Sepatu Kulit Ceker Ayam Tembus Pasar Jepang dan Malaysia

Sepatu Kulit Ceker Ayam Tembus Pasar Jepang dan Malaysia

16 comments

Sepatu kulit ceker ayam tembus pasar Jepang dan Malaysia. Wow, apa itu? Biasanya ceker ayam temannya makan mie ayam atau bubur ayam. Namun, di tangan Bapak Nurman Farieka Ramdhany, kulit ceker ayam ini bisa dieksport ke Jepang dan Malaysia, lho.

Wah, Gimana caranya?

Sepatu kulit ceker ayam tembus pasar jepang dan malaysia

Tentu bukan dijadikan dua kuliner yang saya sebutkan di atas, yaa. Tapi dijadikan sepatu! Wah, produk yang kelihatannya limbah ini, ternyata bisa dijadikan sepatu, lho! Keren banget, ya!

Sepatu Kulit Ceker Ayam

Sungguh ini adalah hal yang luar biasa sekali. Ketika saya jadi mahasiswa Pendidikan Tata Busana, 28 tahun lalu. Pernah terbersit sih, ingin membuat tas dari kulit ayam. Dasar pemikiran saya karena kulit buaya atau kulit ular itu sudah biasa dan banyak yang membuatnya. Sedang kulit ayam rasanya belum pernah ada yang mencobanya. 

Tapi, gimana caranya? Secara teknologi saat itu, kan tidak secanggih saat ini, ya. Kulit ayam juga tekturnya lembek dan dipenuhi oleh lemak. Akhirnya saya urung bereksperimen membuat suatu barang fashion menggunakan limbah ayam. Alasannya selain tidak tahu caranya juga tidak tau teknologi yang harus dikembangkan dalam membuat kerajian dari kulit ayam ini.

Waktu pun berlalu dan saya mulai lupa bahwa saya pernah memiliki impian membuat barang fashion dari kulit ayam. Eh, tak disangka dan tak diduga, saya menemukan artikel bahwa ada pengrajin sepatu di Bandung yang berhasil  membuat sepatu dari kulit ceker ayam.

Yap, ternyata setelah 28 tahun, ada pengrajin sepatu yang membuat ornamen sepatunya dari kulit ceker ayam. Luar biasa! Kerennnn!

Nurman Farieka Ramdhany

Yap, seorang lelaki asal Bandung yang bernama Nurman Farieka Ramdhany yang telah berhasil membuat sepatu dari kulit ceker ayam. Tidak main-main, produknya pun dibandrol antara 500 ribu sampai 2 juta. Bukan harga yang main-main, yaa. Target pasarnya selain dalam negeri adalah ke Jepang dan Malaysia.

Sepatu kulit ceker ayam


Produk sepatunya beragam, dari mulai sepatu pantopel, sepatu sneaker sampai dengan sepatu yang costum atau bisa mendesain sendiri/sepatu pesanan.

Duh, bener-bener, deh. Saya angkat topi dan menjura sedalam-dalamnya kepada bapak Nurman ini. Luar biasa banget kreativitasnya dan tentu saja inovasinya, yaa.

Bayangkan, dari limbah kulit ceker ayam, menjadi sesuatu barang yang bernilai tinggi dan menjadi salah satu sorotan dalam dunia fashion. Patutlah jika beliau akhirnya mendapatkan penghargaan Satu Indonesia Awards pada tahun 2019.

Brand sepatu kulit ceker ayam yang diproduksi Nurman diberi label Hirka Official dan hanya diproduksi di Bandung, Jawa Barat. 

Sepatu Kulit Ceker Ayam Satu-satunya di Dunia

Wah, pantaslah, yaa, mendapatkan julukan sepatu kulit ceker ayam satu-satunya di dunia. Karena memang belum ada produk serupa yang menyamainya. 

Proses membuatnya pun tergantung pada tingkat kesulitannya. Pertama dilakukan pengeringan kulit ceker ayam yang membutuhkan waktu kurang lebih 10 hari. Setelah itu kulit ceker ayam melewati 3 proses lagi, yaitu upper, penyusunan dan lasting. 

Setiap hari biasanya sepasang sepatu yang berhasil dibuat dan kurang lebih 150 pasang sepatu yang berhasil diproduksi selama 30 hari. Wow cepet juga, yaa!

Target pasarnya adalah anak muda dan dewasa, oleh karena itu Hirka Official nama brand dari sepatu kulit ceker ayam ini benar-benar memikirkan desain yang pas untuk kedua target pasar yang mereka bidik ini.

Oiya, produk sepatu kulit ceker ayam ini bisa didapatkan di official web Hirka karena Hirka Official menjual produknya lewat online. Oleh karena itulah, akhirnya produk sepatu kulit ceker ayam ini tembus ke pasar Jepang dan Malaysia.

Selain membuat sepatu dari kulit ceker ayam, Nurman pun membuat sepatu dari kulit kambing dan kulit sapi. 

Kebetulan besok saya mau ke Bandung untuk menghadiri wisuda anak sulung saya, sepertinya pas banget kalau pulangnya jalan-jalan ke gerai Hirka Official ini di Jalan Mohammad Toha Cigereleng. Semoga saja bisa menimang sepasang sepatu kulit ceker ayam yang eksotik ini. Ahai!

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. ya ampun keren banget ini. baru ngerti ada teknologi yang bisa mengolah kulit ceker ayam untuk dijadiin bahan sepatu. keren.

    ReplyDelete
  2. ini serius mba? beneran dari kulit ceker ayam?? wah keren sih teknologinya bisa bikin sepatu berbahan baku kulit ceker ayam jadi keren banget hasilnya

    ReplyDelete
  3. Aku tuh penasaran sih aslinya, kenapa bahan yang dipilih adalah kulit ceker ayam? padahal ya dalam kenyataannya kulit ceker ayam kan begitu ya tampilannya.

    ReplyDelete
  4. Wah ini keren banget mbak, dengan inovasi menggunakan kulit ceker ayam ternyata bisa digunakan untuk sepatu juga ya. Produk lokal Indonesia semakin mendunia ini.

    ReplyDelete
  5. Kebayang ya... saat trial and eror, jatuh bangunnya mencari komposisi yang pas untuk fashion dari ceker ayam ini.
    Tangguh sekali, mas Nurman Farieka Ramdhany.
    Sukses selalu untuk Hirka Official.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah. Awesome. Saya gak pernah memimikiran kalau kulit ceker ayam pun jadi dibikin sepatu. Mantaap banget sih ini. Bisa tembus pasar Malaysia dan Jepang. Semoga makin ramai dan bisa ekspor terus.

    ReplyDelete
  7. Kayanya aku pernah lihat berita ini di TV. Seneng karena mereka bisa manfaatin sesuatu yang dibuang oleh orang. Cuma pasti butuhnya banyak banget ya buat hasilin satu produk

    ReplyDelete
  8. Kayanya aku pernah lihat berita ini di TV. Seneng karena mereka bisa manfaatin sesuatu yang dibuang oleh orang. Cuma pasti butuhnya banyak banget ya buat hasilin satu produk

    ReplyDelete
  9. unik banget sih idenya, anak muda kreatif nih
    bisa mengangkat limbah yg disepelekan jadi sepatu ceker ayam yang keren dan berkualitas

    ReplyDelete
  10. Keren bangeettt, kok ya kepikiran idenya, mengubah ceker ayam jadi sepatu. Dan alhamdulillah ya, sepatunya laku banget. Pengen ngepoin produknya euy.

    ReplyDelete
  11. Wow baru tahu dia ada sepatu dari kulit ceker ayam, biasanya anakku suka banget makan sup ceker ayam ini malah jadi sepatu, keren inovasinya

    ReplyDelete
  12. Aw aw, aku suka ceker ayam. Biasanya kumakan, ini malah dibikin sepatu hehe.
    Eh tapi ini kyknya kulit terluarnya gtu gk sih yang dibikin? Yang biasanya menebal di cekernya? Aku jadi penasaran proses bikinnya deh :D
    Luar biasa udah diekspor ke luar negeri yaa

    ReplyDelete
  13. Aku malah tidak pernah terbayangkan sepatu dari kulit ceker ayam. Ternyata dengan teknologi saat ini bisa juga ya, bahkan harga sepatu dibandrol mahal.

    ReplyDelete
  14. Kreatif banget ya sepatu dari bahan kulit ceker ayam. Bisa mengurangi limbah rumah tangga juga. Semoga kapan2 saya ada rezeki buat beli sepatu ini. Heeheh

    ReplyDelete
  15. Amazed banget sih sama anak2 muda yang kreatif begini. Saya pol mentok kulit ceker ayam ya dimakan aja atau dikasih ke kucing. Wah, perlu makin banyak produk2 yang inovatif gini sih Mak menurutku.

    ReplyDelete
  16. Mantap banget ya, ternyata Indonesia kaya anak muda berprestasi ya, mantap banget kalau gini sepatu jadi makin nyaman di kaki dong

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar