Pengalaman Seru Mengikuti Wikilatih di Kantor Wikipedia

by - September 19, 2019


Beberapa waktu lalu, saya sempat penasaran juga dengan Wikipedia, siapa kontributor yang menulis segitu banyak artikel di Wikipedia. Akhirnya, ada ajakan mengikuti Wikilatih dari mbak Donna Imelda di Jakarta dan pada tanggal 1 September saya resmi deh dapat lencana sebagai salah satu peserta yang telah mengikuti Wikilatih. Eh, tanggal 8 September ada lagi di Bogor, diajak kang Bobby, tadinya saya mau daftarkan kakak saya aja, agar dia punya pengalaman yang sama. Eh si uwa gak mau sendiri ceunah, jadilah saya ikutan lagi. Dapat deh dua lencana hehe.

Meski sudah 2 kali ikutan, tetap saja, saya merasa mendapat ilmu baru lagi, karena masing masing tutor tentu saja memiliki pengalaman yang berbeda dan cara mengajar yang berbeda. Alhamdulillah jadi bertambah deh ilmu saya. Makasih buat mbak Donna yang mengajak saya ikut serta dan juga Wikilatih yang sabar melatih emak emak ini.


Alhamdulillah kekepoan saya terjawab sudah, Wikipedia lahir dari orang orang yang ingin membebaskan ilmu pengetahuan. Tak seperti buku yang dicetak, artikel atau pengetahuan yang ditulis di Wikipedia sifatnya dinamis. Semua orang bisa mengedit, merevisi dan menambahkan apa yang kurang. Sementara ada pengurus juga yang menjadi "polisi" dalam mengawal artikel artikel yang dimuat. Pengurus bisa menolak artikel dengan membekukan dan menghapus konten yang sifatnya tidak dapat dipercaya kebenarannya, ngarang atau hoax dll. 



Di Wikilatih ini juga saya jadi tau bahwa sebenernya Wikipedia bisa dijadikan rujukan dalam pencarian referensi asalkan cara mengambilnya benar. Karena temen temen yang menulis artikel di Wikipedia ini dilatih untuk tidak mengambil sumber dengan cara copas atau menulis ulang dari buku buku yang ada. Tetapi mereka menulis dengan cara parafrase, membaca lalu menulis ulang dengan gaya penulisan artikel ilmiah. Lengkap dengan penyematan sumber buku atau sumber informasi yang didapatkan berupa footnote dan tanbahan referensi yang langsung muncul di bawah artikel. Jika ada sumber artikel yang tidak diketahui asalnya, pengurus bisa menghapus atau membatalkan artikel kalau terbukti hoax.

Banyak project membebaskan ilmu pengetahuan di Wikipedia dan diperlukan banyak sukarelawan yang mau menyumbangkan pikiran waktu dan dananya. Silakan kalau ada yang ingin bergabung, bisa langsung datang aja ke kantor Wikipedia di jalan Pati nomor 1 Jakarta, letak kantornya dekat banget dengan stasiun Sudirman. Cuma 5 menit jalan kaki dari kedai mie keriting depan stasiun sudirman itu. 


You May Also Like

63 comments

  1. semoga semakin banyak yang berminat menjadi sukarelawan ya mbak agar ilmu pengetahuan yang di bagi semakin banyak :)

    ReplyDelete
  2. Wih Mbak Sri jadi relawan yang menulis di Wikipedia juga ya berarti? Mantap. Sudah pernah ada yang dituliskah? Pengen baca dong.

    ReplyDelete
  3. Ini pasti seru banget ya mbak, aku waktu itu juga kepengen banget ikutan tapi apalah daya karena ada acara jadi gak bisa. Enak juga nih bisa baca reviewnya dari dirimu.

    ReplyDelete
  4. Keren banget bisa belajar bareng gini.
    Btw saya juga kepo dengan wikipedia itu, keren banget dia bisa menjawab banyak hal, meskipun juga nggak enaknya bisa diedit, jadinya semacam kurang terjaga kredibilitasnya.

    ReplyDelete
  5. Wah senangnyaaaaa.
    Beberapa kali terbantu bgd dg hadirnya wikipedia. Alhmdulillah. Dah, smoga wikipedia semakin membahana dan mendapatkan banyak dukungan dr sukarelawan. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Nah, kayaknya di Palembang aku lihat bakal ada event wikilatih juga nih, ada belajar aksara-aksara gitu..Jadi pengen ikutan setelah baca artikel ini

    ReplyDelete
  7. Ternyata ada kantor wikipedia ya di indonesia. Baru tahu saya. Bagus deh kaalu ada polisinya, ya. Jadi ga asal tayang.

    ReplyDelete
  8. Whoaaa, seru nih Wikipedia bikin pelatihan kayak gini
    moga diadakan di kota2 lain juga yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Semoga informasi yang diperoleh dari wikipedia makin bisa dijadikan bahan rujukan ya mbak, soalnya kalau di bidang akademis, masih banyak dosen yang melarang mengambil referensi dari wikipedia

    ReplyDelete
  10. Keren banget ya ternyata isi dalam wikipedia itu termasuk salah satunya kontribusi dari para blogger ya kak..

    ReplyDelete
  11. Aku sering jadiin Wikipedia klu lg nyari referensi sejak jaman sekolah dulu 😊 hadirnya Wikipedia membantu kt ntuk menemukan referensi yang valid

    ReplyDelete
  12. seru banget mbak acaranya. Jadi bisa belajar lebih lagi menulis ya. Andai aku di Jakarta mau coba main ke kantor Wikipedia juga :)

    ReplyDelete
  13. I just find out about this program and I think it’s very beneficial and helpful for writers and Blogger’s as well as for Wikipedia itself.

    ReplyDelete
  14. Kalau ada 'polisi' berarti setiap artikel yang dipublish atau edit gak akan langsung di-approved ya, Mbak?

    ReplyDelete
  15. Ternyata Wikipedia juga menyediakan pelatihan ya dan naskah2 yang diinput juga diawasi sehingga bisa dipercaya. Mantap!

    ReplyDelete
  16. Wooow jadi tau asal muasal tulisan di Wikipedia. Ternyata tetap berusaha mempertahankan sisi ilmiah ya. Selama kuliah cuma tau nggak boleh ngambil sumber dari Wikipedia. Padahal kalau penjelasan secara general Wikipedia ngebantu banget.

    ReplyDelete
  17. Ini bisa datang kapan aja, Mbak? Menarik juga belajar menulis di Wikilatih. Karena pasti akan berbeda dengan gaya menulis saya

    ReplyDelete
  18. Bagi saya Wikipedia adalah sumber rujukan penting kala sedang menulis artikel untuk blog maupun dikirim ke media massa cetak dan daring.
    Saya juga penasaran dengan orang-orang di balik layar yang membangun Wikipedia Indonesia itu, mereka hebat dalam hal membuat isi sampai mengawasi.
    Semoga kian banyak pihak yang tergerak untuk membantu Wikipedia dengan sumbangan tenaga, pemikiran, bahkan dana dan peralatan.
    Terima kasih untuk wikipedia.

    ReplyDelete
  19. Wah..pingin juga nih berkesempatan ikut wikilatih ini.. semoga suatu saat bisa..

    ReplyDelete
  20. Dari dulu saya juga penasaran dengan penulis-penulis dibelakang Wikipedia, dan rambu2 penulisannya.
    Seneng banget pastinya dapat ilmu melalui Wikilatih ini ya,mba.

    ReplyDelete
  21. Seru banget sih mbak, bisa mendapatkan kesempatan belajar bersama di Wikilatih. Kemarin padahal kepengen banget ikutan tapi ku tak bisa.

    ReplyDelete
  22. loh aku pikir juga wikipedia itu cuma bisa ditulis ama pengurus nya aja kak, ada syarat khusus ga sih kak kalo mau nulis di wikipedia...?

    ReplyDelete
  23. saya kenal itu di photo pertama, ada pria yang fashionable... wah seru banget ya kegiatan ini bisa ikut... wikipedia aku suka baca tapi gak tahu siapa dibalik penulis wikipedia tersebut

    ReplyDelete
  24. sampai sekarang, Wikipedia masih jadi rujukan ku saat mencari sumber referensi untuk artikel, tapi memang ada sih artikel yang rujukannya belum terisi secara lengkap dan masih rintisan, aku kadang tertarik ikutan menyunting tapi belum berani karena belum mengetahui ketentuannya.

    ReplyDelete
  25. Kemarin sempat ada wikilatih di Pekanbaru, sayang aku pas gak bisa ikutan. Ternyata acaranya bermanfaat banget yah!

    ReplyDelete
  26. Berarti ini yang ketiga kalinya ikut wikilatih, ya. Nagih rupanya hihihi..

    ReplyDelete
  27. Wih senang banget, dapat pengalaman seru di wikipedia. Semoga Dewi bisa ikutan, hihihi

    ReplyDelete
  28. Wikipedia sudah terkenal sebagai acuan atau sumber terpercaya disaat mencari referensi dari google ya mbak. Pantas saja disana berkumpul para mentor yang sudah kompeten di bidangnya.

    ReplyDelete
  29. Keren nih, bisa banyak belajar di acara wikilatih dari wikipedia:)

    ReplyDelete
  30. Dulu jman kuliah paling sering emg baca di wikipedia klo ada tugas tugas haha, aku jg kepo siapa dibalik pnulis2 wikiped. Btw baru tau klo ini sifatnya dinamis

    ReplyDelete
  31. Duh jadi tahu "dalemannya" Wikipedia nih. Selama ini ada soal dikit dikit search ke Wikipedia. Membantu banget. Ternyata bisa main ke kantornya wah sesuatu banget itu. Memang ilmu pengetahuan yang kita punya lebih baik dan bermanfaat kalau dibagikan kepada publik ya

    ReplyDelete
  32. Aku pengen sebenarnya mba ke pelatihan gini. Aih tapi nggak jodoh banget karna bentrok. PAdahal seru banget bisa belajar bareng ya

    ReplyDelete
  33. gabungnya tuh langsung datang gitu ajah ya gak ada proses audisi atau gimana malah dikasih pelatihan. waaah seru nih

    ReplyDelete
  34. oh namanya Wikilatih ya saat berkunjung ke Wikipedia. Btw aku suka buka-buka wikipedia kalo pas ada yang lagi dikepoin supaya tau track recordnya selama ini heheh

    ReplyDelete
  35. Wuihh keren mba Sri hehe Wikipedia itu bermanfaat banget buat saya dan anak-anak kalau ga tau mengenai hal tinggal cek google dan muncul penjelasan dari Wikipedia.

    ReplyDelete
  36. Duh, seru juga ini, jadi tahu kayak gimana Wikipedia ya. Baru tahu kalo semua orang juga bisa nulis di Wikipedia. Padahal sering penasaran dengan adanya fitur edit/sunting di sana.

    ReplyDelete
  37. Kepo nih mba aku gimana sih caranya jadi penulis sukarelawan di wikipedia, bisa langsung aja atau kudu daftar ya?

    ReplyDelete
  38. Kira-kira event wikilatih ini bisa datang ke Palembang juga nggak ya, jadi pengen juga bisa berkontribusi

    ReplyDelete
  39. Wah jd pengen ikut jg..kalau ada di Bandung nih..rombongan ke jkt jg ga masalah ah..hihi..

    ReplyDelete
  40. Waahh bagus nih, kyknya mau daftar jd sukarelawan aja nih Mba. Biar bnyak info yg ditemui klo lg nyari ide atau nyari referensi

    ReplyDelete
  41. Thank you sharingnya mba, bermanfaat banget jadi tau infonya

    ReplyDelete
  42. Pernah juga ditawari sukarelawan Wikipedia, tapi saya minder takutnya sharing saya ada typo mbak...semoga kali ini lebih pede lagi deh...

    ReplyDelete
  43. Wait, aku baru tahu kalau Mbak Sri gabung jadi relawan di Wikipedia. Keren banget, mbak.

    ReplyDelete
  44. Iyes, bener banget. Semoga semakin banyak ya sukarelawan yang mau berbagi ilmu di Wikipedia. Bermanfaat banget pastinya ya buat semua orang. Wikipedia memang acuan banyak orang.

    ReplyDelete
  45. Berarti yang mau jadi sukarelawan Wikipedia itu harus yang domisili jakarta yaa, Mba? karena harus datang langsung ke kantornya?

    ReplyDelete
  46. Wah ternyata mending daftar dan ikut pelatihan di Wikilatih gini ya untuk akses Wikipedia. Aku pernah ngedit info di Wikipedia tentang tempat wisata, tapi trus lupa password waktu mau ngecek lagi mbak

    ReplyDelete
  47. Acaranya seru banget mbak di Kantor Wikipedia ini. Apalagi banyak penjelasan mengenai ilmu pengetahuan dan ragam hal yang belum diketahui. Semoga semakin banyak yang bisa berkontribusi untuk Wikipedia ya mbak.

    ReplyDelete
  48. MasyaAllah keren banget ya Mba
    pas bu guru Dona sharing ini siaapa yang mau ikutan, aslinya mau tapi udah balik Ke Jawa.
    Semoga kapan2 bisa nimba ilmu juga

    ReplyDelete
  49. Baru tau nih soal Wikipedia, saya kira cuma website tok. Ternyata mengadakan pelatihan segala ya.. Kerennn

    ReplyDelete
  50. Utk kedua kalinya saya baca ttg program Wikilatih ini, jadi apakah program ini diadakan secara roadshow di kota-kota di Indoensia kah? Pengen banget bisa ikut Wikilatih ini

    ReplyDelete
  51. Wah ternyata ada pelatihan juga untuk bisa nulis di Wikipedia.
    Jadi gak perlu ragu dengan data yang tertulis di sana. Apalagi ada "polisi" yang mengontrol kebenaran datanya ya ...

    ReplyDelete
  52. Aku dulu tahun 2010an gitu pernah ikut pelatihan wikipedia dari bang ivan lanin, pernah beberapa kali ngisi konten di wikipedia bahasa aceh. Tapu skrg udah jarang. Hehehw

    ReplyDelete
  53. Kemarin sempat baca ada acara di jogja patihan juga. Cuma herannya kok pakai bahasa jawa ya.. Hihi.. Cuma sayang lokasinya terlalu jauh. Jadi saya ga daftar...

    ReplyDelete
  54. Iya aku baru tahu pas kapan hari tuh kok bisa ya di Wikipedia bisa menambahkan informasi tertentu gitu hhee. Bersyukur bisa terpilih untuk dapat tambahan ilmu di Wikilatih yahh mbak. TFS Mbak

    ReplyDelete
  55. Iya Teh aku juga penasaran, segitu banyak hal dicatat dan dibahas oleh Wikipedia. Siapa penulisnya?

    ReplyDelete
  56. Sama, aku penasaran juga dengan tulisan Mbak Tuti. Kepengen baca dong:)

    ReplyDelete
  57. Sebenernya mau tanya, kak..
    Kenapa Wikipedia selalu bisa pajwan?
    Hehhe...munculnya kalo tanya apa-apa kan yaa...si doi yang cerdas menjawab semua kekepoan masyarakat.

    ReplyDelete
  58. Wah.. Keren, jadi relawan Wikipedia ya mba. Aku sering loh bikin backlink dr Wikipedia. Bagus buat Seo. Hihi

    ReplyDelete
  59. Mbak Sri kerennya bisa main ke kantor Wikipedia dan bisa jadi relawannya Wiki juga ya? Semoga makin banyak yang nanti berbagi ilmu dan jadi relawan di Wikipedia ya

    ReplyDelete
  60. wah semoga semakin banyak minat temen - temen yang menjadi sukarelawan ya ka

    ReplyDelete
  61. Kebayang sama aku serunya mba .. baru aware kaau wikipedia punya program pelatihan seperti ini lhoo mba

    ReplyDelete
  62. oalah deket banget itu mah ya ummi kantornya, mudah ditemui juga jadi kalo mau kesana gampang aksesnya. Insyaallah kalo ada kesempatan mau juga ah ummi belajar disana siapa tau bisa berkontribusi kedepannya.

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien