgage Calculator nanti akan terbuka websitenya seperti ini.

Mortgage Calculator

Banyak pilihan games finansial yang menyenangkan yang bisa dipilih oleh anak-anak, ini beberapa yang paling saya soroti ya, karena anak-anak suka, yaitu sebagai berikut:

Game Real Estate

Game Real Estate ini permainan yang mengajak anak-anak menjadi seorang penjual dan pembeli properti, seperti rumah dan bangunan lainnya, membuat kota LEGO berkembang, dan membersihkan yang kotor atau yang berpontensi kuman. Anak-anak juga diajak untuk membangun bangunan yang lebih baik kondisi bangunannya atau menghancurkan bangunan yang dinilai sudah tidak layak huni untuk dibangun kembali.

Real Estate
Real Estate Games, credit: Mortgage Calculator

Money Games

Money Games atau permainan keuangan ini adalah permainan yang mengajak anak belajar menghitung uang dan menghitung kembalian sebagai seorang kasir. Permainan ini adalah cara yang menyenangkan untuk berlatih penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sambil juga belajar tentang uang. Sehingga anak akan semakin terasah tak hanya literasi finansialnya, namun juga literasi baca tulis dan literasi numerasinya.

Anak usia dini
Cashier Simulator, credit: Mortgage Calculator

Game Simulasi Pertanian

Game Simulasi Pertanian ini mengajak anak untuk belajar mengelola pertanian virtual, atau membangun bisnis berbasis pertanian. Permainan ini menyenangkan karena tentu anak akan memiliki pengalaman belajar mengolah lahan pertanian lewat permainan virtual yang meneyenangkan. Banyak pilihan permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Salah satunya adalah Idle Farming Bussines. Dalam permainan ini anak-anak diajak untuk menanam kentang dan memanennya.

Anak usia dini
Idle Farming Bussines, credit: Mortgage Calculator

Permainan Toko Kebutuhan Sehari-hari

 Memainkan permainan toko kebutuhan seharu-hari ini menyenangkan karena anak diajak untuk belajar menjalankan supermarket dan menyimpan persediaan barang. Cara bermainnya juga sangat mudah sekali. Anak tinggal menunggu pembeli untuk datang ke toko dan menjadi kasir. Setiap ada pembeli melakukan pembayaran, anak tinggal klik saja agar pembeli tidak marah dan segera keluar membawa belanjaannya.

Supermarket, credit: mortgage calculator

Game Simulasi Restoran

Game simulasi restoran ini menarik perhatian anak saya Saki. Dia suka permainan yang berhubungan dengan makanan dan minuman, terutama makanan dan minuman yang dia sukai. Di dalam game simulasi restoran ini ada banyak games yang bisa dipilih seperti kedai kopi, kedai burger, kedai es krim atau pizzaria.

Ice Cream Bar

Dalam game simulator ini yang paling disukai oleh Saki adalah permainan game simulator berjualan es krim atau Ice Cream Bar

Mengapa dia menyukai games ini? Pertama karena dia suka makan es krim. Kedua karena permainan ini mudah dan menyenangkan! Dia juga bisa membuat es krim dan dijual untuk pembeli dalam permainan ini. Selain menyenangkan juga menantang karena dari mulai level pertama akan dibuat mudah dulu jenis es krimnya, setelah naik ke level berikutnya dia akan ditantang membuat varian es krim ice cream bar.

Ice cream bar
Saki sedang bermain game Ice Cream Bar

Nah, setelah itu dia juga tertarik karena penghasilannya cepat sekali naik. Lewat permainan ini anak tertantang untuk melek literasi finansial sehingga dia bisa menghitung keahliannya dan dibandingkan dengan hasil kerjanya. Semakin dia mahir, semakin banyak pemasukan keuangannya.

Wah menarik sekali ya Moms permainan Mortgage calculator money games ini. Memang kalau kita baca money gamesnya rasanya jadi cemas ya, karena konotasi di Indonesia kan kita tahunya money games tuh permainan uang semacam begitulah. Kalau diartikan secara utuh sebenarnya tidak ada yang salah dengan money games ini, ya. 

Baiklah Moms, itu dia sedikit ulasan permainan game online yang bisa menjadi pilihan Moms untuk meningkatkan literasi finansial si kecil. Mortgage Calculator ini insyaAllah akan membantu Moms dan Dads dalam melejitkan literasi finansial anak usia dini. Jangan lupa, dampingi si kecil saat dia sedang bermain game, agar terbukti manfaatnya untuk si kecil.

Salam bahagia selalu!

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

17 comments

  1. Anak pasti fun banget kalo belajar sambil bermain gini. Jangan kaget kalo nanti jadi pinter bisnis

    ReplyDelete
  2. wah mba aku tertarik dengan Game Simulasi Restoran seru ya kayaknya menjadi owner dari suatu resto ataupun cafe

    ReplyDelete
  3. kayaknya nggak hanya anak anak tapi juga orangtua bakalan senang dengan video games yang edukatif dan menyenangkan seperti mortgage ini :) Makasih Ummiii

    ReplyDelete
  4. Cocok banget nih buat anak pertama saya yang sekarang usianya 5 tahun. Memang bener ya zaman sekarang terlalu anti gadget juga kasian ke anak, yang paling penting tetap kita awasi.

    ReplyDelete
  5. hihihi..iyaya, biasanya kalau uda kena games tuh, jadi heboh dan asik sendiri.
    Tapi aku sebenernya kalau main games tuh asa cepet bosen. Mungkin butuh temen main bareng anak-anak kek main di Mortgage Calculator yaa.. Ragam mainannya banyak dan seru, karena bisa melatihkan kemampuan finansial anak sejak dini.

    ReplyDelete
  6. Iya, emang jamannya udah beda. Jaman kita kecil dulu mainnya ya lari-larian, lahan luas teman banyak. Sekarang permainannya jadi digital, banyak di hp dan laptop.

    Tinggal didampingi dan diarahkan saja, supaya permainannya pilih yang bermanfaat. Bahkan bisa mengasah literasi finansial pula, kayak di mortage calculator ini

    ReplyDelete
  7. keren yaa ada mortgage calculator anak2 jadi bisa belajar atur keuangan sejak dini.
    seru lihat saki main game jualan es krim. kalo jualan beneran ateu beli yaaa hehe.

    ReplyDelete
  8. anak anak jd makin cerdas dan financial literate banget ya mba.

    ini bisa membantu ortu untuk mendidik dan edukasi buah hati yhaaaa

    ReplyDelete
  9. Kedengarannya apa gitu ya money games tapi setelah ditelaah lagi, oh gituuu. Menarik apalagi untuk pembelajaran anak2 ya mba. Aku jg suka kalau games ini hihi

    ReplyDelete
  10. Gak semua video game online membahayakan ya. Kalau disikapi dengan bijak, dan didampingi orang tua ini game online malah bisa membawa manfaat yang banyak. Mortgage kalkulator ini salah satu contohnya

    ReplyDelete
  11. Wah menarik sekali yah Mortgage Calculator ini jadi semacam bermain tapi sekalian belajar juga, jadi anak gak mudah jenuh karena belajar terasa menyenangkan

    ReplyDelete
  12. Ini jadi cara yang menarik untuk anak-anak belajar literasi keuangan ya. Kalau model belajarnya kayak anak zaman dulu sudah pasti suka ogah-ogahan deh.

    ReplyDelete
  13. Memang enggak bisa dipungkiri anak-anak zaman now mau gak mau harus melek teknologi ya, Mbak. Termasuk soal literasi keuangan, anak-anak bisa belajar sambil bermain lewat game keuangan seperti di Mortgage Calculator. Semoga kita selalu bisa mendampingi anak-anak dengan baik saat mereka menggunakan gawai ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. Dari games pun anak2 bisa belajar mengenai literasi keuangan yaa. Ternyata Mortgage ini banyak ya isi situsnya salah satunya berisi banyak permainan gini. Enaknya pula gak perlu download2 aplikasi jadi bisa langsung bermain aja.

    ReplyDelete
  15. Asyik banget gamesnya ya mendidik anak tentang literasi keuangan sejak dini lewat games yang menghibur dan menambah wawasan anak

    ReplyDelete
  16. Setujuuu..mengenalkan literasi dengan cara memberikan stimulasi melalui permainan yang mendukung kemampuan anak usia dini

    ReplyDelete
  17. belajar jadi ga berasa kalau dibuat begini dimasukin ke games dan tampilannya pun bikin orang gampang ngerti, jadi anak pun udah bisa belajar literasi keuangan sejak kecil

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar