Ini Dia 5 Langkah Bisnis IDN Media Tahun 2023 Salah Satunya Menumbuhkan Creator Economy Melalui ICE

Post a Comment

Ini Dia 5 Langkah Bisnis IDN Media Tahun 2023 Salah Satunya Menumbuhkan Creator Economy Melalui ICE. Tahun 2023 dipandang sebagai tahun yang penuh tantangan dan cukup sulit. Seperti yang diungkapkan oleh Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani bahwa Bank Dunia memprediksikan perekonomian global akan mengalami resesi pada tahun 2023.

ini dia 5 langkah bisnis IDN media tahun 2023 salah satunya menumbuhkan creator economy di ICE

Meski tahun 2023 ekonomi global diprediksi akan mengalami resesi, namun saya yakin, semua pelaku bisnis di Indonesia dan seluruh dunia tidak akan tinggal diam. Salah satunya perusahaan bisnis berbasis platform media, IDN Media.

IDN Media telah meluncurkan berbagai strategi inovasi dalam menghadapi resesi 2023 ini, yaitu dengan cara meluncurkan 5 langkah bisnis IDN Media.

Masa resesi sebenarnya kita sudah seringkali mengalaminya. Salah satu yang begitu menempel dalam ingatan saya adalah resesi global pada tahun 1996 ketika saya sedang kuliah di Semarang. Dampak dari resesi, tempat bekerja ayah saya waktu itu meminta ayah untuk pensiun dini atau PHK. Tentu bagi pegawai kecil seperti ayah akan sangat sulit menghadapi dua pilihan tersebut. Akhirnya, meskipun ayah mencintai pekerjaannya, akhirnya beliau harus rela pensiun dini.

Tempat Ayah bekerja akhirnya dimerger menjadi Bank Mandiri yang saat ini masih berdiri. Ayah pensiun dengan, yah, ang pengganti yang tidak seberapa namun kami sangat bersyukur karena masih dibayarkan. Alhamdulillah saya tidak sampai putus kuliah, karena kakak-kakak mensupport saya agar terus kuliah hingga lulus. Ayah sekarang sudah tiada, namun kenangan masa-masa sulit itu membekas dalam hati. 

Tahun 2015 juga terjadi krisis ekonomi global. Pada waktu itu saya masih tinggal di Malaysia. Dampak dari krisis ekonomi ini, dosen asing di Malaysia akhirnya dipulangkan ke negaranya masing-masing. Alhamdulillah suami saya selesai masa kontrak bekerja sebagai dosen di UTM sampai bulan April 2016, jadi ketika putus kontrak memang sudah selesai dan tidak diperpanjang.

Tahun 2016 kami pun kembali ke tanah air. Suami alhamdulillah sudah kembali mengajar di sebuah universitas swasta di Bogor. Saya alhamdulillah juga mengajar sebagai dosen di sebuah PTS di Bogor. Anak-anak bisa tumbuh besar di tanah airnya dalam keadaan sehat dan bahagia.

Semua patut disyukuri. Banyak hikmah yang bsia dipetik dari masalah resesi dan krisis ekonomi global ini.

Kita menjadi lebih kuat dan tentu saja terus bergerak dan berstrategi, bagaimana bisa bertahan di dalam ujian-ujian di dunia ini.

Seperti kata pepatah:

"Semakin tinggi pohon menjulang, semakin kencang angin mengempas"
Sebagaimana sebuah pohon, semakin dia tinggi, semakin dia menjagi kokoh dan perkasa dengan akar yang menghujam ke dasar tanah, mencengkram dan menggenggam tanah sampai angin tidak bisa mencerabutnya dari tempatnya berpijak. 

Begitu juga dengan kita, manusia, semakin banyaknya ujian, maka semakin kita berusaha bertahan. Selain ikhtiar tentu saja kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah agar Allah ridlo dengan segala usaha kita. Hasilnya? Tawakal.

Proses tidak akan mengkhianati hasil. Betul?

Okey, balik lagi ke bahasan resesi global prediksi Bank Dunia, bagaimana sih perusahaan Indonesia melakukan strateginya mengempaskan badai resesi global 2023?

Baiklah saya mau ceritakan sebuah perusahaan yang sudah sering saya ceritakan di blog ini yaa, yaitu langkah bisnis IDN Media 2023.

Sebelum saya menceritakan langkah bisnis IDN Media, tentu sebaiknya saya mengenalkan platform digital ini dulu yaa. Siapa tahu ada yang tidak kenal.

Kan tak kenal maka tak sayang. Jadi biar disayang, kenalan dulu, dong!

Apa itu IDN Media?

IDN Media adalah sebuah perusahan platform media di Indonesia yang menyasar audiens Gen Milenial dan Gen Z. Perusahaan milik Utomo bersaudara, Winston Utomo dan Wiliam Utomo ini berdiri di kota Surabaya, Jawa Timur pada 8 Juni 2014. 

IDN Media
credit: IDN Media_2023
Meskipun berdiri di Surabaya, tapi kantor pusatnya tetap di Jakarta ya, di Jalan Gatot Subroto Kav.27, lantai 16, Kuningan, Jakarta. 

Sementara itu, kantor IDN Media di Surabaya beralamat di Sentra Darmo Villa C 1-3 Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 6-14, Surabaya, Indonesia.

Jadi, kalau kalian ingin berkunjung ke IDN Media, jangan salah alamat, yaa.  

Bisa dibilang IDN Media ini adalah perusahaan platform media yang berani dan percaya diri. Tahun 2023 IDN Media terus berfokus pada menumbuhkan bisnisnya pada 4 kategori bisnis ini, yaitu content platform, digital media, commercial dan entertainment. 

Selain itu juga, di awal tahun 2023, IDN Media meluncurkan fitur baru di IDN Live, yaitu platform video live streaming di aplikasi IDN yang memberikan peluang dan kesempatan bagi audiensnya yang kebanyakan gen Z dan gen milenial untuk menekuni hobinya atau passionnya di dunia live streaming sebagai streamer.

Nah, salah satu yang baru banget dan masih hangat adalah IDN Media mengumpulkan para economy creator melalui ICE atau Indonesia Creator Economy.

Apa dan bagaimana? selanjutnya akan saya jelaskan di 5 langkah bisnis IDN Media di bawah ini, yaa.

Lanjooott!

5 Langkah Strategi Bisnis IDN Media Tahun 2023

Tahun 2023 memang diprediksikan menjadi tahun yang sulit. Namun saya rasa, tidak ada perusahaan yang ingin kalah dan bangkrut dalam masa resesi ini. Salah satunya perusahaan platform media di Indonesia seperti IDN Media. 

ICE
credit: IDN Media_2023
Nah, baru-baru ini, IDN Media melaunching langkah bisnis dalam menghadapi resesi tahun 2023 ini. IDN Media akan terus berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan baru di tahun 2023.

Ada 5 langkah strategi bisnis IDN Media yang saya rasa ini adalah langkah strategis yang sesuai dengan perkembangan zaman. Di mana semua sudah dipengaruhi oleh teknologi dan digitalisasi. Sehingga langkah ini tak hanya membantu perusahaan untuk terus berkembang, namun juga akan memudahkan pengguna dalam menggunakan platform media digital ini.

1. IDN Media Mengokohkan Dirinya sebagai Platform Media Tech-Driven

 Tahun 2023, diusianya yang sebentar lagi 9 tahun, IDN Media menjadi platform media yang memiliki 80 juta Monthly Active Users (MAU) dari kalangan generasi milenial dan Gen Z. 

Visi IDN Media adalah mendemokrasikan akses informasi ini membawa dampak positif langsung kepada masyarakat penggunanya.  

Perkembangan IDN Media sebagai platform media driven-tech berbasis teknologi ini terus berinovasi sehingga IDN Media saat ini  mengelola berbagai macam unit bisnis yang terbagi dalam 4 kategori, yaitu content platform, digital media, commercial dan entertainment

Dengan pembagian sebagai berikut: 

  • Content Platform: IDN
  • Digital Media: IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.id, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia 
  • Commercial: IDN Creative, IDN Event, ICE, IDN Programmatic OOH
  • Entertainment: JKT48 dan IDN Pictures

2. IDN Media Memiliki Fundamental Bisnis yang Kuat

Salah satu yang membuat bisnis berkembang adalah perusahaan harus memiliki fundamental bisnis yang kuat. Belajar dari perkembangan bisnis tahun 2022, IDN Media berfokus pada 4 kategori bisnis yang telah dibangunnya.

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa IDN Media memiliki 4 kategori bisnis yang sudah stabil dengan audiens loyal generasi milenial dan Gen Z. 

Pada tahun 2023 ini, IDN Media akan terus berfokus pada 4 kategori bisnis ini, yaitu content platform, digital media, commercial dan entertainment.

 3. IDN Media Berfokus pada Konten Live Streaming

Berbasis data riset Indoensia Gen Z Report tahun 2022 yang dilakukan oleh IDN Research Institute, bahwa 75% pengguna yang berasal dari Gen Z lebih menyukai konten video salah satunya adalah konten video live streaming yang menempati posisi kedua setelah konten video.

Oleh karena itu, di awal tahun 2023, IDN Media meluncurkan tiga fitur baru di IDN Live, platform live steaming pada aplikasi IDN. Ketiga fitur baru itu adalah UGC feature, redemption, dan referral.

Peluncuran tiga fitur baru pada aplikasi IDN ini bukan tanpa maksud. Salah satu tujuannya adalah memberikan peluang kepada pengguna berkarya sebagai streamer dan mendapatkan penghasilan dari aktivitas kreatif ini.

Setelah sukses dengan peluncuran tiga fitur ini, IDN Media akan terus berinovasi untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial dan Gen Z.

4. Mengumpulkan Economy Creator dalam ICE 

ICE adalah singkatan dari Indonesia Creator Economy, sebuah platform kreator terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh IDN Media. 

ICE memiliki visi mendemokratisasi creator economy di Indonesia melalui teknologi. Beberapa penawaran layanan yang ICE lakukan antara lain content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solution, dan brand & product development.

Creator economy saat ini sudah berkembang sedemikian pesat, malah bisa dibilang menjadi ujung tombak dari pelayanan produk dan jasa karena melibatkan content creator dan influencer.

Creator economy menjadi penting karena menentukan keputusan generasi milenial dan Gen Z untuk membeli produk dan jasa yang dilihatnya lewat media sosial dan sejenisnya.

Oleh karena itu dengan mengumpulkan economy creator dalam ICE ini merupakan strategi IDN Media yang sangat realistis dan kekinian sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Untuk mengakomodasi kebutuhan creator economy, IDN Media akan meluncurkan platform website dengan penawaran kolaborasi tanpa batas antara kreator dan brand.

5. Optimis IDN Media akan Tetap Tumbuh di Tahun 2023

Tahun 2023 sudah ditapaki. Tahun baru, semangat baru.

Meski resesi di Indonesia versi Bloomberg hanya 3% namun IDN Media tetap melakukan sikap hati-hati dan waspada. 

Perubahan roda perekonomian di masa sulit  begini, tentu harus diantisipasi dampaknya agar tidak meluas dan mempengaruhi perusahaan.

Apalagi banyak perusahaan klien yang biasanya melakukan pembelian jasa di periklanan, melakukan efisiensi biaya marketing, sehingga hal ini sedikit banyak akan berpengaruh pada perusahaan media seperti IDN Media.

Namun demikian, IDN Media tetap positif memproyeksikan pertumbuhan di tahun 2023 seiring dengan analisis dan proyeksi bahwa Indonesia akan bisa melewati krisis ekonomi global ini. 

IDN Media pun tetap berhati-hati dengan segala kemungkinan dan tetap berfokus pada menciptakan nilai plus di semua stakeholder yang dimiliki IDN Media sehingga pada ujungnya akan terealisasi visi IDN Media yaitu mendemokrasikan seluruh akses digital kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial dan Gen Z.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

Post a Comment