Mei 28, 2017

# Kuliner # Puasa Ramadhan

[RESEP] Fettuccini with Tomato Sauce

Fettuccine with Tomato Sauce atau Fettuccini goreng kata orang sunda mah, jadi menu sahur hari kedua di rumah saya. Alhamdulillah anak-anak semangat banget bangun untuk sahur. Sebab ada makanan kesukaannya ^_^

doc. pribadi

Memang sih ... sudah sejak seminggu yang lalu anak-anak saya request spagheti dengan tumisan saus tomat. Katanya enak spagheti buatan Ummi (ihirr ... hidung Ummi pun terbanglah hihihi). Ceritanya, hari senin yang lalu sebelum libur awal puasa, dua anak saya, S3 (kelas 5) dan S4 (kelas 3) cucurak di sekolahnya. Karena Ummi engga mau bawa makanan yang ribeut, ya sudah, bawa spagheti aja. Alhamdulillah ada spagheti setengah bungkus, terus ada saus tomat, ada italian herb tinggal melengkapi kornet dan bawang bombay saja. Dan sreng-sreng-sreng ... pagi di hari senin itu saya berjibaku di dapur. Tak sampai 30 menit, spagheti pun sudah siap. Bisa untuk sarapan pagi dan dibawa ke sekolah. Alhamdulillah. S3 dan S4 senang sekali membawa bekal spagheti itu, hingga saya pun tak sabar, ada cerita apa sepulang sekolah nanti? Dua anak itu seru sih kalau sudah cerita pengalaman di sekolah hehhee 

Fettuccini tabur keju (doc.pri)

Nah, sebab pengalaman itulah untuk sahur hari kedua saya sudah bilang sama anak-anak, "Ummi nak buat spagheti!" Mereka pun jingkrak-jingkrak kesenangan. 

Demi untuk menyenangkan mereka dan demi menyukseskan puasa Ramadhan mereka, saya dan suami pergi ke supermarket terdekat. Kebetulan stok susu pun sudah habis. Sekalian belanja kebutuhan mingguan. Sampai di tempat tujuan, saya langsung ke rak pasta. Dan ternyata...pasta spaghetinya enggak ada. Hanya ada makaroni dan pasta jenis fettuccini aja. Hmm ... agak mikir juga sih, takut anak-anak enggak suka. Tapi kalau enggak beli, anak-anak nanti kecewa. Akhirnya, saya beli juga. Belum pernah sih masak pasta pakai fettuccini. Tapi katanya justru orang Italia, kalau bikin spagheti ya pakai pasta yang jenis ini. 

Fettuccine ini salah satu jenis pasta, yang dalam bahasa Italia artinya pita kecil. Penampilannya memang mirip dengan pita kecil, pipih. Kalau pernah lihat kwetiauw atau mie telur yang pipih, nah begitulah si Fettuccini ini. Biasanya di Italia sana dihidangkan dengan carbonara. Nah, anak-anak saya itu unik dari 6 orang anak, hanya dua orang yang suka saus carbonara, yaitu anak pertama (S1) dan anak kedua (S2), sementara yang lainnya suka pasta dengan saus tomat. Jadi akhirnya saya buatlah fettucinni itu dengan resep yang sama dengan spagheti yang pernah mereka makan beberapa waktu lalu.

Fettuccine (credit Lala Vanilla)


Alhamdulillah ... anak-anak bangun sahurnya semangat sekali. Makannya juga lahap ^_^

Ini dia resep sederhana ala dapur saya.

Fettuccini With Tomato Sauce 

Bahan:
500 gr Fettuccini (rebus dengan air yang diberi minyak sedikit sekitar 10-15 menit, setelah itu saring)
5-7 sendok makan saus tomat
minyak goreng secukupnya
Bawang bombay satu buah (iris kecil-kecil)
Italiano Herb 
1 buah Kornet Beef ukuran kecil
Keju Cheddar secukupnya. 

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay sampai wangi.
2. Masukan kornet, aduk hingga rata. Kemudian masukan saus tomat aduk lagi hingga rata.
3. Masukan fettuccini aduk rata.
4. Matikan kompor, taburi dengan italiano herb.
5. Sajikan selagi hangat. Bisa diberi parutan keju cheddar secukupnya jika suka.

Italiano Herb (doc.pribadi)

Oiya tips dari saya, untuk sahur, jika kuatir kesiangan, lebih baik pasta sudah dimasak sebelum tidur. Masukan dalam wadah bertutup, masukan ke dalam lemari pendingin. Besok pagi tinggal tumis sausnya. Lebih menghemat waktu. 

Selamat mencoba ^_^


4 komentar:

  1. Waah kayaknya gampang ya mba. Cucok buat sahur nih. Thanks for sharing :)

    margaapsari.com

    BalasHapus
  2. Wahh jadi ingat bocah request spaghetti, enyak ni mbaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mbak, spagheti selalu di hati kiddos. tadi udah request lagi tuh mereka :-)

      Hapus

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien