TKI Malaysia Menjadi 'Penulis Cerdas'

TKI Malaysia Menjadi 'Penulis Cerdas'

2 comments
detikNews - Johor Kisah sukses Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong dalam menciptakan karya tulis bukan isapan jempol belaka. Kisah sukses mereka menginspirasi banyak orang. Tidak terkecuali untuk TKI di Malaysia.


Tenaga kerja Indonesia di wilayah Johor, Malaysia mencoba mengikuti kesuksesan saudara mereka di Hongkong dengan mengikuti pelatihan menulis cerpen sehari penuh.




Ketua Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI), Dedy Triawan Suprayogi mengatakan, pihaknya menginisiasi pelatihan menulis bagi TKI menyusul kesuksesan TKI di Hongkong.

"Kami yakin saudara-saudara kita TKI di sini tidak kalah hebat dengan yang di Hongkong. Kami melihat diantara mereka banyak punya bakat menulis novel, hanya tidak ada akses untuk mengembangkan dan muncul," kata Dedy dalam sambutan pelatihan 'Menulis Cerdas' di Aula Masjid Tan Sri Ainuddin Wahid, Johor, Malaysia, sebagaimana rilis yang diterima detikcom, Minggu (27/3/2011).

Karena itu, lanjut Dedy, IKMI mendorong TKI di Johor agar tetap menjaga dan mengembangkan bakat menulis mereka.

Pelatihan itu diikuti 100 tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sektor industri, ladang, dan kontruksi di Johor.

Penasehat Forum Lingkar Pena (FLP) Malaysia Alwi Alatas menambahkan, dengan dibentuknya FLP cabang Johor dapat mendorong semangat TKI untuk menciptakan kesuksesan sebagaimana pengalaman di Hongkong.

"Pelatihan ini untuk membantu mereka. Ternyata setelah simulasi tadi, banyak tulisan mereka yang menarik dan tidak kalah dengan yang lain," cetus kandidat doktor International Islamic University of Malaysia ini.

Dalam pelatihan itu, Alwi menjelaskan kiat-kiat mudah menulis, bagaimana memulai menulis, dan cara menulis efektif. Antusiasme peserta terlihat sepanjang pelatihan.







Agung, seorang TKI asal Sumatera Barat mengungkapkan, dirinya senang bisa mengikuti pelatihan tersebut. "Saya punya minat menulis. Beruntung bisa ikut pelatihan ini. Bagaimana caranya menulis idenya tidak terputus-putus ya. Saya ingin bisa menulis buku," ujar Agung.

IKMI mempunyai anggota sebanyak 500 orang yang kebanyakan TKI. Selain pelatihan, diresmikan juga pembentukan FLP cabang Johor. (rmd/gun)


*Laporan dari Malaysia, penulis Ramadhan Muhaimin. Ditayangkan pada Minggu, 27/03/2011 16:10 WIB
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

2 comments

  1. Wah, seruuuuu...

    Kita mau juga donk :)

    ReplyDelete
  2. InsyaAllah mbak Anazkia bulan depan pas milad FLP wilayah Johor rencananya mau membuat pelatihan menulis lagi mbak :-) ditunggu ya, jangan engga datang lagi ke Johor hehehhe saya sudah nyolekin kak Maslina loh^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar