Bermain di KidZania Kuala Lumpur Malaysia

49 comments

Hai, Moms, siapa di sini yang sudah kangen jalan-jalan sama keluarga? Pasti banyak nih yang ngacung hihihi
Sama Moms, aku juga kangen banget. Sekarang baru bisa piknik tipis-tipis di belakang rumah aja nih, sambil ngasuh Saki.

Kalau udah kangen begini, biasanya aku menghibur diri dengan melihat foto-foto lama. Anak-anak juga suka banget nimbrung pas lihat foto. Rame banget haha apalagi denger komentarnya, seru!

Nah, ini aku jadi pengen cerita pengalaman anter anak-anak Bermain di KidZania Kuala Lumpur Malaysia, tahun 2015 yang lalu.



Jadi waktu itu, aku dan anak-anak diajak suami bertemu dengan professornya waktu dia kuliah di Jepang. Mereka akan bertemu di Universitas Putra Malaysia (UPM). Jadi, ketika paksuami bertemu dengan senseinya, dia mengajak putra saya yang nomor 3. Sementara ciwi-ciwi semua ikut sama saya. Waktu itu anak-anak baru 5 mak, jadi yang ikut sama aku 4 anak perempuan.

Cerita Sebelumnya bisa tengok di sini yaa waktu kita ke Chongkak Park and Resort Malaysia

Dari penginapan di daerah Gombak, pagi itu kami naik mobil sampai ke IKEA. Lalu parkir di sana. Letak IKEA ini bersebrangan dengan Kidzania. Ini juga berkat rekomendasi dari teman-teman saya di Johor, katanya enakan parkir di IKEA, jadi kita nurut aja. Setelah itu, aku dan pak suami berpisah. Aku dan anak-anak perempuan berjalan kaki menyebrang ke Kidzania, sementara itu Pak Suami san anak laki-laki naik taksi ke UPM.

KidZania Kuala Lumpur

Salah satu destinasi bermain idaman anak-anakku selama di Malaysia, salah satunya adalah ke KidZania. Oleh karena itulah, ketika ada kesempatan ke Kuala Lumpur, kami sempatkan ke KidZania. Kuala Lumpur.

Awalnya karena penasaran, wahana bermainnya seperti apa? karena anak-anak hanya mendengar keseruannya dari kawan-kawan sekolahnya saya, jadi kami putuskan pergi ke KidZania Kuala Lumpur.

Di sini kami tidak hanya bisa bersenang-senang bersama keluarga, tetapi anak anak juga bisa belajar bersama, karena anak-anak akan diajak untuk berkenalan dengan lebih dari 70 profesi pekerjaan di dunia, dan berperan layaknya orang dewasa yang sedang bekerja. Meski biayanya mahal ya untuk seorang anak heuheu mana anakku ada 4 orang yang ikut yaaa, beneran nguras tabungan ini haha tapi worth it banget! 



Aku suka wahana bermain yang seperti ini, memang mahal tetapi anak-anak jadi dapat mengembangkan keterampilan hidup mereka yang berharga, seperti tanggung jawab, kepercayaan diri dan kemandirian. Dan yang paling penting adalah mereka mengetahui berbagai macam pekerjaan di dunia ini yang bisa mereka lihat dan mereka kerjakan di KidZania. Ada yang digaji juga lho.

Jadi uang yang diberikan untuk masuk ke wahana itu, terus saja bertambah bukannya berkurang, karena mereka juga mengikuti permainan yang digaji. Senang sekali mereka, karena uangnya bisa dibawa pulang. Andai bisa dibelanjakan, umi bisa khilap belanja di IKEA pulang dari KidZania hihihi



KidZania Kuala Lumpur ini kurang lebih sama dengan KidZania di Jakarta.  Kota buatan yang hanya seukuran 80.000 kaki persegi ini,  terdapat lebih dari 60 perusahaan yang bisa di explore oleh anak-anak berusia antara 4-14 tahun.

Anak-anakku mengikuti hampir semua permainan atau pekerjaan yaa hihih .. pekerjaan yang ada. Jadi pegawai pabrik, pilot, dokter, perawat, stylist, pelukis dll puas banget itu anak-anak. alhamdulillah.

Mata Uang KidZania

Saat pertama kali masuk ke KidZania, anak-anak diberi gelang. Lalu diperlihatkan kepada petugas. Petugas pun memberikan mereka uang-uangan berupa uang kertas yang hanya bisa dipergunakan di KidZania. Setiap anak menerima 50 kidZos secara tunai. 



Kalau sekarang, anak-anak akan diberikan uang tunai atau kredit ke kartu debit mereka untuk digunakan dalam KidZania Nation. 

Info dari KidZania Kuala Lumpur, mereka memiliki bank untuk membantu anak-anak menyimpan kidZos mereka dan membuat transaksi lain seperti permintaan pembuatan kartu debit, tentunya setelah mereka membuka rekening tabungan pribadinya. Anak-anak dapat menyetor kidZos mereka yang dihasilkan dari 'kerja' mereka dan bahkan mengelola keuangan mereka melalui ATM yang ada di KidZania Nation.

Canggih banget sih sekarang, yaa.

Bermain di KidZania Kuala Lumpur Malaysia

Nah, ini saat yang ditunggu-tunggu, anak-anakku abis dikasih duit, langsung pada lari masuk ke dalam. Anak yang besar langsung ke atas nyari destinasi yang mereka pengen banget, yaitu jadi pilot. Lalu yang kecil-kecil, aku temenin, mereka berjalan-jalan dulu, melihat-lihat situasi. Lalu masuk ke kedai membuat gelang. Ah, dasar, anak perempuan ya, suka banget dengan perhiasan hehe



Lalu mereka mulai membuat gelang-gelang didampingi kakak-kakak. Setelah mereka bisa, mereka pun bisa bekerja di sana dan digaji.

Lalu mereka ke menggambar dan mewarnai di Craft and Arts Stabilo.


Setelah itu berekperimen membuat kue karipap di Kedai Ayam Brand


Lalu ke Beauty Salon bekerja manicure and padicure, digaji lho!



Lalu karena lapar, anak-anak membuat burger di Marry Brown.


Lalu setelah kenyang, lanjut bermain lagi! Tujuan mereka ke pabrik Vitagen.


Selanjutnya ke pabrik Cadburry. Di depan pintunya ada ditulis pengumuman bahwa cokelat Cadburry halal. Jadi pengunjung tidak ragu-ragu lagi masuk ke dalam pabriknya.


Di pabrik Cadburry, kapasitas anak 8 orang yang bisa masuk ke dalam pabrik, durasinya 15 menit dan usia yang diperbolehkan masuk adalah 8 tahun ke atas. Anak saya yang ke-4 waktu itu belum berusia 8 tahun, tapi dia bongsor, jadi boleh masuk :-)

Setelah dari pabrik Cadburry, anak-anak masuk ke Hospital KPJ, jadi perawat bayi.


Ke Lab Lifebuoy


Selain yang ditayangkan difoto di atas, masih banyak lagi permainan yang dimainkan oleh anak-anak, yaitu climbing, pemadam kebakaran, naik pesawat dan mencoba menjadi pilot, melukis, dan ada juga tempat penitipan anaknya juga. Jadi bagi yang membawa anak, bisa membawa anaknya di sini, jadi anak-anak balita yang tidak masuk ke pabrik atau ke tempat lainnya bisa puas main di sini.


Cara ke KidZania Kuala Lumpur Malaysia

Lokasi KidZania Kuala Lumpur berada di 18, Jalan PJU 7/5, Mutiara Damansara, 47810 Petaling Jaya, Selangor. Tepatnya berada di dalam Curve NX Shopping Mall. 


Waktu kami ke KidZania, dari Johor kami menginap di Gombak. Lalu, naik mobil ke IKEA, lalu parkir di IKEA. Dari IKEA tinggal menyebrang saja, karena KidZania terletak di seberang jalan antara IKEA dan KidZania.


Jika Moms ngebolang dan menginap di hotel, bisa mencari hotel di daerah Damansara, Petaling Jaya. Banyak hotel yang ditawarkan dekat-dekat sini ya. Cara menuju ke Curve NX Shopping Mall bisa dengan naik taksi. Langsung ke tempat tujuan. Gak pake jalan kaki kayak saya hehe

Bisa juga naik MRT kemudian turun di Stasiun MRT Damansara Mutiara (SBK08) dan melanjutkan perjalanan dari stasiun ke Curve NX Shopping Mall dengan naik Taksi sekitar 7 menit atau berjalan kaki.

Jam buka dan tutupnya sebagai berikut:



Semoga pandemi segera berakhir ya, jadi kita bisa berjalan-jalan lagi, ya Moms.

Have nice Day! 


Sri Widiyastuti
Children Book Writer | Momblogger | Content Writer | email: sri.widiyastuti@gmail.com |

Related Posts

49 comments

  1. waaa seru banget yaa kayanya, anak anak pastinya betah nih main di sana hihihi, apalagi banyak juga pilihannyaaa

    ReplyDelete
  2. Kidzania di mana - mana memang seruu ya mba. ANakku saat agak kecil suka,s eakrang udah main yang lain hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang seru banyak peran yang bisa dicoba anak - anak di sini yaa mba.. jadi mereka heboh sendiri

      Delete
  3. Jadi pengen ikutan ke kidzania, kayaknya seru banget yaa. bisa coba berbagai macam profesi

    ReplyDelete
  4. jadi pengen ke kidzania juga mbak, terakhir anakku ke kidzania jakarta tahun lalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw kidzania jakarta udah buka belum ya mbak hahaa jadi kepikiran, desember kayaknya cocok tuh kalau pandeminya udha mereda :)

      Delete
  5. aku pertama kali masuk kidzania itu tahun 2012 deh kalo gak salah. ternyata ada di malaysia juga ya. keren deh..

    ReplyDelete
  6. kidzania di indo aja aku suka banget dan seru, kalo di malaysia feelnya mungkin beda ya, tp pasti sama2 seru

    ReplyDelete
  7. Pengin bangeeett ajak bocah ke sini
    Semoga ada rezeki dan kesempatan ya
    After corona berlaluuuu hihihi

    ReplyDelete
  8. Whuaaa, surganya mainan anak2 nih ya Mak. Pastinya senang dan betaah, huhuu apalagi itu ke pabriknya Cadbury, duuhhh jadi pengen nyemil coklat.

    Ahh, jadi kangen nganter anak semasa kecil ke Kidzaniaa..

    ReplyDelete
  9. Aku terakhir ke Kidzania Jakarta tahun lalu... Gak jauh beda dalamnya ya mbak hampir sama aja. Dari kampungku ke Malaysia cuma naik Ferry 1 jam

    ReplyDelete
  10. Kidzania sebetulnya bisa untuk anak remaja juga, ya. Tetapi, play pretend begini kayaknya anak-anak usia 12 tahun ke bawah yang semangat. Anak-anak saya udah gak mau ke Kidzania. Padahal saya masih semangat lho nemenin mereka kalau masih mau main :D

    ReplyDelete
  11. seru juga ya mbak jadi pengen ajak anak aku juga ke kidzania, keren mbak bawa anak 4 gitu sendirian aja handlenya

    ReplyDelete
  12. Anak-anak pasti seneng banget ya mba Tuti main ke sini aku jadi pengen juga
    main ke transmart aja aku seneng banget apalagi di sini

    ReplyDelete
  13. Menarik banget ternyata ya permainan di Kidzania itu :D
    Saya belom pernah ajak anak-anak ke sana, baru liat harganya udah mendadak migren mamak hahaha.

    Ternyata memang worth it lah ya, edukasi dalam permainannya bagus-bagus, bukan semata untuk bermain aja :D

    ReplyDelete
  14. Seru banget ya bawa anak ke sini. kemarin sempat rencana mau ke Kuala Lumpur tapi takdir berkata lain Corona datang batal deh semua rencana.

    ReplyDelete
  15. Kidzania yg di Jakarta aja aku blm pernah datangin bareng anak2 :D. Waktu itu mikirnya anak2 msh terlalu kecil, kayaknya blm cocok Ama mereka. Naah diumur skr seharusnya udh pas. Tp mungkin setelah pandemi lah.

    Keren jugaa yaaa, yg konsep digaji dan bisa menabung kan uangnya di bank kidzanianya. Pake bikin rekening segala. Anak2 jd ngerti konsep bekerja dan menabung jadinya :)

    ReplyDelete
  16. Cita2 bawa anak kalo uda gedean dikit ke Kidzania, eh sekarang malah pandemi jadi ga bebas seperti dulu. Semoga segera berlalu

    ReplyDelete
  17. pengen banget mi, ajak anak2 ke sana, dan memang anak2 nih maunya ke Malaysia, kebanyakan nonton upin ipin 😂

    ReplyDelete
  18. Serunya yaa..selalu kepikir pengen ngajakin anakaanak ke Kidzania suatu saat. Maklum..kalau di rumah tuh mereka sering banget bermain peran, ngikutin berbagai macam profesi.

    ReplyDelete
  19. sering bolak balik Malaysia tapi belum pernah ke sini, mungkin karena ga pernah bawa anak kecil kali ya, kapan2 kalau ke sana bisa bawa keponakan kayaknya seru deh, dan ternyata ada kerjasama sama beberapa perusahaan ya untuk buka kelas belajarnya seperti cadbury dan lifebuoy

    ReplyDelete
  20. jadi pengen ngoleksi mata uang kidzanianya, lucu-lucu kayak editan di photoshop gitu, suka lihatnya. ada buat latihan climbing sama jadi pilot juga ya, keponakan suka banget sama pilot2an gitu

    ReplyDelete
  21. itu bikin burger sendiri terus dimakan sendiri ya? seru banget ya bisa sekalian ngajarin anak biar mandiri menyiapkan makanannya sendiri, hehe. semoga suatu saat bisa main2 kesana juga sama anak2^^

    ReplyDelete
  22. Seru yaa kalo saat travelling sambil ajak anak ada kidzania ini, bisa bermain sambil belajar dan memperkenalkan hal yg baru kepada anak

    ReplyDelete
  23. Wah kak seru banget main di kidzanianya. Banyak banget lagi yah kegiatannya. Jadi pengen ngajakin anak walau belum punya haha. Kalau gak bawa anak kita tetep boleh masuk ga kak?

    ReplyDelete
  24. Ini mah aku juga mau mbaa ikutan maennn
    Wkk jd inget Kidzania Jakarta
    Seru y Mbaa
    Anakku seneng ini kayaknya
    Moga2 pandemi segera berlalu biar bisa segera cuzz 😆

    ReplyDelete
  25. Aiih senengnya bisa ajak anak-anak nyobain berbagai profesi di Kidzania ya. Sayangnya anak-anakku ga begitu suka bermain di wahana seperti ini. Mereka biasanya suka main di pantai atau di alam bebas seperti camping di pegunungan. Semoga pandemi segera berlalu, kita bisa liburan seperti dulu

    ReplyDelete
  26. Edukatif banget ya bermain di Kidzania ini. Dari kecil anak-anak sudah diajari berbagai profesi dimana mereka bisa memainkan peran sekaligus. Setidaknya dari kecil mereka sudah tahu kira-kira profesi apa yang lebih seru kalau memutuskannya nanti saat dewasa :)

    ReplyDelete
  27. Wow sudah pernah main di kidzania KL ya.. waktu kami ke KL belum banyak eksplore KL sih, semoga next ke KL bisa menjelajah lebih banyak tempat lagi ya.. termasuk kidzania

    ReplyDelete
  28. wah seru memang main di Kidzania plus anak-anak juga sambil dapat wawasan baru kan, kalo di KL lebih banyakkah dibanding di Jakarta mba arena mainnya?

    ReplyDelete
  29. Seru! Jadi anak-anak selain main ya belajar juga ya. Aku belum pernah tuh main di Kidzania. Apa nunggu ada anak biar bisa masuk yaa

    ReplyDelete
  30. Kalau baca tentang Kidzania, saya saja berasa pengen main di sana, Mbak wkwkwk. Entahlah, kayak masa kecil kurang berkesan begitu ... senang kayaknya lihat bermain peran tapi beneran ...

    ReplyDelete
  31. Seru sekaliii...tentunya ini menjadi pengalaman berharga utk anak2..mengenal beragam profesi dan bekerja menghasilkan uang.

    ReplyDelete
  32. 2 anakku waktu masih kecil2 udah pernah main di KidZania Jakarta, dibawa sama Omanya.
    Dengar cerita mereka, lihat foto2nya dalam frame KidZania saat jadi pilot dan model dan dapat koran KidZania yang ada foto mereka, keliatannya mereka happy banget :)

    Rasanya pengen deh bawa juga si bungsu ke KidZania kalo saya liburan ke Jakarta nanti.

    ReplyDelete
  33. Huaa hampir sama banget ya kaya di Kidzania Jakarta cuma beda tenant aja, duh jadi kangen anter anak main di Kidzania. Anak-anakku kalau main di Kidzania bisa seharian hehe.

    ReplyDelete
  34. Aku mbak udah kangen banget jalan-jalan. Sewaktu masih stay di Medan beberapa kali ke Kuala Lumpur soalnya dekat cuma 30menitan dan harga tiket lumayan murah. Btw mata uag Kidzanianya lucu banget yah ��

    ReplyDelete
  35. Kidzania tuh seru banget ya pengen ajak anak-anak lagi deh main ke sana...happy banget seharian bermain peran ya Teh

    ReplyDelete
  36. Kidzania memang tempat yang bagus buat liburan anak ya, selain menghibur juga mengedukasi

    ReplyDelete
  37. Putriku Yasmin pernah terpilih jadi KidZania Congrezz 2010-2011.

    ... dan sebagai orang tua kami pun kecipratan hadiah.
    Bisa menikmati Kidzania Jakarta, wisata edukatif.

    Aku suka konsepnya!
    Bisa nih jadi referensi wisata edukasi buat buah hati.

    ReplyDelete
  38. Kidzania komplit banget ya Mba Tuti permainan dan wisata edukasinya
    aku belum pernah ke sini semoga nanti kalau ada anak bisa main ke sini

    ReplyDelete
  39. Waktu ke Kuala Lumpur anakku udah mupeng pingin ke Kidzania juga nih tapi kan kakaknya gak mau, jadilah cari tempat lain aja. Padahal aku juga penasaran mau tau kidzania Indonesia dan Malaysia bedanya gimana

    ReplyDelete
  40. Asyiknyaa...
    Kidzania selalu menawarkan pengalaman anak-anak mencoba berbagai profesi sehingga anak-anak bisa kenal dan memilih yang mana yang disukai dan ditekuni kemudian hari.
    Kereenn~

    ReplyDelete
  41. Serunyaaa... apalagi rame-rame 4 anak ya mba. Anak perempuanku dulu pernah ke Kidzania di Jakarta saat ikut KPCI. Beruntung sekali dia bisa menikmati keseruan bermain dan belajar di sana.

    ReplyDelete
  42. Wahh... ternyata profesi yang ada di kidzania memang nggak kaleng2 ya...
    ada lab lifebuoy dan pabrik cadburry segala
    wah, keren banget!

    ReplyDelete
  43. Seru banget main di Kidzania! Mirip lah dengan Kidzania yang di PP, desain sampai mata uangnya juga sama. Sayangnya wisata ini masih tutup selama pandemi padahal SID udah nanya mulu kapan bisa ke sana.

    ReplyDelete
  44. Waahh... Makasih rekomendasinya ya mom... Bisa nib jd destinasi pas ke Malaysia.

    ReplyDelete
  45. Cukup pricey ya tapi emang lengkap banget di Kidzania hahaha. Aku nih pengen ngajak Rio kesana cuman pandemi nih huhuhu :( Kapan ya buka lagii

    ReplyDelete
  46. Seru ya, kayaknya. Jadi ngerasain juga rasanya digaji. Dan bisa lebih mengenal berbagai profesi. Bisa jadi referensi untuk liburan edukatif sepertinya.

    ReplyDelete
  47. Nanti aku ajak sekalian neneknya Salfa karena kemarin bilangnya mau ke sini lihat dan seseruan sama cucunya

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email