Liburan Asyik di Perpustakaan

Liburan Asyik di Perpustakaan

10 comments

Liburan asyik di Perpustakaan. Ini adalah kisah saya dan anak-anak saat liburan akhir tahun ajaran sekolah 2012 di Johor, Malaysia. Dimulai sejak tanggal 10 November 2012 sampai 1 Januari 2013. 

Liburan akhir tahun yang panjang! Anak-anak ingin sekali jalan-jalan  ke Zoo Melaka atau pulang kampung. Tetapi hal itu tidak bisa dilakukan karena ayahnya belum libur.

Saat sedang bingung begitu, biasanya saya ajak mereka ke perpustakaan di dekat rumah saya. Saat meminta petugas mencatat buku-buku yang saya pinjam, puan Nazidah, kepala perpustakaan mengatakan,  saat liburan perpustkaan itu akan membuat aktifitas selama liburan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Karena anak-anak sudah menjadi member perpustakaan, akhirnya saya pun mendaftarkan anak-anak saya untuk mengisi liburan panjang mereka di perpustkaan. Aktifitasnya meliputi jejak ilmu, teknik mewarnai, mencanting batik, lomba mewarnai, kraft tangan, puzzle, kuiz bertulis, sukan mini, maze dan cross word.

Ruang Membaca

Program Liburan di Perpustakaan Taman Universiti Johor

Ini adalah beberapa program yang bisa diikuti oleh anak-anak selama liburan di perpustakaan.

Jejak Ilmu

Ini adalah hari pertama anak-anak mengikuti aktifitas di perpustakaan (20/11). Mereka dikumpulkan dalam satu tim yang terdiri dari 3 orang. Masing-masing grup diberi nama warna, misalnya merah, biru, hijau, kuning, pink dan lain-lain.

Setiap tim harus menemukan selembar kertas berwarna sesuai dengan nama tim mereka dan menjawab pertanyaan yang tertulis di kertas tersebut. Perlombaan yang menyenangkan dan penuh tantangan.

Alhamdulillah dalam aktifitas  jejak ilmu, Shafa dan tim ungu menjadi juara kedua dan mendapatkan hadiah buku. Sementara, Kakak Salma dan semua peserta yang tidak menang mendapatkan sagu hati atau hadiah sebagai apresiasi mengikuti rangkaian aktifitas jejak ilmu.

Teknik Mewarnai


Hari kedua mengikuti aktifitas anak-anak semakin semangat (21/11). Mereka membawa bekal crayon dari rumah. Di dalam aktifitas ini, anak-anak diajarkan teknik menggambar dan mewarnai dengan crayon. Pulang ke rumah, mereka membawa gambar cantik dan dipajang di dinding kamar mereka.

Mewarnai dengan Crayon

Mencanting Batik


Hari ketiga, hari yang sangat dinantikan oleh anak-anak saya (27/11). Mereka suka sekali mencanting batik. Pengalaman tahun kemarin mengikuti sesi mencanting batik Malaysia membuat mereka ketagihan tahun ini.

Pukul 9 tepat kedua kakak beradik itu berangkat ke perpustakaan. Olala, keadaan masih sepi, hanya terlihat penjaga perpustakaan dan ibu tukang bersih ruangan. Mereka hampir putar balik ke rumah, tetapi Shafa berinisitif bertanya kepada penjaga perpustakaan. Ternyata jadwalnya benar.
            
Tak lama kemudian, anak-anak yang lain pun berkumpul. Mereka mendengarkan arahan dari cikgu dan boleh memilih satu model gambar yang akan diberi warna dengan pewarna batik. Gambar-gambar itu terdiri dari gambar gajah, gambar ikan, gambar buah-buahan dan kupu-kupu.
            
Selama 2 jam mereka asik mencanting batik. Semua dilakukan sendiri dengan arahan cikgu. Setelah mewarnai kain dengan pewarna batik, mereka menjemur sampai kering. Hasilnya, mereka membawa dua gambar batik cantik untuk pajangan dinding yang cantik. Satu bergambar kupu-kupu biru, satu lagi gambar buah-buahan segar.

Menggambar Batik

            
Selain ketiga aktifitas tersebut di atas, masih banyak aktifitas-aktifitas lain yang akan mereka lakukan sampai tanggal 19 Desember. Aktifitas yang menyenangkan dan membuka wawasan ilmu baru bagi mereka.

Hasil Karya

Semua aktifitas tersebut adalah aktifitas gratis yang diadakan perpustakaan kanak-kanak negeri yang terletak di Taman Universiti Johor, Malaysia. Aktifitas yang berbayar hanya aktifitas mencanting batik dan kraft tangan. Biaya untuk mengganti bahan dan perlengkapan  hanya @RM10 atau Rp 30.000 per anak untuk masing-masing kegiatan. Cukup murah bukan?

Anak anak bermain Lego

 Inilah aktifitas liburan kelima anak saya. Bagaimana dengan aktifitas liburan anak-anak Anda? Semoga menyenangkan.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

10 comments

  1. Replies
    1. terima kasih mbak Leyla ratu kuisss ... duh hebat bener mbakk, mupeng lihat hadiah-hadiahnya :-) Subhanallah ya mbak, alhamdulillah engga sia-sia meluangkan waktu untuk ngeblog *salah fokus

      Delete
  2. Asiiik ya, kepingin sich ngajak anakku maen ke perpus, tapi tiga tahun usianya masih suka lari-larian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhee ... iya, anak saya yang usianya udah 5 dan 7 aja suka banget lari-larian, kadang kena tegur penjaga. tapi alhamdulillah karena sering ke sana, saya malah jadi kenal dan akrab sama penjaganya :-)

      yang dua tahun juga asyik mindahin buku dari rak ke lantai. terus dibalikin lagi, atau engga dia lari ke lantai atas pas saya lagi baca heudeuhh sport jantung hehhehe

      tapi asyik lho mbak :-) cobain deh ^_^

      Delete
  3. Kegiatan yang luar biasa bermanfaat ya mba, Apa perpustakaan di Indonesia terutama di Bali adain seperti itu juga ga yah buat anak2 liburan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kalau di bali saya belum tahu say :-) maaf ya :-(

      Delete
  4. saya juga suka perpustakaan.. eh? hehe.. salam kenal, mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali mak Nita:-) yup! wisata murah meriah ya keperpustakaan ya mbak hehehe

      Delete
  5. Kalau sekarang sudah 6 anak dan relatih besar-besar, gimana tuh Mak isi liburannya?

    ReplyDelete
  6. You really make it appear really easy along with your presentation however I to find this matter to be really something
    which I feel I would by no means understand. It kind of
    feels too complex and extremely large for me. I'm having a look ahead on your subsequent publish, I will try to get the hold of it!

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar