July 25, 2012

# media # Motivasi Menulis

Panduan Menulis Buah Hati

by Leisurepublika Leisure


Assalamu alaikum wr wb

Pengasuhan merupakan topik yang selalu menarik untuk dibahas. Apalagi, tiap keluarga menjalankan pola pengasuhan tersendiri yang sesuai dengan tantanan nilai yang diyakininya. Saban hari, ada saja kejadian unik, lucu, menggemaskan, menggelitik, atau malah membuat orang tua kelabakan memikirkan solusi dari pertanyaan-pertanyaan cerdik si kecil.

Rubrik Buah Hati ada sebagai sarana bagi para orang tua untuk berbagi pengalaman pengasuhannya. Naskah ditulis dengan sudut pandang 'saya', menceritakan cara ayah dan bunda mengatasi suatu tantangan pengasuhan. Temanya beragam, mulai dari cara menjelaskan makna demonstrasi seperti yang ditulis Ali Muakhir, mengenalkan anak guna menabung seperti yang dibahas Haya Aliya Zaki, atau pengalaman puasa di luar negeri seperti yang diulas Sri Widyastuti beberapa edisi lalu.

Bagaimana teknis penulisannya?

* Pilih satu tema utama, usahakan temanya spesifik dan berisi diaog antara orang tua dengan anandanya

* Sertakan informasi nama dan usia anak yang diceritakan, jumlah anak dalam keluarga

* Sertakan foto penulis dengan anak yang diceritakan dalam naskah. Foto dengan seluruh anggota keluarga akan menyulitkan pembaca untuk mengenali anak mana yang diceritakan. Foto harap dilampirkan dalam attachment terpisah dari naskah. Untuk tampilan yang lebih bagus, foto sebaiknya bukan merupakan jepretan kamera ponsel dan berukuran lebih dari 150 KB.

* Tulisan berkisar antara 2500 hingga 3000 karakter

* Naskah dan foto dapat dikirimkan melalui email leisure@rol.republika.co.id

* Mohon mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan nomor rekening.

Semoga tulisan-tulisan yang dimuat dapat menginspirasi ayah dan bunda serta calon orang tua ya...aamiin ya rabbal alamin...Semangat menulis!

Salam,

Redaksi Leisure

6 comments:

  1. Aku mampir Oma :) makasi infonya ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...iya cucuku yang cantikkk, terimakasih ya sudah berkunjung :-)

      Delete
  2. terima kasih utk infonya ya mbak :)

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien