Iya Boleh Mendukung Masa Depan Anak Lebih Sehat

Iya Boleh Mendukung Masa Depan Anak Lebih Sehat

41 comments

Hai, Moms, apa kabar? Lagi musim pancaroba nih, Moms. Sedia payung sebelum hujan, sedia nutrisi yang baik untuk mencegah sakit. Semoga sehat-sehat semuanya ya. 


Btw, Moms, beberapa hari ini saya dibuat takjub dengan perkembangan kognitif, motorik dan sosial emosinya Saki.  Alhamdulillah Saki tangga 2 Februari yang lalu, Saki sudah genap 2 tahun. Duh, si kecil ini memang perawakannya kecil tapi lincah banget. Kemampuan menghitungnya sudah sampai lima. Memang sih, dia mengikuti saya menghitung belum sempurna, tapi dia bisa menunjuk mana satu dan mana dua pada benda yang diberikan kepadanya. Dia baru bisa mengatakan buntutnya aja, seperti tu, wa, ga, pat, maa ... tapi masyaAllah itu aja udah bikin uminya terharu saking takjubnya dengan perkembangan kognitif dan bahasa Saki.

Tak gentar meniti tali 

Puncaknya saat dia berani naik tangga sendiri untuk main papan luncur/perosotan padahal sebelum sampai ke tempat meluncur, dia harus menyebrangi jalan yang terbuat dari jejaring tali. Dia dengan pedenya berjalan bersama teman-temannya. Gak ada rasa takut dan gentar. Dan ketika meluncur, dia meluncur dengan wajah ceria. Lalu ... lari lagi ke tangga .. perosotan lagi, lari lagi ke tangga .. perosotan lagi ...begitu seterusnya, sampai uminya kewalahan hihihi capek banget ngejar-ngejar dia. Tapi bersyukur  banget dengan kemampuannya yang demikian pesat.

Asyik meluncur dari perosotan 

Kampanye Iya Boleh Dancow

Jadi ceritanya gini, hari Kamis tanggal 7 Februari yang lalu, saya diundang oleh Dancow dan KEB untuk hadir dalam kampanye 1 Juta Gerakan "Iya Boleh" bagi orang tua Indonesa. Kampanye ini digagas oleh Dancow Advanced Excelnutri+ dan diselenggarakan di Hotel Ayana MidPlaza Jakarta.

Saya dan si kecil di acara "Iya Boleh"

Hadir dalam acara ini dokter ahli dan psikolog yang konsen pada tumbuh kembang anak, yaitu dr. Ray W. Basrowi, MD, Ph.D, Dra. Ratih Ibrahim, M.M Psikolog, Ussy Sulistiawaty Brand Ambassador Dancow, Alvin Wiradarma Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+.

Dari kanan ke kiri: dr. Ray, Bunda Ratih, ibu, Bunda Ussy, dan Pak Alvin

Fitrah Anak: Bermain

Fitrahnya anak-anak adalah bermain. Secara fitrah apapun yang ada di dekatnya bagi anak-anak adalah obyek bermain. Lewat bermain anak-anak tumbuh dan berkembang, baik aspek kognitif, motorik, sosial dan emosinya. Bagaimana jika anak-anak tidak bisa bermain dengan optimal? misalnya anak sering sakit, orang tua mudah cemas sehingga melarang anaknya bermain dan alain-lain. Maka yang terjadilah adalah tumbuh kembang anak pun tidak akan optimal.

Dokter Ray 

Penyakit yang Sering di Derita Anak

"Bahwa terdapat 17,7% anak kurang BBnya, 28.1 % anemia, 30.8% stunting. Kemudian ada 41.9% usia 1-4 tahun ISPA, 12.2% diare, hal ini akan berakibat anak akan mengalami gangguan makan, gangguan gizi, dan dampaknya akan panjang." dr Ray memaparkan data anak-anak Indonesia.

Bagaimana cara mencegah hal itu terjadi?

Menurut dokter Ray, ada tiga cara yang bisa dilakukan:

1. Berikan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil
2. Lakukan eksplorasi untuk mengembangkan semua potensi si kecil
3. Berikan sentuhan cinta dari kedua Ayah dan Bunda untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal si kecil.

Lalu, berikan perlindungan sebagai pondasi tumbuh kembang optimal si kecil, yaitu dengan cara memberikan makanan dan minuman yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si kecil karena di dalam pencernaan ada bakteri baik dan mengandung nutrisi lengkap yang mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak si kecil.




Makanan Pelindung Pencernaan

Ciri-ciri bahan makanan dan minuman yang dapat memberikan perlindungan bagi pencernaan, pertumbuhan fisik dan perkembangan otak adalah sebagai berikut:

1. Mengandung bahan makanan perlindungan pencernaan, yaitu: Lactobacillus rhamnosus (bakteri baik), serat pangan inulin, tinggi vitamin A, C,E,D, selenium, zat besi dan zinc.

Bakteri Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dimanfaatkan sebagai sumber probiotik yang ditambahkan ke dalam produk makanan atau minuman seperti yoghurt, susu bubuk, dan lainnya. Berbagai riset menyebutkan, bakteri ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan pencernaan. Bakteri baik ini dapat mencegah diare, menyehatkan organ hati dan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Zat besi dan zinc ini penting lho moms untuk memastikan si kecil tidak terkena animea. Sementara itu Zinc merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk perkembangan tubuh. Fungsi zat Zinc ini juga membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Tanpa Zinc, ratusan enzim dalam tubuh tidak bisa berfungsi.

2. Mengandung bahan makanan yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak, yaitu: mengandung minyak ikan (sumber DHA), Omega 3 dan Omega 6.

3. Mengandung bahan makanan yang dapat mengoptimalkan perkembangan fisik si kecil, yaitu mengandung protein dan kalsium. Kalsium membangun kepadatan tulang dan gigi si kecil, sedangkan protein sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Begitu Moms, dengan pengetahuan dari dokter Ray ini, mulai sekarang, saya akan mencari susu untuk mendukung tumbuh kembang Saki dengan berpedoman pada ciri-ciri yang disampaikan oleh dokter Ray.

Kemudian setelah itu, bunda psikolog kita yang cantik dan awet muda, Bunda Ratih memaparkan pentingnya keterlibatan ayah bunda dalam proses ekplorasi dengan lebih banyak mengatakan "Iya Boleh" kepada si Kecil.

Bunda Ratih

Hal ini disampaikannya karena menurut teori, anak yang sering dilarang akan terhambat tumbuh kembangnya. Anak menjadi penakut, tidak terasah kepeduliannya, tidak terasah kepemimpinannya, kurang terekplorasi kecerdasannya dan dan kurang kreatif

Oleh karena itu, orang tua didorong untuk lebih banyak mengatakan "Iya Boleh" agar orang tua dapat mendorong si kecil untuk berekplorasi secara tepat sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya. Hal ini akan berdampak positif sekali dan bisa membantu si kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting si kecil, yaitu Berani, Kreatif, Cerdas, Peduli dan Pemimpin.

Untuk menjadi Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas dan berkarakter, Dancow Advanced Excelnutri+ percaya ada lima karakter penting yang perlu dimbangkan oleh orang tua kepada si Kecil sejak usia dini, yaitu:

Berani

Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si Kecil berinteraksi dengan lingkungannya sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan modal dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti bisa memecahkan masalah (problem soving), Pengambilan keputusan (decision making) dan keterampilan sosialnya.

Cerdas

Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahapan perkembangannya, aspek kognitif si Kecil dapat terstimulasi dengan baik melalui kegiatan dalam proses ekplorasinya. Misalnya ketika si Kecil bermain menyusun balok atau bermain puzzle,  maka kecerdasannya akan terstimulasi lewat permainan tersebut.

Kreatif

Ketika anak terus distimulasi kreatifitasnya, maka paparan yang terus menerus diekplorasi akan melatih kemampuan berimajinasi, sehingga kreativitas si Kecil dapat berkembang dengan baik.

Peduli

Melalui aktivitas bersama teman-temannya yang lain atau bersama orang tuanya, si Kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran dan meningkatkan toleransi si kecil. Kegiatan yang dapat diekplorasi adalah dengan memelihara binatang peliharaan, berkebun.

Pemimpin

Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan si Kecil, penting sekali si Kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Ekplorasi mengasah kepemimpinan si Kecil agar si Kecil mampu menjadi penengah dalam berbagai hal di sekitarnya.

Modal utama keluarga Indonesia agar melahirkan generasi Emas dari rumah, menurut Bunda Ratih adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang bagus, memberikan stimulasi yang benar sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan dan berikan sentuhan cinta yang tulus dari ayah dan bunda untuk si Kecil. Lalu, dukung si Kecil dengan selalu mengatakan, "Iya Boleh" sambil didampingi masa eksplorasi si Kecil. InsyaAllah akan tercipta generasi emas yang berkembang kelima karakternya dan lahirlah Anak Unggul Indonesia.

Sementara itu, Bunda Ussy juga sharing tentang pengalamannya menerapkan "Iya Boleh" kepada Sheva, anak bungsunya. Awalnya dia agak jengah juga dengan membolehkan apa apa untuk anaknya. Tapi lama kelamaan, ternyata banyak manfaat ketika anak diberi kesempatan, diberi kepercayaan, Sheva jadi lebih percaya diri dan tumbuh kembangnya lebih optimal.

Bunda Ussy sharing pengalaman

Sepakat dengan pernyataan dokter Ray dan Bunda Ratih, Alvin Wiradarma menguatkan dengan mengatakan bahwa, ada tiga pilar utama yang harus diberikan orang tua kepada si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Ketiga pilar utama itu adalah gizi seimbang, stimulasi tepat dan cinta orang tua untuk mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil.

Pak Alvin

"Dancow Advanced Excelnutri+ percaya, berkomitmen memberikan gizi baik dan perlindungan yang dilengkapi dengan :actobacillus rhamnosus dan serat pangan pangan inulin yang dibutuhkan si Kecil di masa ekplorasinya. Tidak hanya itu, Dancow juga berupaya untuk memberikan panduan stimulasi sesuai usia si Kecil melalui wadah Dancow Parenting Center yang diawasi oleh para ahli." lanjut Alvin.

Launching Arena Bermain Iya Boleh

Di puncak acara, anak-anak diberi kejutan dengan dibukanya arena bermain yang disiapkan oleh panitia penyelenggara. Mata Saki berbinar dengan indahnya. Apalagi di depan matanya ada perosotan, tempat bermain balok,  arena melukis, berkebun dan tempat ekplorasi kepimpinan.

Kejutan untuk anak anak, taman bermain yang lengkap

Saki langsung berlari ke tempat bermain perosotan. Ia memandang mata saya, seperti minta persetujuan. Tanpa menunggu lama, ia pun segera berlari menuju tangga dan mengantri bersama teman-temannya untuk melewati jaring menuju perosotan.

Saki berani main perosotan sendiri (Iya Boleh)
MasyaAllah, saya dibuat takjub oleh Saki, ia menjadi berani dengan sendirinya. Ia kelihatan mandiri dan asyik dengan permainan yang menantang. Ia bermain perosotan, berlari ke tangga, main perosotan lagi, lagi dan lagi.

Kemudian ia berlari ke tempat bermain balok (ini sih karena uminya yang ajak untuk sesi pemotretan hihi) dia bermain balok dan mengeklorasi. Tapi karena bukan keinginan pribadinya, jadi dia kurang bersemangat bermainnya. Dia malah asyik meniru temannya yang lain yang melempar-lempar balok ke balok yang sudah disusun.

Saki bermain balok (Iya Boleh)

Lalu saya ajak Saki ke tempat berkebun. Ia nampak bersemangat. Biasanya di rumah saya selalu larang dia main tanah. Yah sebabnya karena saya takut Saki cacingan. Tapi tanah di kebun Dancow tanah yang bersih, alias tanah untuk tanaman hias. jadi amanlah ya hihihi jadi mungkin saya pun nanti akan coba mengeksplorasi dengan cara seperti ini. Beli tanah yang aman untuk anak-anak. Jika sudah besar bisa langsung media tanah pekarangan rumah. (ini sih emaknya yang males ketemu cacing .. ekhhh)

Saki Peduli. Menanam pohon membangun kepedulian anak untuk merawat tanamannya (Iya Boleh)

Setelah berkebun, Saki mengecat dinding rumah tempat kreativitas. Di sentra kreativitas, anak-anak bebas berekpresi mencoret-coret dinding, baik dengan tangan atau dengan alat yang disediakan oleh panitia. Saki memilih untuk mencat dinding dengan rol cat. Seneng banget dia, karena biasanya saya selalu melarang dia hihihi

Oiya selain itu, anak-anak juga menggambar di media kain tas goodiebag. Sayangnya Saki gak kebagian, karena terbatas. Cukup bahagia dia pulang membawa tanaman dan tas goodie bag ransel yang isinya mainan yang membantu mengekplorasi kecerdasannya.

Senangnya Saki mengecat tembok tanpa dilarang (Iya Boleh)

Lalu terakhir kami berfoto di bawah bendera merah putih. Sayangnya bendera tidak kefoto. Di sini anak dikenalkan dengan kepemimpinan.

Stimulasi kepemimpinan membuat anak  mampu mengontrol dirinya untuk berdisiplin

Setelah kelihatan puas bermain, saya mengajak Saki pulang. etapi ...

Dia lari lagi ke tempat perosotan. Dan akhirnya, harus dengan susah payah umi membujuknya pulang ke rumah. Walhasil, kita pulang pas banget azan maghrib terdengar sayup-sayup. Acara siang itu memang mengesankan dan menyenangkan baik bagi umi maupun Saki. Waktu dari pukul 14.30 sampai 18.30 itu benar-benar tak terlupakan!

Sertifikat Achievement Bunda


Oiya Moms, for your information, Kampanye 1 Juta Gerakan "Iya Boleh" merupakan kampanye yang diinisiasi oleh Dancow Advanced Excelnutri+ ini merupakan kampanye tahun ke-3. Gerakan ini adalah gerakan untuk mendukung keluarga terutama orang tua untuk mengatakan "Iya Boleh" kepada si Kecil, terutama anak-anak usia golden age, yaitu 1-3 tahun, agar si Kecil tumbuh dan berkembang optimal dan berkembang lima karakter Anak Unggul Indonesia.

Moms, ayo jadi bagian dari gerakan 1 juta "Iya Boleh". Moms cukup klik di web iyaboleh.com lalu klik di "Ikut bilang Iya Boleh". Nanti moms juga bisa mendapatkan setifikat online sebagai bagian dari gerakan 1 juta "Iya Boleh". Saya sudah punya, lho!


Semakin Moms sering mengatakan, "Iya Boleh" kepada si Kecil, semakin banyak kejutan menakjubkan dari si Kecil pada masa tumbuh kembangnya. 

Nah, Moms, apakah hari ini sudah mengatakan, "Iya Boleh" kepada si Kecil? 
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

41 comments

  1. Jamanku dulu gak ada beginian 😂 gizi seadanya, btw sehat terus ya sakii.... 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn makasih om Ilham. iya, sekarang anak anak gizi berlimpah dan banyak pilihan. alhamdulillah.

      Delete
  2. Yeay Saki udah 2 tahun. Makin sehat, lincah dan pintar ya nak. Anak kecil kalau dilarang memang nggak ngerti ya. Makin dilakuin apa yang orang tua ras situ bahaya. Dampingi anak dan berikan perlindungan jadi modal tumbuh kembang optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alhamdulillah mak .. udah 2 tahun saki. mohon doanya selalu ya mak.
      betul banget anak bermain harus didampingi agar gak kenapa napa, kan ya. apalagi yang namanya baru belajar pasti kudu diarahkan.

      Delete
  3. Saki udah gede ya, bagus nih si kecil jangan banyak kita larang-larang ya biar semakin pinter

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mak Eni, betul banget, anak kalau dilarang terus gak bikin dia pinter hehe

      Delete
  4. Masya Allah Sakit lincah ini kayak Aisyah 2 tahunan senangnya main plosotan dan aktif kalau diajak acara hehe... Saki bikin banget deh. Iya boleh, kapan ketemuan ya? Xixixi...

    Sepakat dengan artikel ini, anak perlu diberi stimulasi agar belajar menjadi pemimpin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener ya, aisyah dulu juga lincah begini ya. ya namanya anak anak, fitrahnya kan main, gimana caranya mainnya itu sambil belajar jadi masih perlu didampingi.

      iya, kapan ketemu lagi ya? milad besoj mbak hehe

      Delete
  5. MasyaAllah, cantiknya si Saki. Banyak banget manfaat dari susu Dancow ini, ya, Bun?
    Harus diperhatikan betul memang soal nutrisi dan manfaat, segala yang masuk ke anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Mba serasi banget sama si kecil pakai baju kuning, gerakan 'iya boleh' lagi berusaha untuk selalu berkata iya boleh. Soalnya sebagai orang tua kebanyakan paniknya sih, makanya dari sekarang aku selalu membebaskan anak2 bereksplorasi mba dan manfaatnya banyak dan nyata sekali.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya semua anak-anak suka minta persetujuan dulu ya Mbak kalau mau melakukan sesuatu? hehee lucu aja melihat polah mereka masih minta persetujuan kita. Sekarang aku juga berusaha membolehkan aktivitasnya, asalkan aman dan bermanfaat buat perkembangan dia selanjutnya.

    ReplyDelete
  8. Bahagia ya mbak bisa mendampingi tumbuh kembang buah hati, kita jadi tahu sekaligus takjub manakala melihat perkembangan anak demikian pesatnya. Dan saya sangat setuju bahwa anak harus diberi stimulasi agar tumbuh menjadi anak yang hebat yang menpunyai jiwa pemimpin. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Iya boleh dua kata sakti yang bikin anak makin kreatif dan pintar ya. Kalau serba dilarang jadi anak gak punya keberanian & gak banyak belajar. Yang penting didampingi dan sesuai dengan umurnya ya apapun aktivitasnya. Dunianya anak memang bermain, belajar pun sambil bermain jadi mereka happy menerimanya.

    ReplyDelete
  10. Waktu umur Palung 2 tahun, saya membebaskannya untuk mengeksplorasi apa pun, termasuk main perosotan dari atas kebun ke tanah dekat rumah. Bagi anak seumur Palung itu adalah hal yang mengasyikkan, sedang bagi saya itu mencemaskan karemna tanah kebun untuk meluncur itu sekira 1 meter kurang lebih. Palung begitu bahagia boleh mengeksplorasi apa saja. Namun semuanya berubah kala kami kerap pindah rumah, ia bukan lagi pribadi mandiri dan berani, selalu perhitungan bahkan tak berani panjat pohon yang bisa dipanjat teman sebayanya.
    Saya sadar itu salah saya karena tak memberinya tempat aman dan nyaman setelah kami tertimpa rentetan masalah yang jadi musibah. Namun Palung lebih peka pada perasaan dan mampu menjaga sopan santun. Saya harus berupaya menyediakan susu yang bertgizi untuk Palung dalam usia 9 tahunnya agar ia tetap secerdas dulu, sedih masa golden age harus disarati konflik keluarganya, namun hikmahnya kami bertiga (saya, suami dan Palung) lebih erat sebagai keluarga kecil.
    Saki lucu sekali, mengingatkan saya pada Palung kala seumurnya. Ah, masa itu telah lewat dan tak boleh disesali. Meski kami belum punya tanah yang aman dan nyaman sebagai tempat berpijak untuk rumah, semoga tahap pertumbuhan Palung bisa lebih baik lagi. Saya sempat jadi mamah paranoid yang tukang larang saking cemasnya selalu pindah tempat jadi khawatir tak aman. Duh, andai saja kami tak pernah pindah tempat kala Palung 2 tahun mungkinkah ia tetap akan jadi anak yang cerdas, berani, dan mandiri? Terjamin pula dengan nutrisi yang baik.
    Jaga baik-baik Saki, Mbak. Anak adalah permata hati kita yang paling berharga. Setiap keluarga punya masalah tersendiri namun yang penting anak terlindungi agar tak terkontaminasi hal buruk dari hantaman masalah itu. Salam.
    BTW, saya berharap andai kala Palung seumur Saki bisa hadir di acara Dancow. :) Palung suka susu full cream dan instan. Gurih.

    ReplyDelete
  11. ini aku banget mbak. Anakku paling bebas hehe... selalu aku bolehin apapun juga. Tapi tentunya tetap diawasi dan harus hati-hati anaknya

    ReplyDelete
  12. Wah iya boleh ini kudu dimulai dari lingkungan kita sendiri ya. Kadang2 kita sering melarang utk kebaikan si anak, pdhl dari larangan dia malah ga belajar ya. Noted mba

    ReplyDelete
  13. Anak-anak juga harus diberi kepercayaan untuk melakukan apa yang mereka mau yaa, Mba. Dibolehin untuk melakuukan yang mereka suka dengan mengatakan "iya, boleh" salah satunya :)

    ReplyDelete
  14. ada efek negatif bila anak-anak sering dilarang melakukan apa yang ingin dilakukan, salah satunya adalah menjadi anak yang penakut, terutama takut dalam mencoba hal baru

    ReplyDelete
  15. Bener banget ya mbak. Kalau anak2 dilarang bermain malah menghambat tumbuh kembangnya. So saya apresiasi banget nih adanya gerakan 1 juta iya boleh yang diadakan oleh Dancow ini. Thanks for sharingnya mbak.

    Btw saya langsung meluncur ke web iya boleh nih😊

    ReplyDelete
  16. Memberikan eksplorasi untuk anak untuk berkembang itu emang penting banget mba. Dan dilakukan sesuai usianyaa

    ReplyDelete
  17. wah, jarang2 nih ada acara parenting kayak gini yang ngasih taman bermain lengkap bin komplit untuk anak-anak.
    pasti bunda dan anaknya seneng ya mbak :D

    ReplyDelete
  18. Bener juga ya, kadang kita sebagai ibu terlalu takut ini itu dan takut mengatakan 'iya boleh' pada anak.
    Jadi ingat film Finding Nemo.
    Ayahnya berjanji gak akan pernah membiarkan sesuatu terjadi pada anaknya.
    Kasian dong anaknya gak bisa sesuatu sama sekali karena itu hehehe.

    ReplyDelete
  19. I'm truly enjoying the design and layout of your site.
    It's a very easy on the eyes which makes it much moree enjoyabvle for me to come here and visit more often. Did
    you hire out a developer to create your theme?
    Great work!

    ReplyDelete
  20. Tes komen, apakah komen tadi siang sudah dimunculkan?

    ReplyDelete
  21. Wah adek Saki pintar dan lincah ya, seneng deh lihat kerudungnya kembaran sama umi, kalau udah ke temlat mainan kayak begini betah ya apalagi kalau dibiarkan eksplorasi dan nggak dilarang-larang makin berkembang deh kognitif-nya ya

    ReplyDelete
  22. Dancow kalau bikin acara selalu seru yaa.. anak-anakku juga minumnya dancow, selalu cocok sama rasanya, kandungan nutrisinya juga lengkap banget :)

    ReplyDelete
  23. Selamat aktivitas anak2 yg gk bahaya mesti didukung ya mba, bust tumbuh kmbangmya juga trs daya imaginasi nya bertambah,,, anakku juga minum susu Dancow smp skarang

    ReplyDelete
  24. Sejatinya orang tua terus mendukung anak-anak untum lebih kreatif dan baik ya kak. Btw itu di tempat acara asyik banget ya banyak mainannya ada perosotan juga lagi hehe.

    ReplyDelete
  25. Kata-kata sederhana namun penuh makna ya buat anak-anak.. kadang kita melarang anak-anak untuk melakukan sesuatu dengan alasan karena kita ngga mau report hiks karena aku pernah melakukan hal itu dan menyesal banget.. setelah membaca tulisan ini jadi semakin sayang sama anak, tenyata banyak kesalahan aku selama ini ke anak-anak.. semoga masih bisa diperbaiki yang mba

    ReplyDelete
  26. Mau mba Sri aku berpartisipasi, tapi belum ada baby nungguin punya anak dulu ya heheheh
    seru, aku juga dukung lho 'iya boleh' soalnya aku juga punya keponakan yang masih dalam tahap bertumbuh juga

    ReplyDelete
  27. Anak itu bagaimana kita sebagai orang tua mendidiknya ya mba. Aku pengen deh bisa sering ikutan acara begini mba. Makin bisa bekajar ilmu oarenting

    ReplyDelete
  28. Anakku pernah terdeteksi kurang zat besi mba dan emang bahaya banget. Ini semoga ya gak kekurangan lagi krn segera konsul ke dokter

    ReplyDelete
  29. Ahhh Saki pinter dan berani ya main perosotan juga meniti tali. Kembaran nih Saki ama Umi, cantik semuaaa. Kalo anak minta mainan sepanjang nggak bahaya emang nggak boleh melarang ya mbak, ntar bikin mereka takut mengerjakan apapun kalo banyak larangan

    ReplyDelete
  30. Cantiknya baju adik Saki...
    Tante suka deeh...

    Senang banget lihat anak aktif begini yaa, kak...
    Sehat dan bahagiaaa...
    Karena orangtua yang selalu berkata "Iya boleh"...

    ReplyDelete
  31. Anak-anak memang harus kita aktifkan dengan gerakan iya boleh ini. Berbagai hal yang ingin dicobanya sebaiknya kita dukung, enggak dilarang-larang. Asalkan kita juga mendampingi dan mengawasi faktor keamananya.

    ReplyDelete
  32. Kapan ya acaranya begini juga ada di Surabaya. Jadi pengen saya untuk ajak anak supaya lebih memahami #IYABOLEH sesuai prosedur.

    ReplyDelete
  33. Bener ya mba. Anak yg cerdas dan kreatif pasti ibunya sering bilang #IyaBoleh deh

    ReplyDelete
  34. si kecil cute banget deh mbaa, salfok ama gaun dan hijabnya hihihi btw iya mba memang kita perlu tau kapan mengatakan boleh dan tidak pada anak ya..

    ReplyDelete
  35. harus berani bilang Iya Boleh ya Mbak ke anak-anak biar mereka bisa bebas berekpresi, menjadi kreatif untuk bekal menjadi pemimpin yaaah.
    saya nih masih banyak ngelarang ini itunya apalagi klo manjat-manjatan, maklum anaknya cowok semua, kesukaan anak-anak mainstream ih :D

    ReplyDelete
  36. seru banget acarnaya, ibu jadi keren dapat ilmu,anak jadi senang banyak aktifitas

    ReplyDelete
  37. Tantangan banget ya buat kita sebagai ortu bikang, Iya Boleh. Jadi ingat obrolan kita di kereta ya, Teh..hehehe. btw saki cantik banget pake dress putih dan hijab kuning

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar