Menjadi Bunda Sahabat Gen Z

Menjadi Bunda Sahabat Gen Z

25 comments

Menjadi Bunda Sahabat Gen Z adalah kunci dari komunikasi yang efektif dengan anak-anak remaja. Tips ini saya dapatkan ketika saya mengikuti webinar parenting di Sekolah Pintar Lazuardi beberapa waktu lalu. 

Tips ini menjadi artikel penutup dari berbagai artikel parenting yang sudah saya tulis di tahun 2021. Semoga ini menjadi awal dari kesadaran bahwa menjadi bunda itu memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang senantiasa harus terus menerus dilatih dan dipraktikan.

Sehingga goalsnya adalah kita menjadi bunda dan ayah yang paripurna yang dapat melejitan potensi remaja kita menjadi potensi yang membawa kepada kemaslahatannya, dunia akhirat.

Menjadi Bunda Sahabat Gen Z
Baiklah, saya akan memulai menceritakan ulang apa yang harus kita lakukan saat menjadi bunda sahabat Gen Z. 

Waktu itu, mbak Shahnaz Haque menyampaikan bahwa penting sekali menjadi sahabat bagi Gen Z. Karena pada saat ini, kecenderungan anak lebih nyaman bergaul dengan peer groupnya. 

Nah, agar kita bisa masuk ke dalam pergaulan remaja Gen Z ini, salah satu yang dilakukan Mbak Shahnaz adalah berusaha menjadi sahabat putrinya yang berjumlah 3 orang.

Menjadi bunda sahabat Gen Z ini sudah saya terapkan dalam pergaulan saya bersama kelima anak-anak saya yang sudah tumbuh dan berkembang menjadi remaja dan dewasa muda.

Menjadi Bunda Sahabat Gen Z

Awalnya memang tidak mudah. Tapi namanya keterampilan berkomunikasi, bergaul itu kan perlu dilatih terus menerus yaa. Sampai sekarang saya masih berjuang untuk menjadi bunda sahabat remaja dan juga orang tua yang paripurna. 

Salah satu yang saya lakukan ketika menjadi sahabat Gen Z ini adalah dengan mengikuti perkembangan   dan melek teknologi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Gen Z ini disebut sebagai generasi digital native. Jadi, tentu saja, saya juga harus melek digital. Anak di era digital ini tentu saja membutuhkan bunda yang melek digital agar membantunya bertumbuh di era teknologi tinggi ini.

10 Profesi Masa Depan Gen Z

Gen Z
Sumber: website smapintarlazuardi.id
 Dari data yang dimiliki oleh Sekolah Pintar Lazuardi, ada 10 profesi  Gen Z. Profesi itu adalah:

  1. Data Analisis
  2. Digital Marketer
  3. Application Development
  4. Praktisi Medis
  5. Akuntan
  6. Spesialis SEO
  7. Ahli Lingkungan
  8. Sofware Engineer/Developer
  9. Konstruksi dan Teknik
  10. Entrepeneur

Ada 6 profesi yang berhubungan dengan teknologi digital dan ini sangat mungkin akan diminati juga oleh anak-anak kita juga. Oleh karena itu, bunda sebagai sahabat gen Z kita harus mencarikan sekolah yang mampu memback up yang menjadi cita-cita mereka.

Sekolah Pintar Lazuardi

Nah, Bunda. Saya ingin bercerita bahwa ada sekolah yang mendukung Gen Z untuk bisa menjadi apa yang mereka cita-citakan. Sekolah itu adalah Sekolah Pintar Lazuardi. SMA PINTAR Lazuardi-Blended Learning High School mulai beroperasi sejak tahun 2021-2022 sebagai pengembangan dari sekolah Lazuardi Group. 

Sekolah online, khususnya untuk universitas dan SMA, tampaknya akan menjadi trend sekolah alternatif yang tak terhindarkan. Lazuardi konsisten akan ikut serta memberikan kontribusi pada sistem pendidikan di negeri kita, dengan menyelenggarakan SMA Blended Learning tanpa meninggalkan kreativitas secara optimum.

Caranya dengan menambahkan aktivitas hands on mandiri siswa lewat project based learning. Juga dukungan Learning Management System (LMS) yang diberi nama Pintar. 

SMA PINTAR Lazuardi-Blended Learning High School menggabungkan antara kegiatan tatap muka dan pembelajaran online dengan prosentase pembelajaran online lebih besar. Kegiatan tatap muka akan dilakukan seminggu sekali di sekolah home based. Kegiatan tatap muka difokuskan untuk:

  • pembentukan karakter,
  • pengembangan keterampilan sosial,
  • coaching tentang karir,
  • kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online.

Untuk peserta didik yang berasal dari wilayah yang belum tersedia sekolah home based, kegiatan    tatap    muka    akan    digantikan    dengan    program    pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.

Kurikulum SMA Pintar Lazuardi

Kurikulum di SMA Lazuardi mengacu pada kurikulum Nasional yang sedang berlaku diperkaya dengan konten kurikulum dari berbagai negara dan kurikulum keahlian. Dengan Visi menjadikan masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebaikan welas asih, dan kebahagiaan spiritual. Sementara itu misinya adalah menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.

Pembelajaran  Learning Management System (LMS)

Pedagogical Intelligence Architecture (PINTAR) adalah sebuah strategi pedagogi (pembelajaran) yang diterapkan melalui sebuah Learning Management System (LMS) online yang memperhatikan keterikatan antara peserta didik dengan proses pembelajaran melalui feedback process.
PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture) adalah LMS pendukung pembelajaran online di SMA Pintar Lazuardi yang didukung oleh aplikasi yang canggih yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Keunggulan LMS Pintar

Keunggulan dari LMS Pintar ini ada 6, yaitu:

1. Multipart

Multipart berarti materi disampaikan dalam bagian-bagian kecil dan dipilih hanya materi fundamental dari sebuah mata pelajaran. Upaya ini dimaksudkan agar mudah dipahami secara mandiri oleh siswa.

2. Feedback System 

Feedback System ini akan memastikan peserta didik terlibat aktif, berinteraksi, saling memberi dan menerima umpan balik (feedback) untuk efektivitas belajar, mengetahui capaian hasil belajar, terbentuknya komunitas belajar, mendokumentasikan portofolio yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

3. Differentiated Learning

Keunggulan ini dimulai dengan diagnostic assessment, sehingga dapat memandu learning path yang akan dilalui siswa dari urutan materi dan memungkinkan siswa memiliki tahapan belajar yang berbeda.

4. Learning Path

Dalam learning path peserta didik akan memililki ‘jalur/peta’ untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan pembelajaran.

5. Multi-friendly content

Materi dan media pembelajaran dikemas dalam beragam bentuk sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.

6. Gamification

Pembelajaran online juga mempertimbangkan kesenangan dan keseruan. Ini dilakukan dengan menambahkan unsur games dalam pembelajaran.

Demikianlah Bunda, rekomendasi sekolah Pintar yang bisa menjadi salah satu alternatif generasi Z, anak-anak remaja kita belajar dan mengembangkan bakat dan minat mereka. 

Yuk, menjadi bunda sahabat Gen Z. Agar kita bisa memaksimalkan dan melejitkan bakat dan minat mereka di era digital ini dengan mendampinginya belajar hingga akhirnya tercapai cita-cita mereka di kemudian hari.

Salam Bahagia,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

25 comments

  1. Bener banget mba. Ternyata tidak mudah berkomunikasi dengan gen z jika ortu tidak melek teknologi. Untung banget yaa ada SMA Pintar Lazuardi yang peduli dengan moms squad

    ReplyDelete
  2. Memilih sekolah yang tepat itu adalah awal dari mengembangkan potensi baik yang dimiliki ananda. Jadi, gak boleh asal memilih.
    Dan dengan bersekolah di SMA Pintar Lazuardi, maka semua potensi dan bakat bisa dikembangkan secara maksimal. Karena setuju sekali, lapangan pekerjaan zaman sekarang itu tak terbatas hanya profesi yang kita kenal dulu.

    ReplyDelete
  3. Bener, mbaaa
    jadi ortu jaman now memang kudu banyak belajar dan siap praktikkan aneka ilmu parenting
    Tantangannya segabruukkk
    semogaaa ALLAH mudahkan perjalanan kita jadi ortu yg makin baik dan mumpuni ya

    ReplyDelete
  4. Menjadi orangtua generasi Z memang sebuah tantangan tersendiri.

    Orang tua harus ikut belajar juga. Memilih sekolah anak juga harus teliti takut menyesal di kemudian hari apalagi kalau biayanya mahal.

    ReplyDelete
  5. Ah itu maksudnya PINTAR, nama LMS-nya. Sekolah blended learning jadi Naik daun yah selama pandemi. Kayaknya perlu terima kasih ke pandemi yang membuat inovasi di dunia pendidikan berlangsung lebih cepat.
    Anakku pun rencananya ku daftarkan online learning aja. Sesekali ikut kelas tatap muka untuk bidang tertentu. Belajar jadi lebih fleksibel

    ReplyDelete
  6. Sekarang ini menjadi orangtua memang memiliki tantangan tersendiri. Ada perbedaan generasi antara anak-anak dan orangtua yang kadang mengakibatkan salah pengertian. Hal yang diperlukan untuk menjembatani gab yang tercipta dimulai dengan gak saling menyalahkan namun harus selalu belajar bersama.

    Terima kasih info sekolah pintar Lazuardi nya mbak. Aku bantu forward :)

    ReplyDelete
  7. Meski lebih banyak belajar online, tetap ada pembentukan karakter melalui sekolah offline-nya ya, Mbak. Anak-anak Gen Z dan generasi seterusnya memang penting banget mendapatkan materi soal karakter dan social skill-nya. Supaya bisa mandiri dan kreatif.

    ReplyDelete
  8. Berkomunikasi dengan Gen Z terkadang bikin jungkir balik. Padahal udah berusaha jadi sahabatnya. Tetapi, ya itulah keseruannya. Sekolah Pintar Lazuardi ini konsepnya bagus ya, Mbak. Menarik banget!

    ReplyDelete
  9. orientasinya sekarang memang sudah ke dunia kerja ya..aku pun pilih-pilih sekolah sudah mulai berorientasi kesana juga.. Boleh juga nih diarahkan ke bidang kerja yang dibutuhkan di masa mendatang...

    ReplyDelete
  10. Zaman sudah berubaha, orang tua pun harus menyesuaikan diri ya, beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan anak yang cepat, pendidikan pun harusnya beradaptasi nggak bisa lagi konvensional, sekolah Lazuardi pilihan tepat ya Teh

    ReplyDelete
  11. Tipikal anak sekarang memang beda dengan jaman kita dulu ya mba. Makanya pas banget nih kalau pembelajarannya juga menggunakan beberapa kurikulum yang disesuaikan, bisa juga menyerap kurikulum dari luar seperti yang dilakukan oleh Sekolah Pintar Lazuardi.

    ReplyDelete
  12. dan aku pun tiba dipembicaraan nanti anakku ini lulus SD mau SMP mana... apakah lanjut ke SMP Negeri atau Swasta yang dekat dengan rumah

    ReplyDelete
  13. Keren nih SMA Lazuardi, visioner banget, sampai menggunakan metode blended learning untuk pembelajarannya

    ReplyDelete
  14. Halo mba. Enam keunggulan SMA Lazuardi membantu sekali anak untuk bisa menjangkau pekerjaan yang dia inginkan ya mba

    ReplyDelete
  15. ada begitu banyak adjustment yang perlu kita lakukan di jaman now ini ya mba.. aku juga punya 2 anak remaja, kami kerap berpindah tempat tinggal dengan aneka budaya yang seringkali bertabrakan dan juga sekolah. Harus benar - benar mendapat sekolah yang oke

    ReplyDelete
  16. Zaman sekarang profesi itu macam-macam apalagi yang berbau teknologi. Jadi memang dari awal paling gak kita tahu apa passion mereka. Jadi pilih SMA pun sudah mau ke arah mana

    ReplyDelete
  17. Sekolah swasta kini berlomba-lomba dalam memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putri Indonesia ya. Memang tak dipungkiri fasilitasnya pun gak main2 loh

    ReplyDelete
  18. Anak gak mau terlalu diatur & digurui ya, jadi kita harus berusaha jadi sahabatnya apalagi anak-anak juga biasanya percaya juga sama teman.
    Selalu berusaha untuk belajar trus menjadi bunda sahabat Gen Z demi kebaikan mereka juga.
    Banyak profesi baru yang muncul sekarang ya seiiring perkembagan teknologi.
    Sekolah Lazuardi dengan konsep Blended Learningnya bisa jadi alternatif para orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya di sana.

    ReplyDelete
  19. Nah, si kakak. Sekarang sedang sekolah di SMK jurusan akuntansi moga nanti bisa sekolah di Stan dan jadi akuntan yang amanah. Aamiiin

    ReplyDelete
  20. Ada nasihat bagus, Didiklah anakmu sesuai zamannya
    Makanya buat generasi Z, ya kita harus mendidik sesuai zaman mereka ya mbak

    ReplyDelete
  21. Jadi orang tua zaman now memang tantangannya semakin berat ya. Untungnya ada sekolah yang bisa membantu anak-anak gen z kayak Sekolah ini. Bisa memfasilitasi kebutuhan mereka. Keren.

    ReplyDelete
  22. Ada banyak profesi baru yang dulunya kita gak nyangka bakal ada ya. Memang beda zaman dan orang tua juga kudu banyak belajar memahami arah pikiran dan perilaku serta apa yg diinginkan oleh anak2.
    Zaman skrng yaa sekolah bisa milih krn banyak alternatifnya, salah satunya yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital, belajarnya dengan cara blended learning sesuai kebutuhan si anak juga.

    ReplyDelete
  23. Di jaman mendatang nanti, bakalan banyak profesi yang sebelumnya tak terbayangkan. Apalagi saat ini Gen Z mulai hadir dengan bakat-bakatnya yang menakjubkan.

    Terobosan yang bagus nih dari SMA Lazuardi. Mendukung Gen Z untuk makin bersinar dengan kurikulum berbagai negara dan keahlian.

    ReplyDelete
  24. Jadi mikir2 kira2 anak mau jadi yang mana, apakah enterpreneur atau yang lainnya. Masih bingung , karena belum bisa melihat minat anak mau kemna

    ReplyDelete
  25. Wah, keren sekali sekolahnya. Emang, ya. Menjadi orang tua di zaman sekarang musti terus banyak belajar. Apalagi menghadapi perkembangan dunia dan anak-anak generasi Z khususnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar