25 Menit Memasak Nasi Kebuli dengan IH Vacuum Pot dari Happycall

25 Menit Memasak Nasi Kebuli dengan IH Vacuum Pot dari Happycall

54 comments

Hanya 25 menit memasak Nasi Kebuli, memangnya bisa? 
Hmm .. tentu Moms terkejut dong, membaca pernyataan di atas. Sama dong dengan saya, hehe.

Moms, semua tahu, kan, Nasi Kebuli? Pernah mencicipi, Moms? 

Nasi Kebuli memiliki ciri khas yang ketara sekali. Jenis beras yang dipergunakan adalah beras Basmati, bentuknya panjang-panjang dan tidak pulen. Jadi kalau makan pakai tangan, ambyar gitu deh, Moms. Bumbu rempahnya juga kerasa banget, karena ada rempah lawang namanya yang membuat aroma nasi kebuli terasa khas. 

Dari dulu saya ingin sekali bisa memasak nasi kebuli yang enak dan legit, seperti yang pernah saya makan di acara perjamuan pernikahan. Iya, nasi kebuli biasanya dihidangkan di pesta-pesta perjamuan pernikahan atau ketika saya menginap di hotel beberapa waktu lalu.

Nah, baru-baru ini saya makan nasi kebuli juga nih di acara Cooking Experience by Happycall yang diadakan oleh Happycall Indonesia dan SOGO Department Store di SOGO Department Store lantai 4. Acara ini diadakan pada tanggal 5 Oktober 2019 lalu. 

Cooking Experience by Happycall X SOGO
Wah, saya sangat senang sekali karena bisa hadir di acara ini. Tak hanya karena saya bisa makan nasi kebuli lagi, ya, tapi di acara ini saya juga bisa melihat langsung bagaimana cara memasak Nasi Kebuli, Pepperoni Pizza dan Sandwich Avocado Mayo Tuna. 

Cooking Experience ini  dipandu oleh Chef Firdaus, seorang juru masak profesional dan juga seorang juara pada master Chef beberapa tahun lalu.

Dan yang penting, seperti tujuan dari diselenggarakannya acara ini saya juga mendapatkan pengalaman baru dalam dunia memasak yang praktis, lezat dan sehat dengan peralatan masak multifungsi Happycall.

Mantap, kannn!

Dan menariknya, memasak nasi kebuli yang biasanya lama dan bikin  agak mikir-mikir untuk membuatnya di rumah (ya, mayan juga, kan nyedot gas kalau masak lama-lama hihihi). Sekarang bisa hemat, lho, Moms. Karena membuat Nasi Kebuli sekarang gak pake berjam-jam, cukup 25 menit saja, kita bisa menikmati nasi kebuli, yang gurih, nikmat, lezat dan tentu saja halal.

Rahasia masak Nasi Kebuli hanya 25 menit ada di IH Vacuum Pot yang dipergunakan oleh Chef Firdaus. 

Ih, kok bisa? Apaan sih IH Vacuum Pot?

Oke, Moms,  tenang ... tenang ...

Biar gak penasaran, saya akan memperkenalkan IH Vaccum Pot pada Moms semuanya.

IH Vacuum Pot

IH Vacuum Pot dari Happycall 

Moms kenal dong dengan peralatan masak dengan brand Happycall

Yes, benar sekali. 

Happycall adalah nama brand peralatan masak yang berasal dari Korea Selatan. 

Nah, tahun 2019, Happycall secara resmi kembali memasuki pasar Indonesia. Melalui PT Merdis Internasional sebagai distributor eksklusif, dan bekerjasama dengan SOGO Department Stores, pioneer retail modern, Happycall datang dengan beberapa produk baru.

Kalau dulu, inget Happycall, inget wajan dobel pan, kan. Sekarang Happycall hadir dengan beberapa varian produk peralatan masak baru, yaitu:
  1. Happycall Double Pan dengan lapisan titanium yang kuat, anti karat dan anti lengket sehingga masakan menjadi lebih sehat.
  2. IH Vacuum Pot dengan dua varian lapisan: alumunium dan stainless.
  3. Happycall Sandwich.
IH Vacuum Pot ini merupakan sebuah inovasi panci dengan sistem vacuum yang kedap udara dan dapat menjaga nutrisi masakan. Teknologi vacuumnya mempercepat proses memasak serta dapat sebagai tempat penyimpanan dan penyajian dengan design yang elegan.

Kelebihan IH Vacuum Pot 

1. IH Vacuum Pot ini semi presto. Pancinya bisa untuk melunakan daging dan bisa dibuka tutup, Moms. Dan kita bisa masak dengan riang gembira karena tidak takut panci bakalan meledak atau isinya muncrat ke muka karena tekanan uap panas.

Jadi, pantaslah jika bisa memasak Nasi Kebuli hanya memerlukan waktu 20-25 menit, sahaja. Asyik, nih, bisa menghemat waktu. Apalagi kalau tetiba mendadak harus menerima tamu kudu masak yang super kilat, ya, mendingan pakai IH Vacuum Pot, dong. Dari awal saya sudah jatuh cinta deh sama IH Vacuum Pot ini. Apalagi suamiku kan suka banget masak makanan berlemak.

2. Masak gak perlu banyak minyak, karena dia anti lengket.  Memasak untuk keluarga jadi lebih sehat dan tentu saja menyenangkan. Karena semi presto, bumbu juga lebih meresap dan daging cepat lunak.

3. Dapat sebagai tempat penyimpanan dan penyajian dengan design yang elegan.

4. Masak lebih sehat karena masakan terjaga nutrisinya.

5. IH Vacuum Pot ukurannya 4,9 liter. Dengan ukuran yang large/besar ini bisa masak lebih banyak dan ini benar-benar menghemat waktu masak banget, lho, Moms.

Oke, sampai di sini, pasti Moms udah gak sabar ingin tahu dong, resep Nasi Kebuli dari Chef Firdaus.

Sabar, Moms. Sebelum masak memasak, tentu saja kita harus tahu dulu dong, mana Happycall yang asli dan mana yang KW.

Zaman now, Moms, apa sih yang gak bisa digandain? Sepatu, sendal, tas, baju, celana, apa aja digandain, dari KW 1 sampai KW3, KW super juga ada. Eh KW Ori juga ada ceunah. Heeu .. capek deh! 

Jadi Moms, sebelum membeli Happycall Double Pan, pastikan Moms mengetahui dulu ciri-ciri Double Pan yang asli. Agar tidak nyesek, karena mendapatkan barang palsu alias kw.

Ada 6 Cara Membedakan 
Happycall Double Pan Asli dan yang Palsu.

Happycall Titanium Double Pan (doc Happycall Indonesia)

1. Desain.

Perhatikan dahulu desainnya, Moms. Jangan terpaku pada bungkusnya, tapi lihat desainnya. Happycall yang asli terdapat hak paten Made in Korea yang terlihat jelas dipegangan pan. Desainnya timbul dan terlihat jelas. Jika tidak ada desain Made in Korea dipegangan pan, bisa dipastikan itu adalah produk palsu. Jadi, Moms, perhatikan baik-baik digagang pan, apakah ada tulisan grif gitu, Made in Korea. Kalau ada berarti aman.

2. Lapisan Titanium.

Happycall Double Pan menggunakan lapisan titanium atau titanium coating yang kuat, anti karat, anti gores, anti lengket dan awet. Tidak perlu masak dengan banyak minyak menggunakan Happycall Double Pan, karena pan-nya anti lengket. Memasak juga menjadi cepat dan matangnya merata. 

Contohnya ketika Chef Firdaus memasak Pizza, Double Pan tidak diberi apa-apa, dough langsung dimasukan ke dalam pan dan sudah diberi toping. Pizza cepat masak dan matang dengan sempurna.

Jadi perhatikan, jika memasak dengan minyak sedikit, masakan tidak matang, atau lengket, maka bisa dipastikan pan yang dipergunakan adalah pan palsu. 

3. Hasil Masakan

Seperti yang disebutkan di atas, hasil masakan dengan Happycall Double Pan akan matang dengan merata. Karena dengan lapisan titanium coating membuat masakan menjadi matang merata. 

Misalnya ketika memanggang sate, ketika dipanggang dengan Happycall Double Pan asli, maka daging akan matang sempurna sampai ke dalam, sementara bagian luar tidak gosong.

Sementara itu dipanggang dengan Happycall palsu, daging gosong dan bagian dalam belum matang.

4. Warna Pan

Happycall Titanium Double Pan produksi sebelumnya dilapisi dengan warna merah. Sejak tahun 2017, lapisan merah sudah tidak diproduksi lagi. Nah, yang terbaru Happycall Titanium Double Pan  dilapisi dengan warna COKELAT

Jangan salah ya, Moms. Sekarang warnanya cokelat, bukan merah.

5. Berat

Penting lagi, berat Happycall Double Pan yang asli sekitar 5 kilogram. Jadi kalau beratnya di bawah ini, bisa dipastikan itu adalah barang palsu.

6. Karet Silikon dan Magnetic Handle

Lalu, ciri lain, adanya karet silikon dan magnetic handle yang kuat sehingga tidak ada kebocoran, misalnya asap atau cairan dari masakan yang keluar dari pan. Kedua hal ini hanya bisa ditemui di Happycall double pan yang asli saja.

Jadi, becareful, Moms. Teliti sebelum membeli. Beli yang asli saja agar bisa menyajikan masakan yang sehat dan nutrisinya terjaga. 

Agar tidak tertipu,  beli produk Happycall di toko-toko yang direkomendasikan, yaitu SOGO Department Store, SEIBU, ruparupa.com dan Bibli.com dan mencari informasinya disosmed Happycall Indonesia.

Instagram Happycall_ID 
website di www.happycall.co.id

Nah, ini dia Resep Nasi Kebuli yang sudah ditunggu-tunggu. Selamat mencoba, Moms!

RESEP NASI KEBULI


Bahan:

300 lamb shoulder
4 sdm margarin
150 gram bawang bombay
10 cm kayu manis
½ butir biji pala dan memarkan
5 butir cengkeh
8 butir kapulaga
50 ml air/ kaldu
1 kg beras basmati
850 ml susu cair atau bisa dengan santan

Bahan-bahan nasi kebuli

Untuk bumbu yang dihaluskan: 

10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 cm jahe
1,5 sdm ketumbar yang sudah disangarai
½ sdt merica butiran yang sudah disangrai
2 sdt garam

Bahan pelengkapnya:

3 sdm bawang merah goreng
2 sdm kismis

Cara membuat:

1. Panaskan IH Vacuum Pot, masukan mentega hingga meleleh, lalu masukkan bumbu aduk hingga harum dan matang.

tumis bumbu halus
2. Masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, aduk hingga tercium aroma wangi.

3. Tambahkan daging kambing, aduk sampai kaku (Chef Firdaus menggunakan daging kambing yang setengah beku lho). Masukkan air. Masukkan pula beras ke dalam panci, tambahkan susu atau santan. Semua dimasukkan bersama-sama ke dalam panci IH Vacuum Pot, aduk rata dan tutup. Sesekali bisa dibuka, untuk memastikan apakah nasi sudah matang atau belum. 

Nasi Kebuli setengah matang

4. Kira-kira 20-25 menit, matikan kompor, Nasi Kebuli pun sudah siap disajikan.

Nasi Kebuli siap disantap ^_^

5. Sajikan Nasi Kebuli Kambing selagi panas dengan bahan pelengkapnya.

Mari makan ^_^

Tips dari Chef:

Untuk daging, jika tidak ada daging kambing, bisa mempergunakan daging ayam atau daging sapi. Terkadang ada yang alergi makan daging kambing bisa fleksible diganti sesuai kebutuhan.

Selamat Mencoba, Moms! Masaknya dengan IH Vacuum Pot, biar cepat matang  ^_^

By the way, ada dua resep lainnya Pizza Pepperoni dan Sandwich Avocado Mayo Tuna. InsyaAllah akan saya posting dipostingan terpisah, ya. 

Pizza Pepperoni dimasak dengan menggunakan Happycall Titanium Double Pan, sementara Sandwich Avocado Tuna Mayo dimasak menggunakan Happycall Titanium Sandwich Double Pan. Jadi tunggu postinganku selanjutnya, ya, Moms!

Salam sehat selalu ^_^
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

54 comments

  1. Nasi kebuli my favoriiittt
    Kalo cari nasi kebuli endeus, aku kudu k daerah Ampel, mayan jauh dari rumah.
    Puingiin bisa masak sendiri ihhh
    Makasii tipsnya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Enak banget ya punya alat ini bisa bikin masakan macem2

    ReplyDelete
  3. Happy call punya produk vacuum pot juga yaa...merk ini emang jaminan kualitas asal dijaga baik2 permukaannya. Yang vacuum pot berarti bisa berfungsi presto ya

    ReplyDelete
  4. cukup berat juga ya, 5 kilogram. Ngangkatnya udah kayak ngangkat beras. Tapi justru itu yang asli. Iya sih, karena ketebalannya ini bikin slow cooker jadi cepet mateng dan rata matengnya. Kalo tipis dan ringan nggak sama matengnya kali ya.

    ReplyDelete
  5. Praktis banget mba, bisa buat masak macem macem juga ya ditunggu juga resep lainnya mna

    ReplyDelete
  6. wih aku punya happycall yang masih jamannya double pan warna merah ituuu... ternyata happy call ada produk laiinya jugaa yaaaa

    ReplyDelete
  7. Mbaa, aku mau dong Happycall ya, eh salah, maksutnya nasi kebulinya, hehe
    Happycall aku kira cuma produk buat bakar aja, ternya ada produk vacuum pot ya.

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah makan nasi kebuli, jadi penasaran dengan rasanya. Jadi naksir denagn vacuum pot Happy Call pengen punya agar bisa masak nasi kebuli untuk keluarga.
    Nasi kebuli lucu juga, ya, dengan kismis. Rasa kaldu meresap ke dalam nasi karena lamngsung erasal dari dagingnya. Hem, jadi ngiler.

    ReplyDelete
  9. Ya ampun, aku dari dulu pengen banget punya double pan nya happy call tapi belum kesampaian mau beli huhuhu

    ReplyDelete
  10. Nasi kebuli ini paling sering saya buat solanya menurut saya mudah. Tinggal cemplang Cemplung tunggu masak deh. Maklum pakai bumbu instan hehehe...

    Btw tetangga saya ada yg punya happycall tapi justru warnanya merah. Kalau bukan model lama, berarti bisa jadi happycall kw ya?

    ReplyDelete
  11. happy call aku tahu nya yang kotak itu mba, ternyata ada vacum pot juga ya, tapi lumayan ya beratnya 5 kilo hahahaa sekalian olah raga tangan ini mah :)

    ReplyDelete
  12. Malam2 kiat artikel makanan gini bikin laper aja mba 🙈

    ReplyDelete
  13. Asik banget bisa masak nasi kebuli dan ini enak banget lho mbak, jadi pengen makan nasi kebuli hehe.Btw aku juga pakai Happy Call mbak dan hadiah kawinan sampai sekarang masih awet aja.

    ReplyDelete
  14. Wah masak Jadi mudah ya mba , mama Ku juga kayak nya pakai ini . jadi pengen nasi kebuli :( udah lamaaaa gak makan nasi kebuli

    ReplyDelete
  15. baru tahu happy call dari Korea Selatan loh hahaha..dan akhirnya datang lagi di Indonesia ya mba tahun 2019 aku juga pengen beli takut palsu untunglah ada ulasan cem begini jadi ga was-was ada yang palsu

    ReplyDelete
  16. Lah kok ternyata ada yang malsuin pan juga ya, mbak. Waaaa, kudu teliti banget dan jeli sebelum membeli ya, mbak.

    ReplyDelete
  17. Wah masak jadi makin seru dan cepat kalau peralatan masak nya canggih kaya gini ya. Jadi semangat masak deh kalau kaya gini. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya peralatan masak yang canggih gini pasti bawaannya pengen masak terus ya, soalnya praktis dan gak makan waktu. Hemat gas pula. Hehe

      Delete
  18. Wahhhh aku punya yg double pan happy call bagus banget sik. Skrn ada vacum potnya. Jd pengen punya jg

    ReplyDelete
  19. Suka banget dengan nasi kebuli mbak. Jadi tahu resepnya seperti ini. Dan memasak nasi kebuli dengan menggunakan happycall jadi mudah. Inspiratif banget mbak, jadi pengen nyobain sendiri di rumah. TFS mbak....

    ReplyDelete
  20. Wah menarik sekali ya informasinya Mbak, aku Jadi kepengen juga punya produk Happy Call ini karena di rumah juga suka masak nasi kebuli ya

    ReplyDelete
  21. alat masak dari happycall emang keren yak. padahal mertua saya yg hobi bikin nasi kabuli, masaknya lamaaa banget sampai habis nonton 2film

    ReplyDelete
  22. alat masak kesayangan mami aku ini mah, kalau rusak bakal marah besar hehheh tapi memang kualitas hasil masaknya bagus sih

    ReplyDelete
  23. Wawww ini ni yang bikin mamak hepi masak. Gak ribet, nggak lama, tapi hasilnya mantab. Mupeng euuy!

    ReplyDelete
  24. Wahh jadi seru bgt masak nasi kebuli nya yah kak. Mrimar blm prnh nih nyobain pakai happycall, jd pnsran bgt 😍

    ReplyDelete
  25. Wuiih cepet banget ya mba cuma 25 menit aja masak nasi kebulinya. Padahal kalao pake dandang biasa bisa sampe satu jam. Hemat gas ya jadinya mba.

    ReplyDelete
  26. Mpo suka makan nasi kebuli tambah acar Makin mantap. Euh enaknya rasa nya. Happycall memasak jadi mudah

    ReplyDelete
  27. Aku naksir berat sama produk-produk happycall ini soale praktis, makanan cepet matang dan sehat juga. Dan aku naksir berat sama yang double pan itu lho yang baru.

    ReplyDelete
  28. Anak-anakku suka banget nasi kebuli nih mbak, tapi aku belum pernah bikin sendiri. Pakai Happycall bisa ya bikin sendiri lebih praktis

    ReplyDelete
  29. Nasi kebuli enak banget emang dimakan mbak, aku taunya mask nasi kebuli itu lama banget lho mak bisa satu jam lebih.. ternyata kalo masak pakai happycall cuma 25 menit ya.. pengen punya itu pancinya.. vacuum pot ya namanya.. noted mbak

    ReplyDelete
  30. aku udah punya nih happy call yg ini, btw masaknya nasi kebuli yaaaa, jd kangen makan nasi kebuli deh

    ReplyDelete
  31. Duh, ini sih salah satu cook ware ware yang ada di wishlist aku sejak lama. Oh HappyCall, semoga bisa lekas aku miliki. :D

    ReplyDelete
  32. aku punya happycall yang double pan, yang hits banget itu baru tau ini produk barunya ya

    ReplyDelete
  33. Udah lama ada di wishlist nih Happycall hehe, belum sempet beli masih mikir, ternyata memang bikinmasak lebih gampang yah mbak?

    ReplyDelete
  34. aku belum punya happy call nih mba baru tahu juga yang asli berat yah 5 kg dan ini dari Korea xixixi jadi ga akan ketipu deh

    ReplyDelete
  35. Bener juga ya. Kalau masaknya cepet, selain hemat waktu juga hemat gas. Mau iniii..

    ReplyDelete
  36. dulu suka banget liatin iklan happy call di tv xD skrang udah tau belinya dimana, tapi baru tau kalo ternyata bisa dipake buat bikin kebuli dengan mudah dan cepet, hmm jadi pengen cobain nasi kebulinya juga

    ReplyDelete
  37. HappyCall memang serbaguna ya bisa dipakai untuk masak apa saja ;)

    Regards,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
  38. btw happy call tu ternyata banyak palsunya ya mbak :( aku pernah cari yang model kotak gitu ternyata banyak yg jual dengan harga yang jauh banget bedanya

    ReplyDelete
  39. Waah seru bisa ikutan acara kayak gini plus masak nasi kebuli juga pula umm yummy! Duh liatnya aja udah laper nih aku btw alat masak Happycall ini bagus yaa dan trendy pula

    ReplyDelete
  40. Wah happy call punya produk baru ya. Betewe makasih resepnya. Ntar kupraktekin ah

    ReplyDelete
  41. Untung banget deh waktu itu ngga jadi beli happycall ternyata ada kw nya juga ya. Kan ngga lucu kalau beli KW trus pas masak muncrat-muncrat.

    ReplyDelete
  42. Dengan waktu kurang dari setengah jam, udah bisa bikin nasi kebuli sendiri ya, mom. Makin praktis aja nih sekarang, teknologi makin canggih.

    ReplyDelete
  43. duh jadi laper nih pengen nasi kebuli juga XD BTW kira2 harga alatnya berapa ya kak? Tadi aku kasih tau ke mamahku terus langsung kepo deh beliau XD

    ReplyDelete
  44. Barang bagus emang biasa banyak KW-nya ya. Kudu hati2, mending beli di toko fisik deh daripada online kalo beginian

    ReplyDelete
  45. Waaahhh pengin nyomot nasi kebulinya mbaaaa.... Enak banget nih dari tampilannya, gurih berempah gitu ya mba rasanya. Dan nyenengin banget ya kalau masaknya pake vacuum pot, jadi cepet banget matangnya.

    ReplyDelete
  46. waaah asik banget niih, jadi nya lebih praktis juga yaaa, ngomongin nasi kebuli jadi pengen nasi kebuli juga deh aku hehehe

    ReplyDelete
  47. Pengen jugaaa punya vakuum happy call, buat masak macam2 pasti praktis dan cepet banget prosesnya 😍

    ReplyDelete
  48. masih gak percaya masak nasi kebuli favorit keluarga gak sampai setengah jam. waaaah asyiknyaaa... kalau gini mah bakal sering2 bikin, suami dan anak hepi

    ReplyDelete
  49. nasi Kebuli tuh favorit banget kalo udh ngidam mau gak mau beli aja kalo bikin lama dan repot, tp keren ya happy call ini bikin cuma 25 menit apa gak kelembekan kak? atau malah masih belum tanak?

    ReplyDelete
  50. woh ada resep nasi kebuli <3 anakku suka nasi kebuli, tapi aku ga bisa masaknya xD jadi pengen deh ini cari IH Vaccum Pot nya, hihii..

    ReplyDelete
  51. Nasi kebuli favorite banget nih di rumah, Ibu juga suka memasak nasi kebuli ya, tapi belum pernah pakai happy call

    ReplyDelete
  52. Wah, lapisannya warna coklat favoritku mbak, suka deh.. Jadi kepengen punya juga buat masak di rumah.. hehe.. btw makasih yah mbak udah share bahan-bahannya, ku coba ah nanti, semoga nggak gagal.. hehe

    ReplyDelete
  53. selama ini cuma tahu yang produk happy call dan baru paham perbedaannya, kalau IH Vaccum Pot ini baru tahu, bentuknya mirip presto ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar