September 01, 2018

# Apa Jenis Kulit Bayimu # kesehatan

MUSTELA; Formula Cerdas Manjakan Kulit Ibu dan Si Kecil


Hai, Moms, apa kabar? Semoga Moms dan si kecil selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat, ya.
Sebagai orangtua, tentu saja kita selalu inginkan yang terbaik, ya, Moms, untuk si kecil. Saya selalu berusaha memberikan belaian kasih sayang untuk Saki, putri bungsu saya yang bulan ini genap berusia 19 bulan.

Hal yang paling saya sukai saat ini adalah menciumi dan mengusap-usap tangan dan kakinya yang kecil mungil ke wajah saya. Kulitnya halus, lembut, membuat saya semakin sadar bahwa perawatan kulitnya hari ini, untuk kulit sehatnya esok hari. 

Saat baru lahir, kulit baby Saki sensitif. Kulitnya mudah sekali memerah karena biang keringat. Di pipinya pun keluar bercak merah sehingga Saki tidak tenang dan selalu menggaruk pipinya yang terlihat kering dan kemerahan. Belum lagi rewel sebab ruam popok. 

Sungguh, saya sangat khawatir dengan kondisi kulitnya yang demikian itu. Saya akhirnya bolak-balik konsultasi ke dokter kulit, meminta nasihat cara merawat kulit bayi dengan kondisi yang sensitif. Dokter pun meresepkan obat oles untuk Saki. Alhamdulillah, setelah dirawat dengan obat yang diberikan oleh dokter, kulit yang kemerahan itu akhirnya sembuh. Saya kira, akan sembuh total, ternyata hal  itu tidak bertahan lama, karena keluhan pada kulitnya kembali lagi seperti semula. Duh .. saya sedih sekali jika mengingat hal tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu. Baby Saki pun tumbuh dengan sehat. Keluhan pada kulitnya sedikit demi sedikit menghilang. Kulit wajahnya yang tadinya merah dan kasar, sekarang putih mulus. Biang keringatnya pun sekarang sudah jarang sekali muncul. Saya merawat kulitnya yang halus dan lembut dengan rangkaian perawatan kulit Mustela Bebe, yaitu produk rangkaian perawatan kulit bayi dan anak-anak nomor satu di Eropa. 

Saki dan Mustela Bebe untuk jenis kulit normal
Rangkaian perawatan dari Mustela Bebe ini tidak memakai tambahan alkohol, Hypoallergenic dan sudah diuji secara klinis. Terbuat dari 90% Natural Origin dan tidak mengandung paraben. Jadi 100% aman bagi kulit bayi dan anak. 


Produk rangkaian perawatan Mustela Bebe Normal (doc.pri) 
Saki mengawali pagi dengan mandi. Untuk membersihkan badannya Saki menggunakan Mustela Gel Lavant Doux atau Gentle Cleansing Gel atau sabun cair. Sabun ini juga tak hanya berguna untuk membersihkan tubuh tetapi juga sekaligus membersihkan rambut. Sabun 2 in 1 ini juga tidak terlalu banyak busa dan wanginya menyegarkan.
Mustela Gentle Cleansing Gel, sabun 2 in 1 (credit.mustela.com)
Kemudian, setelah mandi, saya usapkan Mustela Baby Lotion ke seluruh tubuhnya. Saki suka sekali wanginya. Dia suka memakai sendiri lotion pada tangan dan kakinya. Kulitnya menjadi lebih harum dan lembut. 


Mustela Baby Lotion (credit.mustela.com)



Oiya, untuk mencegah ruam popok, Saki memakai Mustela Barrier Cream.  Jadi, sebelum memakai pospak, saya usapkan Mustela Barrier cream tipis-tipis pada sekitar kulitnya yang akan tertutup pospak. Hal ini akan mencegah ruam popok dan mengurangi kemerahan pada kulit sebab ruam popok.


  1. Mustela Barrier cream (credit.mustela.com)
Untuk kulit wajah yang iritasi atau kemerahan, saya berikan Mustela Creme Visage atau Facial Cream. Cara menggunakannya dioles tipis tipis pada wajah yang iritasi, oleskan 2 kali sehari, setelah mandi pagi dan sore hari.


mustela Facial Cream (credt.ebay)



Oiya, Moms, Mustela pun ada minyak untuk pijatnya. Sekali seminggu saya juga memijat Saki dengan menggunakan Mustela Massage Oil. Minyak pijat ini tak hanya dapat digunakan untuk memijat bayi, tapi juga seluruh keluarga. Terbuat dari minyak biji bunga matahari, minyak alpukat, minyak biji bunga Punica Granatium dan sedikit tambahan parfum. Wanginya menyegarkan banget dan mudah meresap ke dalam kulit. 
Mustela Massage Oil (credit. mustela.com)

Saki nampaknya suka sekali dipijat. Kurang lebih samalah ya dengan kita-kita, para emak yang kelelahan dan minta dipijat. Karena pijatan lembut membuat tubuh menjadi lebih rileks, melemaskan otot yang kaku dan melembutkan kulit. Biasanya Saki kalau pas dipijat itu dia bener-bener menikmati saat-saat itu, begitu pun saya. Skin to skin dengan Saki membuat perasaan saya menghangat setiap kali menyentuh kulitnya yang halus lembut. Ini adalah momen yang sangat berharga sekali bonding antara saya dan Saki.

Tentang Rangkaian Produk Perawatan Mustela


logo resmi Mustela 

Moms, kulit bayi yang baru lahir pada umumnya memiliki kulit sensitif. Mengapa demikian? Karena pada awal kelahirannya, kulit bayi belum sempurna, berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi itu sensitif, lembut, memiliki struktur kulit yang renggang, keriput dan berwarna kemerah-merahan, kadang kala ditumbuhi rambut-rambut halus yang nantinya akan luruh sendiri seiring dengan perkembangan waktu.

Seiring berjalannya waktu, pada usia 2 bulan kulit bayi akan memperlihatkan jenis kulitnya. Setiap bayi lahir dengan jenis kulit yang berbeda. Ada yang berjenis kulit normal, jenis kulit kering dan jenis kulit atopi atau kulit sensitif.

Penjelasan ini saya ketahui ketika mengikuti press conference Mustela Indonesia di Harlequin Cafe and Playground di Kemang, Jakarta, pada tanggal 8 Agustus 2018 lalu.

Dalam acara ini hadir para Mom Blogger dan beberapa media yang diundang oleh Mustela Indonesia dalam rangka launching kampanye #ApaJenisKulitBayimu.


dr. Reisa, Pak M.Nurhadi sedang presentasi Mustela (doc.pri)
Mustela adalah produk perawatan bayi nomor satu di Eropa. Berdiri di Perancis sejak tahun 1950, Mustela memahami bahwa kulit bayi sangat unik dan membutuhkan perawatan khusus. Mustela berkomitmen menghadirkan produk perawatan spesifik untuk kulit bayi dan menjadi pionir riset terhadap kulit bayi.

Mustela sebagai mother and baby skin care brand nomor 1 ingin membantu para orangtua dalam menjaga dan merawat kulit bayi sejak dari lahir. Oleh sebab itu, Mustela telah  melakukan rangkaian penelitian kepada kulit dari 200 bayi selama 10 tahun. Riset ini bekerjasama dengan dokter spesialis kulit, dokter spesialis anak, toksikologi, alergi, ginekolog dan apoteker. Dari hasil penelitian Mustela yang dipublikasi di British Journal Dermatology ditemukan fakta-fakta:

Major discoveries on babies skin:

1.Immature & vulnerable dehydration 

Bahwa kulit bayi usia 0-2 tahun memiliki karakteristik belum matang dan rapuh, sehingga perlu diberi perlindungan dan diperkuat. Kulit bayi di bawah 2 tahun cenderung kering sehingga perlu dijaga kelembabannya sejak lahir.

2. Babies are born with different skin types. Normal, dry and  atopi - excema-prone.

Bayi terlahir dengan jenis kulit berbeda. Menurut Mohammad Nurhadi, Brand Manager Mustela Indonesia, "Perawatan kulit yang tepat akan menjamin kebutuhan kulit bayi terpenuhi, sekaligus menjaga kualitas kulit sampai dewasa nanti." Hal ini disampaikannya dalam kampanye #ApaJenisKulitBayimu persembahan Mustela Indonesia.

Mustela memahami bahwa momen merawat bayi adalah momen keakrabanyang spesial antara ibu dan anak. Namun tidak jarang monen ini terganggu karena timbulnya kekhawatiran akan banyaknya gangguan kulit yang menimpa bayi. Oleh karena itulah Mustela Indonesia berinisiatif membuat acara kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu dengan tujuan memberikan edukasi mengenai 3 jenis kulit bayi yang bisa dikenali dengan mudah.

#ApaJenisKulitBayimu, Moms? (doc.pri)
Tiga Jenis Kulit Bayi dan Anak itu adalah:

1. Jenis kulit normal

Jenis kulit ini memiliki tekstur kulit yang lembut, lembab dan bersih. Jenis kulit ini mudah dideteksi. Dengan menyentuhnya dengan tangan, kulit normal teksturnya halus dan lembut.

2. Jenis kulit kering.

Jenis kulit ini teksturnya cenderung kasar, bersisik dan terkadang mengelupas. Jenis kulit ini muncul bisa karena beberapa faktor, seperti faktor genetik, cuaca, lingkungan yang tidak bersih dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.

3. Jenis kulit dermatitis atopik atau sering juga kita sebut eksim.

Jenis kulit ini cenderung sangat kering, sering muncul bercak merah, terasa gatal, ada faktor genetik dan umumnya terjadi sejak usia 2 bulan hingga usia 1 tahun.

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, perawatan kulit pada bayi harus disesuaikan dengan jenis kulitnya, agar perawatan yang diberikan lebih optimal. Brand ambassador Mustela Indonesia dan pengguna Mustela Bebe ini bercerita, bahwa dia memiliki 2 anak yang jenis kulitnya berbeda. Ania, si Sulung, jenis kulit normal, sementara Baby Yoda memiliki jenis kulit dermatitis atopik, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih spesifik.

"Untuk Ania, karena kulitnya normal, saya memakai Mustela Bebe untuk kulit normal. Sementara untuk Baby Yoda, saya berikan Mustela Stelatopia yang hypoalergenic dan teruji klinis dalam memperbaiki kerusakan kulit serta mengatasi rasa gatal dan kemerahan. Mengenali jenis kulit anakku adalah langkah pertama yang saya lakukan untuk melindungi kulitnya," jelas dr. Reisa Broto Asmoro.

Rangkaian Perawatan Mustela Bebe

Kini Mustela Bebe hadir dalam rangkaian lengkap yang terdiri dari produk mandi dan perawatan kulit yang spesifik untuk masing-masing jenis kulit. Hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan dari masing-masing jenis kulit bayi.

Mustela memiliki formula unggulan dalam inovasi kandungan produk perawatannya, yaitu Avocado Perseose.


"Avocado Perseose adalah bahan aktif yang dipatenkan Mustela dan digunakan untuk seluruh varian Mustela Bebe, mulai dari perawatan kulit normal, kulit kering dan kulit atopik. Avocado Perseose adalah bahan alami yang sempurna untuk kulit bayi karena teruji klinis efektif melindungi kulit dari gangguan lingkungan, melembabkan dan mendukung pertumbuhan kulit serta menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi. Avocado Perseose menjamin kualitas kulit tetap terjaga dan terlindungi untuk hari ini dan seterusnya," jelas Dr. Eveline dari Interbat.

Formulasi ini dikembangkan sedemikian rupa bersama dengan penambahan bahan aktif lainnya hal ini menjadikan rangkaian produk Mustela menjadi produk perawatan bayi yang berkhasiat untuk segala jenis kulit bayi sehingga Mustela menjadi sebuah rangkaian perawatan bayi yang lengkap sesuai jenis kulit bayi.

Mustela Bebe Kulit Normal


Rangkaian perawatan Mustela untuk normal skin (credit.mustela.com)

Kandungan aktif Avocado Perseose



Mustela Bebe Kulit Kering

Rangkaian perawatan untuk kulit kering (credit.mustela.com)

Kandungan Aktif Avocado Perseose + Dermo Nutrition Complex untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit bayi



Mustela Bebe  Kulit Atopik


Rangkaian perawatan kulit atopik (credit.mustela.com)

Mustela Stelatopia. Kandungan aktif Avocado Perseose + Sunflower Oil Distillate yang sudah teruji klinis aman dan efektif merawat kulit atopik. 

"Mustela secara spesifik menggunakan formula dan bahan aktif yang berbeda untuk menjawab kebutuhan setiap jenis kulit. Ini menunjukkan keahlian Mustela sebagai expert perawatan kulit bayi selama lebih dari 60 tahun," pungkas  Kennie Ng, Regonal Marketing Manager Mustela Asia Pasifik.  

Rangkaian Perawatan Mustela Maternity


Rangkaian Perawatan Mustela Maternity (credit.deksgram.com)
Oiya, untuk Mama Mustela juga mengeluarkan rangkaian perawatan Mustela Maternity. Hal ini untuk menjawab kebutuhan perwatan kulit dan kenyaman ibu masa kehamilan, di antaranya strech marks, kaki pegal selama kehamilan dan mengencangkan kulit paska melahirkan.

"Produk Mustela Maternity ini aman  untuk ibu hamil dan janin yang dikandung, karena telah dilakukan uji pada ibu hamil," terang Dr. Eveline dari PT Interbat. 

Rangkaian perawatan Mustela Maternity ini mengandung Avocado Peptides sebagai bahan aktif yang memberikan sensasi kencang, menambah elastisitas kulit, mengenyalkan kulit serta memberikan rasa nyaman yang dibutuhkan oleh ibu.

Saya memakai Mustela Stretch Marks gel
Menjadi tua itu pasti. Tapi menjadi tua, bahagia dan awet muda, tentu saja perlu diusahakan. 

Ibu yang pernah melahirkan dan menyusui pastilah tahu ya permasalahan pasca melahirkan. Perut melar, ada garis garis mirip parutan pula di perut. Payudara mulai mengendur. Alhamdulillah, saya bertemu dengan Mustela. Produk perawatan nomor satu di Eropa ini sekarang telah hadir di Indonesia.

Dalam gambar, saya sedang menyapukan tangan saya dengan Mustela Lotion Body Firming. Lotion ini berbentuk gel untuk merawat kulit tubuh sehabis melahirkan agar terjadi elastisitas dan kelembabannya sehingga kulit terasa kencang. Lotion ini tidak mengandung alkohol, hypoallergenic dan sudah teruji secara klinis. .

Cara memakainya, usapkan Mustela Body Firming Gel setiap pagi dan sore sehabis mandi ke seluruh tubuh sambil dipijat lembut. Tekstur gel ini lembut dan ringan, mudah menyerap ke dalam tubuh. Wanginya juga hmm .. harum banget.


Lotion ini bisa digunakan oleh ibu sedang hamil atau setelah melahirkan (ibu menyusui), produk ini aman. Jika Moms, baru melahirkan sesar, sebaiknya menggunakan Lotion Body Firming Gel ini setelah luka menutup. 


Untuk merawat Stretch Marks yang sudah kadung membentuk di perut (maklum deh ya, 6x melahirkan hehehe) saya juga menggunakan Mustela Stretch Marks Serum. 

Cara menggunakannya, oleskan Cream di bagian tubuh yang terdapat strech marks. Serum ini juga bisa digunakan untuk mengencangkan payudara lho. Dan aman untuk ibu menyusui. Saran yang terdapat di balik kemasan: Lakukan perawatan 2-3 bulan agar hasilnya maksimal. .

Oiya, Cream Stretch Marks Serum ini tidak disarankan digunakan pada bekas luka operasi sesar.

Produk ini recommended banget untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Dua perawatan ini bagi saya sih, sebagai sebuah tanda rasa syukur saya kepada Sang Maha Pencipta, kita sebagai ibu diberi kesempatan menjadi ibu yang bahagia. 


Tentang PT Interbat

PT Interbat didirikan pada tahun 1948 sebagai distributor tunggal Indonesia untuk beberapa perusahaan farmasi besar dari Eropa. Pada tahun 1959, Interbat mendapat izin produksi dan sejak itu menetapkan diri sebagai salah satu produsen farmasi independen pertama di Indonesia.
Interbat
Saat ini Interbat memproduksi dan memasarkan lebih dari 280 produk dalam berbagai dosis dan bentuk sediaan untuk kelas terapi secara luas. Berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, fasilitas produksi Interbat dilengkapi dengan 16 sertifikat GMP yang berstandar interbasional. Sejak tahun 2000, Interbat mulai merambah pasar ekspor di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Di mana Bisa Membeli Produk Mustela Indonesia?

Moms, bisa membeli produk perawatan Mustela Bebe dan Mustela Maternity di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com dan JDID.

Untuk informasi lebih lengkap, Moms, bisa mendapatkan informasi di:

Website         : www.mustela.co.id
Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia 


Jadi #ApaJenisKulitBayimu, Moms? Yuk, amati sekarang juga! Melindungi hari ini untuk hari esok.

26 comments:

  1. Kifah dulu kena dermatitis atopik waktu bayi, sayangnya dulu belum tau produk mustela.

    ReplyDelete
  2. Wuih makin banyak aja ya produk untuk bayi. Bayi memang membutuhkan banyak perhatian karena bodi masih rentan

    ReplyDelete
  3. Bisa juga untuk mengencangkan payudara? boleh dicoba, secara anak 2 kadang ngeliat payudara sendiri ko sedih ya huhu.. thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  4. Huaaa sebagai Bumil TM 3 yang belakangan makin sering baca tentang produk ini, kok makin mupeng sih pengen pakai juga. Rangkaian produk untuk perawatannya lengkap dengan segala manfaatnya. Baiklah marked. TFS ya Mbaaa :*

    ReplyDelete
  5. Mustela kayanya cocok nih buat keponakan saya yg baru lahir. Ntar mau rekomendasiin deh ke adik dan moga cocok utk baby nya

    ReplyDelete
  6. Ummi Saki, aku kayaknya butuh Mustela yang buat stretch mark. Udah menahun juga nih di aku. Hahhaha. Kayaknya memang pas buat aku nih karena kandungan di Mustella bagus banget

    ReplyDelete
  7. Sekarang mah lengkap ya ummi.. mustellla banyak variannya bikin kitanya aman sbg ortu

    ReplyDelete
  8. Tipe kulit anakku kering dan sensitif, jadi kalau cuacanya lebih panas pasti deh garuk-garuk gatal, mungkin bisa nih pakai Mustela Formula, thanks infonya ya, lengkap banget

    ReplyDelete
  9. Belum pernah pakai produk ini jadi tertarik deh, kayaknya bagusss di kukit ya

    ReplyDelete
  10. variannya banyak juga ya mba, baik ibu maupun anaknya bisa mempergunakan Mustela apalagi tanpa paraben jadi tidak perlu khawatir terkena penyakit berbahaya

    ReplyDelete
  11. Mustella bagus nih buat mengurangi strecth mark pada kulit ibu2 setelah melahirkan. Banyak banget produknya ya macem2 buat bayi dan mamahnya. Jadi bingung mau coba yang mana dulu. Yang pasti berkualitas semua ya apalagi body firmning atau lotionnya nih bikin kulit halus dan lembut dan tambah sehat, makin awet muda deh :)

    ReplyDelete
  12. Wah Saki seneng banget nih pasti perawatan kulitnya pake Mustella. Kulitnya pasti halus yaa

    ReplyDelete
  13. Jadi inget wangi bayi kalau baca produk khusus bayi. Aku pernah beli tapi buat kado waktu itu dan kata yang pakai sih cucok uyes.

    ReplyDelete
  14. Kandungan aktif Avocado Perseose bikin aku penasaran pingin coba deh. Walaupun sudah emak emak gini, aku suka coba produk perawatan bayi, pasti bikin kulit lembab, aman dan harumnya enak. Walaupun pasti hargany agak bikin merogoh kantong lebih dalam ya hahahahahaa

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata selain buat baby, M<ustela juga ada produk buat mommy-nya yaaaa.
    Variannya cukup lengkap dan banyak pula :D

    ReplyDelete
  16. jadi pingin coba Mustela untuk si kecil bagus dan rekomended ya ini..

    ReplyDelete
  17. Aku salfok sama posenya Saki, emeessssh ih ;)

    Mustela ini lagi banyak dipakai Buebu yg punya baby ya Mbak, karena bebas parabennya ini dan terjangkau juga

    ReplyDelete
  18. Imustelanya tersebar di toko2 gak mbak? Atau harus beli onlen?

    ReplyDelete
  19. Pantas saja semakin hari saki makin comel ya, ternyata ini salah satu rahasianya 😍

    ReplyDelete
  20. Baru liat nih mak ada produk bayi yg ini yg diproduksi Interbat. Wah ini brati satu pabrikan sama Interlac ya 😁

    ReplyDelete
  21. Wah.. mustela ini produk yang recomended ya buat bayi.
    Makeinnya juga sambil dipijat ya supaya peredaran darah bayi moms semakin lancar

    ReplyDelete
  22. Saya masih agak bingung sih sama kulit anak saya. Kalau tangannya kayaknya normal. Tapi bagian punggung kering. Mungkin faktor emaknya juga kurang rajin kasih lotion. Hihi

    ReplyDelete
  23. Annasya pake nih mustela. Wangi dan tahan lama. Awet pula. Kemasannta banyak

    ReplyDelete
  24. Rangkaian produknya bemanfaat banget untuk bayi ya. Ada handuk imutnya pula. Saki pasti senang sekali.

    ReplyDelete
  25. Wah kayaknya formulanya lembut banget ya buat bayi, Sakit lucuu...

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien