Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2017

Browniez Kukus Tanpa Mixer

Sudah lama anak-anak saya request ingin dibuatkan brownies kukus kesukaan mereka. Saya belum membuatkan bukan menolak permintaan mereka. Bikin kue harus pake mixer kali. Ya inilah, resiko pindah-pindah antar negara, dulu. Alat elektronik sulit dibawa ke sini. Sebab kan beda wattnya gede banget. Sekali masak kue, bisa jeklek terus listrik di rumah heuheu

Saya sudah mengajak pak suami untuk melihat-lihat harga mixer. Siapa tahu ada yang cocok dengan isi dompet. Sayangnya suami sibuk terus. Ya sudahlah, buat kuenya nanti saja. Sampai si mixer ada. Anak-anak cemberut. Saya mengerut. Ehm ... Daripada begitu, saya browsing resep kue. Tujuannya mencari resep brownies tanpa mixer. Mumpung pakai XL, yang jaringan internetnya cepet banget dan stabil, saya mulai pencarian. Alhamdulillah, ada! Segera saya catat dan bersiap membuat kue. Kemudian saya kabari anak-anak. Mereka pun bersemangat dan gembira. 

Masak kue bareng krucil meskipun rempong tapi seneng. Aha, saya baru ingat punya kocokan telur ma…

LG Linear Challenge, Kampanye Pentingnya Menjaga Kesegaran Makanan

"Iya, saya sudah simpan di dalam kulkas kok, tapi kenapa sayuran dan buah-buahan jadi kering dan ga segar lagi ya?"
"Aduhh lupaa .. ini makanan kapan ya? udah basi aja sih, padahal kan disimpan di dalam lemari es!"
Sayuran kering, buah-buahan peyot, Oh, no! Nyesel banget ya beli banyak-banyak. Lalu apa harus beli ketengan? kan jatuhnya mahal, kali.  


Tentu kita pernah dong punya masalah seperti ilustrasi di atas. Saya? sering! Bahan makanan  dan sisa masakan kemarin yang ternyata tidak bertahan lama meskipun telah disimpan dengan rapi di dalam lemari es. Seperti misalnya wortel yang baru dua hari sudah layu, tomat yang sudah tidak segar lagi, bawang daun dan seledri yang mengering, ada bahan makanan yang membusuk, seperti kubis dan brokoli. Bahkan saya pernah menyimpan apel di dalam lemari es, eh ujung-ujungnya jadi es hahha padahal diletakkan di bagian tengah lemari es. Terus juga sisa keju yang disimpan dalam kulkas dan mengering seperti batu. Huhuhu ...
Dan skhirnya…

Tumis Oncom Chicken Katsu

Tumis Oncom. Tentu bagi masyarakat Sunda tidak asing dengan salah satu kuliner masyhur yang satu ini. Tumis Oncom ini adalah oncom yang ditumis kemudian diberi taburan daun kemangi yang memberi aroma khas yang menyelerakan rasa.Silakan tanya kepada orang-orang yang pernah makan nasi putih hangat dipadu dengan tumis oncom. Berapa kali mereka nambah makan?
Saya termasuk salah satu penggemar tumis oncom ini. Dulu, mama saya sering buat tumis oncom yang lezat sekali. Selain ditumis, oncom ini juga bisa dipepes. Rasanya, jangan ditanya. Kalau sudah makan tumis oncom, jadi lupa segala-galanya. Termasuk lupa berat badan juga lho. Gak percaya? Buktikan saja sendiri hehhe
Nah, sebagai busui, ibu menyusui, saya tentu saja harus terus memperbaharui selera makan saya agar ASI tetap melimpah. Salah satunya dengan memasak menu-menu favorite saya. Menu favorite saya untung saja mudah semua, jadi gak jadi baper hehehe
Tumis Oncom ini juga menu favorite saya nih. Cara membuatnya mudah dan bahan bakuny…

Mengatasi Anyang-anyangan pada Remaja Putri

Mengatasi anyang-anyangan pada remaja putri tentu saja membuat saya kembali membuka memori lama. Ketika saya terkena infeksi saluran kemih. Rasanya ngeri membayangkan dulu gara-gara sakit itu saya sampai tidak bisa ruku dan sujud saat melaksanakan kewajiban saya, shalat. Alhamdulillah saat saya memeriksakan diri ke dokter dan hasil USG luar dan dalam, tidak terdapat penyakit yang berbahaya. Tapi pengalaman saya yang satu itu tetap saja membuat saya menjadi agak-agak parno begitu ketika mengetahui anak saya anyang-anyangan.
Jadi ceritanya, waktu bulan puasa Ramadhan kemarin, putri sulung saya mengeluh sakit dibagian perutnya. Kemudian diiringi dengan mencret dan buang air besar terus menerus. Tak hanya sampai di situ, ternyata dia juga jadi anyang-anyangan. Baru keluar dari toilet, dia sudah hendak ke toilet lagi. "Kenapa, Kak?" tanya saya waktu itu. "Nah kencing." jawabnya singkat sambil meringis. Tangannya memegangi perutnya yang terlihat kempis. "Sudah berap…

Bermain Air di Zam-zam Tirta

Bermain adalah kebutuhan dasar yang diperlukan oleh anak-anak untuk tumbuh kembangnya. Dengan bermain anak-anak bertambah pengetahuannya dan juga kemampuan motorik kasar dan halusnya.

Salah satu yang disukai anak-anak adalah bermain air. Pakar tumbuh kembang anak sepakat bahwa ada banyak manfaat bermain air untuk anak-anak. 
Nah, seminggu setelah lebaran yang lalu, saya mengantar anak-anak bermain air di Zam-zam Tirta Bogor. Sebuah kolam renang dan wisata air yang terletak di daerah Ciomas Bogor.
Agak kesiangan saya berangkat dari rumah sekitar pukul 11 lebih dan sampai di sana menjelang shalat Dzuhur. Zam zam Tirta memiliki dua pintu masuk. Pintu masuk utama untuk para pengunjung yang menggunakan motor, pejalan kaki atau angkutan umum. Sementara pintu yang kedua letaknya 100 meter dari pintu masuk pertama. Ini khusus untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.  Tiket masuk ke dalam kolam wisata air Zam-zam Tirta ini cukup murah Rp30.000/orang. Anak yang membayar penuh, anak yan…

Cara Membuat SKCK di Kepolisian

Hai semua, assalamu'alaikum wr wb ...
Kali ini, sesuai janji, saya akan share pengalaman saya membuat SKCK di kepolisian beberapa waktu lalu. Lumayan kemeringet juga membuat surat SKCK ini. Sebab marathon dari calon sekolah anak terus lanjut ke kantor polisi yang jaraknya lumayan jauh juga. Eh, sampai di kantor polisi, tutup! Lihat jam ... ow ow...ternyata sudah pukul 2 siang. Mana sepatu rusak kelelahan hiks ... menganga minta diganti kayaknya heuheu ...
Ya itulah, demi anak ya, emak mau berkorban apa aja, termasuk satu sepatu jebol (hiks) 
Keeseokan harinya saya datang pagi-pagi. Sebelum para polisi apel pagi saya sudah sampai di kantor. Duduk manis bersama si sulung dan adiknya yang berusia 5 bulan. Seneng juga, pagi-pagi sudah di kantor. Berasa kerja gitu hehhe

Saat menunggu loket dibuka, seorang petugas menyapa saya dan melihat formulir yang sudah isi. Ternyata fotonya si KK salah ukuran. Saya membawa 3x4. Seharusnya 4x6. Alhamdulillah ketahuan pagi pagi. Jadi ada waktu untu…

PyeBro Brownies Nyokelat yang Ngangenin

Tak terasa sudah 2 pekan di bulan Syawal. Masih terbayang hangatnya sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan yang baru berlalu. Salah satu yang dikangenin dari bulan puasa yang lalu itu buka puasa bersama dengan kakak dan adik bersama keluarganya masing masing. Kumpul anak dan keponakan. Saya adik beradik 7 bersaudara. Kakak saya nomor 2 sudah wafat. Jadi kita kumpul ber5 sebab adik yang nomor 6 ada di Subang. Meski demikian seneng banget karena ini adalah Ramadhan tahun kedua saya di Tanah Air.
Seru banget. Selain buka puasa bersama, juga kita shalat tarawih berjamaah. Saling bertukar cerita dan merencanakan itikaf dan lebaran kumpul di mana.
Saat buka puasa bersama saya membawa brownies #PyeBro. Brownies oleh oleh khas kota Depok. Sebenarnya anak anak saya protes. Sebab mereka suka banget brownies yang nyokelat itu. Dengan tampilan yang cantik dan berupa Pie dengan topping berbeda-beda mereka bisa memilih mana yang paling mereka suka. Waktu itu ada dua dus PyeBro yang masing masin…

Pengalaman Berharga Mengantar Anak PPDB SMA

Assalamu'alaikum, semuanya. Bagaimana libur Lebarannya bersama keluarga? Pasti banyak kisah menarik yang ada dibaliknya ya. Sebelum lupa, saya ingin mengucapkan Taqabalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan. Kullu ammun wa antum bi khair, semoga kita semua ada dalam kebaikan sepanjang tahun. aamiin ya rabbal alamin. Mohon maaf lahir dan bathin ya ^_^
Tentu minggu ini sudah mulai sibuk kembali menjalani aktifitasnya masing-masing, ya. Yang kerja kantoran sudah duduk manis di kantor. Yang kerja  di rumah sudah duduk manis di rumah. Ayah working, ibu shoping hehhe insyaAllah berkah semuanya ya. Indahnya berbagi tugas #eh
Nah, mumpung masih hangat, saya mau berbagi pengalaman saya ketika mengantar puteri sulung saya (saya menyebutnya S1, sebab anak saya namanya di awali hurup S semua, jangan protes yaaa hihihi). Jadi Kakak S1 ini tahun yang lalu pernah sekolah di rumah, sebab tahun 2016 kemarin itu bener bener bingung mau cari sekolah y…