December 04, 2019


"Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan'" (Al Qur'an: Surah An Nahl: 69)
Manfaat madu untuk anak sudah terbukti secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar dia tidak mudah sakit. Madu diturunkan Allah sebagai obat bagi manusia. Hal ini telah dikabarkan Allah di dalam kitab suci AL Quran lebih dari 14 abad yang lalu.

Dulu, waktu saya masih kecil, pernah diceritakan oleh guru mengaji saya, tentang keluarnya madu dari perut lebah. Saya heran campur takjub. Sejak hari itu, saya terus saja berpikir, bagaimana cara melihat madu dari perut lebah. Bagaimana mungkin dia memilki berliter liter madu dan akhirnya dimakan oleh manusia.

Saya kepo banget waktu itu. Eh, sekarang saya punya anak, sama keponya sama saya,. Mungkin demikianlah fitrahnya anak anak. Mereka curious, selalu menduga duga atau ingin tahu, apa yang dia dengar, dan ingin melihatnya langsung, apakah benar demikian.

Kalau dulu, saya sudah payah mencari tahu. Mendekati lebah saja saya takutnya luar biasa. Kalau disengat bagaimana?

Nah, beruntung anak saya sekarang. Dunia sudah sangat dekat dengan jarinya. Akibat dari teknologi yang semakin canggih, saya dan anak anak bisa mengetahui apa yang dimaksudkan Allah, diperut madu ada madu.

Dengan menonton channel discovery atau YouTube aja, maka kita bisa langsung melihat bagaimana lebah mengumpulkan madu dari putik bunga, lalu dikumpulkannya dan disimpan dalam tempat yang aman. Luar biasa sekali.

Tentang Madu

Madu adalah cairan kental yang berwarna keemasan yang dihasilkan oleh lebah atau nama latinnya Apis Mellifera, yaitu serangga ciptaan Allah yang hidupnya hanyalah memakan makanan yang baik (sari bunga) dan mengeluarkan madu. Sarangnya berbentuk hexagon. Sebagai serangga yang rajin dan disiplin, lebah mampu menghasilkan madu yang mengandung 1001 khasiat yang diperlukan oleh manusia. Di dalam al Qur'an, madu juga disebut sebagai "shifa" yang artinya penyembuh penyakit. 

Madu Makanan yang Istimewa


Madurasa murni
Dikutip di dalam buku Meneroka Kegemilangan Islam, tercatat beberapa keistimewaan madu, di antaranya:
  1. Madu adalah salah satu minuman di syurga.
  2. Makanan yang bersih yang keluar dari perut lebah yang makan buah buahan dan bunga-bunga saja.
  3. Madu mudah diperoleh dimana saja.
  4. Madu adalah makanan yang terjamin khasiatnya dan halal
  5. Madu adalah makanan hati dan pinggang.
Manfaat Madu untuk Anak

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW di atas, banyak sekali khasiat dari madu lebah ini, yaitu:
  1. Kaya dengan bahan anti oksidan untuk mencegah kanker.
  2. Sumber tenaga asli yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menambah tenaga.
  3. Meningkatkan kadar pertumbuhan sel-sel baru dan mempercantik kulit
  4. merawat berbagai macam penyakit, seperti penyakit mata, penyakit hidung, penyakit kulit dan menyembuhkan luka.
  5. Madu adalah antibiotik yang manjur.
  6. Madu juga dapat menstabilkan gula dalam darah.
Membicarakan tentang manfaat madu untuk anak, saya sudah membuktikannya sendiri. Jika anak saya batuk, saya mengambil 1 sendok madu dan sepotong jeruk nipis. Saya campurkan kedua bahan itu dan meminumnya setiap hari 2x sehari. Alhamdulillah dalam 2-3 hari batuk pun hilang dengan sendirinya.

Kemudian ketika anak saya sakit perut, saya selalu memberikan dia satu sendok makan madu. Alhamdulillah sakit perutnya berkurang. 

Madu juga disebut-sebut sebagai 'Raja Obat" karena begitu istimewanya khasiat dari madu yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT, telah meletakkan berkah di dalam madu dan menjadikannya sebagai obat dari rasa sakit dan madu telah didoakan oleh 70 nabi."

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, "Demi Allah yang aku berada di dalam genggaman-Nya, minumlah madu. Malaikat akan memohon rahmat pada penghuni rumah yang ada madu di dalamnya. Jika seseorang itu makan madu, 1000 obat masuk ke perutnya dan sejuta penyakit keluar darinya. "

Madu juga bisa meningkatkan kecerdasan dan menguatkan ingatan atau hafalan. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang ingin menghafal, hendaklah ia minum manisan madu."

Luar biasa sekali ya, Moms khasiat dari madu.

Nah, madu yang sering saya sediakan di rumah itu, Madurasa, Moms. Alhamdulillah bertahun-tahun saya meminum madu, saya dan keluarga jarang sekali sakit. Paling juga sakit batuk pilek dan sakit perut. Itu pun recoverynya cepat sekali dengan mengkonsumsi Madu.

Sedia Multivitamin Sebelum Hujan


dr Ajeng sedang menerangkan pentingnya multivitamin alami
Hari Minggu lalu, sehabis mengikuti seminar pendidikan di Universitas Yarsi, saya mampir ke Indonesia Maternity Baby & Kids Expo (IMBEX) di Jakarta Convention Centre (JCC). Hari itu hari terakhir expo dan ramai sekali para orangtua yang ingin membeli perlengkapan anak. IMBEX diselenggarakan dari hari Jum'at tanggal 29 November hingga Minggu, 1 Desember 2019.

Alhamdulillah saya masih bisa mengikuti keseruan di booth Madurasa produk dari Air Mancur dan mengikuti Talkshow "Sedia Multivitamin Sebelum Hujan". Talkshow ini menghadirkan dua narasumber yaitu, dr. Ajeng Indriastri, Sp.A, dokter visit di RS Omni Bekasi dan Yunita Triana seorang mom influencer dan juga dokter gigi, lho.

dr. Ajeng mengingatkan kami, para ibu untuk menjaga kesehatan si kecil menjelang musim hujan. Yah, memang sih di musim pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, apalagi cuaca saat ini kan gak jelas ya, mana musim kemarau mana musim penghujan, jadi menurut dr. Ajeng alangkah bijaknya jika kita sebagai ibu selalu menyediakan multivitamin untuk keluarga dan si kecil.

Salah satu yang direkomendasikan oleh dr. Ajeng adalah madu. Menurutnya madu adalah salah satu obat dari segala penyakit. Ia tidak meninggalkan kesan alergi kepada orang yang mengkonsumsinya.  Manfaat madu untuk anak ini besar sekali manfaatnya untuk menjaga agar daya tahan tubuh si kecil kuat. Aturan minum madu untuk anak usia 1 tahun dapat diberikan 1 sendok makan, diberikan pagi dan sore. Rutin mengkonsumsi madu akan meningkatkan daya imunitas tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Madurasa Fitkidz



Dalam talkshow juga diperkenalkan Madurasa Fitkidz. Madurasa Fitkidz adalah multivitamin anak untuk meningkatkan daya tubuh anak-anak. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti sari Phillanti, madu, vitamin B kompleks, temulawak, kurma, lysine dan vitamin C. Selain telah diuji secara klinis, Madurasa Fitkidz ini juga sudah bersertifikat Halal MUI.

Manfaat dari bahan-bahan yang terkandung dalam Madurasa Fitkidz ini sudah dibuktikan secara klinis.

  • Sari Phillanti: memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.
  • Vitamin B kompleks: sebagai ko-enzim dalam mengubah makanan menjadi energi.
  • Sari kurma: menjaga kesehatan anak dari penyakit.
  • Sari temulawak: membantu memperbaiki nafsu makan anak.
  • Madu: mengandung antioksidan yang membantu menjaga kesehatan tubuh anak.
  • Lysine: membantu dalam pertumbuhan.
  • Vitamin C: membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh anak.
Madurasa Fitkidz ini aman dikonsumsi oleh anak anak dari usia 1 tahun hingga 12 tahun. Jadi Moms, kalau lagi mencari madu untuk anak 1 tahun, gak perlu bingung lagi ya, karena sekarang ada Madurasa Fitkidz. Sekarang Madurasa kemasannya praktis, ada Madurasa Stick, jadi mudah dibawa kemana mana. Cocok juga jadi bekal ke sekolah atau bermain di luar.



Saat di IMBEX, Madurasa Fitkidz sedang promo, dengan pembelian 50K mendapatkan Madurasa Fitkidz dan Madurasa Murni serta mendapat hadiah langsung snackbox cantik.

Saat ini di beberapa marketplace sedang promo Madurasa Fitkidz. Di Alfacart, Madurasa Fitkidz 140gr harga normal Rp20.900,- dengan harga promo dapat dibeli dengan harga Rp9.900 saja.

Untuk informasi lebih lengkap, Moms bisa membuka akun instagram Madurasa @madurasa_official

Nah, Moms, sudahkah menyediakan madu di rumah? Kalau saya sudah!

Madurasa Stick cocok untuk bekal anak-anak

15 comments

wah sekarang ada madurasa multivitamin ya, saya tahunya dulu cuma madu aja :) makin berinovasi ya madu rasa ini :) keren

REPLY

anak2 suka saya kasih madu karena memang manfaatnya banyak :)

REPLY

Aq sering banget kasih madu ini buat anak. Sama aq juga suka minum madu untuk campuran teh.

REPLY

Madunya Masurasa mah sudah terpercaya enak, ummi Saki. Trus kualitasnya juga terpercaya banget. Aku selalu sediakan madu ummi di rumah

REPLY

madu itu emang punya banyak banget manfaat yaa, bahkan untuk anak anak sekaligus tetep aman buat dikonsumsi, aku juga pasti selalu sedia madu di rumah hehee

REPLY

Anak-Anakku selalu dikasih madu dan Alhamdulillah jadi pada doyan, apalagi setelah tahu ada FitKidz dari Mudarasa ini, aku icip juga ternyata rasanya memang enaaak.

REPLY

Banyak banget manfaat madu ini ya kak. Aku selalu sedia madu di rumah. Utk madurasa inipun gampang ya carinya hehe

REPLY

aku dari dulu suka banget sama yang namanya madu, dan session waktu dulu mamahku menyuapi anak-anaknya dengan madu adalah yang paling aku tunggu-tunggu. Dan kebetulan kemarin lihat keponakan aku ternyata pakai Fitkidz ini

REPLY

Saya juga suka minum madurasa mbak Sri. Bahkan sedia nih di rumah. Apalagi madu banyak khasiatnya, makin rutin minum madu

REPLY

Aku tahunya kalai batuk pakai kecap + jeruk nipis, ternyata juga bisa pakai madu. Sip deh kalo anakku batuk bisa aku kasih alternatif ini dulu sebelum buru2 ke dokter.

REPLY

Trnyta bnyk bgt manfaat madu, apalg sekarg ada madurasa fitkids yg buat anak2 ,jd aman dikonsumsi sbg multivitamin

REPLY

Setuju banget madu itu penting apalagi untuk anak di masa pertumbuhannya, sampe sekarang aku selalu nyetok madu di rumah Wajib banget!

REPLY

Manfaat madu banyak sekali.alhamdulillah anakku suka madu apalagi madu dr madurasa ini rasanya enak.

REPLY

Aku suka minum madu buat vitamin mbak . Dan kakak juga ponakanku tak suruh minum madu juga . Lalu biasanya untuk bikin campuran teh . Jadi gak pake gula

REPLY

banyak yaa manfaatnya. sepertinya saya kudu beli untuk si kecil. apalagi ada temulawak nya yg bikin nambah nafsu makan

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates