PLN Mobile Cara Baru Pengaduan Listrik

PLN Mobile Cara Baru Pengaduan Listrik

32 comments

PLN Mobile cara baru pengaduan listrik. Moms, kalau punya keluhan gangguan PLN, segera install saja PLN mobile, insyaAllah semua keluhan seperti listrik sering mati, kerusakan pada meteran listrik dan gangguan listrik lainnya akan segera teratasi.

PLN Mobile cara baru pengaduan listrik

Sekarang PLN punya cara baru dalam meningkatkan layanan PLN yaitu dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, Moms. Hal ini juga baru saja saya ketahui setelah mengalami kerusakan listrik di meteran listrik.

Ceritanya, pada hari Senin lalu, tiba-tiba lampu mati pukul 1 siang. Padahal waktu itu anak kedua saya sedang menyelesaikan tugas sebagai MABA di IPB. Sepanjang hari si Teteh uring-uringan karena tidak bisa menyelesaikan tugasnya mengedit video, menulis narasi sebanyak 1000 kata dan sebagainya.

Begitu juga dengan saya yang besoknya (hari ini) harus ke Jakarta memenuhi undangan Multaqo LSBPI MUI, salah satunya menyiapkan surat tugas, membaca ulang surat undangan dan atur acaranya, mencari rute dari Bogor ke hotel Sari Pasifik tempat acara diselenggarakan, benar-benar belum saya lakukan. 

Saya pikir hanya mati lampu biasa, namun ketika mengecek ke tetangga dan Bu RT, kok semua hidup listriknya. Padahal sudah lebih dari 3 jam mati lampu. 

Saya coba bersabar meskipun agak kesal juga mendengar si Teteh uring-uringan, jadi ketriger ada kerjaan saya yang belum tuntas juga. Namun waktu terus berjalan, menyesal juga waktu suami pulang sebentar habis menjemput anak kelima, saya tidak melaporkan kondisi listrik di rumah.

Akhirnya saya tidak tahan lagi, dan melaporkan ke Pak Suami. Pak Suami menyuruh saya mengecek di meteran, apakah posisinya ke kiri atau ke kanan, kalau ke kiri berarti listrik kejeklek (turun). Ini posisi meteran saya emang rada aneh, orang mah ke bawah atau ke atas, ini ke sisi kiri atau kanan. lieur hhaa maklum rumah jadul.

Lalu, saya pun mengecek, sambil degdegan, saya tuh orangnya paranoid menghadapi alat alat listrik atau gas. Takutnya setengah mati. Setelah saya perhatikan, ternyata tombol listrik di meteran itu posisinya ke kiri, artinya turun. Saya berusaha mengubah posisinya ke kanan, tapi tangan saya gemetaran, akhirnya pakai kayu gagang sapu. Tidak bergerak. Akhirnya saya terpaksa mengubahnya dengan tangan. Bismillah, bisa tapi keluar api. 

Tapi listrik tidak kunjung hidup. 

Saya lapor lagi ke suami, katanya coba turunin lagi dan naikan lagi. Sebelumnya cabut semua stop kontak. Waduh. saya ngeper. Tapi mau gimana lagi dong. Akhirnya saya beranikan diri mengikuti instruksi suami. 

Tapi listrik tak kunjung hidup juga.Padahal sebentar lagi maghrib.

Akhirnya saya mencari info di grup whatsapp, kontak teknisi PLN untuk memeriksa kondisi listrik saya yang sedang bermasalah itu dan memperbaikinya jika ada kerusakan.

Saya mencari juga lewat internet, ada. Tapi ketika dihubungi nomor-nomor tersebut tidak diangkat sama sekali.

Mana baterai HP sudah mencapai 30% lambat laun semakin sedikit.

Di tengah kegalauan, ada teman di sebuah grup PKS menyarankan untuk menginstall PLN Mobile untuk melakukan pengaduan kerusakan listrik ke PLN.

Alhamdulillah berhasil menginstall karena aplikasi ini ringan sekali, jadi bisa masuk meskipun hape sudah krisis space.

Nah, tinggal menunggu nomor pelanggan PLN dari suami. Saya itu enggak pernah membayar tagihan listrik, jadi sama sekali tidak tahu nomor pelanggan PLN. Ketika menunggu dikirimnya nomor pelanggan itu benar-benar saya merasa sudah di ujung tanduk. Takut keburu hape mati.

Dan benar saya, hape wassalam baterainya.

Alhamdulillah si kakak ada powe bank yang masih ada isi setengah. Akhinrya menunggu hape hidup lagi dan menunggu nomor pelanggan sampai.

Setelah menunggu agak lama dan beberapa kesalahan nomor, suami juga ternyata enggak gitu paham, karena biasanya adiknya yang bayar listrik. Hadeuh benar-benar deh. 

Dan akhirnya setelah nomor pelanggan itu dapat, saya buru-buru melakukan pengaduan listrik kepada PLN.

Cara Menginstall PLN Mobile  di HP Android

Nah, moms, sebelum melakukan pengaduan listrik ke PLN, lakukan install PLN Mobile ya. Cara mensinstallnya sebagai berikut:

1. Install Aplikasi PLN Mobile di Play Store.

Buka HP Moms, lalu klik Play Store, lalu klik PLN Mobile atau https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123

Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile ini kecil kok, kurang dari 28 MB dan tidak memberatkan HP android kita. Aplikasi ini juga aman karena sudah terverifikasi.

2. Masukan nomor handphone.

Jika sudah menginstall, jangan lupa daftar yaa dengan memasukkan nomor handphone. 

Pendaftaran PLN Mobile

Nanti akan dikirim nomor OTP. Nomor ini jangan disebarkan kepada orang lain, ya. Karena ini nomor rahasia kita sebagai pengguna PLN Mobile.

3. Isi nama lengkap dan email.

Setelah itu isi nama lengkap dan alamat email. 

Cara menginstal PLN mobile

Jika tidak diundang oleh teman, kita bisa mengosongkan saja  pertanyaan diundang teman yang ada dilayar pendaftaran. Setelah itu simpan.

4. Verifikasi alamat email. 

Moms, jangan lupa memverifikasi alamat email yaa. 

Cukup mudah, ya menginstall PLN mobile ini. InsyaAllah kita akan terbantu sekali dengan aplikasi ini saat mengalami kerusakan instalasi listrik di rumah, baik meteran listrik yang rusak, mati lampu seharian yang tidak diketahui penyebabnya dan lain-lain.

Cara Melakukan Pengaduan Lewat Aplikasi PLN Mobile 

Nah, sekarang bagaimana ya, cara melakukan pengaduan lewat aplikasi PLN Mobile?

Cara melakukan pengaduan listrik lewat aplikasi PLN mobile sangat mudah sekali Moms.

1. Klik pengaduan di aplikasi PLN Mobile. 

Cara melakukan pengaduan

2. Pilih salah satu topik pengaduan.

Pilih salah satu topik pengaduan

3. Masukan nomor pelanggan PLN 

Nomor pelanggan bisa dilihat di risit pembayaran listrik ya,  ada 12 digit angka yang harus Moms isi. Kalau salah gak bisa diproses. 

4. Lalu isi nomor telepon dan deskripsi laporan. Jangan lupa upload juga kondisi kerusakan listriknya yaa. Lalu klik submit.

Tunggu dalam 45 menit dari pengaduan, nanti ada pesan lewat whatsapp yang masuk dari pihak PLN.

Alhamdulillah kalau pengalaman saya, setelah laporan dilakukan, petugas PLN datang langsung ke rumah dalam waktu 30 menit.

Lalu melakukan pengecekan pada instalasi meteran yang saya laporkan rusak. Alhamdulillah dalam waktu kurang dari 1 jam dari laporan kerusakan meteran, listrik saya pun selesai diperbaiki dan listrik menyala lagi.

Layanan perbaikan listrik dari PLN ini bebas biaya. Jadi kita tidak perlu khawatir jika ada kerusakan listrik di rumah dan kantong sedang kempes dan tanggung bulan, insyaAllah perbaikan ini tidak dimintai biaya sepeser pun.

Alhamdulillah, barakallah PLN.

Semoga kepercayaan pelanggan listrik pada PLN akan semakin meningkat dengan pelayanan yang nyaman dan aman juga gratis ini dari PLN.

Semoga tidak ada keluhan mati lampu lagi di antara kita.

Oiya Moms, jika perbaikan sudah selesai, petugas nanti akan memverifikasi hasil kerja mereka. Nanti ada laporannya dari mulai pengaduan hingga selesai pengerjaan perbaikan.

Detail perbaikan
Benar-benar rapi sekali, ini akan memberikan nilai plus pada aplikasi PLN Mobile dan juga petugas PLN yang melakukan perbaikan. Good job!

Manfaat PLN Mobile untuk Ibu Rumah Tangga

Manfaat PLN Mobile yang saya rasakan sangat besar sekali Moms, selain membantu dalam mengatasi kerusakan listrik di rumah,  aplikasi ini pun bisa dipergunakan untuk membayar tagihan listrik.

Di dalam aplikasi ini ada banyak fitur yang memberikan manfaat dan kemudahan bagi pelanggan listrik PLN.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan aplikasi PLN Mobile:

1. Membayar listrik lewat aplikasi PLN mobile mendapatkan diskon, cashback, undian, rewards dan biaya admin 0 rupiah.

2. Membeli token di aplikasi PLN Mobile dengan rentang biaya 5000, 10 ribu dan 15 ribu.

3. Mendapat notifikasi pemadaman listrik hingga melacak posisi petugas ketika perbaikan listrik

4. Swacam, yaitu mencatat meteran secara mandiri semudah selfie.

5. Cek stimulus di PLN Mobile mendapatkan kesempatan mendapatkan diskon 50%

Nah ternyata mengajak teman menggunakan aplikasi PLN Mobile juga ada rewardsnya lho. Hayuk, Moms, ikuti jejakku menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan penggunaan listrik di rumah kita.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

32 comments

  1. makin oke dan maju ya mbaaa pelayanannya PLN nih.. senang lihatnya dan pasti akan sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tau ada aplikasi ini dan tentunya membantu banget yes apalagi kalau ada masalah kaya mati lampu atau sekedar ngecek.

    ReplyDelete
  3. Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini segala keluhan pelanggan bisa ditangani dengan cepat dan baik.

    ReplyDelete
  4. Meteran listrik di rumah saya juga kanan kiri, Mbak. Nggak atas bawah haha. Untung ada mobile PLN ya, Mbak. Sat set masalah segera teratasi dan praktis.

    ReplyDelete
  5. aku pake ini ummi, kalau ada apa2 fast response banget, aku biasanya suka ngetweet juga, dan cepet banget direspon sama PLN kalau ada kendala listrik di rumah

    ReplyDelete
  6. Waaaa aku belom pake aplikasinya bun, paling kalau ada mobilnya yang berhenti di alun-alun itu. Ehh malah kalau join aplikasi ada bonus keren ih

    ReplyDelete
  7. Aku download aplikasi ini karena sempet bikin pengaduan beberapa bulan yang lalu. Dari aplikasi ini Ketahuan pengaduan kita sudah sampai mana ditanganinya

    ReplyDelete
  8. Karena punya aplikasi PLN Mobile, saya sempat mengadukan aliran listrik saya yang mati. Mudah bgt penyelesaiannya dan cepat krn terpantau.

    ReplyDelete
  9. Dulu sebelum ada aplikasi ini aku teriak2 di twitter selain nelpon haha.
    Sekarang juga mengandalkan aplikasi ini apabila ada pemadaman atau gmn. Soalnya dari keterangan juga jelas gitu mbak. Dan skrng kyknya ma CS lain nuga diarahkannya ke aplimasi ini ya.

    ReplyDelete
  10. Pelayanan PLN makin canggih dan memudahkan ya. Saya malah baru tahu maklum tunggal di pedesaan hehehe
    Program Kementerian BUMN semoga terus berlanjut nih meski nanti menterinya udah ganti

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada PLN Mobile. Ntar coba deh. Kayanya fiturnya banyak dan menarik

    ReplyDelete
  12. Wah baru tahu lho ternyata ada aplikasi PLN Mobile yang bisa memudahkan kita untuk mengajukan keluhan, bahkan bisa sekalian bayar listrik via aplikasi juga yah. Wah jadi lebih praktis dong ya, otw install deh aplikasinya

    ReplyDelete
  13. Aku baru tau ini si PLN ada aplikasinya, jadi bisa memantau juga ya penggunaan di rumah dan fitur apa saja yang ditawarkan oleh PLN. Semoga dengan perkembangan teknologi sekarang, pengaduan-pengaduan lebih cepat ditanggapi ya.

    ReplyDelete
  14. Wah baru tahu sekarang ada aplikasi PLN Mobile. Jadi lebih hemat waktu dan praktis ngga perlu teriak2 lagi mention sana sini di medsos wkwkwk. Cara isntalnya juga mudah ternyata.

    ReplyDelete
  15. Meteran di rumah juga pakai kanan kiri tuh mbak, yang atas bawah itu saklar yang di dalam rumah. Tiap beberapa titik ada pengaturan saklar atas bawah. Dan aku baru tahu loh kalo PLN ada aplikasinya, lebih enak ya misal ada keluhan tinggal pakai PLN Mobile aja

    ReplyDelete
  16. wah PLN sudah punya aplikasi dan go mobile ya mak, ini sangat bermanfaat ketika ada masalah dan bisa mengirimkan aduan langsung

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah~
    Problem solve dengan baik setelah menginstal apps PLN yaa..
    Rasanya ikutan lega karena gimana anak-anak pasti butuh banget listrik, eh kita juga diink... ehhehe~

    Kalau aku pernah juga bermasalah, lalu telp sih.. Karena tetangga masih ada yang punya telp rumah, jadi langsung ngadu ke kantor dan bener, gak sampai 1 jam, bantuan dari PLN datang dan hanya butuh waktu kurang dari 15 menit, mashaAllah~

    Alhamdulillah~
    Semoga aman-aman semua yaa..

    ReplyDelete
  18. Dengan adanya aplikasi PLN jadi memudahkan sekali ya, apalagi kalo tiba tiba listrik mati tp tetangga listrik nyala. Lunayan gercep juga ya PLN, 30 menit setelah pengaduan langsung ditangani

    ReplyDelete
  19. Meteran di rumah saya juga saklarnya geser kiri kanan mbak, ternyata kalau yang baru gesernya ke atas bawah ya. Saya baru tahu

    Wah makin bagus nih layanan PLN, ngikuti perkembangan jaman juga dong ya dengan dengan aplikasi mobile ini

    ReplyDelete
  20. Wah, aplikasi PLN sangat memudahkan ya. Begitu ada kompalin petugasnya langsung datang. Fast respon juga. memang ya, yang namanya gangguan listrik bisa datang tiba-tiba tanpa diduga. Untunglah segera ada solusinya..

    ReplyDelete
  21. Dulu, kalau ada masalah listrik, aku laporan ke Twitter PLN
    Sekarang lebih mudah lagi dengan adanya aplikasi PLN ini ya mbak

    ReplyDelete
  22. Waah keren PLN mengikuti perkembangan jaman, wajib install app PLN ini dan membagikan kepada teman2. Langkah mudah dalam hal pengaduan PLN

    ReplyDelete
  23. Saya baru tahu ada aplikasi PLN mobile ini Mba. Jadi lebih enak ya kalau ada pengaduan tentang masalah listrik bisa ditangani lebih baik. Mau ah coba pakai aplikasi PLN mobile di rumah

    ReplyDelete
  24. Wah Terimakasih ulasannya, Mbak... Sekarang lebih mudah dan praktis ya jika ada pengaduan ke PLN. Semoga terus membaik ke depannya. Manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat kecil juga

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah, ada PLN mobile jadi dimudahkan kalau ada gangguan listrik ya Teh biasanya kan kudu bolak-balik telpon ke PLN bahkan kudu ke kantornya untuk laporan kebayang biaya, tenaga dan waktu habis buat laporan doang..

    ReplyDelete
  26. Asik nih kalau PLN ada aplikasi mobilenya. Jadi pengaduan nggak harus menelepon. BIsa langsung ketik-ketik aja ya. Makasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  27. Waah, beneran sekarang tuh dipermudah banget ya Mak, mau pengaduan bisa lewat aplikasi, apalagi kalo langsung ditindak dalam 30 menit terhitung cepat banget.

    ReplyDelete
  28. Pengalaman juga nih aku pake pln mobile. Terutama untuk pasang listrik baru di ruko. Lebih jelas juga harganya

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah ada PLN mobile. Lebih mudah kalau laporan listrik mati. Telepon ke call center PLN 123 itu susah banget nyambung. Bisa bayar listrik lewat app ini juga ya ternyata.

    BTW kalau mau lihat no pelanggan PLN ada di meteran listrik. Ada kayak stiker gitu. Diatas barcode ada angka2. Ya itu no ID pelanggan kita.

    ReplyDelete
  30. Wah semakin mudah dengan akses online via PLN online ini ya.. mantap. Terimakasih infonya kak aku baru tau dan noted banget ini buat suamiku

    ReplyDelete
  31. waduh ikut uring2an deh mba kalau lagi ada tugas gitu PLN malah mati, untungnya ya mba bisa pengaduan lewat mobile PLN noted nih

    ReplyDelete
  32. Pengaduan PLN via mobile ini emang terbukti cepet sih Mak. Beberapa kali temenku menyarankan pake aplikasi ini aja kalo ada kendala atau gangguan dan responnya lumayan gercep.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar