HIPNOTIS DIRI DENGAN ENERGI POSITIF

HIPNOTIS DIRI DENGAN ENERGI POSITIF

4 comments

Hadis Rasulullah yang sangat populer menyatakan, ''Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, adalah orang yang beruntung”.Bila hari ini sama dengan kemarin, berarti orang merugi, dan jika hari ini lebih jelek dari kemarin, adalah orang celaka.''
Oleh karena itu, sesuai dengan firman Allah:


        يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
 (الحشر18)

''Hendaklah setiap diri memperhatikan (melakukan introspeksi) tentang apa-apa yang telah diperbuatnya untuk menghadapi hari esok (alam akhirat) dan bertakwalah, sesungguhnya Allah maha tahu dengan apa yang kamu perbuatkan''.(QS. Al-Hasyr: 18).

Beberapa waktu yang lalu, Alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti training yang diadakan oleh Mizan Dian semesta (MDS). Salah satu isi dari training ini adalah kita diminta untuk "muhasabah" diri, jadi saat itu bu iren (trainer- thanks mom) meminta kita semua duduk dibawah, lampu dipadamkan dan memejamkan mata. Mencari mimpi yang selama ini terpendam. Menvisualisasikan mimpi seolah sudah menjadi kenyataan....indah...takjub...bahagia...terharu...campur baur...terbit keinginan untuk (segera) mencapainya...lahirlah komitmen diri untuk segera merubah diri, merubah mimpi menjadi kenyataan, lahir komitmen "SAYA MAMPU...SAYA BISA..." subhanallahu... 

Saya baru sadar setelah membaca ternyata hal yang dilakukan bersama saat training adalah latihan bagaimana kita menghipnotis diri sendiri menjadi pribadi yang berubah, pribadi yang penuh komitmen, pribadi yang berkomitmen ingin berubah....dan itu memang mudah...sungguh...swear...

Hipnosis bisa Anda lakukan sendiri. Sebelumnya Anda harus memastikan rumusan program yang ingin Anda tanamkan dalam alam bawah sadar Anda.

Ada banyak program yang bisa dibuat, seperti "Aku makin hari makin sehat", "Hari demi hari rasa sakit yang kualami makin ringan", "aku bisa tilawah 1 juz tiap hari", "tahun 2010 saya naik haji" , "aku bisa hafal 30 juz Al Qur`an", dan masih banyak lagi.

Untuk menghipnosis diri sendiri, coba lakukan tahapan berikut ini:

1. Rileksasi

Kendurkan seluruh otot yang tegang. Untuk mengetahui perbedaan bahwa otot mengendur, tegangkan otot-otot mulai dari telapak kaki sampai kepala selama beberapa detik lalu kendurkan. Kontrol napas dan kosongkan pikiran.

Hirup napas dalam-dalam secara perlahan, tahan beberapa saat, lalu embuskan perlahan. Tiap kali mengembuskan napas, bayangkan seolah membersihkan tekanan dari tubuh.

2. Pendalaman rileksasi

Pada tahap ini kita bisa sangat rileks sampai hampir seperti tidur meski tetap sadar dan terjaga. Tanda-tanda rileks bisa dirasa dari semua organ tubuh, mata, mulut, otot lengan, sampai kaki serta napas. Patokannya otak mulai santai.

Salah satu cara memperdalam rileksasi adalah dengan menghitung mundur dalam hati, misalnya mulai dari 100. Jangan menghitung maju karena justru membuat pikiran berjalan terus. Bila ada gambaran dan pikiran menyelinap saat menghitung, biarlah. Itu hal yang wajar. Teruslah menghitung.

Penghitungan dilakukan dengan kecepatan yang membuat kita nyaman dan rileks, kira-kira 2-3 detik setiap hitungan. Beberapa orang suka menghubungkan hitungan dengan napas mereka. Saat kondisi sudah lebih dalam, napas melambat sehingga hitungan juga melambat.

3. Begitu mencapai akhir pendalaman, masukkan rekaman-rekaman positif (program).

Hindari kata ganti orang kedua. Gunakan kata ganti saya. Sugesti harus spesifik, secara teknis benar dan ditanamkan secara teratur di bawah kondisi yang benar. Rumusan sugesti musti singkat. 

Perlu eksperimen untuk menemukan metode paling efektif dalam menanamkan sugesti bagi diri sendiri. Ada yang bisa langsung merasakan hasilnya. Ada juga yang butuh waktu lama. Jika dalam waktu lama Anda merasa tak ada perubahan, perlu ada perubahan sugesti.

4. Begitu selesai memberi program, hipnosis selesai. 

Anda harus memberi batasan yang jelas antara keadaan hipnotik dan sadar. Ini mencegah kita supaya tidak tertidur. Untuk mengakhiri hipnosis diri, pikirkan bahwa Anda akan bangun. Siap-siaplah untuk itu, misalnya dengan menghitung sampai tiga.
Hipnosis diri relatif mudah dipelajari dan dilakukan. Ini adalah bentuk keterampilan. Jadi, selain pengetahuan, diperlukan latihan terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan.

Jadi...yuk kita coba latih ketrampilan hipnotis ini...semoga dengan begitu makin banyak energi positif yang akan mengalir dalam darah kita...amiiinnn...

Repost pernah diposting di MP pada  tanggal 1 januari 2010 
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

4 comments

  1. terima kasih share cara menghypnosiskan diri sendiri...moga saya boleh berjalan kembali suatu hari nanti...ameeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. terima kasih share cara menghypnosiskan diri sendiri...moga saya boleh berjalan kembali suatu hari nanti...ameeennn

    ReplyDelete
  3. Thanks For Nice Sharing...... oma Tut Sri Widiyastuti

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar