Resep Mochi Lembut dan Kenyal

25 comments

 Hai, Moms, bingung menyediakan cemilan buat stay at home selama pandemi? Cobain resep mochi lembut dan kenyal ini aja, Moms. Dijamin ketagihan deh. Selama ini sih, dari hasil try error yang saya lakukan bersama anak-anak, resep ini yang paling jadi andalan. Anti gagal, yes!

mochi lembut kenyal
 Jadi waktu itu, saya kangen banget ingin makan mochi. Tapi kan jauh yaa, harus ke puncak dulu buat ketemu tukang mochinya. Terus pernah suami juga bawain mochi asli Cianjur, tapi bukan itu yang kumau. Mochi yang di puncak itu lumayanlah, mirip sama mochi yang saya kangenin. Isinya, bubuk kacang, enak. 

Akhirnya saya cari deh resep-resep membuat mochi. Banyak caranya dan isinya. Saya dan anak-anak pun mengeksekusi satu per satu resep yang tersedia secara online. Dengan bantuan mbah Google kita bisa mendapatkan berbagai macam resep mochi dari yang ala rumahan, ala Jepang, ala abang-abang, mochi buat jualan dan sebagainya. 

Membuat mochi di musim dingin
 Saya membuat mochi sambil bercerita pada anak-anak. Waktu tinggal di Jepang, setiap musim dingin, kami berkumpul membuat mochi di rumah pak Sugiyama. Jadi ketika tinggal di Utsunomiya dulu, ada perkumpulan Indonesia - Tochigi ken (nama perfecture di Jepang di daerah Kanto). Selain keluarga saya yang menjadi mahasiswa di Utsunomiya Daigaku, ada juga keluarga Pak Arief, Pak Anas dan keluarga pak Nono dari Bandung. Lalu ada keluarga yang menikah dengan warga Jepang, seperti keluarganya mbak Ratna, keluarga Didi san, Narti san, Wida san dan keluarga lainnya juga para kensushei (pekerja magang). Sementara itu dipihak warga Jepangnya, ada Bu Komori, Keluarga ibu Sugiyama, Tanaka Sensei, Pak Takahashi san, Pak Nogami san, dan masih banyak lagi, saya lupa namanya, sumimasen.

anak anak panen daikon
 Selain makan mochi lembut kenyal yang fuwa-fuwa, kita juga disediakan odeng hangat. Dan tahukah, daikon, atau lobak putihnya itu hasil panen pada hari itu dari kebunnya pak Sugiyama. Wih, anak-anak suka banget mencabut daikon raksasa, kata anak saya  jyaiyan daikon, lobak raksasa  hihhi

Makan Odeng di musim dinginNah, ini dia resep mochi lembut dan kenyal hasil praktek saya bersama anak-anak di rumah. Isiannya bisa kacang tanah yang ditumbuk, atau kalau males bisa aja pakai olesan kacang/peanut butter Skippy atau Morin yang praktis, bisa juga isiannya cokelat putih atau cokelat. Semuanya enak.

Saya membuat mochi ini dibantu anak-anak. Saki suka sekali membuat mochi, karena dia bisa bermain tepung maizena, main salju katanya hehe tapi yang lebih menarik lagi, ini kesempatan saya untuk melatih motorik halus dan motorik kasarnya sekaligus.  Jadi manfaat membuat mochi ini juga bisa dijadikan salah satu media dalam pembelajaran untuk anak usia dini selama di rumah saja.

Mochi Saki

Resep Mochi Lembut dan Kenyal

Ini dia bahan membuat mochi lembut dan kenyal selama di rumah saja.

Bahan:

  • 330 gram tepung ketan
  • 110 gram tepung gula (kalau saya, gula pasir diblender aja, biar ga ribeut beli tepung gula)
  • 300 ml santan cair
  • 50 ml air hangat
  • setengah sendok teh garam
  • pewarna makanan
  • Isian mochi (cokelat atau peanut butter atau bubuk kacang)
  • 100 gram tepung maizena (sangrai. ini untuk membulat-bulat mochi, kalau enggak habis bisa dipakai untuk mochi berikutnya)

Cara membuat mochi lembut dan kenyal:

  1. Panaskan dandang untuk mengukus adonan mochi
  2. Masukan tepung ketan dan gula ke dalam wadah, aduk rata, tambahkan garam. aduk rata.
  3. Tambahkan santan cair sebanyak 300 ml  dan 50 ml air hangat. aduk rata. 
  4. Bagi 3 bagian adonan mochi. Tambahkan pewarna makanan ditiap bagian wadah mochi.
  5. Kukus selama kurang lebih 25 menit. Apinya sedang agar mochinya matang sampai ke dalam. Tutup dandang beri kain agar air tidak turun ke dalam adonan.
  6. Ketika sedang mengukus adonan mochi, kita sangrai tepung maizena. Beri daun pandan, jika daun pandan sudah kering, artinya tepung sudah matang. Fungsi dari tepung maizena sangrai ini untuk membulat-bulat adonan mochi dan memberi isian. Supaya tangan kita tidak lengket. 
  7. Jika sudah jadi adonan mochi, matikan api. Tunggu sebentar hingga tidak terlalu panas.
  8. Bulat-bulatkan mochi dan beri isian. Caranya telapak tangan diberi tepung maizena yang sudah disangrai, lalu ambil sedikit adonan mochi, beri tepung maizena sedikit, bulat-bulat dan pipihkan. Masukan isi lalu bulatkan kembali. Setelah itu gulingkan mochi yang sudah jadi di atas tepung maizena. Jadi deh. Buat lagi seperti tadi sampai adonan habis.

Nah demikian resep membuat mochi lembut dan kenyal ala rumahan ini, moms. Rasanya enak, lembut dan kenyal. Mochi ini kalau pas dimakan setelah dibulat-bulat, isian cokelatnya lumer di mulut. Tapi karena cokelatnya menggunakan cokelat compound, jadi kalau maknnya keesokan harinya, mochi tetap lembut, tapi cokelatnya sudah mengeras. Kalau mau lumer lagi, bisa dikukus sebentar, moms. Mochi akan tetap enak, legit, kenyal. Cokelatnya juga lumer dan enak.

Selamat mencoba, Moms.

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

25 comments

  1. Terima kasih sharing resep mochi nya, mbak. Aku kangen banget makan mochi buatan alm. Mama.

    Ehhh, ketemu resep ini, mau langsung eksekusi ahh 😊

    ReplyDelete
  2. Ternyata gampang ya bikin mochi, tapi saya masih bingung kok di luarnya masih ada bubuk putih itu tepung atau gula sih mbak?

    Jadi kan adonanya dikukus trus dibentuk bulat, lalu digulingkan lagi ke tepung apa gimana? Masih bingung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan tepung gula mbak, tapi tepung maizena yang saya sangrai itu mbak. Jadi ketika akan membulat-bulat adonan mochi, tepung maizena itu berguna agar adonan tidak nempel di tangan dan mudah dibulat-bulatkan. Kasih isian, bulatkan terus digulingkan di dalam tepung maizena. karena sudah disangrai, tepung maizenanya itu aman dimakan begitu saja mbak.

      Delete
  3. Aahhh, jadikangen mochi Sukabumi. Udah lama ga mudik ke sana, ga dapet oleh2 Mochi deh, ada di Bandung cuma kurang enak.
    Wah, keknya bisa nyobain nih resepnyaa, bahan2nya simple banget, kebeneran tepung ketan ada sama maizena, yg ga ada kacang tanak di tumbuk/skippy. Hahhaa adanya bumbu peceel Maak.

    Fix, mau nyobain ahh, seumur-umur belom pernah bikin sih, ngelihat dari caranya gampang bangeet. Mauuuu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu atuh teh, emang gampang banget ini mah, sakiceupan juga jadi deh hehe

      Delete
  4. Masha Allah, godaan banget malam-malam gini blog walking nemu makanan enak gini hihihi.
    Kebayang banget enaknya tuh, liat tampilannya yang lembut, terus bayangin isiannya bubuk kacang, masha Allah.

    Paling suka deh jajanan yang lembut-lembut gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, pertama kali pakai bubuk kacang, enak banget. sayangnya itu bubuk kacang cepet banget abisnya. jadi aku yang resep ini pakai cokelat compound, sama enaknya sih mbak. lumer di mulut.

      Delete
  5. akuuu sukak banget mochi. ternyata bisa juga bikin sendiri. kreatif ihh..
    bahan-bahannya pun mudah ditemukan ya ternyata. jadi pengen recook deh akuu.. :D

    ReplyDelete
  6. Aduh, makanan favoritku... Mak, kalau bikin isian yang dari kacang itu gimana sih? Pengen bikin mochi isi kacang manis..

    ReplyDelete
  7. Wuih gampangternyata ya bikin mochi enak, Mbak. Cuma di tempat saya gak tahu di mana nyari daun pandan karena di pasar pun saya gak lihat ada yang jual .... eh atau jangan2 sayanya yang tidak ngeh saja ya karena belum butuh. Mungkins saja ada cuma harus dicari.

    ReplyDelete
  8. Kalau lagi ke Cianjur biasanya suka borong mochi. Abis enak banget. Ternyata gak sulit bikinnya, ya. Mungkin kapan-kapan saya mau coba bikin sendiri

    ReplyDelete
  9. Wah noted nih...asyik banget kalau bisa bikin sendiri sudah lama banget ga makan moci padahal kesukaan banget ini...

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen bikin Mochi setelah baca postingan ini. Kalau aku beli Mochi ya harus ke Semarang. Kalau aku paling suka dengan Mochi isi kacang dan cokelat.

    ReplyDelete
  11. sebenernya yaa,,, aku tuh suka mochi banget loh teh, tapi sekarang aku gak boleh makan makanan yang terbuat dari ketan...


    hmmmmmmmmm

    cobain dikit boleh kali yaaaaaaaa hahhaa


    oiya fuwa fuwa itu artinya apa sih?

    ReplyDelete
  12. Duh, Mbak, pagi-pagi gini saya jadi membayangkan mochi yang lembut dan kenyal, jadi ingin juga makan mochi hehehe
    Ternyata bahannya mudah didapat ya, bisa juga mengganti isian kacang dengan coklat

    ReplyDelete
  13. Aku sama anak-anak suka mochi tapi yang bener-bener enak teh, ada tuh yang dari Sukabumi tapi harganya mihil banget. Ini bisa bikin gampang ya, jadi mau coba. Oya, waktu itu lihat di japan matsuri ada orang Jepang bikin mochi kenapa harus ditumbuk-tumbuh gitu ya, Teh?

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya Mpo kurang suka mochi tapi baca blog jadi pengen bikin juga

    ReplyDelete
  15. Mba Tuti, aku kok kurang paham sama yang nomer 6. Itu setelah selesai disangrai, diapain lagi mba? Urutannya masuk kemana di dalam resepnya, hasil sangrai itu digunakan untuk apa ya mba?

    Trus tepung gula itu apakah sama dengan gula halus?

    Pengin juga nih nyobain, kebetulan mochi tuh kesukaanku nih. Diisi coklat boleh juga nih kayaknya, meskipun tetep the best yang isian kacang dicampur gula merah ya mba.

    ReplyDelete
  16. Wah enak banget tu mbak kayaknya, makanan kenyal2 gtu biasanya juga sangat disukai sama anak2 ya mbak.
    Kalau di Jepang tu bikin mochi ditumbuk2 gtu kdng suka liat di tipi numbuknya cepet sambil diuleni suka ketar-ketir ada yang tangannya ketumbuk hehe
    Jd pengen makan mochi deh

    ReplyDelete
  17. iiih pengen coba deh mba.. sepertinya ngga terlalu susah ya, tapi buatanmu cantik begituuu. Anak - anak pasti sukaa

    ReplyDelete
  18. Kak...mau tanya.
    Jadi mochi itu dibuat setelah adonannya dikukus dulu kah?
    Jadi setelah tepung dan isian matang, baru dibulet-bulet dan di glundungin di tepung, gitu yaa..biar ga lengket?

    Aku pikir dimasaknya kaya klepon.
    Hehhee... Aku suka mochi... dan gak bisa berenti makannya.

    Kebayang bisa masak sendiri begini, aku bisa bikin sebanyak yang aku mau, hehehe~

    ReplyDelete
  19. Mba Tuti sugoiiii bikin mochi sendiri cakep-cakep banget buletannya anak anak ikut pula ya. Jadi pengen praktik bikin

    ReplyDelete
  20. Suka banget ngemil cuma bikin cemilan baru yang itu-itu aja. Tahu cara bikin mochi ini ternyata praktis juga ya Mbak. Cuss mau coba ah

    Btw kalau misalkan sangrai tepung maizena tanpa daun pandan bisa gak dan gimana tahu cara matangnya?

    ReplyDelete
  21. mochi ini salah satu makanan favoritku karena kenyal dan isinya kacang.
    Tapiii aku lebih suka sama es krim mochi dong, mbakk... karena makin enakkk :D

    ReplyDelete

Post a Comment