March 05, 2019

# Quran Haji Umrah # Syaamil Quran

Pantaskan Diri Menjadi Tamu Allah dengan Al Quran Haji dan Umrah


"Orang yang mengerjakan haji dan umrah merupakan tamu Allah. 
Maka dari itu, jika mereka bermohon kepadaNya, pastilah dikabulkan-Nya. 
Jika mereka memohon ampunan, pasti diampuni-Nya." 
(HR. Ibnu Majah dan HR. Ibnu Hibban)

Demikianlah sabda Rasulullah SAW tentang keistimewaan orang yang mengerjakan haji dan umrah. Mereka adalah orang-orang yang menjadi tamu Allah. Doanya akan dikabulkan dan tobatnya akan diampuni. MasyaAllahhh ...

Sungguh hati ini selalu terpaut ingin beribadah ke tanah suci. Iri rasanya melihat teman, saudara dan handai taulan yang sudah pergi ibadah umrah dan haji. Sering terbersit dalam hati, ya, Allah, kapan hamba-Mu ini engkau panggil namanya untuk menjadi tamu-Mu.

Perjamuan yang diimpikan selama ini. Khusyuk masyuk, bersujud di tanah haram. Mendapatkan keutamaan dari Allah sebagai seorang tamu di tanah kelahiran Rasulullah SAW. Rindu... serindu-rindunya.

Dari sejak awal menikah, saya dan suami telah merencanakan pergi beribadah haji. Melihat panjangnya masa menunggu, kami mencoba bertanya-tanya, apakah bisa melaksanakan haji lewat Jepang. Waktu itu kebetulan kami sedang tinggal di Jepang, suami saya masih berstatus pelajar waktu itu, student S3 di Utsunomiya Daigaku. Alhamdulillah ternyata bisa. Namun, untuk berangkat haji lewat Jepang pun, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Sementara suami tidak bekerja. Kehidupan kami bergantung pada dana beasiswa yang digelontorkan oleh pemerintah Jepang.

Akhirnya niat itu kami simpan rapi kembali di dalam dada kami. Sempat ada iri melihat teman-teman yang lain bisa melaksanakan ibadah haji tapi itu tidak lama. Kami pun meminta doa agar dimudahkan dalam melangkahkan haji ke baitullah.

Kemudian, pada tahun 2013, ketika itu suami sudah bekerja di Malaysia sebagai dosen di sebuah universitas Teknologi di Johor. Suami membulatkan tekad untuk mendaftarkan diri segera tahun itu. Karena menurut suami, semakin lama tidak mendaftar, semakin lama pula berangkat ibadah haji.

Akhirnya ketika libur bulan April 2013, kami sekeluarga pulang kampung. DI sela itu saya dan suami mendaftarkan diri menjadi calon jamaah haji di kota kelahiran kami, Bogor. Alhamdulillah prosesnya tidak lama dan tidak ribeut. Kami mengurus ini itu sekitar dua-tiga hari. Cukup mudah, asalkan sudah ada uang untuk mendaftarkan diri. Waktu itu kami menabung haji di Bank Syariah Mandiri. Setelah uang tabungan masuk. Kami diminta memeriksakan diri ke klinik untuk mendapatkan surat keterangan sehat, kemudian difoto di departemen agama, tempat kami mendaftarakan haji. Alhamdulillah prosesnya cepat banget. selepas dzuhur, semua sudah selesai.

Namun masih ada yang mengganjal di dalam hati saya, begitu melihat nomor porsi saya di aplikasi cek porsi dari kemenag, jadwal keberangkatan saya masih lama sekitar 8 tahun lagi. Ya Allah, lama sekali, hikss ...

Suami pun menghibur saya yang bersedih, "Mi, alhamdulillah sudah terdaftar dan punya nomor porsi. delapan tahun itu gak lama kok. Kita bisa belajar dulu tata cara ibadah haji," 

Benar juga apa yang dikatakan oleh suami saya. Alhamdulillah masih ada waktu untuk membekali diri dengan belajar tata cara ibadah haji, rukun sahnya, ibadah-ibadah di dalamnya dan sebagainya.

Dan sungguh tak disangka, beberapa waktu lalu, saya mengecek lagi nomor porsi saya dan suami, kata teman saya, kadang bisa dipercepat juga, sebab ada beberapa jamaah yang batal berangkat karena berbagai sebab, mungkin meninggal atau sakit. 

Saya pun mengecek, dan hasilnya masih sama, tetap tahun 2021 saya berangkat ke tanah suci.

Alhamdulillah ala kulli hal, sungguh saya tidak menyangka akan diundang oleh Syaamil Qur'an untuk menghadiri peluncuran perdana Al Quran Haji dan Umrah. Mungkin itu yang namanya "kereteg hate" ketika hati kita terpaut, Allah akan dekatkan kepada apa yang menjadi harapan dan impian kita.

Launching mushaf Haji dan Umrah 

Saya sungguh beruntung dapat menghadiri lauching Al Quran Haji dan Umrah Syaamil Quran. Saya jadi memiliki AL Quran khusus ibadah haji dan umrah, juga buku panduan Haji umrah dan Ziarah ke tanah suci yang ditulis oleh Prof. Dr. KH. Miftah Faridl.

Acara launching ini diselenggarakan di Islamic Book Fair 2019 Jakarta Convention Centre pada hari Sabtu, 2 Maret 2019, jam 14.30 - 16.00. Hadir dalam acara ini ustaz Syamsu Arramly, General Manager Sygma Innovation, ustaz Andre Raditya inisiator Patungan Sedekah Umrah dan dimoderatori oleh mas Febrianto Z.

Acara diawali dengan pembacaan kitab suci Al Quran, kemudian setelah itu pemaparan product knowledge oleh ustaz Syamsu Arramly.

Seperti yang kita ketahui, Syaamil Quran telah menerbitkan berbagai macam Al Quran, seperti Al Quran untuk wanita, Al Quran untuk penghafal Quran seperti Tikrar, Al Quran Hijaz, Al Quran Bukhara, Al Quran Azalia, Al Quran Yasmina dll.

Ustaz Syamsu memaparkan maksud dan tujuan dari Syaamil Al Quran meluncurkan Al Quran Haji dan Umrah ini sebagai bentuk komitmen Syaamil Quran dalam melayani ummat. Impian dari Syaamil Quran sendiri adalah untuk membumikan Al Quran dan Sirah Nabawiyyah.


Ustaz Syamsu  mengingatkan pentingnya ilmu dalam beribadah haji dan umrah. Menurut beliau ada tiga larangan dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah. Secara eksplisit, Al-Qur’an telah menjelaskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan orang yang sedang berhaji dalam tiga hal: yakni rafats, fusuq, dan  jidal. Tiga hal ini termaktub dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 197:

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلا رَفَثَ وَلا فُسُوقَ وَلا جِدَالَ فِي الْحَجِّ

Artinya: “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang diketahui, 
barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, 
maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berdebat di dalam masa mengerjakan haji.”

Yang dimaksud dengan rafats adalah berhubungan badan, dan hal ini merusak ibadah haji. Berbeda dari fusuq dan jidal yang tidak sampai merusak ibadah haji. Penjelasan ini ada di dalam Al Quran Haji dan Umrah dihalaman 618.

Nah, agar ibadah haji tidak menjadi sia-sia sebab terlanggar salah satu dari ketiga larangan itu, maka Syaamil Quran menerbitkan Al Quran Haji dan Umrah sebagai bekal menuju baitullah.

Apa saja sih spesifikasi Al Quran ini, hingga Al Quran ini menjadi sangat istimewa bagi pendamba pergi haji dan umrah? Yuk, kita teruskan membacanya hingga tuntas!

Spesifikasi Al Quran Haji dan Umrah

Al Qur'an yang ditangan saya itu adalah Al Qur'an Haji dan Umrah. Mushaf yang dirancang untuk menjadi pegangan para tamu Allah ketika menunaikan ibadah haji dan atau umrah.
Saya dan mushaf Haji Umrah Syaamil

Al Qur'an ini dilengkapi dengan QR code untuk membaca lebih jauh pengetahuan pengetahuan tentang ibadah haji umrah berupa teks dan video.

Caranya dengan mendownload aplikasinya di google play dengan nama "QR scanner Mushaf Haji Umrah Syaamil Quran".

QR untuk teks

Kalau sudah download terus gimana? Nah QR codenya yang sudah terinstall di smartphone, hubungkan ke code yang ada di Al Qur'an Haji Umrah.
Artinya, QR code ini akan berfungsi jika ada Al Qur'an Haji Umrah ini.  Harganya IDR120K sahaja.

QR untuk video


Kelebihan Al Qur'an Haji Umrah ini adalah:

✔️Khat vector Rasm Utsmani
✔️ Standar kemenag
✔️Tashih kemenag
✔️ Materi tambahan haji dan umrah tema terkait
✔️ Klasifikasi ayat Al Qur'an
✔️ Tanda baca Al Qur'an

Alhamdulillah sekarang makin banyak pilihan untuk membaca Al Qur'an. Apalagi dengan hadirnya Al Qur'an Haji Umrah ini semakin menambah semangat saya untuk membawa bekal sebanyak banyaknya memantaskan diri agar Allah segera memanggil saya beribadah ke tanah suci.

Di dalam Al Quran Haji dan Umrah ini di halaman 611 sampai halaman 629 terdapat materi tentang beribadah Haji dan Umrah. Isi dari materi tersebut adalah:    
  • Definisi tentang haji dan umrah
  • Perbedaan antara ibadah haji dan umrah
  • Syarat wajib Haji dan Umrah
  • Rukun serta wajib haji dan umrah
  • Ibadah yang berkaitan dengan haji dan umrah
  • Hikmah ibadah Haji dan Umrah
  • Larangan dalam Ibadah Haji dan Umrah
  • Tiga cara beribadah Haji dan Umrah
  • Pelaksanan Haji dan Umrah
  • Kafarat/DAM/ Sanksi Haji dan Umrah
  • Macam-macam Rukhsah dalam Ibadah Haji dan Umrah
Salah satu yang menarik lainnya dari #QuranHajiUmrah dari @Syaamil_Quran  adalah di dalam Al Quran Haji dan Umrah ini ada sisipan berupa booklet Rangkaian Tertib Ibadah Haji  Tamattu dan Himpunan doa saat ibadah haji dan umrah.

booklet yang berisi rangkaian pelaksanaan ibadah haji dan umrah, juga doa

Haji Tamattu, yaitu haji dengan mengerjakan umrah terlebih dahulu lalu mengerjakan ibadah haji. Cara ini biasanya dipakai oleh jamaah haji Indonesia. Jamaah yang melakukan cara ini wajib membayar dam. 

Dengan memiliki Al Quran Haji dan Umrah ini kita bisa belajar dahulu tata terbit melaksanakan ibadah Haji dan Umrah, insyaAllah memperoleh predikat hajjah mabruron. Amiin ...

Sedekah Patungan Umrah

Setelah memperkenalkan Al Quran Haji dan Umrah, berikutnya Ustaz Andre Raditya menceritakan tentang awal pertama munculnya gerakan "Patungan Sedekah Umrah".

Ustaz Andre sedang sharing 

"Waktu itu, saya bertemu dengan Pak Tarjo juru parkir yang tekun sekali membaca al Quran disela bekerja, ternyata aktifitasnya itu sudah dijalaninya sejak tahun 1996. Waktu itu pak Tarjo bekerja sebagai tukang becak. Setiap hari, Pak Tarjo bisa menyelesaikan membaca Al Quran 2 juz sehari." ustaz Andre mengawali ceritanya.

Terbersit dalam hatinya, ingin sekali menghadiahkan pak Tarjo ibadah umrah. Kemudian ia menyebarkan pertemuannya dengan Pak Tarjo di sosial media. Diakhir sharingnya, ia mengajak netizen patungan untuk biaya umrah pak Tarjo.

Takdisangka, tak sampai 24 jam, dana untuk mengumrahkan pak Tarjo pun cukup, malah bisa untuk umrah dua orang dan masih kelebihan uang sakunya. MasyaAllah. The power of sedekah itu, luar biasa!

Menurut ustaz Andre, Allah SWT telah menyampaikan kepada kita cara mencapai hajat kita baik di dunia maupun di akhirat. Beliau meminta kita semua untuk membuka surat Al Fatir (surat ke-35) ayat 30.

"Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka 
dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya.
Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. 
(QS. 35:30)

Allah akan menyempurnakan dan menambah karunianya. Kepada siapa? Kepada:

  1. Orang yang membaca Al Quran
  2. Shalat
  3. Sedekah

Allah menjelaskannya dalam ayat sebelumnya, surat Al Fatir ayat ke-29, "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,".

MasyaAllah. Pak Tarjo adalah bukti dari firman Allah dalam kalamullah. Bahwa Allah akan menyempurnakan dan menambah karunia yang Allah berikan kepada orang-orang yang gemar membaca Al Quran, mendirikan shalat dan gemar bersedekah.

Pak Tarjo akhirnya dapat berangkat Umrah bersama dengan istrinya dengan fasilitas hotel bintang 5. MasyaAllah, nikmat Allah yang mana yang hendak kita dustakan? 

Menurut ustaz Andre, pergi haji atau umrah, bukan sekadar sebab ada uang saja, tetapi tentu saja harus ada KEMAUAN. Karena banyak yang memiliki harta, tapi tidak juga dipanggil oleh Allah menjadi tamu Allah. ATau yang berangkat berkali-kali ke baitullah, tapi tidak ada tersisa ketakwaan dan keimanan kepada Allah. Ibadah hajinya dan umrahnya menjadi sia-sia.

Dari sharing ustaz Andre, saya semakin yakin, semakin kita dekat dengan Allah, maka Allah akan semakin dekat dengan kita. Allah akan mudahkan semua urusan kita, baik yang masih ghaib maupun yang sudah dipelupuk mata. 

Ya Allah, semoga Allah berkenan menjemput saya dan suami juga anak-anak saya menjadi tamu Allah kelak, dengan sebaik-baik pertemuan. Begitu juga dengan pembaca artikel ini. semoga dimudahkan yaa.

Mari kita pantaskan diri kita agar ketika dipanggil Allah untuk menjadi tamuNya, kita sudah siap dan mendapatkan kenikmatan dalam beribadah di tanah suci. Aamiin ya Allah.
Hadiah untuk Koh Eka, moga berkah

Oiya, diakhir acara, Syaamil Qur'an memberikan hadiah Mushaf Haji dan Umrah kepada seorang Muslim keturunan. Dia adalah Koh Eka, warga Palmerah, Jakarta. Aktifitasnya sehari-hari adalah sebagai anggota ISYEF (Indonesia Islamic Youth Economic Forum) beliau membantu ISYEF dalam bidang onlinenya. ISYEF adalah organisasi remaja binaan dewan masjid Indonesia. ISYEF bergerak di pemberdayaan ekonomi berbasis masjid, khususnya yang berkaitan dengan gerakan pemberdayaan ekonomi umat.

Koh Eka dari ISYEF

Moga berkah dan bermanfaat ya, Koh Eka Mushafnya dan berguna untuk memperluas wawasan keislaman Koh Eka. Mabruk!

61 comments:

  1. Semoga Mba dan suami bisa secepatnya melaksanakan ibadah haji yaaaa, amiiin. Sebelum menjadi tamu Allah, memang tak ada salahnya kita memantaskan diri dulu dengan rajin membaca alqur'an :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, seprti kode ini yaa .. alhamdulillah hadir quran haji dan umrah ini bisa jadi referensi

      Delete
  2. Antrean calon jamaah haji yang mau ke tanah suci ini memang panjang yaa, Mba. Orang-orang di daerahku menunggu hingga bertahun-tahun lamanya, bahkan ada yang sudah meninggal dunia tapi belum juga berangkat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sebab populasi kita juga banyak banget sih ya, jadi harus antri karena kuotanya terbatas. semoga yang meninggal sebelum berhaji sudah menjadi hajjah mabruron, aamiinn

      Delete
  3. subhanallah, the power of shadaqah is real.

    saya juga jadi terpikir untuk segera mendaftar haji :D
    makasih sharingnya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup .. merinding membayangkan begitu luar biasanya kekuatan sedekah hingga bisa membahagiakan orang lain. masyaAllah

      Delete
  4. Alhamdulillah ada AlQuran Haji dan Umroh ini, bermanfaat sekali untuk yang akan naik haji atau umroh. Semoga nanti ibadah hajinya bisa terlaksana lancar ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bermanfaat banget. alhamdulillah. aamiin ya rabb ..

      Delete
  5. Iri melihat teman bisa beribadah ke tanah suci merupakan iri yang bagus ya dengan begitu bisa lebih berusaha dan semangat lagi supaya bisa cepat menyusul ke rumah Allah.
    Al Quran Haji dan Umrah dari Syaamil pas banget buat mereka yang akan pergi ke tanah suci.
    Syaamil Quran ini memang specialis mengeluarkan buku2 berkualitas ya, aku punay Quran anak juga terbitan yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak, sesuai dengan komitmennya syaamil ingin membumikan Al Quran dan sirah nabawiyyah.

      Delete
  6. Masyaallah semoga bisa pantas menjadi tamu Allah :). Dan adanya Al-Qur'an haji dan umrah memperlancar ibadah kita . Barakallah

    ReplyDelete
  7. Mbak aku mau alqurannya nih beli dimana huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung ke QuranHajiUmrah dot com mbak, langsung aja ya ke CS syaamil

      Delete
  8. Insyaallah 2 tahun lagi ya mba berangkat hajinya padahal harus menunggu hingga delapan tahun, kalau sekarang yang saya dengar harus menunggu sampai 15-20 tahun kalau kuota hajinya penuh dikota itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah lama banget yaa, saya sampai terpikir mau buka tabungan haji untuk anak anak, agar mereka bisa naik haji kelak saat masih muda. karena ibadah haji itu ibasah fisik

      Delete
  9. Alhamdulillahirabbil aalamiin.. bahagia sekali mwlihat contoh nyata the power of sedekah ya mba. Semoga kita semua dimudahkan langkah-Nya menuju rumah-Nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, alhamdulillah dengan kekuatan sedekah menjadi wasilah dimudahkan segala urusan dunia akhirat

      Delete
  10. Alhamdulillah ya, Mbak bisa memiliki mushaf yang mendukung untuk menjalankan ibadah haji.
    Saya juga sempat lihat videonya saat Pak Tarjo mendapatkan hadiah umroh, terharuuu..!
    Semoga saya dan keluarga bisa secepatnya dipanggil untuk beribadah di Baitullah aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, terharu banget, ya Allah. sungguh ini karunia Allah yang luar biasa sekali. apalagi bisa sekalian menghadiahkan umrah untuk pasangan kita ya. sungguh pak Tarjo hamba yang beruntung.

      aamiin ya rabbal alamin .. semoga mbak dan keluarga sebentar lagi naik haji dan umrah ya

      Delete
  11. Mbak Sri dan suami, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan berangkat kr Tanah Suci. Bekal Al Quran Haji dan Umrohnya pas sekali ya, jadi ingin tahu lebih detail apa saja yang ada di dalamnya. Sayapun masih belum paham bagaimana tata cara haji dan umroh. Kalau dijual, dijual di mana dan berapaan Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak, beneran deh ini seperti diingatkan kembali bahwa ilmu haji danumrah saya masih minim. makanya Allah bimbing saya untuk memiliki quran haji dan umrah agar bisa memperkaya pengetahuan tentang haji dan umrah ini.

      harganya 120K mbak, bisa dibeli secara online di QuranHajiUmrah dot com mbak

      Delete
  12. Masyaallah, mushaf yg bagus. Semoga kita semua dimudahkan untuk dapat menjalani ibadah haji dan umrah ya

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah sudah terdaftar ya, Mba. Semoga kita semua dipermudahkan untuk menjalankan ibadah rukun Islam kelima ini. Amiin :)

    ReplyDelete
  14. Wah bentar lagi mbak berangkat haji, semoga dimudahkan njih. Aamiin.

    ReplyDelete
  15. Semoga kita makin dipantaskan untuk segera mengunjungi baitullah ya mbaaa... rasanya sudah rindu banget pengin segera menjadi tamu di rumahNya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, semoga mbak uniek dan keluarga juga dimudahkan menuju baitullah ya mbak, aamiinn

      Delete
  16. Daftar tunggu di Semarang aja mencapai 22 tahun, lho. Lamaaa banget. Semoga bisa disegerakan menjadi tamu Allah. Rasanya rinduuu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Allah, lama banget ya mbak, berarti saya masih mending ya, hanya 8 tahun. subhanallah, yang sabar ya mbak ...

      Delete
  17. Alhamdulillah ada alqiran ini memudahkan siapa saja yanf hendak beribadah ke tanah suci ya mba.

    ReplyDelete
  18. Aminn aminn semoga niat kita untuk haji dan umroh di segerakan ya. Kalau sudah disana mohon doa nya untuk saya ya mba hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah mbak Amelia .. makasih doanya yaa:-)

      Delete
  19. Setelah pernah meluncurkan Al-Qyr'an khusys hapal Al-Qur'an sekaran Syamil juga meluncukan Al-Qur'an haji dan umrah ya. Maa syaa Allah, Al-Qur'an yang recommended banget ya, jadi bisa nambah wawasan tentang haji dan umrah.

    Yah, meski daftar tunggu haji lama sampai bertahun2 tapi tidak menutup kemungkin bisa dapat giliran lebih cepat ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya juga punya yang quran tikrar khusus menghafal itu mbak. alhamdulillah bagus banget untuk menghafal saya dan anak anak.

      Delete
  20. Mba ga kerasa 2 tahun lagi insyaAlloh bisa menunaikan haji, akupun sedang kumpulkan uang agar bisa umroh dan haji Bismillah kalau ada niat apsti ada jalan y mba..
    pas bagian baca PAk Tarjo masyaAlloh sungguh rezeki tiada diduga ya mba langsung terenyuh baca Al-Fathir 29-30 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, alhamdulillah .. rindunya udah sampai diubun-ubun ...

      benar mbak, merinding banget dengan the power of sedekah ...

      Delete
  21. yang penting niat dulu ya mbak, seperti Bapak mertuaku dulu punya niat beribadah haji meskipun hidup sehari hari sederhana. Alhamdulillah atas izin Allah dapat terlaksana, mendapat rezeki dari arah yang tak terduga. Yang penting memantaskan diri dulu... semoga nanti ibadah haji Mbak Sri diberi kemudahan dan kelancaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, niat itu penting banget agar ibadah diterima oleh Allah SWT. alhamdulillah benar mbak, Allah akan mengundang siapa saja hambaNya untk datang ke rumahNya. Baitullah. menjadi tamu istimewa dengan jamuan ibadah yang luar biasa indahnya.

      Delete
  22. sekarang semua proses haji umrah sudah banyak kemudahan ya termasuk ada alquran nya juga. semoga Allah mudahkan ke tanah suci sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya rabbal alaminn . benar mbak .. sekarang kita sudah dimanjakan oleh teknologi, oleh karena itu harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya

      Delete
  23. Wah masyaa Allah, jadi pengen punya untuk bekal saat diberi kesempatan menjejakkan kaki di tanah suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru launching mbak ini, rekomended banget untuk menemani kita memahami tata tertib haji dan umrah.

      Delete
  24. Iya ya, Mbak, antrian pendaftar semakin panjang saja untuk menunaikan ibadah haji. Di satu sisi saya sedih, karena belum punya dana untuk mendaftar. Di sisi lain, bahagia juga karena itu artinya warga Indonesia makin banyak yang mampu.

    Sembari menunggu undangan dari Allah, saya akan berusaha memperbaiki diri. Semoga saya termasuk pilihan-Nya untuk bisa bertamu ke baitullah. Aamiin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mbak bareng-bareng belajarnya. insyaAllah semoga dimudahkan yaa ...

      Delete
  25. masya Allah dulu antrean 8 tahun ya, gimana sekarang.
    kalau di Jepang gitu antre berapa lama, Mbak?
    Semoga dilancarkan beribadah hajinya nanti yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di Jepang gak lama mbak, begitu daftar langsung berangkat. seneng yaa ...

      Delete
  26. Bisa beli dimana mbak? saya tertarik banget, semoga dimudahkan untuk menjadi tamu Allah Swt Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak bisa pesan by online mbak di QuranHajiUmrah dot com mbak.

      aamiin ya rabbal alaminn ..

      Delete
  27. 2021 berarti tinggal 2 tahun lagi dong Mbak.. semoga semuanya dimudahkan dan dilancarkan ya Mbak.
    sekarang bisa permantap dulu belajar Hajinya lewat Al Quran khusus ini ya Mbak, MasyaAllah.
    saya pun juga ingin bisa segera kesana, Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, alhamdulillah banget ini. bisa belajar dulu sebelum benar benar berangkat. makasih doanya ya mbak :-)

      Delete
  28. Wah harus beli Al Quran ini nih buat persiapan berangkat haji. Aamiin.. semoga dimudahkan ke sana.

    ReplyDelete
  29. Ya Allah pengen banget haji atau umroh, semoga bisa segera Haji / umroh beserta keluarga. Makasih kak infonya. Jadi lebih terinspiraai

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah semoga terkabul ya Nyii .. aamiin ya Rabb ..

      Delete
  30. Barokallah bisa ada dan menyaksikan langsung acara ini Mba.
    Semoga kita semua dimudhakan dalam beribadah ke tanah suci ya Mba apalagi ada buku panduannya

    ReplyDelete
  31. Masyaallah... Semoga dilancarkan Bu rencana untuk menunaikan ibada Haji nya. Aamiin

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien