September 08, 2018



Hai, Moms! Apa kabar? Masih ingat kan saya pernah membahas tentang mobil jenis SUV.  Nah, kemarin, Moms, baru aja diluncurkan mobil Honda HRV terbaru. Honda HRV ini juga jenis mobil SUV tapi dia jenis premium.

Baca: Mobil Jenis SUV 

Saya sendiri enggak tahu kenapa, kok, jadi merhatiin jenis mobil sih. Ini juga gara-gara si kakak sih. Kemarin dia nanya sama ayahnya, boleh enggak dia dapat fasilitas motor. Mendengar itu, saya agak khawatir dong. Si Kakak kan belum 17 tahun, belum punya KTP dan SIM juga. Khawatir juga sama abinya dikabulkan.

Jadi, si kakak ini, sulung saya, meskipun belum lulus SMA, dia sudah mengajar di sebuah TK dan SD di daearah Ciomas. Sulung saya memang tidak bersekolah formal, dia menyelesaikan SMAnya di PKBM. Tahun lalu, dia mondok di akademi penghafal Al Qur’an, dan Alhamdulillah target setahun menghafal 30 juz al Quran tercapai dan dia diwisuda sebagai hafizah. Alhamdulillah.

Nah, salah satu komitmen lulusan akademi huffaz ini adalah mengabdi kepada masyarakat, menjadi ustazah mengajarkan Al Qur’an. Sulung saya tadinya hanya menunaikan tugas saja sebagai relawan. Tetapi ternyata di sekolah itu kakak diangkat sebagai guru dan digaji. Alhamdulillah, salah satu berkah dari menghafal Al Quran. Allah mudahkan dalam segala sesuatunya.

Saat ini kakak mendapat fasilitas asrama guru. Dia boleh tinggal di asrama guru agar lebih dekat dengan sekolah. Memang sih lumayan jauh juga dari rumah saya, mana Bogor sekarang macet banget, jarak dari rumah ke sekolah sekitar 7 km. Jadi memang baiknya kakak tinggal di asrama. Seminggu sekali pulang.

Tapi … kakak juga punya kewajiban belajar di PKBM. Kakak belajar di PKBM setiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu siang. Jarak dari asrama atau dari rumah ke tempat belajar sekitar 6 km. Kakak mengeluhkan uang hasil kerjanya habis untuk ongkos ke PKBM dan mintalah dia kendaraan.
Dari situ, akhirnya saya dan si kakak jadi lihat-lihat motor murah. Tapi, namanya ibu, saya tetap khawatir sama si kakak. Apalagi pernah dengar seorang psikolog bilang bahwa banyak kecelakaan disebabkan oleh pengendara pemula. Alih-alih memberikan fasilitas, anak pulang tinggal nyawa. Ihh ..
Akhirnya kami pun mencari mobil kecil yang murah meriah. Second pun tak pe. Sedang asyik mencari-cari, eh ada nemu situs mobil Honda HRV. Baru launching yang terbaru. Si kakak suka banget desainnya. Dia emang suka hal-hal yang berbau sport. Masa sih motor juga dia mah milih motor ninja. Hadeuhh, emak langsung keleyengan, emang duit tumbuh di pohon gitu hahaha

Mobil Honda HRV ini jenis mobil SUV crossover mini atau mereka sering menyebutnya Crossover Utility Vehicle. Mobil buatan Jepang ini masuk ke Indonesia sejak tahun 2014. Sampai sekarang banyak penggemarnya, karena penampilan mobil ini gagah dan sporty.

Nah, saya jadi ingat nih pepatah Kakak ipar saya, beliau sering banget jual beli mobil bekas. Katanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas.

  1. Perhatikan kondisi mobil, terutama kilometer mobil. Dari situ kita bisa mengetahui sudah seberapa kerap mobil itu digunakan. Namanya mobil bekas pasti perlu perawatan ekstra, kan. Jadi pastikan mobil dalam keadaan terawat baik dan layak pakai. Pastikan juga apakah mobil memliki asuransi atau tidak. Nah, misalnya mobil yang kami incer ini kan mobil Honda HRV. Kami harus memastikan Asuransi Mobil Honda HRV bekas ini tersedia atau tidak.

  1. Beli mobil yang dijual di dekat kota tempat tinggal kita. Hal ini agar kita bisa melihat kondisi mobil dari dekat. Jangan sampai kita membeli kucing dalam karung. Kita hanya melihat dari foto dan transaksi lewat jarak jauh. Ini berbahaya. Bisa jadi itu mobil curian atau masih dalam proses penyitaan misalnya. Mengerikan kalau kita terlibat dalam kasus ini. Amit-amit deh, tadinya mau ngirit, eh malah ketiban sial.

  1. Cek Harga. Kalau sudah ketemu mobil yang pas, tentu saja kita harus memastikan harga beli yang pantas. Sekarang jamannya online, tentu saja hal ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cari website otomotif yang terpercaya dan jujur.

  1. Hubungi penjual. Kalau sudah ada mobil yang cocok di kantong dan cocok di hati. Untuk menguji kesetiaan, ehem .. kita langsung saja menghubungi penjual. Hal ini sekaligus untuk menyambung silaturahim dan tentu saja melakukan deal, nego-nego gitu. Siapa tahu dapat harga diskon lagi hehhe

  1. Setelah bertemu dengan penjual, langkah berikutnya adalah test driver. Ini penting lho. Jangan sampai udah deal, udah bayar, eh, mobilnya mogok gak bisa dipake, lampu depan gak nyala, pintu belakang longgar, roda gundul, rem blong, dll. Penjual juga tentu saja harus jujur ya. Nah, mencari penjual jujur ini  jaman now, seperti mencari jarum di dalam jerami. Harus bener-bener berdoa khusuk kayaknya agar diketemukan dengan penjual mobil yang baik hati dan jujur.

  1. Periksa kelengkapan surat-surat dan  gali sebanyak-banyaknya sejarah mobil yang kita beli. Agar kita memakainya juga nyaman dan aman. Tanyakan apakah ada catatan service yang terakhir. Hal ini penting untuk melihat kondisi mobil secara keseluruhan.

  1. Jika membeli di dealer, sebelum menandatangani kontrak pembelian, pastikan beberapa hal seperti masih adakah garansi untuk mobil tersebut, baca secara seksama form pembelian dan pastikan surat surat yang kita dapatkan lengkap. Jangan sampai sudah deal, mobil di bawa pulang, masih ada kurang ini dan itu.

  1. Teruslah berhubungan baik dengan penjual mobil. Catat alamat rumahnya dan nomor teleponnya, agar  bisa tetap bersilaturahim dan jika ada sesuatu hal yang terjadi atas mobil itu mudah mencari pemilik terdahulunya.

Jadi, bagaimana nih,  teruskan membeli motor atau mobil Honda HRV untuk si kakak, Moms? Vote dong untuk saya, hehhe  


27 comments

bener mbak, hari gini mencari penjual yang jujur itu emang susah...

REPLY

selama ini belum berani beli mobil bekas, takut aja dengan pengalaman penggunaan sebelumnya.. but, thanks untuk tipsnya mbak

REPLY

vote deh hahaha...jual beli itu ada amanah didalamnya ya kalau hubungan sampai jadi silahturahmi itu luar biasa.

REPLY

Beli mobil aja, mba. HVR bagus. Lebih tenang dan aman naik mobil...

REPLY

Sekarang mah beli mobil secon mudah dan praktis, yang penting terpercaya dan sesuai bujet👌

REPLY

Tips yang bagus untuk membeli mobil. Saat ini memang banyak penjual mobil. Akupun suka dengan mobil sporty karena terkesan gagah

REPLY

Aku suka HRV ngeliat bodynya cakep dan manteb gtu. Kokoh. Cuma harga beli barunya mayan. Kalau beli bekas kyknya mayan ya, tentu aja kudu jeli kalau beli second. Makasih tipsnya.

REPLY

Hrv aku suka neh mobil luas dan lega.. tipsnya keren neh.. aku cba buktikan

REPLY

Boleh neh tipsnya mba biar beli mobil belas gak ketipu ya body luar dalam bagus.

REPLY

Test driver itu penting banget loh.., biar tahu banget kondisi mobil ya...jangan sampai udah bayar baru komplain .biasanya penjual banyak yg nolak.

REPLY

Cadass juga si kakak, hafizah yang sporty dan penyuka motor ninja. Dan makin cocok juga sama honda HRV yg juga sporty tampilannya

REPLY

Iya, Mba.. ngeri ya kalau kasih ijin anak untuk naik motor di usia yg belum matang. Karena resiko di jalan tuh kalau ga nabrak, yaa ditabrak.

Kalau buat hafizah kek kakak mah honda hrv udah cakep deh tuh. Itung2 hadiah dari kesholehannya. ^_^

REPLY

Blogger Eksis menyarankan untuk beli mobil aja ummi. Soalnya lebih muat banyak untuk mengangkut sanak saudara, jadi turut mengurangi kemacetan kan*

REPLY

HRV ini kapasitasnya cukup besar ya mbak, desainnya juga bagus dan sporty, btw terimakasih tipsnya nih mbak

REPLY

HRV emang bagus, ish semua jenis honda, CrV HrV BrV semuanya kusuka, semuanya bagus2 heuheu

REPLY

Hrv ini bagus banget. Suka banget Aku sama modelnya. Walau agak Mahal tapi sesuai dengan speknya. Honda emang ga perlu diragukan deh

REPLY

Terima kasih sharing nya mba. Kemarin sempat naksir HRV dan sempat kepikiran pengen ganti HRV, tapi krn masih 5 sitter sedangkan anakku 3 jadi sementara kami masih pakai mobilio dulu ehehe kan masih sama-sama keluaran Honda

REPLY

Kalau membeli di luar kota harus datang ke kotanya. Seperti jakarta harga pasaran lebih murah di sini daripada daerah. Beli mobil bekas hinda hrv di jakarta, jadi om nginap seminggu ke jakarta

REPLY

sebaiknya cukup usia untuk boleh nyetir dan baru beli baik motor atau mobil
Karena, faktor usia mempengaruhi kestabilan emosi di jalan raya..:)

REPLY

Pengecekan harga ini nih yang penting banget. Dan aku pun selalu lakukan adalah mengecek kelengkapan surat menyurat mba

REPLY

Penting banget juga untuk tau gimana dulu orangnya ngerawat mobilnya Mak, kalau dulu yang punya penyayang, insyaAllah semua mua juga terawat.

Yang jelas, beli bekas bukan berarti ga bagus selama kita pinter milihnya.

Kakak barokallohufiik yaa, semoga motor atau mobil Kakak tetep semangat mengajar Al Quran, keep fighting!

REPLY

Wah si kakak bakalan punya mobil sendiri nih. hati2 mengendarainya ya Kak.

REPLY

Tips beli mobilnya mantap nih. Boleh disimpan tulisan ini ah jadi kalau suatu hari mau beli mobil bisa intip lagi dan tak sampai salah beli.

REPLY

Kelengkapan surat2 sebelum membeli apapun termasuk mobil ataupun motor itu sangat penting banget ya mbak, jangan sampai kebeli barang yg gak kita ketahui asal usul dan gak lengkap surat2nya. Khawatirnya polisi cek eh kitanya dikira salah satu pelaku pencurian barang krn barang gak lengkap surat2nya

REPLY

Ak prefer beli mobil baru mba. Kecuali dari orang yang bener2 di kenal dan tau cara mereka merawat mobil gmn. Karena itulah aku gak pernah gonta ganti mobil krn uangnya blm ada utk beli yg baru. Hihihi

REPLY

Beli mobil bekas memang butuh ekstra teliti,kalau ga bisa-bisa kecewa parah dan rugi ya? Kayak tetanggaku,betulin habis 50an juta eh dijual anjlok..stres akhirnya

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates