Pengalaman Naik Bis di Jepang

Post a Comment

 Pengalaman naik bis di JepangSalah satu transportasi umum dalam kota yang ada di Jepang, selain taksi adalah bis. Selain biayanya murah meriah, naik bis juga nyaman. Dulu, jika saya mau ke stasiun atau ke tempat kerja seringnya naik bis.Naik bis di JepangDari rumah naik sepeda, lalu parkir sepeda di tempat penitipan sepeda, lalu lanjut naik bis luar kota atau jarak jauh (karena tempat bekerja di Jepang di daerah Tochigi agak ke atas atau puncak gitu deh arah ke Niko). Di Jepang mah teu aya angkot, jadi kalau nyari angkot, Moms bakalan sia sia hehe Bis di kota tempat saya, Utsunomiya, bisnya seperti bis damri. Besar, bersih dan ber AC. 

Untuk naik bis, kita bisa menunggu bis di halte yang ada tempat duduknya atau menunggu di tepi jalan yang ada tanda seperti di dalam gambar. Biasanya ada jadwal bis dari halte tersebut.

Cara naik bis berbeda beda. Ada yang naik Dari belakang, lalu turun di depan. Ambil tickets, lalu membayar sesuai harga yang tertera di karcis. Ada juga yang naik di tengah atau di depan. Ketika naik bis di sana saya belum pernah melihat penumpang yang rebutan naik. Semua antre.

Karena masing masing perfecture mungkin beda bis ya. Waktu saya  tinggal di Utsunomiya tahun 2005-an alur naik bisnya seperti ini:
1. Naik dari depan, lalu ambil tiket.
2. Ketika sudah mau sampai, pencet bel.
3. Turun dari bagian depan juga sambil membayar. Usahakan uang pas, ya. Tapi kalau gak ada juga, mereka menyiapkan uang kembalian kok.

Oiya, jenis bis juga macam macam ya. Kalau kamu membawa baby stoller atau menggunakan kursi roda. Di sana Ada bis yang dirancang untuk memudahkan ibu membawa balita juga teman teman difabel.

Nah, demikianlah pengalaman saya naik bis di Jepang dan  tata cara naik bis di sana. Cara naik bis di Jepang mudah. Sepertinya ada peraturan tdak boleh makan di dalam bis juga, sama dengan naik Transjakarta. Yah, meski kita orang asing, tentu saja, di mana bumi dipijak, di situ langit di junjung yaa. Harus taat aturan, jangan memalukan nama bangsa di negara orang.
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

Post a Comment