Orak-arik Kol Paprika Telur Menu Lezat Akhir Bulan

22 comments

Kata anak saya orak-arik kol paprika telur menu lezat akhir bulan. Padahal ketika saya memasak ini, sempat ngebatin, "kayaknya yang akan makan cuma Abi dan Umi aja, nih." Eh, ternyata diluar ekpektasi saya, anak-anak suka!

Orak-arik kol paprika telur menu lezat akhir bulan
 Eleuh, senang sekali mendapat apresiasi dari mereka. Katanya, "Umi, sayur yang Umi masak enak!" 

"Wah, benarkah? Tahu, gak, itu tuh, menu akhir bulan namanya hihihi. Kirain Umi, kalian enggak bakalan suka," ujar saya sambil tersipu-sipu (lebay).

Iya, biasanya kol saya buat okonomiyaki agar anak-anak mau memakannya. Bahan sayuran untuk okonomiyaki itu mirip bahan membuat bakwan hanya saja ditambah telur. Anak-anak doyan banget.

Masak okonomiyaki dipanggang dengan minyak sedikit. Kalau bakwan kan kita perlu minyak banyak ya. Jadi bisa jadi alternatif nih, makan bakwan di masa minyak mahal dengan dibuat okomiyaki. Nanti resepnya menyusul yaa.

Nah, balik lagi ke isi kulkas saya. Pas banget isi kulkas tinggal paprika, kol, daun bawang, tomat dan hijau. Biasanya saya menyetok sayuran sop, seperti wortel, buncis, kentang, jagung manis, kubis, brokoli, terus juga sayuran untuk sayur asem, kacang panjang, labu siam, terong, daun bawang dan daun seledri. 

Pak suami yang rutin belanja mingguan ke pasar. Jadi saya terima beres aja. Kadang juga request kalau belanjaan itu-itu terus, kan bosan, yaa. Hihi. Eh, tak disangka Pak Suami pekan lalu beli paprika. Katanya sedang murah, Mi.

Wah anak-anak senang sekali, akhirnya bisa makan paprika lagi. Kalau dulu, saya sering menggunakan paprika untuk bikin Pizza dan ayam masak merah. Di sini saya menggunakan paprika sebagai teman kol untuk membuat orak-arik kol paprika telur.

Tumisannya saya beri bumbu orak-orak kol wortel telur, karena sayuran itu yang biasanya saya bikin tumisan. Eh, ternyata wortel diganti paprika juga, rasanya tetap lezat. Alhamdulillah!

Cara membuatnya juga mudah sekali, tidak banyak waktu yang dipergunakan. Bahan-bahannya juga murah-meriah. Sehingga bisa menjadi alternatif juga buat anak-anak kos-kosan ini yang berhemat selama jauh dari keluarga.

Orak-arik kol paprika telur ini juga kandungan gizinya sudah mencukupi, karena terdapat kandungan berkhasiat dalam kol, paprika dan telur.

Resep Orak-arik Kol Paprika Telur

Nah, ini dia resepnya, ya Moms. Bahan-bahannya sangat sederhana dan mudah didapatkan. Harga kol satu buah tergantung besar kecilnya, kalau dikilo, di pasar dekat rumah, kata pak suami sih harganya 8000 rupiah. Paprika di pasar sekilo 30.000 rupiah. Telur sekilo 25.000 rupiah. 

Orak-arik kol paprika telur
Ini dia penampakan orak-arik kol paprika telur. Oishii so desu nee ^_^
Harga-harga bahan pangan ini fluktuatif sih, yaa. Apalagi sekarang ditambah lagi dengan minyak goreng yang naik dan katanya menghilang dipasaran. Saya kurang pasti sih, karena setiap suami beli minyak, persediaannya masih ada, sih. 

Harga tahu dan tempe yang naik karena harga kacang kedelai yang naik. Alhamdulillah penjual tahu yang keliling di komplek rumah masih jualan meskipun kualitas tahunya menjadi sedikit menurun karena lebih tipis dari sebelumnya. 

Hiks jadi sedih.

Btw, okey, mari kita eksekusi resep orak-arik kol paprika telur. Bumbunya miriplah ya dengan orak-arik kol wortel telur.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat orak-arik kubis paprika telur

Bahan-bahannya sederhana sekali dan saya yakin Moms di rumah pasti menyediakannya di rumah. Ini dia yang diperlukan Moms dalam membuat orak-arik kubis paprika telur.

  • Setengah kol/kubis, rajang tipis-tipis, masukan dalam wadah berisi air
  • 1 buah paprika, keluarkan biijinya, buang bagian atasnya dan iris tipis tipis juga
  • 5 butir telur, kocok lepas, beri sedikit garam
  • Setengah bawang bombay, iris memanjang
  • 3 butir bawang putih, rajang halus
  • gula dan garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • merica secukupnya
  • air secukupnya

Cara membuat orak-arik kol paprika telur

Cara membuatnya mudah banget, Moms dan memperlukan waktu memasak tidak kurang dari 15 menit.

  1. Orak-arik telur dengan sedikit minyak. Lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukan kol, paprika dan air secukupnya. Masak hingga kol agak layu.
  4. Masukan gula, garam, merica dan penyedap rasa. Aduk hingga rata.
  5. Masukan telur orak-arik. 
  6. Tes rasa. Angkat.

Sajikan dengan nasi panas. Alhamdulillah, kata anak-anak saya, enak!

Nah, Moms, demikian resep orak-arik kol paprika telur menu lezat akhir bulan ini. Semoga bermanfaat, ya. Kalau di rumah, Moms, paprika, kol dan telur biasanya dimasak apa? Sharing, yuk!

Salam manis,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. Aku mau coba kalo ntr udah bingung mau masak apa lagi mba 🤣. Murah meriah ini.

    Paprika aku jrg beli jujurnya, tapi kalo kebetulan beli biasanya utk ayam teriyaki. Atau masakan jejepangan. Trus kalo kol paling sering buat karedok 😁. Suka bgt soalnya.

    Kalo telur sih banyak variannya. Kadang disemur, gado2, atau masak Tamago, anak2 paling doyaaan. Dibikin manis kayak Tamago jepang

    ReplyDelete
  2. kalo udah olahan telur mah udah pasti enak menunya, apalagi ada pedes-pedesnya hahaha. pernah aku sehari makan telor aja, pagi di ceplok, siang di dadar, trus malamnya direbus

    ReplyDelete
  3. Nah pas banget di kulkas ada kol sam paprika nih, tapi paprika hijau. sama telor deh...mau bikin ah buat makan nanti sore hahah..blom sempat belanja minggu ini. belanja online baru dateng besok...

    ReplyDelete
  4. Kalo diganti paprikanya bolehkan ya mak, hehe. Aku kebetulan gak suka pedes. Coba aku recook nanti pake sawi ato sayuran lainnya hehe

    ReplyDelete
  5. Wah bisa nih ditiru menunya apalagi udah ada resep pembuatannya. Duh bikin ngiler nih pengen bikin juga

    ReplyDelete
  6. Enak ini. Saya dan anak-anak suka. etapi suami yang gak suka masakan kol. Jadinya reot kalau masak ada yang gak suka itu. Kalau masak kol nunggu pas suami kerja. Jadi cuma dimakan ngan anak-anak. Kecuali sop.

    ReplyDelete
  7. Aihhh aku aja yang baru lihat gambarnya aja udah pengen bun. Kayaknya bakal mantep kalau dikasih cabe rawit ya. Tapi karena buat anak anak jadi ga bisa pakai cabe rawit ya hihihi 😂. Hebat bun seneng masak

    ReplyDelete
  8. asyik ada resep baru nih, aku pun senang sekali kalau masak praktis dan happy kalau masakan habis dan disukai suami dan anak-anak. Catat ah mau cobain deh biat makin enak walau masakan rumahan.

    ReplyDelete
  9. Uwaa ini enak banget mbak, dinikmati sama nasi anget. Auto bikin boros nasi. Kalo saya biasanya ditambahin wortel mbak. Makasih resepnya

    ReplyDelete
  10. Gampang banget ni mbak cocok buat sarapan menu buru2 tapi tetep sehat ya mbak. Aku cobain ya resepnya

    ReplyDelete
  11. Kayaknya enak nih kebetulan anak-anak suka banget telur mau di masak atau dicampur bahan apapun, dan aku memang lagi cari resep yang masaknya praktis-praktis aja terus langsung abis jadi bisa masak lauk lagi.

    ReplyDelete
  12. Telur tuh menu andalan di rumah karena anak-anak suka dan bisa dibuat berbagai masakan,kayaknya anakku bakal suka nih Teh orak-arik paprika telur langsung kusimpan resepnya

    ReplyDelete
  13. Itulah salah satu alasan kalau telur selalu ada stoknya di rumah saya, Mbak. Karena kalau lagi bingung mau masak apa. Bikin orak-arik telur pun udah pasti enak

    ReplyDelete
  14. Masya Allah paksuami mau ya belanja ke pasar, meringankan banget nih mbak.
    Aku suka masak orak arik kol tapi seringnya sama wortel. Enak sih favorit kami sekeluarga, tapi ditemani orak arik ikan asin pedha juga. Itu paprika nya sebutir ya, mbak, wah harganya mahal loh di Semarang sini

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat saudara sepupuku yang punya usaha katering, kak..
    Bingung pilih menu karena kalau murni gorengan, minyak sedang gak ada ampun harganya. Kayanya bakal berat ngangkat harganya.

    Jadi lebih memilih menu seperti Orak-arik telur paprika ini.
    Istimewa dan terlihat berbeda karena semua menu sehat bisa langsung dilahap.

    ReplyDelete
  16. Sederhana tapi enak sih ini. Aku pun kadang bikin orak arik telur. Sayurnya suka-suka, apa yang ada di kulkas ya masukin aja

    ReplyDelete
  17. Di rumah saya juga sering masak telur orak-arik. Tapi bahannya minim sekali, hanya telur ditambah duo bawang dan cabe. Sesekali kayaknya bisa juga ditambah kol ya. Supaya ada sayurnya. Kalau paprika anak-anak kurang suka.

    ReplyDelete
  18. Menurutku bau paprika itu khas deh. Dan akan jadi unik rasanya juga. Kapan-kapan pengen dicobain, semoga bisa di approve sama anak-anak juga.

    ReplyDelete
  19. Waaah menu orak.arik adalah resep jaman aku ABG selain goreng telur maak. Simpel mudah bikinnya.

    ReplyDelete
  20. Selama ini aku kalau bikin orak-arik pakai kol, wortel dan telur. Bisa dicobain nih wortel diganti sama paprika. Jadi pengen coba nih resepnya. Terima kasih ya Mbak resepnya.

    ReplyDelete
  21. Wah belom pernah coba nih paprika di orak arik sama telur.. mau cobain ah nnti, maaci resepnya maaak

    ReplyDelete
  22. aku belum pernah malahan bikin ini, pengen bikin besok pagi ah, makasih yaa resepnya mak..

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar