Misteri Hilangnya Uang Kertas Merah di Kotak Infak

Misteri Hilangnya Uang Kertas Merah di Kotak Infak

25 comments

Judul sengaja saya tulis Misteri Hilangnya Uang Kertas Merah di Kotak Infak, tapi ini bukan cerita fiksi lho, ini nyata, sungguh terjadi pada keluarga saya. 

Iya, baru-baru ini saya menemui sebuah kejadian yang boleh dibilang, hanya saya temui di film-film horor aja Moms, dan sekarang saya terpaksa harus mengakui bahwa cerita horor itu ada benar adanya. Memang nyata ada yang begitu. 

Saya sudah bercerita di laman facebook saya soal kejadian tidak masuk akal ini. Dan saya ingin membagikan di sini agar kejadian ini tidak terulang lagi kepada teman teman dan lebih aware pada penjagaan diri dan keluarga .

Bacanya mendingan pagi pagi atau siang ya, Moms, biar ga takut kemana mana hihi 

Mungkin  ada Moms yang sudah pernah membaca cerita tentang KKN di Desa Penari itu ya, nah kejadian yang menimpa saya ini lebih horor dari cerita KKN itu karena terjadi pada keluarga saya, baru baru ini pula.

Jadi begini ceritanya. 

Sebutlah saat ini keluarga saya sedang terkena musibah, sebelumnya, saya gak ingin bercerita di medsos sih, tapi setelah saya pikir pikir, mungkin kalau diceritakan saya akan sedikit lega dan teman teman yang membaca akan lebih waspada dan aware pada penjagaan diri dan keluarga.

Berawal dari mati lampu pada hari Jumat malam, di akhir bulan Agustus lalu.

Awalnya saya pikir kejadian biasa saja. Iya, biasa kan, PLN memang suka matiin lampu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 

Memang biasa, tetapi ada kejadian yang tak biasa juga. Saat itu, mati lampunya kedip kedip gak langsung mati. 

Saya cek keluar, hanya rumah saya yang mati lampu. Biasanya, kalau rumah depan gak mati, tapi di sebelah kiri dan kanan, pasti mati juga. Nah malam itu, hanya rumah saya aja yang mati. Lalu, saya cek meteran, siapa tahu saklarnya kejeklek gitu. Tapi, gak juga. 

Hmm ada apa ini?

Anak saya membututi saya selama saya cek ini dan itu. 

Alhamdulillah kurang dari satu jam, lampu hidup kembali. 

Hari Ahad, saya tanggal 1 September saya ke acara Wikilatih di Jakarta. Saat itu, suami mengabari uang infak yang dikimpulkan di dalam kotak infak bekas kaleng kue, hilang. Semua. Di dalam kaleng hanya tinggal kertas kertas catatan. Jumlahnya  sekitar 2,5 juta. 

Credit: wikicommons@rahmat

Ya, Allah, kemana uang itu? Mana uang infak pula. Seingat saya, anak anak tidak pernah membuka atau memainkan kaleng itu meskipun ada tergeletak begitu saja di atas lemari penyimpanan kamera.

Saya teringat kamera, kalau hilang, ada yang ambil. Bagaimana dengan kamera?

Alhamdulillah kamera, teropong malah aman.

Cerita suami, hari Rabu uang itu masih karena waktu itu pengajian di rumah. Nah, hari Ahad, pulang dari acara mabit, suami mau menyimpan uang infak ke dalam kotak infak bekas kaleng kue. Ternyata kotak infak itu sudah kosong.

Ya Allah, saya mulai cemas. Saya hubungkan dengan mati lampu waktu Jumat malam itu. Apakah saat saya keluar rumah untuk mengecek lampu ada orang menyelinap masuk? Tapi kenapa dia seolah olah sudah tahu tempat penyimpanan uang di dalam kaleng? Padahal kaleng itu terletak  di dalam  ruangan yang tidak terlihat dari luar. 

Ketika pulang dari Jakarta, saya dan suami sama sama mengecek TKP. Alhamdulillah kamera dan teropong ga digasak juga.

Syukur lagi, kami tidak berjumpa dengan orang itu. Iya, dengan orang yang sedang berbuat jahat di rumah saya. Tahu sendiri kan, orang yang berbuat jahat bisa nekat berbuat apa saja kalau aksinya diketahui penghuni rumah. Mana malam itu di rumah hanya ada saya dan anak anak yang kecil. Kakak kost di Bandung. Teteh ada acara di sekolah. Suami masih di perjalanan pulang dari Bandung.

Di situ saya bersyukur, si pencuri hanya mengambil uang. Tidak jiwa kami.

Lalu, keesokan harinya, hari Senin, kami mencoba mencari jejak pelaku. Mungkin masih ada jejak jejak kakinya. Tapi bersih. Suami juga naik ke atas atap rumah, siapa tahu ada celah orang masuk lewat bubung rumah. Nihil. Tidak ada tanda orang menggunting listrik atau mematikan saklar di depan rumah. Akhirnya suami menambah pengamanan pintu rumah dengan memasang gembok di luar pintu dan selot dari dalam. 

Lalu saya dan suami ke kampus. Tak lupa mengunci semua pintu. 

Ketika pulang dari menjemput anak nomor 5, suami mengecek kaleng penyimpanan tabungan kurban. Dan,  lagi lagi kami harus menerima, uang itu hilang sebagian. Padahal sebelumnya suami yakin tabungan itu tidak diambil. Eh benar tidak diambil semua, tapi sebagiannya.

Ya Allah. La hawla wala quwwata ila billah. Mungkin makhluk halus, bi? Saya berkata setengah berbisik. 

Suami saya menggeleng, ia tetap keukeuh ada orang masuk. Saya pun berharap makhluk itu manusia. Tapi dengan petunjuk dan penjagaan kasat mata begitu, bagaimana mungkin orang bisa masuk?

Saya tetiba merinding. Membayangkan ada makhluk kecil botak sedang gentayangan setiap malam di rumah saya. 

Suami saya menenangkan. Lalu kami sepakat sekarang tilawahnya ayat tertentu untuk rukyah pribadi. Semua anggota keluarga habis shalat Maghrib berkumpul dalam satu ruangan dan membaca surah Al Baqarah dan Al matsurat.

Alhamdulillah,  it's work!
Setelah rutin setiap habis shalat Maghrib kami membaca Al Baqarah dan membaca Al Matsurat, rumah aman tentram. Kami meneruskan kebiasaan baik ini.

Pada hari Rabu (4 September), kakak saya datang, belajar menerapkan google webmaster console dan cek GA. Waktu itu, setelah shalat Maghrib kita lalai, luput melakukan kegiatan membaca Al matsurat bersama sama. 

Lalu, keesokan harinya (5 September) saya pergi ke IIBF bersama teman saya, Bu Yuvita. 

Saya dan bu Yuvi di IIBF stand UT

Di  IIBF saya membeli buku di penerbit Erlangga. Buku Bupena untuk kelas 6. Saat akan membayar, saya lihat, kok amplop yang saya simpan di dompet tipis. Padahal saya ingat betul, kemarin baru saya hitung dan catat isinya. Karena saya sudah keluarkan semua uang yang diberikan oleh pak suami untuk SPP anak anak. Jadi saya hitung sisanya dan saya kumpulkan dalam satu amplop. Saya tulis di luar amplop, nominalnya dan tanggal pencatatan. Nominalnya Rp1.100.000 dicatat pada tanggal 4/9/2019.

Amplop yang berkurang isinya

Ketika saya keluarkan amplop itu dan menghitung isi amplop, uang di dalam amplop tinggal Rp700.000.

Saya lemas. Ya Allah, makhluk apa ini yang sedang mengganggu kami? 

Setelah membayar uang buku. Saya duduk di kursi di depan panggung. Saya coba mengingat-ingat, apakah saya pernah mengeluarkan uang di dalam amplop itu? Rasanya tidak. Karena hari Rabu saya ke kampus. Saya membelikan jajanan saki memakai uang yang ada di dalam amplop lain. Itupun receh.

Saya segera melaporkan kejadian tersebut pada suami. Suami hanya mengingatkan agar selepas shalat  Maghrib tidak lupa membaca Al matsurat. 

Saya sebenarnya tidak terlalu percaya dengan praktik-praktik perdukunan atau pesugihan. Hal ini hanya ada di film-film nasional kita. Itu pun zaman dulu. Film Babi Ngepet. Ada yang pernah nonton? Film Tuyul dan Mbak Yul juga bukan film horor, tapi film lucu lucuan.

Saya kira hanya ada di film saja praktik beginian. Ikhtiar kaya dengan cara bersekutu dengan jin/setan.

Tapi setelah terjadi pada keluarga saya. Dan saya mengalami nya sendiri. Ternyata memang ada orang orang yang ingin kaya dengan cara cara keji seperti ini.

Malah dari sharing dari teman teman di Facebook, banyak juga teman teman yang kena. Uang yang diambil biasanya uang kertas merah dan uang kertas biru. Ada teman bercerita, memang ada tempat tempat orang datang minta pesugihan dan bertransaksi dengan cara yang haram lewat perantara jin dan syaitan.

Di portal berita online yang saya baca juga ternyata kejadian seperti ini marak terjadi dimana mana. Sepanjang tahun kejadian seperti ini ada. Ya Allah, saya beneran baru tahu. 

Ya Allah, moga Allah jaga iman Islam kami dan keluarga agar tak terjerumus dalam praktik sesat ini ketika kami dalam keadaan miskin dan tak berdaya. Semoga Allah beri hidayah orang orang yang terlanjur melakukan kejahatan menyekutukan Allah.

Bagi saya, uang InsyaAllah bisa dicari gantinya, yang penting anak anak tidak terdampak atas kejadian ini.

Hikmahnya, sekarang kami jadi lebih mendekatkan diri kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan memohon pertolongan Allah. 

Saya jadi memiliki kesadaran, mungkin  juga di antara harta yang saya miliki, ada harta subhat. Mungkin juga sebab kami kurang dalam berinfak. Kurang aware kepada keadaan sekeliling kami, mungkin ada orang susah yang kurang terperhatikan oleh kami. Sehingga harta itu  diambil oleh orang lain dengan cara paksa.

Hikmah lainnya anak anak jadi mengetahui ada rukyah syariah (sesuai tuntan Rasulullah Saw) dan ada rukyah syirkiyyah (mengandung syirik). Mereka juga jadi paham mengapa pentingnya menjaga diri dengan membaca doa doa pendek dalam al.matsurat. paham pentingnya membaca Al Qur'an, karena Al Qur'an itu as Syifa. Penyembuh segala penyakit. Alhamdulillah ala Kulli hal.

Kami meminta ampun pada Allah atas apa yang terjadi pada kami. Semoga menjadi pelajaran bagi kami dan juga teman teman semuanya. 

Doakan semoga makhluk itu tidak datang lagi kepada kami dan orang yang mengirimnya bertaubat pada Allah. Bahwa yang diambilnya itu sebagiannya ada uang umat dan harus dikembalikan kepada umat. Dan ketahuilah, bersekutu dengan setan atau jin itu dilarang agama. Dosa besar. Maka bertaubatlah, kasihan anak dan istri jika diberi harta yang haram. 

Oiya, dari sharing teman teman untuk menjaga agar uang tidak dicuri lagi sama makhluk tak berupa itu:
1. Jangan ada uang cash warna merah dan biru di rumah.
2. Tabung semua uang, sisihkan sedikit untuk keperluan harian atau mingguan. Itupun sudah dijadikan receh.
3. Simpan uang di dalam Al Qur'an atau di dekat Al Qur'an.
4. Teruskan kebiasaan baik berzikir selepas shalat Maghrib agar terbebas dari gangguan jin dan syaitan.

Nah, Moms, itu beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga harta kita dari hal yang tak diinginkan. Jangan lupa minta pertolongan Allah. Btw mungkin Moms ada yang mau sharing, silakan lho, ya. 
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

25 comments

  1. Wah ternyata ada beneran ya yang mencuri, itu kejadiannya sama persis kek tetangga saya mbak. Jadi uang warna merahnya diikat sama karet gelang katanya. Katanya sih...hehhe

    ReplyDelete
  2. Aku jadi inget waktu itu tetangga rumah subuh2 liat anak kecil keliling salah satu rumah sodara aku jadi parno gitu mba, dan minggu lalu subuh2 juga aku lagi masak ada anak kecil lari cepet banget ke kamar belakang nah aku mikir jangan2 itu..
    langsung dong suami ngitung uang hahaha takut soalnya

    ReplyDelete
  3. kok horror ya mbak bacanya hahahahaa aku ngebayangin pas meleng ada tuyul tak kasat mata yang bergentayangan di rumah mbak Sri :( semoga kita dijauhkan dari orang2 jahat ya mbak

    ReplyDelete
  4. waaah awalnya aku nggak percaya nih soal yang kaya gini, sampe akhirnya para tetanggaku ngalamin juga, emang kompakan waktu itu, yang di incar sama uang merah dan biru, semoga kita semua selalu dilindungi yaa

    ReplyDelete
  5. Wah, horor banget ya, mbak.. aku pernah denger ada cara buat mencegah ilang gini dengan karet gelang.. Mungkin bisa dicoba, mbak..

    ReplyDelete
  6. Kalau nggak ngalamin sendiri, antara percaya dan tidak percaya ya.
    Di rumahku, selalu berusaha ngaji tiap habis ngaji, biar lebih merasa nyaman di rumah.
    Sekarang sudah nggak kehilangan uang lagi kah?

    ReplyDelete
  7. Ya ampuuun mba.. kalau begini percaya tidak percaya yaaa mba. Suka simpan beberapa juga di rumah. Aku juga berharap Kita selalubdalam lindungan-Nya

    ReplyDelete
  8. Wah ini yang waktu itu mbak Sri ceritain di grup ya. Duuh, jadi merinding sendiri. Aku termasuk yang nggak pernah pegang uang cash di rumah sih mbak. Hampir semua transaksi online, ya ada plus minusnya yaa. Memang di agama kita sendiri harus meyakini adanya ghaib ya mbak. Semoga tidak terulang lagi ya mbak dan siapapun pelakunya, siap2 aja nanti azabnya.

    ReplyDelete
  9. Bacanya pas malam jumat lagi 😂. Percaya ga percaya ya mba. Yang penting kita makin dekat sama Tuhan YME, semoga selalu dalam perlindungan-Nya dan dijauhkan dari hal2 jahat ya mba.

    ReplyDelete
  10. Astaghfirullah.. serem bgt mbak. Semoga orang yang baca artikel ini bisa lebih waspada ya.. Aku juga baru tau ternyata warna uang juga berpengaruh ya..

    ReplyDelete
  11. Wah, di rumah tetehku tuh sering kayak gini. Katanya ada tuyul. Soalnya iya, uang sering ilang, tapi tempat nyimpennya masih rapi. Dan iya, teteh sering nyimpennya deket Alquran. Jadinya udah gak pernah hilang lagi sekarang. Tetangganya masih sering ilang padahal

    ReplyDelete
  12. Baru tau juga nih Mba Tuti. Biasanya emang gak aware sama yg beginian. Tapi abis baca begini, jd makin ingat deh gak lupa al baqarah sama al ma;tsurat ya Mba. Tq sharingnya Mba

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata zaman sekarang beneran masih ada ya yang begituan. Aku awalnya gak percaya yang begituan juga Mba, tapi baca ini jadi beneran merinding nih. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Amiin...

    ReplyDelete
  14. Ternyata uangnya disimpan di kaleng kue ya? Pantesan bisa diambil dengan mudah. Kukira di celengan lho. Jadi terkesima aku membayangkan uang 2,5 juta di kaleng kue. Kalo di masjid aja, kotak infaknya digembok dan dari kayu.

    ReplyDelete
  15. Mari berharap lindungan dari Allah SWT ya mbak, semoga kejadian ini tidak terulang lagi

    ReplyDelete
  16. Jadi beneran ini ya mba? Astagfirullah....innalillahi wa inna illaihi rojiun. Semoga segera diberikan rejekin pengganti

    ReplyDelete
  17. Dulu d kampungku pernah juga kejadian kaya gini, hampir tiap rumah ada aja uang yg hilang semuanya jd parno semenjak itu kita jadi jarang nyimpen uang dalam jumlah besar d rumah

    ReplyDelete
  18. Percaya nggak percaya sih ya mba, tapi memang hal - hal kayak gini masih ada sebenarnya di sekitar kita, semoga kita terjauhkan dari hal2 kayak gini

    ReplyDelete
  19. astaghfirullah, untung berkunjung ke sini, terimakasih Tuti infonya

    ReplyDelete
  20. Jadi inget celengankuu. Kemarin buka celengan, perasaan sudah nabung banyak. Merah beberapa kali, biru sering. Pas dibuka kaget. Merahnya cuma selembar dan biru hanya beberapa. Sisanya hijau dan ungu. Harusnya jumlahnya pun nggak segitu. Tapi mikirnya sih lupa. Emang masukinnya segitu. Habis baca ini kok jadi kepikiran ya, haha

    ReplyDelete
  21. Aku ngalamin, uang biru merah hilang di celengan. Tinggal sisa uang recehnya saja. Tapi gak tau siapa yang ngambil. 2 celengan isinya raib semua. Plus ada juga uang di amplop hilang sama amplop-amplopnya.

    ReplyDelete
  22. Temanku dan tetangga sekompleksnya juga mengalami hal ini teh, meresahkan hiks..

    ReplyDelete
  23. Merinding. Tapi aku percaya dengan keberadaan tuyul dan makhluk lainnya. Sebagai umat beragama kita harus selalu mendekatkan diri pada Allah ya, mba agar terhindar dari gangguan jin dan setan,

    ReplyDelete
  24. Asli merindiiing Maaak heeeee speechless aku mau komen apa. Semoga selalu dijauhkan dari orang jahat, orang baik yg punya niat jahat dan segala macam makhluk halus. Aminn.

    ReplyDelete
  25. Naudzubillahi mindzallik,
    Semoga Allah menjaga kita dari segala gangguan, baik yang gaib maupun yang nyata.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar