Andalan Saat Ruam, Simak Apa Saja Manfaat Vitamin B5

Andalan saat ruam, simak apa saja manfaat vitamin B5. Moms, jangan sepelekan ruam popok atau iritasi kulit ringan lainnya meskipun bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu. Sebab, meskipun jarang menimbulkan bahaya ruam popok sebaiknya segera diatasi karena menimbulkan rasa tidak nyaman untuk si Kecil.

andalan saat ruam, simak apa saja manfaat vitamin B5
Panas, gatal dan perih adalah beberapa keluhan yang membuat bayi mudah menangis ketika mengalami ruam. Dalam situasi ini, salep ruam dengan kandungan vitamin B5 kerap menjadi andalan. Selain aman digunakan karena merupakan bahan alami, manfaat vitamin B5 juga cukup banyak terutama yang berhubungan dengan kulit. 

Agar semakin yakin menggunakan salep ruam yang mengandung vitamin B5, coba simak informasi seputar kandungan tersebut dan manfaatnya untuk membantu meredakan ruam popok yang mengganggu.

Mengenal Vitamin B5

Vitamin B5 adalah salah satu anggota dari kelompok vitamin B kompleks yang punya fungsi utama mendukung metabolism tubuh. Sama seperti vitamin lain pada umumnya, vitamin B5 tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga membutuhkan asupan dari luar misalnya lewat makanan atau suplemen vitamin. 

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya bagi kulit, sumber vitamin B5 sebaiknya bukan hanya dari makanan bernutrisi namun juga melalui produk topical yang langsung berkontak dengan kulit, salah satunya adalah salep ruam popok. 

Oleh karena vitamin adalah bahan alami yang memang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bermetabolisme dengan normal, vitamin B5 relatif aman digunakan setiap hari termasuk pada kulit bayi yang sedang mengalami iritasi kulit termasuk ruam popok. 

Dengan penggunaan teratur, kandungan tersebut dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit sehingga terhindar dari kulit kering hingga pecah-pecah yang juga menjadi tanda bagi iritasi kulit. Salah satu hal yang menarik adalah vitamin B5 juga mengandung agen anti inflamasi sehingga mampu menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi dan peradangan.

Manfaat Vitamin B5

Seperti vitamin lainnya, vitamin B5 juga dibutuhkan supaya metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan normal. Salah satu perbedaan antara vitamin B5 dengan yang lain adalah manfaatnya yang besar bagi kulit sehingga tidak jarang vitamin ini dijadikan bahan aktif dari produk perawatan dan Kesehatan kulit, contohnya krim ruam popok. Berikut adalah beberapa manfaat terbaik dari vitamin B5. 

1. Merangsang pembentukan kolagen 

Kolagen adalah kelompok protein yang dibentuk oleh sel-sel kulit untuk menjaga keremajaannya. Penggunaan produk dengan kandungan vitamin B5 dapat membantu merangsang produksi protein tersebut sehingga tidak heran bila dengan pemakaian teratur, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal. Ini juga yang menjadi alasan mengapa vitamin B5 dan turunannya banyak dijumpai di produk anti penuaan miliki orang dewasa.

Selain membantu menjaga keremajaan kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit yang sudah rusak, salah satunya karena lecet atau iritasi akibat gesekan dengan permukaan popok. Dengan bantuan kolagen, sel kulit akan terbarui sehingga luka jadi lebih cepat sembuh. Itulah sebabnya, vitamin B5 juga dijadikan bahan aktif pada krim ruam popok yang bertujuan untuk mempercepat penyembuhan ruam. 

2. Membantu menjaga kelembaban kulit 

Kulit bayi maupun orang dewasa sama-sama berpotensi mengalami kekeringan yang diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari iritasi hingga dehidrasi. Selain merangsang produksi kolagen ternyata vitamin B5 juga memiliki sifat humektan yaitu mampu mengikat air dan menguncinya di dalam sel kulit sehingga kulit senantiasa terhidrasi dengan baik. 

Dengan begini, kulit kering, bersisik atau pecah-pecah dapat dihindari dan ketidaknyamanan akibat ruam dapat ditekan. Dalam konteks ini, fungsi vitamin B5 tentu saja akan semakin maksimal bila dibarengi dengan konsumsi cairan yang cukup setiap harinya. 

3. Bersifat antiinflamasi 

Salah satu tanda dari ruam popok yang sering diderita buah hati di bawah 2 tahun  adalah kulit kemerahan yang mengilap dan perih ketika disentuh. Kemerahan ini menjadi tanda terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari alergi hingga gesekan antara kulit dengan permukaan popok. 

Vitamin B5 bersifat anti inflamasi yang artinya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Dengan penggunaan teratur, kulit yang awalnya merah dan kelihatan mengilap perih berangsur membaik. Dengan begini, si Kecil juga akan merasa lebih nyaman karena perih yang dirasakan berkurang. 

4. Menjaga kekenyalan kulit 

Produksi kolagen memiliki andil dalam menjaga kekencangan dan kepadatan kulit. Ketika produksi kolagen meningkat secara otomatis kulit menjadi lebih kenyal. Seperti yang diketahui, vitamin B5 memiliki kemampuan untuk memaksimalkan kolagen dalam sel kulit. Dengan pemakaian krim yang mengandung vitamin B5 secara teratur, bukan tidak mungkin kulit jadi terasa lebih kencang dan kenyal bak kulit bayi.

Vitamin B5 Andalan Ibu untuk Ruam Popok si Kecil

Manfaat Vitamin B5
Berbagai manfaat vitamin B5 di atas menjadi alasan dibalik penggunaannya sebagai bahan aktif di salep ruam popok untuk bayi. Bepanthen Baby salep popok bayi yang juga mengandung vitamin B5 dapat digunakan setiap hari pada kulit buah hati yang mengalami ruam supaya iritasinya segera membaik dan dia bisa ceria kembali.

Referensi:
1.    Debra ROSE Wilson, Ph.D., What to know about vitamin B5, April 24, 2017. Diakses pada 07 Juli 2022 dari 1.    https://www.medicalnewstoday.com/articles/219601#:~:text=Vitamin%20B5%20is%20a%20water,%2C%20proteins%2C%20and%20coenzyme%20A.
2.    John P. Cunha, Do, FACEOP,  Dexpanthenol, September 14, 2021. Diakses pada 07 Juli 2022 dari https://www.rxlist.com/cosumer_panthoderm_dexpanthenol/drugs-condition.htm
3.    Dexapanthenol Cream - Uses, Side Effects, and More. Diakses pada 07 Juli 2022 dari 3.    https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75143/dexpanthenol-topical/details#:~:text=This%20medication%20is%20used%20as,and%20decrease%20itching%20and%20flaking

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

23 comments

  1. Baru tau kalau vit B5 bisa membentuk kolagen. berarti bagus juga ya kalau dipakai untuk skin care wajah, bukan cuma untuk ruam popok aja

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak juga ya manfaat B5 yang bagus untuk kesehatan kulit, terutama kulit sensitif kayak kulitnya anak-anak. Selama ini, kesehatan kulit identik dengan vitamin E ya, tapi khusus buat ruam popok, bagus nih kalau memanfaatkan vitamin B5

    ReplyDelete
  3. Sama ini - waktu anak anak kecil dulu untuk mengurangi ruam menggunakan salep bepanthen dan langsung mengering ga merah merah lagi

    ReplyDelete
  4. Sedih banget ya kalau liat anak kena ruam popok. Kalau gak segera diatasi kasihan baby. Kalau gak dipopokin juga kasihan nanti gak nyaman tidurnya. Untung ada salep bagus khusus buat ruam popok. Semoga bisa menjadi solusi yang baik buat mengatasinya.

    ReplyDelete
  5. Betul banget mbak, kalo si kecil kena popok ruam atau iritasi. Sebaiknya langsung diobati, jangan dibiarkan sampai sembuh dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  6. banyak memang ya mba manfaat dari vitamin B5 ini, termasuk untuk pengobatan terhadap ruam popok

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak banget manfaatnya vitamin B5 untuk tubuh kita yah, bisa merangsang produksi kolagen pula yang baik buat kulit. Jadi bisa mengatasi ruam deh

    ReplyDelete
  8. Ternyata vitamin B5 berkaitan dengan pembentukan kolagen, kelembaban kulit juga. Rekomended nih Bepanten sebagai salep anti ruam.

    ReplyDelete
  9. Kalau sudah ruam tuh memang luar biasaaa..
    Bikin Ibu panik dan anak gak nyaman juga akan sering rewel, jadinya.
    Menggunakan Bepanthen Baby salep popok bayi memang solusi terbaik ruam pada bayi.

    ReplyDelete
  10. Aku jarang merhatiin kandungan di salep atau krim ruam popok. Ternyata mengandung vitamin B5 yang banyak manfaatnya ya. Jadi si kecil tetap aman dan terjaga kelembapannya

    ReplyDelete
  11. Ternyata perlu juga ya adanya vitamin B5 untuk kesehatn kulit. Jadi ingat zaman anak2 balita pernah mengalami ruam popok, sampai merah karena alergi ditergen.

    ReplyDelete
  12. Oh iya, krim ruam popok ini emang wajib ada ketika anak masih pakai popok
    Soalnya, kalau anak ruam popok nggak diobati, kasihan
    Akan rewel

    ReplyDelete
  13. Sebetulnya tujuannya vitamin B5 ini baik, karena pekerjaan utamanya vitamin B5 adalah melembabkan kulit yang kekeringan akibat ruam popok (sedangkan manfaat-manfaat lainnya masih dalam penelitian yang masih dicari kesepakatannya di seluruh dunia).
    Cuman kalau seminggu sudah diolesin B5, tetapi anak masih rewel juga di bagian selangkangannya, perlu dibawa ke dokter anak untuk dimintai izin buat diolesin hidrokortison. :)

    ReplyDelete
  14. Ruam popok juga bisa di cegah bun dengan meminimalisir penggunaan pempers.
    Anak saya dulu kalau dirumah gak pake pempers, hanya kalau keluar rumah saja pake pempers jadi Alhamdulillah ga kena ruam popok.

    ReplyDelete
  15. Andanku banget sih ini Bepanthene.. Aku pun sedia bepanthene..untuk mulai anak2 sampe sekarang udah gede,,Karena emang ampuh mengatasi berbagai gangguan kulit...

    ReplyDelete
  16. Wiihhh ternyataaaa manfaatnya seabrek

    Dan aku baru tau klo bisa utk anti peradangan juga.

    Keren sangat ini mna

    ReplyDelete
  17. Manfaat vitamin B banyak juga, bisa jadi salah satu bahan aktif untuk salep mengobati ruam popok.

    ReplyDelete
  18. Wah baru tahu ternyata vitamin B5 merangsang pembentukan kolagen yaa.
    Kalau punya anak kecil terutama yang masih memakai popok emang penting banget menydiakan salep ruam di rumah ya mbak Sri dan tentu saja kandungan bahan2nya harus yang sesuai banget dgn kulit anak.

    ReplyDelete
  19. Baru tau loh mba tentang vitamin B5 yang terdapat di dalam salep ruam popok ini. Tepat banget dijadikan andalan kaum ibu untuk mengatasi ruam popok yang sering dialami oleh anak ketika masih bayi.

    ReplyDelete
  20. Saya baru tahu kalau ternyata vitamin B5 ini bagus buat kulit. Kalau dijadikan salah satu formula dalam salep ruam popok, wah kulit bayi jadi bakal makin terlindungi ya

    ReplyDelete
  21. Informasi bermanfaat banget untuk saya yang lagi hamil anak pertama ini mak. Ternyata ada salep khusus untuk mengatasi ruam popok. Note banget untuk persiapan kelahiran dedek bayi nantinya!

    ReplyDelete
  22. Informatif mbak, aku dulu kalau anak kena ruam aku angin2in tanpa pampers

    ReplyDelete
  23. Ruam ini kalau dibiarkan memang berbahaya banget, Teh, bisa jadi iritasi yang parah dan sampai bayi demam loh. Alhamdullilah ada salepnya ya

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar