Introvert Jadi Komika? Ardit Erwandha Bagikan Kisah Suksesnya

52 comments
Blog About Sri Widiyastuti's Family and Her Activities

Introvert Jadi Komika? Emang bisa? Terkadang pertanyaan itu menggelitik di hati sanubari. Karena biasanya mereka yang memiliki kepribadian tertutup, jarang sekali yang lucu. 

Bener, enggak sih? Ah, itu, kan pandangan kita aja ya, sebagai orang awam.

Kalau kita ngomongin orang-orang yang dari kepribadian pendiam, menutup diri, lalu menjadi sorang sukses di dunia entertainment, itu, penasaran, enggak, sih?

Yah, gak bisa dinafikan, ya. Setiap orang di dunia ini, tentu saja memiliki passionnya masing-masing. Saya percaya, salah satu yang ditakdirkan Allah kepada manusia,  adalah passion. Skill yang Allah anugerahkan kepada kita jauh sebelum kita dilahirkan. 

Mungkin, mungkin lho, ya, proses menemukan passion ini ada yang mulus ada yang berliku-liku, bahkan ada yang sampai jatuh bangun, berdarah-darah (lebay). But, saya percaya, tentu hasilnya akan luar biasa ketika kita bisa membangun passion kita meskipun dengan proses yang tak mudah itu.

Yap, ketika kita menemukan passion itu di dalam diri kita, rasanya seperti .. wah .. gak bisa dituliskan dengan kata-kata, deh! Apalagi ketika kita ingat,  Allah selalu saja menunjukan kita kepada passion ini meskipun kita berusaha menolaknya, bertemu dengan orang-orang yang sama passionnya, dan akhirnya kita benar benar sadar, oh ternyata inilah passion-ku! 

Begitulah yang terjadi dengan saya. Mungkin juga dengan teman-teman semua, ya. Dan Alhamdulillah, saya juga sudah menemukan passion saya dan saya menikmatinya sekali.

Baca Tentang Saya. jika teman-teman ingin mengetahui lebih jauh saya.

Asyik memang kalau sudah ngomongin soal passion, yaa.

Ini gara-gara saya mengikuti Fun Talk Live IG di  HomeCredit campaign #AyoMajuBersama. Temanya cukup menggelitik, Resep Bahagia Lewat Ketawa. Hostnya Kak Bernard dan menghadirkan Kak Ardit Erwandha, Komika asal Samarinda, yang saya tilik-tilik, wajahnya kok mirip anakku yang cowok, ganteng dan sholeh.

Introvert Jadi Komika

Fyi, Komika itu adalah salah satu genre dalam profesi melawak yang pelawaknya itu melawak sendirian di atas panggung membawakan sebuah tema monolog. Bahasa sederhananya stand up comedy.

Meskipun wajahnya baby face, tapi kak Ardit itu sudah punya bayi, yaa. Bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan dan memerlukan kasih sayang dari ayah dan bundanya. Lucu banget anaknya mirip ayahnya, lucu! 

Alih-alih ingin tahu resep bahagia lewat ketawanya kak Ardit Erwandha, justru saya mendapatkan ilmu baru dari kak Ardit, termasuk tips jadi Komika.

Ardit Erwandha Bagikan Kisah Suksesnya

Komika Introvert

Bisa, banget! Itu contohnya kak Ardit Erwandha sukses jadi komika. Selain kak Ardit, ada komika lainnya yang mengaku introvert, yaitu Raditya Dika.

Ternyata, anak introvert kalau udah ngomong, nyerocos juga, ya dan menyenangkan. Itu pandanganku kemarin ketika melihat penampilan kak Ardit. Jadinya, gak nyangka, kan kalau dia introvert. Sok, liat deh ke page IGnya, betapa ngocolnya seorang Ardit!

Profesi sebagai komika ini ditekuninya awal tahun 2013. Kak Ardit juga pernah menjadi salah satu finalis Street Comedy IV pada tahun berikutnya dan mulai dikenal di akhir tahun 2014 saat membawa komunitas Stand Up Indo Samarinda tampil di kompetisi Liga Komunitas Stand Up Kompas TV.

Prestasi yang luar biasa keren, yaa. Gak nyangka, kan, kalau dia anak introvert. 

Dulu, dalam proses pencarian passionnya, menurut pengakuannya pernah belajar main musik, juga. Tapi, sayangnya, meski dipaksakan sedemikian rupa juga, namanya gak bisa, ya, gak bisa. Dan setelah dia mengenal stand up comedy, dia akhirnya tahu, inilah passionnya. 

Salah satu tujuan kak Ardit menjadi komika adalah untuk menerapi dirinya sendiri. Jadi, kalau kamu introvert, boleh nih dicoba caranya kak Ardit, dengan cara membicarakan sebuah tema dengan cara monolog.

Tips dan Trik Menjadi Komika Ala Kak Ardit

  1. Belajar lewat youtube. Banyak video belajar stand up comedy dari senior-senior di bidang ini. Kita bisa belajar secara mandiri.
  2. Bergabung dengan Komunitas Stand Up Comedy. Komunitas ini per kota dan perwilayah ada.  dengan mengikuti komunitas, insyaAllah akan dapat mengembangkan diri dan kenal dengan teman-teman yang sama passionnya itu membahagiakan.
  3. Ikuti kompetisi. Mengikuti kompetisi ini bukan mau sok-sokan atau apa, ya. tapi untuk adu nyali dan menantang diri sendiri bahwa kita bisa sukses di jalur komika. Kenal juga dengan senior-senior.

Do and Don't Becanda saat Pandemi


Ternyata menjadi komika pun harus mengatur setiap candaannya. Oleh karena itu, kak Ardit memberikan tips do and don't dalam tema-tema yang dibawakannya.
  1. Pilih tema yang tepat, 
  2. Peka terhadap situasi dan kondisi
  3. Pikirkan dampak yang akan terjadi jika kita tidak peka terhadap sikon

Perubahan Apa yang Terjadi Pada Ardit Erwandha Setelah Sukses Jadi Komika?


  1. Alhamdulillah, enggak ada perubahan sifat.
  2. Perubahan taraf hidup tentu saja berubah, karena mendapatkan penghasilan dari profesi komika.
  3. Kebanyakan, orang yang menggeluti dunia komika ini berasal dari orang susah, jadi lebih menghargai orang yang senasib. Tidak pernah ada perasaaan lebih tinggi dari orang lain, karena semua komika adalah sama.

Insight dari Acara Live IG HomeCredit bersama Kak Ardit Erwandha


Alhamdulillah saya mendapat banyak insight dari mengikuti acara ini.

  1. Profesi sebagai komika/stand up comedy ini pekerjaan halal.
  2. Semua orang bisa menjadi komika, asal mau saja (ada komunitasnya).
  3. Stand up comedy bisa menjadi salah satu terapi bagi introvert seperti kak Ardit. Dengan menggeluti dunia komika ini, dia bisa curhat curhat secara langsung, dengan cara membawakan sebuah tema secara monolog.
  4. Jadi tahu sedikit do and don't dalam becanda lewat stand up comedy. Ya, paling enggak bisa diterapkan juga kan di dunia nyata emak emak, kalau becanda kudu liat situasi dan kondisi, gak semua tema bisa dijadiin becandaan, apalagi masa pandemi gini kan, sebelum becanda kudu pikirkan dahulu dampaknya nanti.
Nah, begitulah secuil kisah inspiratif seorang Ardit Erwandha.  Kalau sudah jadi passion sesulit apapun, pasti tetap akan dijalani dengan penuh bahagia, ya. Pesan kak Ardit, jika kita mulai stuck dalam menjalani pekerjaan kita, kita ingat saja hal yang berharga di dunia ini yang memerlukan kita. Yup, dia bekerja untuk istri dan anaknya. Maka dia terus berpikir positif, bahwa pandemi ini pada waktunya akan berakhir, dan saat ini tugasnya adalah menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, yaitu, Allah.

Semoga sukses ya kak Ardit, juga teman-teman yang membaca kisahnya.

Have nice day!

Sri Widiyastuti
Children Book Writer | Momblogger | Content Writer | email: sri.widiyastuti@gmail.com |

Related Posts

52 comments

  1. Komika favorit aku...Ada beberapa perubahaan dihidup aku yg lebih positif setelah ngepo ngepoin komika satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya kak, bisa kenal dengan komika yang satu ini, humble dan inspiring banget. semoga berkah ilmunya beliau dan tetap low profil meskipun dah terkenal banget

      Delete
  2. Aku malah lebih suka Radit sebelum jadi comic hehee sekarang udah terkenal banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mam kenal sama Raditya yaa. iya banyak komika yang terkenal sekarang. Kekuatan sosmed memang luar biasa juga sih ya, bisa jadi tempat membranding diri mereka juga.

      Delete
  3. Entahlah, tapi buat saya sih istilah passion terlalu diagung2kan mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu yaa? jadi sebaiknya memakai istilah apa?

      Delete
  4. wajahnya imut banget ya mbak, aku pikir masih kuliah gitu ternyata udah jadi bapak:) Radiyya ini komika ya aku agak kurang kenal nih mbak, tapi dari ceritanya jadi terinspirasi ya

    ReplyDelete
  5. Aku tahunya komika itu yang angkatannya Ge Pamungkas dan sebelum-belumnya. Tapiii jadi komika pun susah lho sebenarnya karena kalau nggak punya bakat melawak juga tetep nggak keluar aura lucunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat banget mbak, jadi komika itu sulit, harus bener bener yang minat yaa

      Delete
  6. Inspiratif banget ya kisahnya,.. memang kita harus bersyukur dan mau bergerak bangkit memperbaiki keadaan jangan hanya diam menikmati keadaan justru sebaliknya jika ingin berhasil ya mak

    ReplyDelete
  7. Banyak orang introvert yg sukses, sebab mereka maksimal kelola dan asah kemampuannya. Deddy corbuzier jg introvert, padahal kenalannya sebanyak itu. Kalah ardit mah terkenal karena dia emang ganteng, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi terkenal karena ganteng itu anugerah kakak hihihi

      Delete
  8. Wah bisa ya belajar jadi komika via youtube? aku kira emang ada sekolahnya gitu lho. ternyata apa2 bisa dipelajari via youtube ya. tinggal ditambah dengan kreativitas aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang diceritain kak ardit sih lewat youtube, mungkin ada juga sih kelas kelasnya yaa.

      Delete
  9. Sebenarnya apapun karakter kita, introvert atau ekstrovert, bisa berkarya lewat passion ya. Takan ada halangan asal semua dilakukan dengan penuh kesungguhan. Dan selalu belajar cari yang lebih expert

    ReplyDelete
  10. Ardhit ini memang lagi hits ya. Menarik Juga pas baca dia belajar dari YouTube .berarti sumber ilmunya udah Ada. Kita tinggal Cari yg sesuai di YouTube..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, kalau mau dan berusaha, insyaAllah ada jalan yaa.

      Delete
  11. Biasanya yang introvert memang jadi bisa lebih banyak explore diri, juga lebih fokus, ksrena tidak banyak mendapat distraksi dari sekitar. Keren kalo bisa fokus dan jadi punya imajinasi tinggi begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, temen saya yang introvert juga kalau udah ngobrol sih ngocol juga. mungkin memang harus nyaman dulu yaa

      Delete
  12. Seorang yang introvert jadi komika? Aih jadi penasaran sama cerita lengkapnya. Coba nonton di igtvnya HomeCredit ah..

    ReplyDelete
  13. Sepertinya saya kurang update, karena baru mengenal sosok Ardit Erwandha ini. Selama ini yang auto ingat sosok komika adalah Raditya Dika. Salut buat Ardit ini, dari introvert bisa sukses explore jadi komika

    ReplyDelete
  14. Wow, inspiratif sekali... Memang jadi komika tuh kelihatan mudah padahal wawasannya harus luas dan peka ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, harus banyak baca dan banyak wawasannya

      Delete
  15. saya suka banget sama yang acara-acara humor gitu kayak komika, kalau saya stress atau mumet udha deh nonton mereka bikin mood baiknya balik lagi dan ternyata orang-orang introvert kalau udah switch ke ekstrovert gitu jadi super bikin happy ya kocak abis

    ReplyDelete
  16. Aku ga banyak kenal stand up comedy. Yg paling keinget cuma si Raditya Dika mba :D. Itu juga Krn dia nerbitin banyak novel yg difilmkan :D.

    Tapi sesekali aku pernah nonton para Stand up comedy ini di YouTube, dan lucu2 siih :D. Walopun kdg ada yg jayus, tp sbnrnya sangaaat menghibur , apalagi kalo sedang bad mood, lagi jenuh :D. Sekalinya bisa ngakak denger lawakan mereka, lgs mood jadi bagus :D.

    Moga2 mereka tetep lancar rezekinya walo sdg pandemi gini ya mba :)

    ReplyDelete
  17. Aku jarang mengikuti perkembangan komika ini dan baru tahu Ardit, ternyata orangnya ulet dan profesional menjalani profesinya ya..keren..

    ReplyDelete
  18. Aku tahu Adhit ini karena dia sayu manajemen sama Ernest. Tp asli kirain ya masih abege loh, ternyata udah punya anak ��

    Habisnya kalp update kayak jomblo gituuu

    ReplyDelete
  19. wah aku baru denger nih nama Ardhit sebagai komika. Langsung ngepoin IGnya niiihhh. Hihi. Emang deh kalo mau bikin banyolan selama masa pandemi ini kayanya emang mesti hati hati banget ya maaaak

    ReplyDelete
  20. Biasanya komika di kalangan anak muda lebih masuk ya mba kalau usia begini.

    Introvert tapi punya banyak talenta bisa banget ❤❤

    ReplyDelete
  21. Kecerdasan dan kepekaan memang penting ya untuk seorang komika. Ga mau kan tentunya ya saat becandaan malah menyinggung salah satu pihak. Runyam jadinya ntar.

    ReplyDelete
  22. Nah si Salfa nih pengen jadi Komika juga tapiii kadang suka bosan juga ngegambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi emang anak anak gitu mbak, masih berubah ubah cita citanya

      Delete
  23. 𝘐𝘺 𝘨𝘢 𝘯𝘺𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢 𝘬𝘢𝘭𝘰 𝘴𝘦𝘳𝘰𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘯𝘵𝘳𝘰𝘷𝘦𝘳𝘵 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘰𝘮𝘰𝘯𝘨𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘯𝘺𝘦𝘳𝘪𝘤𝘰𝘴 𝘥𝘢𝘯 𝘭𝘶𝘤𝘶 𝘣𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘢𝘺𝘢 𝘳𝘢𝘥𝘪𝘴𝘵𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘬𝘢

    ReplyDelete
  24. aku kemaren juga nontonin live ardit seru banget sih emang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget, meski santai tapi banyak yang bisa dipetik dari obrolan sama dia

      Delete
  25. Mba Tuti ini live umum apa harus ada syaratnya, mau dong kapan-kapan dicolek ehehehe
    pengen juga nih bisa ngangsu ilmu sama Ardit

    ReplyDelete
    Replies
    1. umum Nyi, siapa aja boleh ikutan lho. nanti kalau ada lagi aku mensyen ya kak

      Delete
  26. Memang menjadi komika itu gak mudah yaa..
    Apalagi berasal dari seseorang yang introvert.
    Tantangan menaklukkan diri sendiri ini yang berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini tantangan banget ya tapi alhamdulillah bisa dipatahkan juga. salut sama kak ardit

      Delete

Post a Comment

Follow by Email