Justitia Avila Veda Bantu Korban Kekerasan Seksual lewat KAKG

Justitia Avila Veda Bantu Korban Kekerasan Seksual lewat KAKG

Post a Comment

Moms, jika terjadi kasus kekerasan seksual di sekitar rumah Moms, Justitia Avila Veda bantu korban kekerasan seksual lewat KAKG, yaitu bantuan berupa konsultasi kasus kekerasan seksual dan pendampingan dalam persidangan di seluruh Indonesia.

Justitia Avila Deva Bantu Korban Kekerasan Seksual lewat KAKG

KAKG sendiri akronim dari Kolektif Advokat untuk Keadilan Gender. KAKG diinisiasi oleh Kak Justitia Avila Veda untuk memberikan bantuan kepada korban pelecehan seksual baik itu bagi korban laki-laki maupun korban perempuan.

Siapakah Justitia Avila Veda?

Justitia Avila Veda atau biasa dikenal dengan Kak Veda, pada tahun 2020, dia memberikan dukungan konseling dalam kasus kekerasan seksual melalui tweet di akun Twitter miliknya.

Alasannya mengapa Veda memberikan konseling lewat status Twitter karena Twitter itu cepat sekali untuk memviralkan sebuah kasus dan banyak membantu. Veda mulai ngetwitt sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020.

Nah, dari cuitannya di Twitter, ada teman pengacara yang menghubungi dan bercerita bahwa mereka juga ingin membantu teman mereka yang menjadi korban pelecehan seksual.

Selain konsultasi online, KAKG juga mendukung korban pelecehan seksual yang membutuhkan pendampingan saat masa persidangan di seluruh  Indonesia. Veda memberikan bantuan kepada semua golongan usia, dari anak-anak sampai orang dewasa dan lansia. Konsultasi ini dilakukan tak memandang faktor ekonomi, semua bisa mendapatkan konsultasi gratis dan pendampingan tanpa memandang korban dari kalangan berada atau kurang mampu.

Hingga saat ini, Veda dan kawan-kawan telah menerima lebih dari 150 pengaduan. Sekitar 80% dari kasus-kasus ini adalah kekerasan yang berhubungan dengan teknologi. Layanan konsultasi mereka dapat diakses melalui saluran media sosial Instagram dan TikTok KAKG. Karena jerih payahnya inilah, Veda berhasil meraih penghargaan SATU Indonesia Award 2022 di bidang kesehatan lewat program Sahabat Korban Kekerasan Seksual yang diinisiasinya bersama pengacara lainnya. 

Program Sahabat Korban Kekerasan Seksual

Mengapa Justitia Avila Veda tertarik membantu korban kekerasan seksual lewat program Sahabat Korban Kekerasan Seksual? Menurut Veda, kasus kekerasan seksual itu ada di sekitar kita. Mungkin terjadi juga pada orang terdekat kita dan banyak orang yang mengalami kasus kekerasan seksual dan tidak tahu harus melakukan apa. Veda juga menambahkan, bahwa setiap perempuan memiliki perasaan penyintas.

Awalnya Veda melakukan cuitan di Twitter pribadinya yang berisi penawaran bantuan konsultasi gratis dan pendampingan di masa pengadilan pada korban kekerasan seksual. Lalu banyak yang merespon positif cuitannya dan menjadi viral. Malah banyak juga akhirnya teman-teman pengacara lainnya yang tertarik untuk bergabung dalam pendampingan dan konsultasi gratis pada korban kekerasan seksual. Lalu lahirlah program Sahabat Korban Kekerasan Seksual ini lewat KAKG atau Kolektif Advokat untuk Keadilan Gender.

Dengan background keilmuan sebagai pengacara, Veda dan teman-teman advokat lainnya telah berpengalaman dalam memberikan pelayanan bantuan pada korban kekerasan seksual.

Apa saja Bantuan yang Diberikan oleh Sahabat Korban Kekerasan Seksual?

1. Bantuan konsultasi secara online.

Bantuan konsultasi online ini tanpa dikenai biaya, alias gratis. Jadi, Moms, jika ada korban kekerasan seksual, segera ajak untuk berkonsultasi kepada mbak Veda dan kawan-kawannya di Sahabat Korban Kekerasan Seksual.

2. Bantuan Pendampingan Hukum

Setelah melakukan bantuan konsultasi online, jika korban membutuhkan pendampingan hukum, maka KAKG akan membantu semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan ini kepada korban kekerasan seksual.

Biasanya korban adalah orang-orang yang buta hukum sehingga mudah sekali kasus ini akhirnya ditutup dan dipeti es-kan, Sehingga timbul masalah sosial lainnya karena pelaku menganggap kasus pelecehan seksual tidak akan sampai ke ranah hukum.

So, jangan biarkan kasus kekerasan seksual di sekitar kita menjadi kasus tertutup ya, Moms, karena kita diam ketika melihat kejahatan yang terjadi. Yuk, kita speak-up dan bantu korban kekerasan seksual dengan cara menemaninya berkonsultasi kepada KAKG yang diiniasiasi oleh Kak Justitia Avila Veda.

Semoga dengan demikian, kasus kekerasan seksual akan menurun tingkat kejahatannya dan korban juga mendapatkan bantuan tak hanya bantuan materi namun juga bantuan konseling untuk memulihkan kesehatan mental korban.

Sumber:

Rekaman podcast radioidola.com

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

Post a Comment