Resep Nugget Jamur Tiram

Resep Nugget Jamur Tiram. Awalnya saya sangsi anak-anak bakalan suka makan nugget jamur tiram. Ya, saya tahu dirilah, karena saya juga kadang emoh dikasih makanan yang belum pernah saya coba. Jadi,  ketika Sarah, anak kelima saya ada proyek membuat nugget berbahan dasar jamur tiram dari sekolahnya, saya pesan ke pak suami, "beli jamur tiramnya secukupnya aja, Bi. Sesuai ukuran resep."

Lalu, paksuami pun berangkat ke pasar. Memang sudah sejak sebelum pandemi pak suami yang selalu belanja urusan dapur mingguan. Jadi dia yang lebih fasih kondisi dan situasi pasar dibandingkan saya. Ketika pulang belanja, saya terkejut. Suami membeli jamur tiram banyak banget, 1 kilo, moms! Ya Allah, Bi, ini jamur banyak banget! Kan perlunya hanya seperempat kilo saja?" tanya saya keheranan. Dan dengan santainya paksuami menjawab, "kan mau buat nugget, ya? buatlah 4 resep," katanya. 

Hadeuh, selain disup, tumis atau dimasak capcay, saya memang jarang sekali masak jamur tiram. Buat nugger jamur tiram itu beneran pertama kali. Jadi saya agak-agak grogi juga. Berhasil atau tidak, belum tahu. Karena kan yang mau masak anaknya. Proyek sekolah. Emak hanya sebagai fasilitator. Akhirnya, karena ada tugas membuat nugget jamur tiram itu, saya pun ikutan nge-zoom sama Sarah. Eh, ternyata Sarah salah lihat jadwal, jadinya, kita masuknya telat, jadi enggak jelas juga, si jamur diapain dulu. Kita hanya dikasih list bahan-bahan yang harus dipersiapkan saja. Jadilah, akhirnya pakai ilmu kira-kira. 
Resep Jamur Tiram

Pertama-tama jamur diblender. Hmm .. susah payah kami memblender si jamur, karena dia kan keras. Sudah dipotong-potong biar kecil dan mudah diblender, tetap saja gak halus. Akhirnya kami beri air. Jadilah jamur berair. Lalu selanjutnya mencampurnya dengan parutan wortel. Kemudian memberi tepung terigu dan tepung maizena. Memasukan telur dan bumbu-bumbu. Karena berair, kondisi nugget jadi lembek hasil setelah dikukus. Baunya juga masih bau mentah. Saya ragu menyajikan kepada anak-anak. Tapi bismillah, saya coba buat sebagian dulu. Potong secukupnya, lalu dikasih baluran tepung dan adonan terigu yang dicairkan bersama sebutir telur, lalu digulung di bread crumbs. Goreng. Hasilnya, alhamdulillah, meski lembek, enak. Rasanya macam rasa daging ayam! Amazing, masyaAllah. Anak-anak juga suka. 
Makan siang dengan nugget jamur tiram

Meskipun percobaan pertama gagal, suami excited banget. Dia pun meminta saya membuat lagi. Akhirnya saya browsing dong, cara membuat nugget jamur tiram yang bener. Iya, ini gara-gara saya gak browsing dulu cara membuat nugget jadinya gagal eh enggak ding, cuma lembek aja kebanyakan air. Lalu, dengan berbekal resep nugget jamur tiram hasil browsing dan resep nugget jamur tiram dari sekolah, saya mix and match aja itu resep nugget jamur tiram dan alhamdulillah yang berikutnya udah gak gagal lagi. Untuk anak-anak, karena masih masa pertumbuhan saya tambahkan daging ayam giling atau daging sapi giling. Rasanya lebih gurih dan lebih kaya nutrisi. Namun bagi yang sudah kepala 4 tentu saja mengurangi daging-dagingan, nugget jamur tiram ini akan memenuhi kangennya makan daging ayam, karena rasanya sudah seperti makan nugget daging ayam. Selain enak juga menyehatkan! Akhirnya dari asumsi gak enak dan anak-anak gak bakalan mau, eh malah kita ga bosen-bosennya buat nugget jamur tiram ini. Gak pernah bisa nyetok nugget ini lama-lama. Saking doyannya, buat sedikit gak cukup. Alhamdulillah. 

Nugget Jamur Tiram

Nah, moms, sebelum kita eksekusi membuat nugget jamur tiram, ada baiknya kita telusuri dulu yuk, apa sih keunggulan dari jamur tiram ini sehingga dia disebut-sebut sebagai pengganti daging ayam.
Nugget biasanya diolah dari daging giling dan diberi pengisi (tepung terigu dan tepung maizena). Proses membuatnya lumayan banyak juga step-stepnya, ya. Dari mulai mengolah bahan, mengukus, lalu dimasukan dulu ke freezer agar mudah memotongnya, terus dicetak atau dipotong-potong, dibalur pakai olesan tepung terigu yang dicairkan dengan telur, lalu diberi pelapis. Baru digoreng dan dihidangkan. 

Keunggulan Jamur Tiram

Nah, ternyata, sekarang ada sayuran yang bisa menggantikan daging ayam untuk membuat nugget dan rasanya juga mirip dengan daging ayam, yaitu jamur tiram. Selain rasanya mirip daging ayam, jamur tiram juga rendah kolesterol. Kecukupan gizi jamur tiram, menurut Muchtadi (2010) dalam buku Teknik Evaluasi Nilai Gizi Protein adalah sebagai berikut: mengandung lemak tak jenuh 2,3 persen dalam keadaan kering dan 0,33 persen dalam keadaan segar. Jamur tiram juga mengandung serat 10,5 - 30,4 persen dan mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh karena itu jamur tiram sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti nugget yang berbahan dasar daging baik ayam maupun daging sapi, karena akan menghindarkan kita dari obesitas, konstipasi dan kolesterol tinggi. 

Sementara itu, kandungan lemak daging ayam mendekati 20 persen dan seratnya kurang dari 0,9 persen. Makanan yang tinggi lemak dan rendah serat akan menyebabkan kelebihan berat badan hingga obesitas, konstipasi, dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, untuk emak bapak sebaiknya mengurangi konsumsi daging-dagingan, karena dilansir dari laman Grid Health, penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menyebutkan bahwa mengkonsumsi daging merah akan menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan kematian dini. Syerem banget, ya, moms dampaknya. Semoga dengan disiplin mengubah pola makan, kita dijauhkan dari penyakit degeneratif. aamiin.

Resep Nugget Jamur Tiram

Baiklah moms, tentu sudah tidak sabar ingin mengetahui resep nugget jamur itu ya. Nah, ini dia moms. Bahan-bahannya cukup sederhana dan familar banget dengan urusan perdapuran kita.

Bahan nugget jamur tiram

  • 1 kg jamur tiram
  • 1 buah wortel ukuran besar
  • 200 gr tepung terigu
  • 200 gr tepung maizena (Kalau tidak ada bisa diganti tepung tapioka)
  • 4 butir telut
  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 2 sdt penyedap rasa
  • 2 sdt merica
  • garam secukupnya

Cara membuat nugget jamur tiram yang endes

Jamur tiram  kukus diblender
  1. Cuci bersih jamur dan wortel
  2. Jamur kukus sampai layu, lalu blender. Kalau diresep orang sih diperas airnya, kalau saya enggak. Nah ini jangan lupa ya, Moms. Kalau sebelumnya kan saya blender gak pake dikukus dulu, susah banget. Alhamdulillah dengan dikukus memudahkan kita memblender tanpa tambahan air.
  3. Wortel diparut, begitu juga dengan bawang putih dan bawang merah, tapi kalau capek bawang putih dan bawang merah bisa diblender juga.
  4. Campur jamur tiram dan wortel dalam wadah. Masukan bumbu-bumbu, seperti bawah merah dan bawang putih, merica, penyedap rasa dan garam. Lalu aduk rata. terakhir masukan telur.
  5. Setelah itu masukan tepung terigu dan tepung tapioka. Aduk hingga rata. 
  6. Siapkan panci untuk mengukus. Panaskan airnya.
  7. Masukan adonan ke dalam panci kukusan yang sudah diolesi minyak.
  8. Kukus dengan api sedang selama 30-45 menit (cara menguji sudah matang atau belum, dengan cara menusuk adonan, kalau sudah tidak melekat ke kayu, berarti sudah matang). 
  9. Angkat dan diamkan sampai dingin. Bisa disimpan dulu di kulkas bawah agar mudah dipotong-potong atau dicetak.

Bahan untuk menggulung nugget dengan bread crumbs

  • tepung terigu secukupnya
  • air secukupnya
  • telur 1 butir
  • garam secukupnya
  • bread crumbs secukupnya

Cara membuat

  • campur semua bahan dan aduk hingga rata. 
  • masukan potongan nugget ke dalam bahan olesan kemudian ke bread crumbs. Lakukan sampai potongan nugget habis.

Tips

Agar bread crumbs ketika digoreng tidak lepas, masukan nugget yang siap digoreng ke dalam kulkas beberapa saat. Malah ada yang menyarankan dimasukan ke dalam freezer, baru kemudian digoreng sampai berwarna kuning keemasan. Jika adonan akan ditambah daging ayam giling, tambahkan 250 gram daging giling saja ya untuk 1 kg jamur tiram. 

Nah, Moms, cukup mudah ya resep nugget jamur tiram ini. Bisa dilakukan bersama-sama dengan anak-anak. Alhamdulillah Sarah malah sudah pandai membuat sendiri, meskipun tetap dalam pengawasan ibunya, yaa. Nugget jamur tiram ini bisa disajikan dengan nasi sebagai pelengkap menu makan hari ini atau sebagai cemilan sehat untuk ananda di rumah. Selamat mencoba, Moms.

Salam Bahagia,
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

20 comments

  1. Mbaaaa, ini kayaknya enaaaak :D. Aku mau bikin jugaa. Soalnya jamur tiram bisa dibilang favorit kluarga sih. Cm selama ini ga kepikir aja jadi nugget :D. Iya sih ini bisa banget jadi gantinya daging yaaa :).

    ReplyDelete
  2. wah bisa dicoba, aku suka banget dengan jamur tiram

    ReplyDelete
  3. Aduh, kemecerrr alias pengin banget aku mbaa
    kayaknya bisa deh, nyoba uprek2 resep dan cuss praktik di dapur
    gizi cihuy, rasanya mantab jiwaaa

    ReplyDelete
  4. Untuk vegetarian dan yang pingin ngurangi daging2an bisa nyoba nih. Terima kasih mbak resepnya

    ReplyDelete
  5. Jadi terinspirasi. Kalau ada bahan jamur tiram di rumah mau ah coba bikin kayak gini. Makasih resepnya ya mbak

    ReplyDelete
  6. Wah bisa ditiru nih. Sejak varian delta menyerbu, semua makanan dimasak sendiri. Sudah kehabisan ide nih. Belum pernah bikin jamur nugget. Kayaknya lucu buat yg lagi diet.

    ReplyDelete
  7. ah iya jamurnya dikukus yaa jadi mudah diblender dan udah dalam keadaan matang. Belum pernah coba buat nugget jamur nih padahal orang rumah suka makan jamur. Biasanya dibuat sop jamur aja.

    ReplyDelete
  8. Mantap nih nugget jamur. Pasti gurih banget. Bahan dan cara bikinnya pun sederhana sekali, ya

    ReplyDelete
  9. Asyik, dapat resep baru! Ntar kalau bapak penjual sayur langgananku bawa jamur tiram, aku mau praktekin deh resepnya. Belum pernah bikin nugget jamur tiram, seringnya jamur tiram cuma digoreng aja pake tepung jadi jamur goreng krispi hehe

    ReplyDelete
  10. Kreatif sekali ini bikin nugget jamur tiram. Jadi pengen bikin nugget jamur tiram juga setelah baca postingan ini. Kalau aku pernah bikin nugget mie dan sayur wortel aja nih.

    ReplyDelete
  11. Wah, mau niru tapi aku bingung teh, jamur tiram itu yang kayak gimana ya? eh ntar deh aku browsing, buat stock lauk mantul nih ya

    ReplyDelete
  12. Jamur tiram biasanya suka saya goreng tepung untuk camilan. Kayaknya mau juga kapan-kapan cobain dibikin nugget gini. Bakal suka deh anak-anak saya

    ReplyDelete
  13. Biasanya kalau ada jamur tiram cuma saya goreng pakai tepung crispy aja, soalnya saya kurang kreatif untuk urusan masak-memasak. Hihi..

    Pernah sih bikin nugget tempe, rapi kapok karena orang rumah pada ngga doyan, huhu.. Nanti kapan-kapan tak coba deh bikin nugget jamur tiram. Biar ngga bosen digoreng crispy terus, xixi..

    ReplyDelete
  14. Bikin nugget rumahan pasti lebih menyehatkan ya mba karena kita sendiri tau takarannya. Senengnya! Pengen coba juga eksekusi menunya nih. ^^

    ReplyDelete
  15. Anak saya suka banget jamur Teh. Sampai-sampai kalau dibelikan satu porsi bisa habis sendiri. Terima masih resepnya mau nyoba ah.

    ReplyDelete
  16. aku belum pernah nih mba bikin nugget jamur tiram. makasi inspirasinya yaa.. biasanya ya nugget ayam aja nih hehe kalau jamur dimasak yang lainya

    ReplyDelete
  17. keren idenya . ternyata jamur tiram bisa diolah jadi nugget. boleh juga nih di recook :D

    ReplyDelete
  18. Sedap sekali mbak Tuti Aku belom pernah bikin nih. Jadi pengen bikin ada resepnya pula. Biar makin semangat makan nih. Heheheh

    ReplyDelete
  19. Ini sehat banget yaa..
    Aku jadi pengen ikutan nugget jamur tiram. Tapi pakai bumbunya cuma garam, kak?
    Ada rasa aneh gak, kak?
    Hehhe...kaya rasa jamur yaa...harusnya.

    ReplyDelete
  20. Wah seru juga ya baca proses pembuatan nugget Jamur Tiram dari awal hingga ketemu resep yang jitu. Rasanya memang mirip ayam, saya pernah makan di kelompok vegetarian, hampir semua rasa daging bisa ditiru dengan bahan sayuran dan dengan bumbu tertentu. Mantap Bu, salam sehat.

    ReplyDelete

Post a Comment