Cara Mudah Membuat Sitemap di Blogger.com

Cara Mudah Membuat Sitemap di Blogger.com

28 comments

Cara mudah membuat sitemap di blogger.com. Sitemap sebagai peta atau petunjuk jalan di dalam blog penting sekali disematkan agar memudahkan pembaca menemukan artikel yang ingin dibacanya.

Selain itu, sitemap juga akan memudahkan google menelusuri isi blog kita sehingga kemungkinan  artikel kita akan mudah terindeks oleh google (tolong koreksi kalau salah, yaa)

Cara mudah membuat sitemap di blogger.com

Ini kenapa saya tiba-tiba mengotak-atik blog dan membuat sitemap? Ini gara-gara membaca artikel di website  Emak-emak Blogger yang membahas tentang laman blog yang seharusnya ada di dalam blog. Nah, salah satunya itu sitemap.

Saya sudah pernah membuat sitemap, tapi enggak jalan. Maksudnya bukan jalan ke mana-mana ya, tapi gak bisa diklik gitu.

Alhamdulillah, pas blog walking, lihat di blognya teh Ida Tahmidah, ada sitemap yang cakep banget. Akhirnya saya colek dong beliau dan senangnya, setelah ngobrol sambil curhat ke Teh Ida soal sitemap saya yang gak berfungsi itu akhirnya bisa diklik juga. Nuhun Teh Ida. 

Hasil dari otak-atik membuat sitemap, bisa dilihat di blog saya paling atas, kan ada tulisan Sitemap, klik aja itu, ya.

Gimana? Kece, kan?

Nah, kali ini saya akan menularkan keberhasilan saya dalam membuat sitemap. Siapa tahu ini juga yang akan membantu blog kita mudah diindeks google karena mudah dirayapi oleh sistem google search console.

Sebelumnya hayuk kita ketahui dulu, Sitemap itu apa sih? 

Apa sih Sitemap itu?

Sitemap itu seperti kalau menurut saya seperti peta perjalanan kita di dalam sebuah blog. Kadang kan pembaca blog itu males ya mengibek-ngubek suatu blog padahal dia perlu membaca yang ingin dia ketahui di dalam sebuah blog. 

Kalau sudah terindeks dan masuk page one sih mungkin mudah saya ya. Cari saja dengan kata kunci, pasti langsung muncul. Seperti nama Sri Widiyastuti, alhamdulillah meski banyak nama yang mirip tapi nama saya selalu muncul di halaman pertama, terutama blog saya ini.

Itu artinya nama saya sudah sering muncul dalam sistem pencarian google. Foto-foto saya juga nampang kece di sana. Makanya tiap mau upload foto saya mikir banget, karena ini akan berguna banget di masa depan nih, terutama kalau ada brand yang ingin bekerjasama dengan saya, tentu saja mereka akan melihat foto yang saya tampilkan di blog atau apapun yang berkaitan dengan saya di dunia maya.

Nah, jadi sitemap itu seperti penunjuk jalan agar pembaca bisa menelusuri isi blog kita. Seprti halnya di restoran, kita kan pasti akan minta daftar menu di restoran ya. Sitemap juga seperti itu, agar pembaca mudah menelusuri blog kita.

Bagaimana Cara Membuat Sitemap?

Karena saya pengguna blogger.com, maka saya akan sharing bagaimana saya membuat sitemap dan menempelkannya di blog.

Tutorial membuat sitemap sebenarnya banyak bertebaran di google. Saya sudah mencoba berbagai cara dan cara terakhir ini yang berhasil diterapkan di blog saya.

Jadi bagaimana cara mudah membuat sitemap di blogger.com? Yuk, kita coba praktikkan dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Tutorial membuat sitemap di blogger.com

Tutorial Cara Mudah Membuat Sitemap di Blogger.com

1. Buka Laman/ Page

Pertama-tama yang Moms lakukan adalah membuat laman atau page baru di blog. Caranya login ke blogger.com, lalu klik Page/Laman. Setelah itu klik buat halaman baru/new page.

2. Buat Judul Laman/Page

Setelah itu buat judul halaman/page dengan Sitemap. Nantinya halaman yang kita buat itu akan menjadi link seperti ini https://www.sriwidiyastuti.com/p/sitemap.html 

3. Copy Paste Script

Setelah itu, Moms copy/salin script yang ada di blognya kak Samuel tutorial cara membuat sitemap  dengan judul cara membuat sitemap di blogger.com

Kenapa scripnya tidak saya copy saja di sini? Karena selain itu adalah kontennya kak Samuel, juga karena saya kuatir tidak berfungsi setelah disalin di sini. Jadi, Moms bisa mengkopi langsung dari sumbernya, ya.

4. Tulis Search Description 

Setelah mencopy paste script jangan dulu submit/publish Moms. Tulis dulu keterangan pada search description agar orang tahu maksud kita membuat laman sitemap ini. Keterangan ini akan memudahkan orang memahami isi laman yang kita buat.

5. Publish 

Jangan lupa cek, apakah linknya sudah sesuai belum. Kalau sudah benar tampilannya akan seperti ini. 

Sitemap
Tampilan sitemap di blog saya, gimana? Kece, kan?

Nah, cukup mudah, kan membuat sitemap di blogger. Hanya dalam beberapa menit saja kita sudah memiliki sitemap yang representatif banget dan memudahkan pembaca blog kita dalam menelusuri isi blog.

Jadi, sekian dulu sharing cara mudah membuat sitemap di blogger.com. Semoga bermanfaat ya Moms. 

Semangat Ngeblog!

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

28 comments

  1. Kece banget mbak tampilan sitemap blognya, bisa melakukan pencarian pula. Ntar saya coba terapin di blog saya yang blogger ah, walau udah lama dianggurin, tapi bisa buat belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iya saya senang sekali karena akhirnya berhasil juga membuat sitemap sendiri. Silakan mbak diterapkan di blognya yaa.

      Delete
  2. Waaah, makasih banyak buat tipsnya yah mbak kebeneran aku pake blogspot juga dan pengen langsung cobain nih bikin sitemap sesuai tipsnya

    ReplyDelete
  3. Site map, dulu aku juga nggak make mba. Nggak peduli malah, terus ada tmn mbikin karena buat ngajuin adsense..aku blm tertarik.

    Baru blm lama juga blogku tak kasih...karena lama-lama pengen..ha..ha
    Dulu aku juga hasil googling dapetnya...

    ReplyDelete
  4. Asik asik, kapan2 mau coba ah mbaaa
    blog utama-ku memang WP
    tapi aku ada blogspot juga
    bisa sekalian praktik nih

    ReplyDelete
  5. Hai mom, aku dapat ilmu baru nih.Aku termasuk newbie dalam dunia blog masih banyak yang harus dipelajari. Inilah enaknya saling BW ya, banyak hal baru yang didapatkan

    ReplyDelete
  6. Saya juga sudah menggunakan site map. Memudahkan pembaca mau nyari artikel apa di blog kita ya jadinya.

    ReplyDelete
  7. Waah makasih mbak infonya, blogku belum ada sitemap nih kebetulan. Habis ini pasang juga deh biar kalau ada yang mampir bisa gampang cari-cari artikelnya.

    ReplyDelete
  8. Terlihat simpel tapi sungguh saya harus bolak balik praktik dan baca ulang nih untuk bisa menghasilkan hasil yah minimal sesuai ekspektasi saya. Maklum udah tua ini tutorial nya tidak cepat terserap hehehe
    Terimakasih ilmunya Mbak

    ReplyDelete
  9. Wah aku belum menerapkan seperti ini nih di blog, jadi pengen nyoba juga belajar sitemap untuk blogger. Kadang habis nulis langsung publish dan gak pernah kepikiran sitemapnya.

    ReplyDelete
  10. Oh ini sitemap artikel blog kita. Kupikir yang search console. Boleh nanti dicoba. Siapa tahu ada yang kepo sama blog kita

    ReplyDelete
  11. Penting banget pake site map, jadi memudahkan mencari artikel yang diperlukan.
    The power of BW ya bisa memberikan informasi yang dibutuhkan ya Mak, menyenangkaaan!

    ReplyDelete
  12. Yaah aku belum pernah buat sitemap, mba. Bahkan belum kepikiran euy. Makasih informasinya, mba. Nanti aku coba ah

    ReplyDelete
  13. Sangat sangat bermanfaat bun, setelah membaca ini langsung saya coba praktekkan. Ternyata membuat site map bermanfaat ya buat blog kita.

    ReplyDelete
  14. Oh ini cara bikinnya, selama ini cuma nanya pada diri sendiri gimana bisa muncul site map di blog punya teman blogger, hihiii.

    Dan aku tadi klik sitemap nya mba Tuti, iya ih kece banget ya dan terlihat rapi. Manfaatnya bisa memudahkan pengunjung setia blog kita juga untuk mencari artikel yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  15. Waaah aku malah baru tau loh mbak fungsi dan cara bikin sitemap seperti ini. Terima KAsih artikelnya yaa...Kapan-kapan aku coba deh. Sitemapnya cakep loh Mbak Wid..

    ReplyDelete
  16. Oooww... supaya nggak nyasar ya kak. Eehhh wkwkw
    Jadi sitemap itu seperti penunjuk jalan agar pembaca bisa menelusuri isi blog kita ya.

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen ngulik juga bikin sitemap buat di wp nih. Mudah-mudahan ada pluginnya ya.

    ReplyDelete
  18. Aiih, maumaumau bikin sitemap juga..
    Ini keren banget yaa...kalau ikutan komunitas tuh suka banyak insight dan akhirnya saling membantu.

    Barakallahu fiik, kak Sri.

    ReplyDelete
  19. Sitemap penting untuk tracking link kita sudah sejauh mana berjalan jalan hahaha
    Saya juga nyaris keliru pasangnya dulu

    ReplyDelete
  20. Mbak Sri, saya juga pakek script dari Bang Samuel, hahaha, samaan kita. Kebetulan saya sedang bikin 1 blog baru di blogspot. Jadi saya sering berkunjung di blognya Bang Samuel, hihihi. Kontennya emang faedah banget buat pemakai blogspot.

    ReplyDelete
  21. Wah aku baru tahu tentang sitemap. Kalau di wp apakah sama mbak? Butuh sitemap juga ga ya wp? Keren sih brand jadi mudah menemukan dan bisa mudah kerja sama

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah, aku juga akhirnya bisa nambahin sitemap di blog. Dulu bingung banget. Aku belajar dari Google dan Youtube. Penting banget ya peran sitemap ini buat blog.

    ReplyDelete
  23. Makasih Teh, tipsnya dan aku noted banget ini sama kalau mau upload foto harus benar-benar mikir karena ini berguna banget di masa datang ya. Jangan asal upload, apalagi yang ga bagus

    ReplyDelete
  24. Terimakasih kak sangat membantu. Akhirnya bisa juga membuat sotema di blog.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar