Alasan Menulis Blog Versi www.sriwidiyastuti.com

81 comments

Apa asyiknya sih ngeblog? Beberapa teman bertanya begitu. Jadi, kuputuskan saja memposting alasan menulis di blog menurut versiku. Baca sampai akhir, yaa.

Jadi, saya ngeblog sebenernya sudah lama juga, sekitar tahun 2006, waktu saya tinggal di Jepang. Waktu itu, saya menggunakan Multiply sebagai platformnya. Yaiyalah, baru kenalnya itu aja sih belum yang lainnya.

Blog waktu itu fungsinya masih sebagai tempat curhat juga sebagai tempat menuliskan momen tumbuh kembangnya anak-anak. Lalu, saya mencoba membuat blog lagi di platform blogspot, sekitar tahun 2009. Waktu itu saya pergunakan untuk berjualan buku. Jarang banget nulis-nulis gitu deh. Akhirnya memang tidak terurus. 

Lalu tahun 2012 saat saya hijrah ke Malaysia, dan sudah tergabung dalam emak blogger, multiply tutup. Kami semua panik dong, gimana cara migrasinya, nih. Alhamdulillah berkat bantuan teman-teman emak blogger, kami sukses juga memindahkan tulisan di multiply ke blogspot. Namun, tidak semua foto dan artikel bisa kebawa semua. Jadi saya harus mengikhlaskan.

Alhamdulillah, dari hanya mencoba, akhirnya saya keterusan nulis di blog. Semakin berjalannya waktu, semakin banyak pengalaman yang saya dapatkan dari aktifitas ngeblog ini. 

Ceritanya masih panjang, yuk, lanjut!

Motivasi Menulis Monica Anggen

Baru-baru ini saya terinpirasi (baca tersihir) oleh materi yang disampaikan oleh mbak Monica Anggen. Yup, kalian pasti sudah mengenalnya juga, kan. Saya dulu mengenal mbak Monic sebagai seorang novelis dan juga penulis buku motivasi. Sebut saja beberapa bukunya yang berjudul 99 itu ada 4 buku. Keren banget, kan! Nah,  akhir akhir ini saya juga baru tahu kak Monic juga giat menulis di blog. 

Saya pernah bertemu dengan mbak Monica waktu pertama kali mengikuti event LG  Senci, apa ya tahun 2017 waktu saya baru balik merantau dari Malaysia. Waktu itu, Saki masih bayi. Mbak Monica sama Mas Pewe,  seneng banget sama Saki dan pengen bawa pulang tu anak hihihi. Aduh, aku cerita begini mbak Monica, inget enggak yaa. Kalau begitu, aku taruh juga deh fotonya, biar gak disebut hoax.

Alasan Menulis Blog

Nah, Fyi bulan September ini, saya memberanikan diri mengikuti kelas Growth Blogger #1 di grup yang diadakan oleh Growthing.id. Kelasnya gratis, oleh karena itulah saya nekad mengikuti kelas ini. Padahal lumayan riweuh juga dengan PJJ anak-anak, kan. Dan juga tugas utama saya menulis tugas akhir kuliah (tesis). Tapi, saya teringat dengan ucapan guru saya, 
hanya orang yang sibuk yang bisa membagi waktu dengan baik. 

jadi, bismillah, doakan semoga saya bisa menjalankan semua kewajiban saya baik yang kewajiban inti dan kewajiban untuk senang-senang ini. 

Materi yang disampaikan oleh mbak Monica ini tentang  Mahir Menulis dan Editing Blogspot. Dari judulnya saja sudah membuat penasaran, ya. Lalu, malam kemarin, kami berkumpul di grup whatsapp membaca pemaparan beliau, yang menurut penuturannya, ditulis sambil rapat dengan klien. Wih, hebat, banget, kan! Tulisannya rapi, gak pake typo. Jadi teringat tulisan sendiri yang menulis santai sambil rebahan saja, banyak typonya. Tahu, kan, perbedaaannya. hihihi 

Dan lebih takjub lagi, ketika menjawab pertanyaan kita, nih, mbak Monica sedang duduk di atas motor dalam perjalanan ke rumahnya. Ya, ampun, bener-bener bikin takjub banget. Kok bisa, nulis dengan terampil begitu, yaa.

Jadi selama kelas itu, saya tidak hanya memerhatikan materinya saja, tapi keterampilan menulisnya. Beda, kan, kalau materi, bisa saja sudah dipersiapkan, kan. tinggal copas aja, tempel di grup. Ini yang bagian menjawab pertanyaan, kok bisa rapi gitu, gak ada typo sama sekali. Salut, mbak Monica, aku padamu, deh! 

Mahir Menulis dan Editing Blogspot

Mbak Monica membagi beberapa sub tema pembahasan yang beliau sampaikan malam itu. Ini saya rangkumkan beberapa hal yang penting-pentingnya, ya.

1. Motivasi Menulis 

Menurut mbak Monica, dalam menekuni dunia menulis, harus memiliki motivasi yang kuat. Dengan motivasi yang kuat nantinya akan menjadi kekuatan ketika pada suatu ketika, apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan harapan. 

Tidak masalah jika motivasi menulis blog adalah karena "cuan" atau duit. Tapi mbak Monica mengingatkan, jangan over ekpektasi, agar tidak banyak kecewa.  Iya, juga sih, menulis itu kan butuh keterampilan dan latihan terus menerus. Terkadang, ada yang memberikan harga yang sesuai ada juga yang di bawah standar, jadi kembali lagi ke motivasi. Harus kuat dulu, agar tidak banyak kecewa

Selain karena uang, banyak juga yang menulis karena ingin berbagi. Yap, itu juga salah satu motivasi saya dalam menulis. Semoga jadi amal jariah saya nantinya.


2. Menulis  Blog

Selain motivasi, mbak Monica juga menyampaikan tentang how to menulis di blog. Mbak Monic memang sering sekali menulis buku-buku how to, salah satunya 99 Cara Mengasah Intuisi ala Sherlock Holmes. 

Menurutnya, meskipun ini adalah blog kita pribadi, usahakan apa yang ditulis adalah tulisan yang berbobot atau berisi. Buat tulisan yang baik dan mencerdaskan. Karena tulisan itu akan abadi. Track record kita sudah direkam dan itu tidak akan bisa dihapus jejaknya. Makanya banyak yang bilang, jejak digital itu kejam. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam menulis.

Menulis juga harus bersungguh-sungguh, jangan sebab bayarannya kecil, jadi asal nulis saja. Tetap harus menggunakan kaidah 5W+1H, PEUBI juga harus diperhatikan. 

Jadi ingat pada artikel-artikel yang saya tulis selama ini. Suka malu sama tulisan awal-awal ngeblog. Kata mbak Monica sih, sebaiknya tulisan lama diperbaiki saja, agar lebih enak dibaca.

3.  Press Rillis

Aduh, materi yang ini saya kejewer banget. Soalnya pernah juga copas aja press rilis, meski cuma 1-2 artikel. Jadi pada malam itu, saya akhirnya bertobat dan akan mencoba memperbaiki press rilis yang sudah tayang itu. Saya kira, karena press rilis dan tidak berbayar, bisa langsung ditempelkan saja.

Ternyata, mau dibayar atau tidak, kita perlu menulis ulang dengan cara parafrase, agar press rilis lebih baik dan sesuai dengan gaya penulisan blog kita.

Dan tentu saja, nanti efeknya kepada brand yang menitipkan press rilis, ada point lebih yang diberikan oleh klien.

4. Trik Menulis Tema Sama

Ini penting banget buat blogger pemula seperti saya. Kadang mendapatkan pekerjaan menulis artikel dengan tema yang ditentukan dan keywords tertentu, kan. Menurut mbak Monica, sebelum menulis tema yang sama, usahakan searching keywords yang sama tersebut. Lalu baca dan analisis, apa yang belum dibahas oleh artikel-artikel tersebut. Jika sudah ketemu, baru kita tulis. Maka, kemungkinan artikel kita dinilai unik akan besar.

5. Dari Blog Jadi Buku

Nah, paparan materi yang ini membuka mata saya. Ternyata dengan menulis di blog, bisa saja, nantinya artikel artikel itu dijadikan buku, lho. Mbak Monica memberikan contoh salah satu outline yang bisa menjadi ide atau tema dalam menulis di blog, yang nantinya bisa dijadikan buku.

Dan tahukah, bahwa saya baru tahu, manfaat H1, H2 dan seterusnya itu semacam outline dalam menulis buku. Aduh, saya jadi bener-bener merasa tidak tahu apa-apa tentang dunia perbloggingan. 


6. Tulisanmu adalah Dirimu

Nah, ini penting banget. Seperti yang telah disampaikan di poin nomor 2, kita harus menulis yang  baik berbobot dan bermanfaat itu sebab adanya kaidah "tulisanmu adalah dirimu".

Apa yang telah ditulis akan terus abadi menjadi rekam jejak digital kita. Teknologi semakin canggih, kita tidak akan pernah bisa menghapus apa yang telah tertulis di lama digital semudah menghapus mantan dari ingatan.

Mengapa Saya Menulis?

Bukan sekali dua kali saya ditanya oleh teman saya, mengapa saya menulis di blog? Sering! Kakak, teman dan saudara saya kadang merasa heran dengan aktifitas saya yang satu ini. 

Sebenarnya alasan menulis di blog ini sudah saya tulis pada tahun 2018, tapi tidak ada salahnya saya tulis lagi. Waktu terus berjalan, zaman pun cepat berubah dan kemungkinan manusia berubah pun tentu sangat besar. Begitu juga dengan target saya menulis di blog tentu saja ada perubahan seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman yang menyertainya.

Ini artikel saya tentang awal mula saya ngeblog yang telah saya tulis tahun 2018 lalu. Jadi kalau ada yang ingin mengetahui perjalanan ngbelog saya, sudah saya tulis di artikel itu ya.

Awal Ngeblog Saya Ngempi (MP)

Dulu saya sempat tinggal di Jepang selama 5 tahun. Sebagai keluarga diaspora, saya meluaskan pertemanan dengan mengikuti jejak teman-teman saya membuat akun di MP. Dulu belum ada FB ya. Kalau chatting juga menggunakan Yahoo Messengers. Tapi seneng banget. Meskipun teman-teman tersebar, ada yang di Belanda, Jerman, Amerika, tapi kita bisa tersambung lewat MP. Saya menggunakan MP untuk menulis catatan harian, semacam diary online. Tapi dibaca sama temen-temen, terus dikomentarin. Jadi ajang bertukar informasi dan komunikasi.

Lalu, tahun 2007 saya back for good ke Indonesia. Lalu, tahun 2009 saya mencoba membuat blog. Tapi masih lebih senang main MP, karena lebih familiar. Membuat blog awalnya saya pergunakan untuk berjualan buku.

Tahun 2010 saya dan keluarga pindah lagi ke Malaysia dan di sana saya mulai menekeni dunia literasi. Saya menulis buku dan menulis di blog. Awal bertemu dengan komunitas emak blogger adalah dengan KEB. Tahun 2012, MP tutup. Alhamdulillah, setelah bergabung dengan emak-emak blogger saya mendapat tutorial migrasi MP ke blogspot. Sebagian tulisan ada yang bisa diselamatkan ada juga yang terpaksa direlakan.

Nah, tahun 2016 saya pulang ke Indonesia. Tahun inilah titik saya mulai menekuni menulis di blog. Saya membeli domain atas saran teman saya, Risalah Husna. Dengan memiliki nama domain, blog kita menjadi blog yang dipercaya dan kemungkinan mendapatkan job dari menulis di blog.

Woh, saya senang dong. Dengan demikian, kan saya bisa memiliki penghasilan sendiri. Jujur saja, kehidupan di Indonesia dan Malaysia itu berbeda banget. Dengan menulis di blog, menurut teman saya, akan mendapatkan  passive income dari aktifitas ini. Paling enggak, punya tabungan untuk kondisi yang tak terduga. Padahal mah setelah itu, kebanyakan fee dari menulis saya belikan buku lagi hihihi 

Alhamdulillah akhirnya tahun 2016  di usia kehamilan saya yang ke-7 bulan, saya mendapat job pertama. Popok bayi sekali pakai (diapers). Saya sebut ini rejekinya dede bayi. Belum lahir anaknya, eh sudah ada yang mau mengirimkan popok. Alhamdulillah.

Kemudian terus saja ada pekerjaan yang datang. Ketika Saki berusia 4 bulan, saya mengikuti event untuk pertama event LG di Senci. Itulah pertama kali bertemu dengan Kak Monica. Senang sekali, selama bertahun-tahun cuma tahu nama saja di facebook, akhirnya berjumpa darat juga. Mbak Monica ini humble banget dan lebih suka menyendiri, pendiam sepertinya. Dan benar menurut pengakuan mbak Monica, dia lebih suka menyendiri. Saya berusaha memahami. Namanya penulis, tentu lebih suka menjalani jalan yang sunyi. 

4 Alasan Saya Menulis

Alhamdulillah setelah perjalanan yang panjang, akhirnya saya tambah paham, mengapa saya menulis di blog. Ini saya rangkumkan, semoga bisa menginspirasi, ya.

1. Bukti Taat pada Perintah Allah

Wahyu pertama yang disampaikan kepada Rasulullah SAW adalah iqro! Perintah membaca. Lalu tak lama kemudian, datang wahyu berikutnya, nun! Perintah menulis. Oleh sebab itu, saya berusaha mencintai aktifitas membaca dan menulis ini, karena ini adalah perintah Allah.

Lagipula, dari pengalamanku, menulis tanpa membaca itu isinya kosong. Dengan membaca apa yang kita tulis, kita bicarakan akan berisi. Itulah mengapa penting sekali mengawali aktifitas menulis dengan membaca, karena keduanya saling berkaitan.

Dalam dunia literasi, membaca dan menulis adalah dua keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap manusia di dunia ini. Dengan memiliki dua keterampilan literasi ini, maka dapat dipastikan dia akan dapat menguasai keterampilan literasi lainnya, seperti literasi numerasi, literasi digital, literasi sains dan literasi kewargaan dan budaya.

2. Ingin Berbagi Kebaikan dan Pengalaman.

Niat menulis paling awal adalah ingin membagikan kebaikan. Bahasa sederhananya: Dakwah Bil Qolam, menyampaikan kebenaran lewat tulisan. Teringat akan  sabda Rasulullah SAW, 
sampaikanlah meski satu ayat 

Selain di platform blog pribadi, saya juga menulis di blog yang merupakan portal dakwah, seperti Dakwatuna dan menjadi kontribusi Majalah Ummi Online. Bisa di search ya beberapa artikel atas nama saya. 

Di blog pribadi saya membagikan pengalaman saya dalam mengasuh anak-anak, mendampingi tumbuh kembangnya, menceritakan pengalaman traveling di Malaysia dan beberapa cerita waktu saya tinggal di Jepang. Semoga dengan berbagi kebaikan dan pengalaman ini dapat membantu sesama ibu dalam menyelesaikan masalahnya di rumah bersama anak-anak.

3. Merawat Peradaban

Ada yang bilang menulis merawat peradaban. Saya sepakat sekali. Dengan menulis mungkin apa yang kita tulis sekarang akan menjadi sejarah di masa akan datang. Oleh karena itu, saya sepakat dengan apa yang disampaikan oleh mbak Monica, menulislah yang baik-baik saja. Tulis fakta yang ada. Karena bisa jadi, tulisan kita akan menjadi sumber primer pada sebuah peristiwa yang sama di masa depan. Seperti pandemi Covid-19 ini. Dulu pun terjadi pandemi yang serupa. Artinya kemungkinan besar nanti 100 tahun mendatang, apa yang kita tulis ini akan menjadi sejarah yang dibaca oleh anak cucu kita.

Sejarah berulang.

Yah, gak usah menunggu sampai 100 tahun. Mungkin ketika kita sudah tidak ada, maka tulisan kita akan abadi dan dikenang. Dikenang sebagai apa?  Silakan dijawab masing-masing yaa.

Saya tidak mau muluk-muluk sih, ingin dikenang sebagai ibu, nenek, yuyut yang baik oleh anak-anak dan didoakan masuk surga dan bersama-sama lagi, kelak di surgaNya.

4. Mendapatkan Manfaat

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan adalah kesenangan baik moril dan materil. Alhamdulillah dengan selama ini selain mendapatkan tambahan finasial, saya juga mendapatkan kebahagiaan yang tidak dapat dituliskan dengan kata-kata. Menulis membuat saya dapat menyalurkan ide-ide yang belum tentu bisa diterima oleh orang lain dengan cara lisan.

Vorba Volant Scripta Manent. 
Apa yang dikatakan akan lenyap. Apa yang ditulis akan abadi

Saya bisa berekspresi mencurahkan semua pikiran, pengalaman dan berbagai hal yang ingin saya sampaikan. Terkadang kita perlu kan saluran untuk memuntahkan semua sampah dalam pikiran kita. Kalau tidak perlu di posting. Biasanya saya simpan saja di laptop, saya kunci wordnya. Sampai lupa passwordnya haha

Tapi jadinya puas! 

Manfaat menulis juga mengikat kenangan yang mungkin kita tidak mungkin bisa mengingatnya dengan baik. Dengan menulis kita bisa sewaktu-waktu membongkar kenangan itu dan mungkin bisa bermanfaat menjadi sebuah tulisan baru dan jadi buku.

Setiap orang tentu saja memiliki motivasinya masing-masing ya dalam menulis di blog. Semoga apapun itu dapat bermanfaat untuk kehidupan kita di masa kini dan masa mendatang. Terutama akan menjadi pemberat amal sholeh kita nanti saat bertemu dengan Sang Pencipta kita, Allah SWT. 

Berkah Menulis di Blog

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, alhamdulillah saya sangat bersyukur karena banyak berkah yang saya dapatkan.

1. Memanjangkan Tali Silaturahim

Yup, bahagia banget karena saya bisa berkenalan dengan semua teman-teman di belahan bumi manapun. Seperti pengalaman saya waktu pertama kali menulis di MP. Teman-teman saya tersebar di berbagai negara, seperti Jepang, Belanda, Malaysia, Indonesia, Jerman dan Rusia.

Akhirnya setelah kita sering berinteraksi di dunia maya, lanjut ketemu di dunia nyata, Beberapa teman saya di MP ketemu di Malaysia dan menjadi tetangga di sana. MasyaAllah.

Begitu juga ketika saya tinggal di Malaysia, kemudian balik lagi ke Indonesia, saya tidak mendapatkan kesulitan dalam beradaptasi dengan teman-teman, karena sudah biasa blog walking dan say hallo.

2. Bertemu Orang-orang Hebat

Nah berkah yang nomor 2 ini beneran saya bersyukur karena bisa bertemu dengan orang-orang hebat. Dengan menulis di blog, saya bisa masuk ke lingkungan birokrat, kementrian, ketemu artis, ketemu penulis terkenal, dan semua itu gara gara menulis di blog.

Dan tentu saja, ketemu dengan kamu. Iya kamu, yang sedang membaca artikel ini sampai sini. Kamu juga orang hebat yang saya kenal!

3. Dapat Hadiah Laptop dan Kamera

Ini adalah momen yang tidak pernah bisa saya lupakan. Bulan Agustus 2017, untuk pertama kalinya saya mengikuti event dengan niche teknologi. Karena saya niche lifestyle jadi diajak sama mas Joko (tentu dengan mendaftarkan diri, ya). Waktu itu saya mengikuti event Peluncuran Omen by HP.

Awalnya saya rasa deg-degan, karena saya satu-satunya blogger yang membawa bayi ke event itu. Lalu blogger yang saya kenal saat itu, hanya Tia karena dari FLP dan Mak Tanti, karena pernah jumpa juga di event LG. Nah, pas acara nih, Saki sempat rewel juga, karena lampu dimatikan. Saya tenangkan dia dengan berdiri di bagian belakang Sambil mencatat apa saja yang disampaikan waktu acara berlangsung.

Nah, ketika cabutan bertuah, ternyata kartu nama saya yang tercabut. hadiahnya laptop HP . Bener deh, saya gemetaran saat menerima hadiah itu, gak nyangka mendapat grand prize. Sekali lagi, ini rejekinya Saki. MasyaAllah.

Lalu, tahun yang sama, saya  juga memenangi lomba menulis blog, dengan hadiah kamera pocket Canon Powershot SX620 HS dan mendapat uang tunai  1,5 juta lomba blog dari Interlac.

Canon Powershot SX620 HS


Lalu, terus saja berbagai hadiah dan fee dari menulis di blog ini. Alhamdulillah, meskipun bukan motivasi utama, tapi benar kata mbak Monica, ini adalah bonus manis dari aktifitas kita menulis di blog.

Ceritanya bisa dibaca di Tentang Saya, yaa.

4. Mendapat Penghasilan dari Blog

Ya tadi, di atas sudah disebutkan ya. Akhirnya dengan rajin menulis ngeblog, saya memiliki penghasilan. Jujur saja, nilainya lebih banyak daripada menulis buku cerita anak. Tetapi, saya tetap berusaha konsisten tetap menulis buku cerita anak, karena saya memiliki tujuan tertentu dengan aktifitas menulis buku cerita anak ini, yaitu melahirkan buku anak yang berkualitas dan memberikan keceriaan kepada anak-anak.

Pokoknya sedih deh kalau jadi penulis buku itu. Kalau kalian belum memiliki nama seterkenal Tere Liye atau Dee, jangan terlalu berharap punya penghasilan seperti mereka. Kadang jualan buku juga pada minta diskon aja, eh malah ada yang minta juga hihihi

Gapapa sih, kan memang ada waktunya kita berbagi ada juga waktunya jualan yaa. Karena kehidupan terus berputar, kita tidak tahu, jadi apa kita di akhir nanti. Ketika kita berbuat baik, sesungguhnya kita sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri.

5. Merasa Muda Terus

Nah, ini. Dengan menulis di blog atau menulis buku cerita anak, saya merasa selalu muda. Selain itu teman-teman saya kebanyakan di bawah usiaku, ya. Jadi seneng saja disebut Mama Muda. Apalagi saya seringkali hadir di event dengan membawa bayi. Kadang orang menyangka saya baru punya anak satu hehe padahal kakak-kakaknya ada 5 lagi di rumah.

Nah, teman-teman, itulah beberapa alasan menulis blog versi www.sriwidiyastuti.com. Kalau kalian, apa saja motivasi kalian menulis di blog? Sharing, yuk!

Semoga September menjadi benar-benar September Ceria karena berbagi itu, indah!

Have Nice Day!
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

81 comments

  1. Saya tertampar sama kalimat ini "Hanya orang yang sibuk yang bisa membagi waktu dengan baik." Selama ini saya masih sok sibuk, masih susah ngatur waktu, apalagi membagi waktu antara nugas kuliah, pekerjaan rumah, dan ngeblog. Masih keteteran banget rasanya.

    But, tetap masih berusaha sebaik mungkin untuk terus menulis. Ternganga saya bacanya mbak yg bagian merasa muda terus, apa bener ya menulis bisa bikin awet muda hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal muda terus itu perlu pembuktian mbak. jadi menulis blog terus lah, biar muda terus .. eh gimana sih hahaha

      Delete
  2. Mbak Monica memang penginspirasi sejati ya mbak. Tulus dan mengalir. Semoga beliau dapat kebaikan. Senang belajar dengan dia. Jadi pengen meluk bukunya. Ketikan pakai hp aja sudah buat sihir apalagi bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, humble banget. Dan aku kira mbak Monica itu masih single lho, waktu dikasih tau udah menikah dan anaknya udah bujang, kaget juga haha awet muda pisaann

      Delete
  3. Alhamdulillah, mba. Ngeblog membawa banyak manfaat, ya. Saya jadi semakin ingin untuk terus menulis. Karena saya juga merasakan manfaatnya, bisa berkenalan dengan banyak Bloger-Bloger keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sepakat banget. Jadi tahu dunia juga kan, dengan menulis bisa membaca blog temen juga, baik yang di dalam dan luar negeri

      Delete
  4. Saki gemes banget mbak, kayanya kalau ketemu pengen bawa puang juga deh hehe
    Ulasannya lengkap sekali mbak, mantap ya materinya mbak monic. Oh ya, Ngempi itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lucu bangte Saki, sampe waktu itu diikutin terus sama Ani, cewek korea hehe

      Ngempi itu maksudnya MP multiply, kalau enggak pernah main MP emang gak tau istilah ini :-)

      Delete
  5. Haturnuhun atas sharingnya teh, inspiratif pisan 👍👍

    ReplyDelete
  6. Merasa belum bisa konsisten ngeblog, tapi dapat insight baru dari sini. Nuhun, bu sri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diikuti saja prosesnya, pasti akan ada waktunya konsisten juga, memang tantangannya di sini kok ngeblog itu atau aktiftas lainnya.

      Delete
  7. Wah keren, mbak Sri pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Dulu pernah pengen banget tinggal di sana. Hehhe... Apalah daya nggak kesampaian. Semangat terus Mbak Sri menulisnya, semoga kita semua bertahan sampai akhir ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aamiin insyaAllah. Semoga impiannya terlaksana ya

      Delete
  8. Punya blog ini jadi berkah ya mbk, selain dapet banyak ilmu dari tulisan blogger lain, juga dapet banyak teman

    ReplyDelete
  9. Aiihhh foto yang sama mbak Monic so sweettt.. hehehe.
    Masya Allah ya pengalaman menulis mbak Sri. Dari menulis cerita anak hingga ngeblog sukses semua. Tapi di balik itu juga enggak mudah ya perjuangannya.
    Semangat selalu, Mbak Sri 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, iya tidak mudah menulis di blog mbak. Tapi menyenangkan

      Delete
  10. "hanya orang yang sibuk yang bisa membagi waktu dengan baik."

    Aaakkk mba Sriii, dirimu sungguh warbiyasaaakk!
    Aku terpacu untuk (lebih) rajin ngeblog gegara baca blogpost ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nampol saya juga. Jadi tertantang untuk mematahkan tantangan

      Delete
    2. Setuju banget...
      Menginspirasi sekali untuk para pembaca agar selalu produktif melakukan suatu kebaikan di setiap waktu.

      Delete
  11. Wah sesama fansnya Monica Anggen ya kita. Suka banget sama totalitasnya menulis. Wajar aja buku-bukunya banyak yang bestseller ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, alhamdulillah bisa berguru langsung sama mbak monica

      Delete
  12. Aku dulu pas mulai nulis gak mikir soal dapat uang. Maunya ya biar dibaca banyak orang aja. Alhamdulillah terwujud kan. Jadi tetap semangat dan balik ke niat awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, kayaknya bebas aja ya, eh kesini sini malah jadi matre hihihi emang kudu realistis juga sih yaa

      Delete
  13. Mbaak, dirimu bukan pemula ah 😍 Pengalaman ngeblognya sudah banyak, sudah terbilang lama tapi salut masih terus belajar.😍
    Sampai kini alasan menulis di blog semakin kuat, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak alhamdulillah, cuma ini suka ada aja yang minta diajari, jadi aku harus belajar lagi lah. Dan mrmang belajaf itu ga kenal waktu dan harus terus dilakukan

      Delete
  14. waw mba, dah lama sekali menulis. Kalau tak salah hitung berarti dari tahun 2006 ya? Masya Allah, pada masa itu aku kenal blog aja belum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu fungsi blog buat saya untuk curhat aja sih. Alhamdulillah bisa lanjut hingga sekarang

      Delete
  15. Mbaaaaaa... aku ijin pinjem kaliman ini yaa... buat taruh di sticky note "hanya orang yang sibuk yang bisa membagi waktu dengan baik" ... sungguh aku suka banget tulisanmu mba.. serasa ada nyawa di dalamnya.. doakan aku bisa kayak kamu ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, silakan mbak. Kutip ssja selama itu kebaikan. InsyaAllah saling mendoakan ya mbak. Terima kasih sudah membaca hingga akhir

      Delete
  16. Masya Allah, kuncinya memang di menejemen diri dan waktu...dan luar biasa bu Sri/ bunda dari 6 anak yang pastinya super sibuk, kegiatan internal dan eksternal sangat prosduktif dalam menulis. Insya Allah, tulisan2 nya akan sangat bermanfaat untuk ummat.aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jazakillah bu. Alhamdulillah diberi kesempatan ini sama Allah bu. Jadi harus dipergunakan sebaik baiknya.

      Delete
  17. Ahhh iriiii.. pernah ketemu Mbak Monica Anggen... mauuuu

    ReplyDelete
  18. Asyiknih, awal-awal ngomongin lagu. Aku ya walaupun belum lahir di zaman itu, tapi tahu lagu Vina itu kok. Hehe September ceria.

    Kalau aku pernah dapet lomba blog juga, kayaknya nulis makin rajin deh. Sayangnhaa belum pernah dapet. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Aku juga mau muda terus, jadi harus nulis nih ����

    Hebat dari nulis dapet hadiah, jadi makin semangat ya mba, aku belum pernah, hhee. Masih malu mau ikut kompetisi.

    ReplyDelete
  20. Masya Allah. Niatnya mulia banget buat generasi ke depannya. Aku juga pengen kayak gitu eh.

    ReplyDelete
  21. 14 tahun? Keren banget mbak. Zaman segitu aku juga udah punya blog, tapi lupa passwordnya wkwk. Waah main MP juga. Hits pada zamannya ya mbak. Dulu aku juga sempat nulis di MP. Tulisan-tulisan di sana sudah kupindah ke blog yang sekarang juga.. jadi pas MP tutup sudah terdokumentasi tulisan-tulisan di sana.

    ReplyDelete
  22. Saya ga sempat pakai multiply itu dulu, tapi pernah dengar. Langsung ke Blogspot sampai sekarang. Bener deh ngeblog itu salah satu cara bikin awet muda, gimana nggak awet muda ada banyak info dan teknologi berkembang yang bisa kita terus dapat dan pelajari dg ngeblog.

    ReplyDelete
  23. Saya ga sempat pakai multiply itu dulu, tapi pernah dengar. Langsung ke Blogspot sampai sekarang. Bener deh ngeblog itu salah satu cara bikin awet muda, gimana nggak awet muda ada banyak info dan teknologi berkembang yang bisa kita terus dapat dan pelajari dg ngeblog.

    ReplyDelete
  24. Wow..tulisan yang keren banget..isinya mantul...mantep..kata aku yang amatir banget dalam hal tulis menulis..isinya daging semua. Hehehe..
    Btw, kalau inget kilas balik masa remaja kita, kayanya aku duluan yang rajin menulis. Nulis cerpen, puisi,apa aja yang mampir di kepala bakal langsung mamoir di kertas berlembar -lembar. Maklum jaman jadul dulu pakenya mesin tik.. ingat ga, adik??
    Tapi, kenapa sekarang dirimu yang luarbiasa produktif ya dan bisa menghasilkan banyak tulisan, buku cerita, dan lain-lain yang bikin buku tabungan jadi bertambah terus. Ngileeer deh jadinya...
    Pengen niru tapi suka terhambat sama kalinat "sok sibuk" hehee.
    Dengan adanya tulisan ini jadi semangat lagi deh pengen nulis lagi. Dan berpetualang dalam imajinasi yang tiada batas dan bisa menghasilkan manfaat..
    Yuk semangat...mohon bantuannya suhu...

    ReplyDelete
  25. Saya juga malu saat liat tulisan lama. Pengen perbaiki tapi malasnya ngak bisa dilawan. Duh..PR ini

    ReplyDelete
  26. Mengikat kenangan. Ini adalah salah satu alasan mengapa saya mulai menulis di blog. Saya mah blognya masih bayi. Tapi beberapa alasan ngeblog yang mbak Sri tulis hampir sama. Semoga konsisten selalu menghampiri kita. Semangat ngeblog!!

    ReplyDelete
  27. Hai mba Sri, wah menarik alasannya. Memang bener ya tulisan kita itu adalah cerminan diri kita sendiri. Btw aku seneng banget dari ngeblog ini aku bisa punya banyak teman 😁

    ReplyDelete
  28. Masaya allah, emang beda ya penulis pemula (aku) n legend, isinya berkelas sekali mbk.
    Barakallah mbk,
    Niatnya mulia sekali, insya allah berkah. Aamiin..
    Semangatmu mengispirasiku mbk

    ReplyDelete
  29. Wah mba sri pernah menjuarai lomba blog ya....keren ih. Saya udh lama banget gak ikutan lomba blog. Salut sama mba walau ibu dengan beberapa anak tapi bisa fokus menulis.

    ReplyDelete
  30. Keren ih mbak...
    Saya malah jarang banget ikutan lomba blog karena memang orangnya males banget buat ikut2an kayak gituu...

    ReplyDelete
  31. Mantap ya, mbak Mon. Emang udah penulis tingkat dewa Beliau itu.

    ReplyDelete
  32. Saya juga pernah melakukan, copas press realase..Karena saat itu benaran gak punya ide harus nulis gimana, selain capek dan malas. Waktu itu tahu sih itu adalah dosa bagi seorang blogger. Mudah-mudahan habis ini tak terjadi lagi. Inpiratif alasan menulis blognya, Mbak

    ReplyDelete
  33. Banyak ya yang dadi blog jadk buku. Aku malah lagi gada waktu nulis buku karena nambah kerjaan..anak kurang kehandle. Bukan orang sibuk yang oandau atur waktu ya klo gini mah wwkwkw

    ReplyDelete
  34. aku ngeblog dari kelas 3 sd. tapi ya itu deh internet masih mahal banget jadi cuma sebulan sekali main ke warnet. hehe

    ReplyDelete
  35. Waduh, yang soal press release itu jleb banget juga buat saya, kadang karena malas cuma nambah paragraf di awal dan di akhir aja, hiks...

    ReplyDelete
  36. Aku pengen banget ikutan kelas growth itu deh tapi belum sempat-sempat. Kalau aku biasanya nulis base on experience atau perkembangan yang ada. Biasanya suka cek dibeberapa teman yang nantinya bisa ku jadikan bahan tulisan juga. Kalau nulis ulang press release buatku BIG NO!!

    ReplyDelete
  37. Management waktu, disiplin, niat dan konsisten. Pasti ada kejenuhan menulis di tengah kesibukan (curcol haha) tapi saya mengingatkan diri lagi, awalnya seperti apa dan sudah sampai mana .. jadi .. ya harus diteruskan! Semangat kak.. semua yang dituliskan pasti bermanfaat untuk orang banyak

    ReplyDelete
  38. "Hanya orang sibuk yang dapat membagi waktu dengan baik"
    Lope pisan sama kutipan itu.
    Semoga selalu happy menulis di blog yaa.

    Setuju banget sama alasan2nya diatas.
    Anugrah dari menjadi blogger pun, aku bisa gabung bekerja di dunia unternet marketing, lope banget dah.

    Smangat konsisten dan sibuk membagi waktu dengan baik buat kita semua.

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah ya berkah ngeblognya sudah banyak, semoga kedepannya semakin banyak ya mba berkah ngeblognya, semoga saya kedepannya juga bisa menyusul seperti mba, aamiin allahuma aamiin,

    ReplyDelete
  40. Nomor terakhir mbaa. Duh bener sekali. Pokoknya dg menulis paling enggak ngerasa muda. Haha.

    ReplyDelete
  41. Salut sama teteh, energik banget bisa datang ke event yang jauh-jauh bawa bayi, semoga berkah ngeblognys ya Teh

    ReplyDelete
  42. Meuni keren pisan ya Uminya Saki. Sepertinya aku dulu pernah dengaf pas Teh Tuti dapat hp, oalah ternyata ceritanya gitu ya

    ReplyDelete
  43. Sama, aku kenal mba Monica ya sejak jadi penulis dulu. Pernah punya bukunya tapi novel. Aku jadi pengen punya bukunya buat baca kiat2nya.

    Btw, menulis blog buatku adalah menyalurkan hobi menulisku. Dihadiahi pembaca yang setia dan melihat angka statistik terus naik itu udah happy. Tujuanku hanya dibaca, jika ada bonus cuan ya... aku nggak menolak :)

    ReplyDelete
  44. MashaAllah~
    Terasa sekali yaa, kak....untuk konsisten menulis blog, sebenarnya kita rajin merawat mental kita. Agar senantiasa sehat dan belajar dari banyak tulisan sahabat blogger.

    Haturnuhun sudah berbagi, kak.

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah penuh berkah dari menulis. Alasan menulisnya luar biasa, Mbak. Haa.. emang bener sih orang sibuk bisa mengatur waktu. Sebelum pandemi saya bisa atur waktu antara, rumah, kantor dan kegiatan lainnya yang kadang ke luar kota. Tapi semenjak 3 bulan kemarin cuti melahirkan dan memang ada pandemi, saya kebanyakan lantang luntung di rumah. Terus kayak gak ngapa-ngapain tapi waktu cepat berlalu.

    ReplyDelete
  46. Keren eung Teh Tuti, udah pernah dapet hadiah laptop. Tapi setuju, menulis blog itu banyak manfaatnya. Aku sendiri dari blog dapet banyak hal. Dari teman, pengalaman, percaya diri, ilmu, hingga penghasilan. Gak kebayang deh kalo gak ngeblog. Aku pasti masih jadi ibu-ibu yang kuuleun. 😂

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah banyak pencapaian dari ngeblog ya mba. Bisa nambah temen juga

    ReplyDelete
  48. Menulis di blog itu karena suka menulis, berbagi hal-hal positif. Semakin ke sini menulis bagi saya itu seperti self healing. Sehabis menulis itu rasanya plog, lega.

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah dengan ngeblog jadi banyak teman dan saudara. Bahkan bisa punya teman dari seluruh nusantara. Dan iya dari ngeblog juga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

    ReplyDelete
  50. Pengalaman ngeblognya sudah panjang ya Mba, zaman blog multiply.

    Wah semoga tesisnya rampung dengan baik dan segera sidang masternya ya Mba... tetap menulis dan menebar inspirasi mba...

    ReplyDelete
  51. seru banget kelasnya mbak monic ya maaaak.. siap siap jantungan lagih untuk pengumuman lulus engganya kelas kedua besok. Wahahahahaaa. semoga kita bisa lulus bareng di growthing yaaaa.. aamiin..

    ReplyDelete
  52. Wah ternyata Mbak Sri anak MP ya? Jangan2 kita dulu satu circle tapi gk saling ngeh hehe. Soalnya aku selalu manggil nama teman MP sesuai akunnya haha.
    Akunku ya dulu alay dan teman2ku suka manggil aku itu, jd gak ngenalin nama asliku :D

    ReplyDelete
  53. Wiih mbaaa aku seneng bacanya. Bisa sampai dpt hadiah gitu yaa..

    Menulis memang menyenangkan sih kalau sudah terbiasa

    ReplyDelete
  54. Luar biasa banget pengalaman nulisnya. Wajar sih kalau suka menang lomba blog. Tulisannya enak dibaca. Ajarin aku dong mbak... masih suka ngasal nih kalau nulis.

    ReplyDelete
  55. Dengan menulis, kita akan abadi. Karena karya kita Insya Allah akan terus ada dan dkkenang.
    Syukur2 kalo tulisan kita bermanfaat dan menginspirasi yang baca ya mbak.

    ReplyDelete
  56. Seneng ya, dengan menulis banyak hal bisa didapat. Saya juga bersyukur dipertemukan dengan dunia blogging. Menarik dan membuka wawasan sekali...

    ReplyDelete
  57. Senang ya bisa ketemu kak Monica
    Aku pernah tapi masih malu malu kenalan waktu itu

    ReplyDelete
  58. Aku suka banget sama pilihan font di blog mba ini.
    Bikin nyaman di mata.
    Juga jumlah kalimat dalam setiap paragrafnya, juga bikin betah.

    Memang banyak manfaat menulis blog ya, mba.
    Yang paling menonjol, privilege blogger.
    Misalnya, bisa tahu duluan produk yang bahkan belum di launching di pasaran.

    How cool is that? *usapjenggot eh dagu mode ON
    Hahaha...





    ReplyDelete
  59. Kita samaa prnh nulis di MP mba :D. Tapi pas nulis di sana dulu, aku blm pake Niche traveling, masih tulisan gado2 yg kebanyakan curhat hahahahha. Malah sebelum MP, aku juga nulis di blog nya Friendster.

    Sbnrnya aku nulis blog Krn dari SD memang terbiasa nulis diary. Segala macam aku tulis, walo kebanyakan hanya kegiatan sehari2. Tp setelah zamannya internet, aku pindah nulis di blog. Pas MP tutup, aku pindah ke blogspot, di situlah pgn fokus Ama Niche traveling dan kuliner.

    Tujuanku pertama ngeblog sampe skr msh sama. Hanya utk menuliskan semua pengalaman pribadi jalan2ku dan kuliner. Apalagi aku pelupa banget. Sayang aja kalo semua perjalanan yg udh dilakuin ga dicatet, dan akhirnya malah lupa . Syukur2 dari tulisan itu aku bisa dpt banyak temen juga :).

    Blm kepengen untuk cari duit dr blog. Itu rezekinya udah dari pintu yg lain :). Biarlah blog hanya untuk sharing pengalaman dan dapet banyak temen.

    ReplyDelete
  60. saya selama ini kalau nulis alasan awalnya karena suka, bisa menuangkan apa yang pernah dialami khususnya saat perjalanan. lama-lama jadi suka deh. Mba udah keren tulisannya, selalu menginspirasi, tetap menulis ya mba, biar bisa terus menginspirasi para blogger pemula seperti saya

    ReplyDelete
  61. MasyaAllah ya Mba. Banyak sekali. Manfaatnya ini. Menulis di media manapun selalu menyenangkan

    ReplyDelete
  62. Multiply itu pelajaran bikin web zaman SMA mba. hihi
    Sayang ngga kuseriusin buat isi setelahnya.
    Baru kepikiran ngeblog setelah jadi ibu rumah tangga.
    Mungkin bisa kasih tips, biasanya mba ngeblog sekitar jam berapa supaya cepet kelar?

    ReplyDelete
  63. Seperinya saya kenal dengan tokoh senior yang satu ini, sebagai yunior saya malah sempat mampir dan banyak membaya dari tulisannya. Maklumlah saking banyak kegiatan lainnya sering lupa hadir di setiap blog teman. he,, he,,he,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email